Friday, August 11, 2017

Rumpiin Ngidam Bareng Dude Harlino

www.kata-artha.com -----



Kalau ditanya, “
Selama hamil, udah ngidam apa saja?” saya hanya bisa senyum. Gimana mau ngidam, belum minta ajah langsung keturutan. Semasa hamil ini saya hanya ingin makan buah dan sayur, terutama nangka dan gado-gado. Keduanya mudah dijumpai dan sering dibeli. Untuk ngidam yang aneh-aneh, Alhamdulillah tidak pernah. Kan saya neriman, bukan sosok yang neko-neko. Sungguh beruntung jadi suami saya, gak banyak permintaan dan tuntutan. Haha.

 

Padahal bila ngidam boleh milih, saya ngidam naik pesawat ke Jepang aja. *modus* Pernah sih iseng bilang ke sepupu, “Misalnya ngidam mangga muda yang di atas pohon punya orang, Mas Husein mau ambilin gak, ya?” Eh belum 5 menit, sepupu berhenti di bawah pohon mangga berbuah lebat depan apotek, lalu dia izin ke yang punya pohon untuk minta mangga mudanya. Lha? Iseng-iseng ngucap berhadiah pencit. Ngidamnya batal.

 

Karena penasaran dengan keseruan ngidam, saya hadir di Festival Ngidam SGM Bunda yang diadakan Sabtu, 5 Agustus 2017 lalu di Royal Plaza Surabaya. Adanya acara ini karena SGM Bunda mendukung masa kehamilan yang sehat dan bahagia melalui asupan nutrisi seimbang dan aktivitas edukasi menarik.

 



Jam 10 pagi, saya sudah tiba di main atrium salah satu mall di Kota Pahlawan ini. Wah … stand-nya megah dan bernuansa merah cerah. Terlihat beberapa panitia yang sigap menjawab pertanyaan para pengunjung yang penasaran, “Ada acara apa sih?” Saya kemudian ke bagian registrasi dan mendapatkan goodie bag berupa tumbler dan tas cantik SGM Bunda.



Di dalam stand, saya melihat sosok tinggi, putih nan tampan yang dikerumuni banyak orang. Eh itu kan Dude Harlino, si artis kesukaan Mama. Yang main di banyak sinetron. Yang kata Mama sosok alim dan tipe suami ideal. Yang tiap pemutaran aksinya tak pernah tertinggal oleh wanita kesayangan saya itu. Kok ada di sini ya?

 

Saya baru ngeh kalau sang artis adalah brand ambassador susu SGM Bunda. Oiya ya, kan di setiap iklannya muncul bersama sang istri, Alyssa Soebandono. Katanya harusnya Icha, sapaan akrab sang istri, juga turut hadir. Namun namanya baru melahirkan, lebih baik istirahat dulu di rumah. He-em mending di Jakarta dulu, biar suaminya bisa saya ajak foto berdua. Pinjam dulu ya, hihi… Lumayan buat dikirim via whatsapp ke nomor Mama. Biar heboh tahu anaknya lagi sama si danteng ^^



Festival Ngidam SGM Bunda baru kali ini diadakan dan merupakan festival kehamilan pertama dan terbesar di Indonesia. Bukan saja hanya untuk bunda hamil, yang sedang menyusui atau bahkan calon bunda juga boleh hadir. Selain pengunjung bisa menuntaskan hasrat Ngidam Jajan dan Ngidam Dimanja, ada banyak aktivitas GRATIS dan beragam informasi menarik seputar perencanaan hamil, masa hamil dan menyusui. Yang paling saya tunggu adalah sesi talkshow, bisa nambah ilmu langsung dari ahlinya. 

 

Setelah hampir seluruh tempat duduk yang tersedia terisi, acara pun dimulai. Dibuka oleh sambutan dari Christina Natalia selaku Marketing Manager SGM Bunda. Beliau mengatakan bahwa SGM Bunda sebagai nutrisi lezat untuk Bunda sehat begitu menyadari bahwa sosok bunda hamil butuh sesuatu yang menyenangkan dirinya, yakni dipenuhi ngidamnya dan dimanja-manja. Juga karena bunda ngidam sangat pemilih terhadap makanan, padahal butuh banyak nutrisi untuk kehamilannya sehingga dibuatlah event ini untuk menambah pengetahuan para bunda agar tetap menerapkan pola makan sehat bergizi seimbang. 

