Thursday, August 17, 2017

Amalan Agar Doa Dikabulkan

www.kata-artha.com ---


Bagaimana sih agar doa lekas dikabulkan?

Secara garis besar, agar doa dikabulkan ialah harus yakin dulu kalau akan dipenuhi. Allah berfirman"Aku akan mengikuti persangkaan hamba-Ku kepadaKu. Dan Aku selalu menyertainya apabila ia berdo'a kepadaKu." (Hr. Bukhari dan Muslim).

Dan jika kamu memohon kepada Allah 'Azza Wa Jalla, wahai manusia, mohonlah langsung ke hadirat-Nya dengan keyakinan yang penuh bahwa do'amu akan dikabulkan, karena Allah tidak mengabulkan do'a hambaNya yang keluar dari hati yang lalai. (Hr. Ahmad)


“Barangsiapa bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan mengadakan baginya jalan keluar dan memberinya rezeki dari arah yang tiada disangka-sangkanya. Dan barangsiapa yang bertawakal kepada Allah, niscaya Allah akan menjadikan baginya kemudahan dalam urusannya.” (QS. Ath-Thalaq (65) : 2- 4)

Hadis riwayat Abu Hurairah ra., ia berkata: Rasulullah saw. Bersabda, “Allah Taala berfirman: Aku sesuai dengan persangkaan hamba-Ku terhadap-Ku dan Aku selalu bersamanya ketika dia mengingat-Ku.Apabila dia mengingat-Ku dalam dirinya, maka Aku pun akan mengingatnya dalam diri-Ku. Apabila dia mengingat-Ku dalam suatu jemaah manusia, maka Aku pun akan mengingatnya dalam suatu kumpulan makhluk yang lebih baik dari mereka. Apabila dia mendekati-Ku sejengkal, maka Aku akan mendekatinya sehasta. Apabila dia mendekati-Ku sehasta, maka Aku akan mendekatinya sedepa. Dan apabila dia datang kepada-Ku dengan berjalan, maka Aku akan datang kepadanya dengan berlari.” (Shahih Muslim No.4832) 

Tiada seorang berdo’a kepada Allah dengan suatu do’a, kecuali dikabulkanNya, dan dia memperoleh salah satu dari tiga hal, yaitu dipercepat terkabulnya baginya di dunia, disimpan (ditabung) untuknya sampai di akhirat, atau diganti dengan mencegahnya dari musibah (bencana) yang serupa. (HR. Ath-Thabrani)

Hadist riwayat Abu Hurairah ra.:Bahwa Rasulullah saw. bersabda: Akan dikabulkan doa seseorang di antara kamu sekalian selama dia tidak terburu-buru berkata: Aku sudah berdoa, tetapi aku tidak atau belum dikabulkan. (Shahih Muslim No.4916)

Allah Maha Baik :’)
Nah, cara agar doa dikabulkan ialah:

1. Beristighfar dimana dan kapan saja
"Barangsiapa yang tetap melakukan istighfar, maka Allah subhaanahu wa ta’aala akan membebaskannya dari segala kesusahan dan melapangkannya dari setiap kesempitan serta akan memberinya rezeki dari jalan yang tidak diduganya." (HR Abu Dawud 1297)

2. Menolong orang lagi yang kesusahan dan bersedekah
Barangsiapa ingin agar do’anya terkabul dan kesulitan-kesulitannya teratasi, hendaklah dia menolong orang yang dalam kesempitan. (HR. Ahmad)

3. Perbanyak berdzikir Asmaul Husna.
Sebutlah nama Allah sebanyak-banyaknya terutama nama Allah yang sesuai dengan permintaan kita.



4. Perbanyak baca Shalawat Nabi
"Allahumasholli ala Muhammad wa ala ali Muhammad”

5. Puasa Senin - Kamis
Rasulullah Shalallahu’alaihi wasallam pernah ditanya tentang puasa pada hari senin dan hari kamis, kemudian bersabda : “Sesungguhnya perbuatandiperlihatkan pada setiap hari Senin dan hari Kamis, kemudian Allahmengampuni setiap orang muslim atau orang Mukmin kecuali dua orang yang saling mendiamkan. Allah berfirman,’Tundalah pengampunan terhadap keduanya. (Riwayat Ahmad)

Dari Abdullah bin ‘Amr bin ‘Ash Radhiyallahu ‘anhu bahwa dia mendengar Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda.“Artinya : Sesungguhnya bagi orang yang berpuasa saat berbuka ada doa yang tidak ditolak”. [Sunan Ibnu Majah, bab Fis Siyam La Turaddu Da'watuhu 1/321 No. 1775. Hakim dalam kitab Mustadrak 1/422. Dishahihkan sanadnya oleh Bushairi dalam Misbahuz Zujaj 2/17].

