02 November 2014

Komik: "Real Masjid"

Judul: Komik Real Masjid, mencoba menjadi muslim yang lebih baik
Cerita: @tonytrax
Penerbit: Zahira
Terbitan: 1, 2013



Mau baca komik yang gak sekedar bikin ngakak?
Mau bahagia sekaligus buka hidayah?
Saya punya rekomendasi bagus: Komik Real Masjid!


Kalau sebelumnya @tonytrax terkenal sebagai manajer Endank Soekamti yang gak hanya jago bikin merchandise dan klip, kini karyanya yang lain berupa komik religi bisa kita nikmati. Bukan menggurui, Real Masjid dikemas dengan bahasa santai yang sangat dekat dengan keseharian.

Dalam catatan ketjil Real Masjid 1, sang pembuat cerita menyentil pembaca dengan hal sepele yang berakibat fatal. Misalnya telat shalat Subuh. Banyak dari kita yang sengaja telat dan tidak sengaja tapi kemudian menjadi kebiasaan. Ya ... mengapa @tonytrax bisa tahu? Sebab beliau sendiri juga pernah mengalaminya.

Hal yang paling banyak disentil ialah tentang shalat. Ayooo ... semoga yang udah pada baca komik ini bisa tersadarkan dan jadi rajin shalat, aamiin. Saya juga ... kadang ngerasa #jleb wah-saya-disindir-aduh-malu ... apalagi pembahasan mengenai jilbab. Wikikik ...


Pada Real Masjid 1, sang ilustrator ialah Galang Tirtakusuma. Gambarnya kecil-kecil, dua halaman untuk 3 cerita dengan 4 bagian gambar dalam setiap cerita. Kalau di komik ini, saya belum ngefans salah satu tokoh pun. Ngefans-nya sama cerita, terutama di kisah "Syarat Terkabulnya Doa" dan "Faktor Penghalang Terkabulnya Doa". Penasaran? Beli dong :p

Pada Real Masjid 2 dan 3, gambarnya jadi lebih gede. Satu halaman untuk 1 cerita dengan 4 bagian gambar. Jelas, lega, puas ...

Ilustrator Real Masjid 2 adalah Faza Meonk dan Thoma Prayoga. Di sini ada kisah tentang "Sedekah Rombongan" juga loh, gambarnya miriiip banget sama empunya Sedekah Rombongan, Saptuari, yang pernah saya lihat di televisi. Kisah favorit saya di sini adalah yang berjudul "Kucing". Itulah kalau nakal, telunjuk pakai digerakkan-gerakkan segala pas duduk di antara 2 sujud. Oiya, ini awal saya ngefans sama Polisi Tajwid, setor Al Fatihah ah ...

Kalau ilustrator Real Masjid 3 hanya Thoma Prayoga seorang. Tapi gambarnya udah OK dan pas sama cerita. #Jleb lagi sama kisah "Takut 2", Alhamdulillah saya udah berhijab, hehe.

"Kalo sama polisi aja takut, sama Allah gak takut, Neng?"
"Takut sama Allah gimana, Pak?"
"Pakai helm karena takut sama Polisi. Kenapa gak takut sama Allah karena gak pakai jilbab? Bukankah itu peraturannya sudah ada jelas di Al Quran? Coba lihat Al Ahzaab 33 ayat 59 ..."

Eh eh ... Itu polisi di Real Masjid 2 dan 3 kok beda ya inisial di helm-nya? Padahal sama-sama polisi tajwid, tuh dilihat dari kumisnya, hihi. Kalau di Real Masjid 2 inisialnya PF (Polisi Furqon kali' ya, kan nama asli Pak Polisi) sedangkan di Real Masjid 3 ganti PT. Gak pa-pa deh, toh di Real Masjid 3 udah bonus stiker!

Beteweee ... kenapa hayoo kok judulnya Real Masjid?
Soalnya kapan hari itu @tonytrax galau antara lanjut nonton Real Madrid sama shalat ke Masjid.

Real Madrid ...
Masjid ...
Real Madrid ...
Masjid ...
Ya udah .. Real Masjid!


Yang udah punya Real Masjid udah banyak loh. Foto-fotonya nampang di halaman belakang Real Masjid 3. Dari anak kecil hingga yang jadi bapak dari anak kecil, semuanya punya Real Masjid. Kalau kamu, kapan punya?

Bagus banget ... Nyentil buat rajin ibadah :) Yes ...!






0 kata para sahabat:

Posting Komentar

terima kasih sudah membaca ^^
tolong berkomentar dengan sopan yaaa... saya suka membaca komentar kalian semua :*