 

Kemudian di sesi selanjutnya ada dr Muhammad Ardian C.l., SpOG., M.Kes yang membagi informasi mengenai Peran Nutrisi Masa Hamil dan Menyusui untuk Dukung Bunda & si Kecil Sehat. dr Ardian, SpOG., M.Kes yang juga salah satu staf pengajar di fakultas kedokteran Universitas Airlangga ini menceritakan bahwa hanya ada 1 % keguguran yang terjadi dikarenakan toksoplasma, sesuatu yang digembar-gemborkan menjadi satu-satunya penyebab keguguran terbesar. Padahal penyebab utama keguguran adalah karena faktor kurangnya nutrisi, sehingga pertumbuhan janin tidak baik dan akhirnya ‘ditolak’ oleh tubuh ibu. 

 

Perbaikan nutrisi adalah sangat penting bagi bunda dan janin. Sayangnya ada 6 dari 10 ibu hamil memiliki asupan protein dan zat gizi mikro yang kurang dari kebutuhan yang seharusnya. Padahal protein penting untuk pertumbuhan janin. Kata dr Ardian, SpOG., M.Kes stidaknya ibu hamil wajib makan sebutir telur sehari. Tapi harus telur yang sudah matang. Telur setengah matang tidak dianjurkan dikonsumsi ibu hamil, dikarenakan masih mengandung banyak kuman, virus dan bakteri. Seperti bakteri penyebab sakit tipus yang banyak ditemukan pada kulit telur mentah. Bila dimasak setengah matang, dikhawatirkan bakteri tersebut masih hidup dan bisa saja masuk ke dalam perut ibu sehingga menyebabkan penyakit. 


Lalu apa itu ngidam?” 

 


Menurut dokter berkacamata ini, selain mual muntah, salah satu pengganggu pemenuhan nutrisi ibu hamil adalah ngidam. Bisa saja karena ngidam, maka ibu hamil hanya mau makan jenis makanan tertentu. Padahal sumber nutrisi gizi seimbang didapat dari mengkonsumsi beragam makanan sehat. Sebagai satu-satunya sumber nutrisi janin agar dapat tumbuh sempurna, ibu hamil harus mencukupi kebutuhan nutrisinya. Ngidam terjadi karena ketidakseimbangan hormonal yang terjadi. Hal ini bisa juga karena kekurangan zat gizi. Oleh sebab itu lalu terjadi peningkatan sensitivitas rasa dan penciuman yang mengubah minat dan pola makan.

 

Ibu hamil yang mengalami ngidam harus lebih berhati-hati dalam mengontrol asupan makanan serta minuman yang dipilihnya. Jangan sampai ngidamnya malah mengganggu pemenuhan nutrisi untuk pertumbuhan si kecil dalam kandungan. Karenanya dianjurkan minum susu minimal segelas sehari agar kebutuhan nutrisi yang mungkin terlewat bisa terpenuhi

 

Di sesi selanjutnya, Dude Harlino juga ikut rumpi masalah ngidam sang istri. Ia bercerita bahwa pada kehamilan istrinya di awal pernikahan, ia sudah bersiap-siap apabila Icha ngidam yang aneh-aneh. Biasanya kan ibu hamil ingin makan di tengah malam, atau beli sesuatu yang jauh dan jarang ditemui. Nyatanya Icha malah lebih suka jajanan pasar dan martabak yang bahkan ramah di kantong. Dude sampai heran, tapi sangat bersyukur memiliki istri yang tidak rewel. Waduh … Icha mirip saya, deh. Huehehe. 



Namun hal berbeda terjadi di kehamilan kedua. Icha mual muntah hingga bulan kelima kehamilannya. Walau begitu, Dude terus menyemangatinya dengan membantu memaksanya untuk mengisi perut. Ia menjelaskan pada istrinya kalau wajib makan karena yang butuh bukan hanya tubuh Icha tapi juga janin dalam rahimnya. “Demi anak, kita harus berusaha. Makan ya, Cha? Minum susu ya?” ujar Dude. 

 

Walau hamil, Icha tetap beraktivitas seperti biasa. “Dia tetap syuting, terakhir kemarin di serial Ramadhan bersama saya. Icha juga suka berolahraga, terutama renang. Nah setelah beraktivitas, tugas saya membuatkannya susu agar diminumnya. Juga selalu mngingatkannya untuk makan dan minum susu. Kalau mual muntah, yang masuk perut paling sesendok atau dua sendok. Di sini peran susu. Buatnya gampang, gizinya langsung masuk perut dengan diminum dan rasanya kata Icha gak bikin mual. Icha paling suka SGM Bunda yang rasa cokelat. Cukup segelas sehari,” cerita ayah 2 anak ini panjang lebar. Wajahnya berseri-seri saat berkisah tentang istrinya. Wah benar-benar suami teladan.