6. Bersuci dan berdoa sebelum tidur
Membaca Al Fatihah, Al Ikhlash, An Nash, Al Falaq kemudian Shalawat Nabi. Setelah itu baca ayat Kursi dan baca doa sebelum tidur: “Bismika Allaahumma ahyaa wa amuut” yang artinya ''Dengan namaMu, Ya Allah, aku hidup dan mati'. (HR. Bukhari & Muslim)

“Rapatkan kedua telapak tangan, kemudian ditiup dan dibacakan surat Al-Ikhlash (Qul huwallaahu ahad), surat Al-Falaq (Qul a’uudzi bi rabbil-falaq), dan surat An-Naas (Qul a’uudzu bi rabbin-naas). Lalu, dengan kedua telapak tangan itu, bagian tubuh yang dapat dijangkau diusap. Mulai dari kepala, wajah, dan tubuh bagian depan.” (HR. Bukhari, Muslim, Malik, Abu Daud, At-Tirmidzi, Ibnu Majah, dan An-Nasa’i)


7. Sholat Tahajjud pada sepertiga malam terakhir
Nabi, “Rabb kita turun pada setiap malam ke langit dunia, ketika tersisa sepertiga malam yang terakhir, lalu berfirman, ‘Siapa yang berdoa kepada-Ku maka Aku kabulkan doanya. Siapa yang memohon kepada-Ku, siapa yang meminta ampunan kepada-Ku maka Aku memberikan ampunan baginya.’ Demikianlah hal itu terjadi hingga terbit fajar.” (HR. Bukhari & Muslim).

Shalat malam (Tahajud) tidak dibatasi jumlahnya, tetapi paling sedikit 2 raka’at. Yang paling utama kita kekalkan adalah 11 raka’at atau 13  raka’at, dengan 2 raka’at shalat Iftitah. Cara mengerjakannya yang baik ada setiap 2 rakaat diakhiri satu salam. Sebagaimana diterangkan oleh Rosulullah SAW :“Shalat malam itu, dua-dua.” ( HR Ahmad, Bukhari dan Muslim )

8. Sholat Dhuha minimal 4 rakaat maksimal 12 rakaat
Shalat Dhuha adalah shalat sunah yang dilakukan setelah terbit matahari sampai menjelang masuk waktu zhuhur. Afdhalnya dilakukan pada pagi hari disaat matahari sedang naik (kira-kira jam 9.00). Shalat Dhuha lebih dikenal dengan shalat sunah untuk memohon rizki dari Allah, berdasarkan hadits Nabi SAW : ” Allah berfirman : Wahai anak Adam, jangan sekali-kali engkau malas mengerjakan empat rakaat pada waktu permulaan siang (Shalat Dhuha) niscaya pasti akan Aku cukupkan kebutuhanmu pada akhir harinya.” (HR.Hakim dan Thabrani ).

9. Sebelum keluar rumah bacalah Surat Al Ikhlas 7 kali

10. Di jalan banyaklah beramal bersikap yang tidak merugikan orang lain, tidak mengeluh, banyak bersyukur, berpikir positip dan banyak berdzikir.

11. Sholat berjamaah di Masjid ditambah sholat sunat sebelum dan sesudah sholat wajib
Dari Aisyah RA bahwa Nabi SAW bersabda : ”Dua rakaat fajar (shalat sunnat yang dikerjakan sebelum subuh) itu lebih baik daripada dunia dan seisinya.“ (HR Muslim)

Rasulullah SAW bersabda, Barangsiapa shalat dalam sehari semalam dua belas rakaat akan dibangun untuknya rumah di Surga, yaitu; empat rakaat sebelum Zhuhur dan dua rakaat sesudahnya, dua rakaat sesudah Maghrib, dua rakaat sesudah Isya dan dua rakaat sebelum shalat Subuh. (HR. At-Tirmidzi, ia mengatakan, hadits ini hasan shahih).

12. Saat Adzan dan Iqomah berdoalah
“Dan barangsiapa yang bersyukur, maka sesungguhnya dia bersyukur untuk (kebaikan) dirinya sendiri, dan barangsiapa yang kufur (tidak bersyukur), maka sesungguhnya Tuhanku Maha kaya (tidak membutuhka sesuatu) lagi Mahamulia” (QS An-Naml [27]: 40)

Istiqomah ... Inshaa Allah doa dikabulkan ^^ 
Dekati Allah, agar Allah selalu dekat dengan kita ^^,) 
Aamiin aamiin yaa rabbal aalamiin ...

Tulisan ini juga sebagai pengingat saya, kan manusia tempatnya alpa. Biar tekun dikerjakan, biar gak banyak baca webtoon. Hihi.


salam manis,


tha_

 




7 comments:

  1. tips yang bermanfaat mba, beberapa sudah diterapkan dan benar sekali doa terkabul bahkan lebih dari apa yang diminta *Allah Maha Baik* ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah...istiqomah lebih baik, mbak e 😄

      Delete
  2. Terimakasih sudah mengingatkan,siap bookmark

    ReplyDelete
  3. Makasih remindernya mbaaa. Bermanfaat banget ni

    ReplyDelete

terima kasih sudah membaca ^^
tolong berkomentar dengan sopan yaaa... saya suka membaca komentar kalian semua :*