Friday, September 16, 2016

Novel Gratis dari Inggris


Alhamdulillah...
Pak Pos mengantarkan sebuah novel dari Inggris. Judulnya "Eden at the Edge of Midnight", penulisnya John Kerry. Ini ketiga kalinya saya dapat buku berbahasa asing dari Goodreads.


novel gratis ketiga kalinya dari Inggris
Novel yang datang kali ini dibungkus tidak seribet tahun sebelumnya. Cukup dengan plastik tebal dan didalamnya ada plastik bergelembung yang suka kita pitas saat iseng #abaikan. Dikirim oleh kantor pos British (Pak Pos nulisnya gitu) menggunakan Royal Mail biayanya £ 7,45.  Satu Pound Sterling itu setara berapa rupiah yaaa? Ah mending tak perlu dipikir, hihi. Kalau harga bukunya sendiri £ 9,99 UK / $ 12,99 US / $ 18,99 AU / Rp gratis rupiah.

Nah butuh waktu 3 minggu untuk sampai di Pasuruan, saya harus bayar biaya tanggungan sebesar 8000 rupiah. Pajak negara kudu dibayar ^^ Walau gratisan tapi kalau masuk negara kita ya ada pajaknya.

"Dear Artha,
Congratulation on winning a signed copy of Eden at the Edge of Midnight. I do hope you enjoy reading my book and I look forward to hearing what you think of it.

Best wishes
John Kerry"

Enggg ... baiklah. Saya bingung harus komentar bagaimana. Masalah baca, saya lumayan bisa walau kudu bolak-balik buka buku sakti (kamus), nah caranya nge-review itu bagaimana? EYD saja belum mahir, apalagi penulisan english grammar? Ngik.

Eniwei ...
Banyak yang bertanya bagaimana caranya mendapatkan buku gratis dari Inggris, baik itu novel dan sebangsanya. Cara termudah dan termurah tentu menggunakan Giveaway di goodreads, sebagai first reader. Klik saja https://www.goodreads.com/giveaway dengan catatan sudah memiliki akun goodreads terlebih dahulu. Cara bikin akunnya mudah kok, saya sign in menggunakan akun facebook saya. Pakai email juga bisa.

Nah, setelah muncul halaman Giveaway, pilih buku yang dikehendaki, lalu klik "Enter to win".

Cek dulu apakah penyedia giveaway mau kirim ke seluruh dunia? Kalau tertulis "Countries available: US" artinya hanya mau mengirimkannya pada peserta dengan domisili Amerika Serikat. Jadi baiknya kalian pilih yang tulisannya >> "Countries available: US, CA, and GB more"

Bukan hanya tersedia buku-buku berbahasa asing, banyak juga kok buku karya negara kita. Buku-buku berbasa Indonesia jumlahnya masih 1:100 sih kalau dibanding dengan yang berbahasa asing. Harap maklum, dari nama webnya saja kan sudah berbahasa Inggris. Coba deh cari yang tulisannya: Countries available: ID pasti itu buku-buku berbahasa kita. Kalau gak di halaman 1, ya halaman 2. Atau mungkin di halaman 3 dan seterusnya^^

Ikuti sebanyak-banyaknya. Karena masih berdasar faktor lucky maka tidak berarti bisa dengan mudah mendapatkannya. Engg.. plus faktor takdir.

Selamat mencoba^^


0 komentar:

Post a Comment