24 Agustus 2017

Infused Water untuk Menaikkan Kadar Hemoglobin


Sewaktu periksa kehamilan beberapa minggu kemarin, saya sekalian cek hemoglobin (Hb). Hasilnya… miris. Kurang dari 9 gr %. Alarm bahaya, nih. Takutnya waktu persalinan nanti kenapa-kenapa. Takut kuat kurang mngejan atau malah perdarahan pasca persalinan. Hmmm… sedih.

Sejak kuliah, kadar Hb saya memang rendah, sekitar 9 sampai 10gr%. Padahal untuk wanita, normalnya adalah 11gr%. Saya sudah berusaha memperbaikinya dengan rutin mengkonsumsi sayur-sayuran yang mengandung zat besi semacam sawi, bayam, brokoli dan masih banyak lagi. Suplemen tambah darah seperti sangobion, yang mengandung Fe atau zat besi tinggi memang tidak saya konsumsi sebab tidak menyukai efek sampingnya; buang air besar kurang lancar dan warnanya hitam. Apalagi minuman yang katanya mengandung sari buah jeruk dan vitamin C 1000 mg, selain harganya yang lumayan mahal, rasa asamnya tidak terlalu saya suka.


Rupanya, semakin berjalannya waktu, Hb saya ngedrop lagi. Tak heran badan saya sering lemas dan doyan menguap karena kurangnya suplai oksigen ke otak. Akhirnya, saya kembali mencoba metode lama dengan rutin mengkonsumsi infused water. Bukaaaan… bukan air infus.

Jadi cara membuat infused water termudah ialah dengan memasukkan potongan jeruk purut dalam air putih yang saya minum. Ini efektif dalam meningkatkan kadar Hb. Kenapa? Karena vitamin C yang terkandung di dalamnya berguna dalam mengikat zat besi sehingga bisa mengatasi anemia.


Mengapa pakai jeruk purut? Karena ini mudah saya dapatkan di halaman rumah, hehe. Bisa saja pakai jeruk lainnya. Mau jeruk nipis, lemon, manis… Buah lain kaya vitamin C pun tak masalah. Mau pier atau apel, sesukanya.



Metode infused water dipopulerkan oleh blogger asal Oregon, Amerika Serikat, bernama Amy Pogue. Caranya dengan merendam selama beberapa jam 1 buah yang dipotong-potong ke dalam 500 ml air putih matang sehingga menimbulkan rasa karena sari buahnya keluar. Fungsinya utamanya selain untuk mengeluarkan racun serta menurunkan kolesterol, juga membantu untuk bisa mengkonsumsi air lebih banyak dan membantu orang yang kurang suka buah jadi suka. Buah yang dipakai lebih baik yang rasanya asam atau netral, sebab bila manis maka akan jadi cepat bosan karena kenyang.

Tubuh saya ini termasuk rentan terkena flu apabila daya tahan tubuh menurun. Apalagi di musim seperti saat ini, virus flu di mana-mana. Ada tetangga yang bersin sedikit saja, pasti akan menular pada kita. Kebutuhan vitamin C yang terpenuhi akan membantu tubuh kita untuk melawan masuknya virus tersebut. Daya imunitas kita tak akan mudah ditembus oleh virus. Plus ditambah konsumsi minimal 8 gelas air putih per hari agar tubuh makin fit.

Yang paling penting, adanya vitamin C yang cukup dalam tubuh juga bisa memperbaiki mood. Tahu sendiri kalau hamil begini bawaannya sensitif. Hihi. Vitamin ini memang merangsang produksi norepinephrine, istilah untuk hormon bahagia, di dalam sel otak. Mungkin karena berefek pada relaksasi tubuh, maka secara tidak langsung perasaan jadi ikut tenang. Fungsi lain dari konsumsi ‘air infus’ ini lumayan kan?



Masih belum cek lagi berapa kadar Hb saya sekarang. Masa ‘terapi’ infused water masih belum selesai. Nanti kalau sudah ada perkembangan, saya kabari lagi via blog yah…




Salam manis,


Tha_





5 komentar:

  1. segeeeer, aku mau nyoba ah, tempatnya juga ada, kalau dilihat-lihat lebih banyak pakai buah jeruk ya

    BalasHapus
  2. Aih penasaran saya mba gimana perkembangan Hb nya?

    BalasHapus
  3. Halooo.. mbak Artha :) Wah, makasih ya tipsnya nih. Aku sering sih baca dan denger tentang infused water tapi aku belum pernah coba. Nanti deh mungkin akan tergerak hatiku bikin ini sendiri hihihi.

    BalasHapus
  4. Segerr, kmrn ada botolnya di jual beli online. Aman nggak sih kira2?

    BalasHapus
  5. aduh ini nih.. sering lihat sama denger tapi aku ga pernahnyobain.. manfaatnya ternyata banyak ya.. bikin ahh

    BalasHapus

terima kasih sudah membaca ^^
tolong berkomentar dengan sopan yaaa... saya suka membaca komentar kalian semua :*