 

Usai bincang mesra dan berfoto bersama beramai-ramai, saya pun menjelajahi stand Festival Ngidam SGM Bunda. Untuk bisa menikmati segala fasilitasnya secara gratis, harus memakai stamp yang didapat dengan cara membeli produk susu SGM Bunda. Misalnya paket 2 yang mendapat thermo bag, 3 stamp Ngidam Jajan dan 1 stamp untuk Ngidam dimanja dengan pembelian susu SGM bunda kemasan 300 gram dan 150 gram. Harganya cuma Rp 53.000,- loh. Murah kan? Nanti dapat kertas stamp ataupun kipas stamp yang tiap penukarannya ditempeli bukti stempel pada bagian yang tersedia.



Yuk mulai dari bagian depan. Di sisi kiri dari pintu masuk registrasi, ada area konsultasi. Di sini bisa bertemu dengan para bidan dan ahli gizi untuk bertanya dan mendapatkan info tentang kehamilan dan nutrisi. Di sebelahnya juga bisa duduk santai sambil mendapatkan terapi musik bagi janin. Kapan lagi bisa nyoba sensasi ini? Katanya kan terapi musik bagus untuk stimulasi otak janin, nantinya bisa tumbuh cerdas dan enerjik.



Di sebelahnya, ada banyak potret bunda yang sebelumnya sudah mendapatkan pelayanan kesehatan dari SGM Bunda. Ada USG gratis juga, loh. Kegiatan ini mulai Sabang hingga Merauke. Para Bunda juga turut mencicipi nutrisi lezat untuk bunda sehat dari SGM Bunda.


Nah demi memuaskan hasrat Ngidam Jajan para bunda, di Festival Ngidam SGM Bunda ini telah tersedia banyak gerai jajanan dan minuman lezat bergizi yang bisa dipilih gratis dengan menukarkan stamp. Yang paling banyak diserbu adalah rujaknya. Enak, sih. Saya juga ikut mencicipinya, plus terang bulan manis rasa cokelat. Hmm… so yummy!



Ada tester SGM Bunda juga. Rasa coklat, strawberry dan jeruk. Menikmatinya bersama jajanan yang saya pilih membuat saya yang gak ngidam jadi merasakan sensasi seru dan bahagianya bisa Ngidam Jajan. Pembuatan tester susunya steril loh. Jadi tidak perlu khawatir karena sudah pasti lezat dan bergizi.



Setelah kenyang, paling enak kalau bersantai sambil dimanja-manja. Yuk ikut Ngidam Dimanja.  Di sini ada 2 pilihan, mau ke area cantik dulu atau ke area relaksasi. Mau dapat tips tetap tampil cantik selama hamil, bunda bisa pilih area cantik. Tata rias wajah dan rambut jadi service utama. Tapi kalau mau manicure, pedicure dan pijak refleksi ya ke area relaksasi.



Kalau sudah oke, yuk cobain photo booth. Bisa mejeng bareng Icha, walau cuma sama gambarnya, sih. Hihi. Nih coba lihat… Saya dan Icha sama-sama cantik, kan?



Buat yang Ngidam Eksis, bisa ikutan fashion show bunda hamil – menyusui. Juga ada penjelasan tentang perawatan payudara agar ASI lancar dan tidak ada keluhan pada payudara saat menyusui. Tak lupa demo masak bersama Chef Deny dari Master Chef Indonesia 2015. Pada esok harinya juga bisa Ngidam Bertemu Artis, karena pada 6 Agustus 2017 ada Yovie & Nuno yang mengisi acara Festival Ngidam SGM Bunda ini. 


 


Seru sekali, ya? 

 

Bagi yang ingin turut merasakan keseruhan dan kehebohan serupa, Festival Ngidam SGM Bunda akan hadir di Summarecon Mall Bekasi pada 2 – 3 September 2017. Jangan sampai terlewat. Yuk buat kenangan indah nan berkesan selama kehamilan. Dapatkan juga edukasi dan beragam hiburan menarik agar kehamilan dapat berjalan dengan bahagia.    

 

 

 

Salam manis,  

 

 

Tha_





4 comments:

  1. seru ya kl ingat2 saat ngidam, saya dulu ngidam jajan siomay lewat harus yg naik sepeda..ngga mau beli yg mangkal, padahal sebelah kantor dulu ada warung siomay, hihihi..
    nice info mb artha, buat bekal siapa tahu nanti saya ngidam lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaaah kudu gitu yah? Lucu bgt ngidamnya

      Delete
  2. Waduh ngidam ganteng. Semoga yang lagi hamil anaknya lahir ganteng ya. Blogger jogja sudah 2x ada undangan ketemu dude tapi aku selalu nggak bisa datang. Belum jodoh. Loh, kok jodoh?? :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin. Iyah pengennya jg danteng. Hehehe...
      Wah sayang bgt loh mak Lusi 😁 Mak Lusi mah jodoh ma suaminyah

      Delete

terima kasih sudah membaca ^^
tolong berkomentar dengan sopan yaaa... saya suka membaca komentar kalian semua :*