Sunday, October 8, 2017

Cara Tepat Minum Susu bagi Ibu Hamil




Masa hamil ialah masa yang sangat sensitif. Karena terjadi perubahan hormon, kadangkala ibu hamil merasa mual dan muntah. Nafsu makan jadi menurun, padahal kebutuhan nutrisi selagi hamil meningkat. Untuk itulah minum susu menjadi salah satu jawaban penanganan masalah ini. Mengapa? Sebab selain enak, cara mengkonsumsinya pun mudah, tinggal diminum. Setidaknya ada nutrisi yang masuk dan mudah diserap tubuh.




Dulu saya tidak mau minum susu hamil. Mind set awal: tubuh saya sebelum hamil saja mudah gemuk. Apalagi saat hamil? Kalau ditambah minum susu, saya takut berat badan jadi overweight. Namun setelah hadir di sebuah seminar tentang pentingnya nutrisi selamakehamilan yang bisa dibaca di LINK ini, saya jadi menyadari kesalahan saya dan rajin minum susu hamil. Demi si janin, agar dia tumbuh sehat dan normal.

Ada beberapa susu hamil yang malah membuat ibu hamil mual saat mengkonsumsinya. Padahal takaran gizinya begitu pas. Bila mengalami hal tersebut, segera ganti dengan susu segar atau ultra high temperature (UHT) atau susu murni yang diawetkan dengan cara pasteurisasi menggunakan suhu tinggi. Mual dan muntah yang makin parah saat mengkonsumsi susu hamil bisa saja terjadi karena kandungan kalsium dan zat besi yang terlalu tinggi. Perbedaan susu hamil dan susu UHT hanya pada kandungan asam folat, lebih tinggi kandungan asam folat pada susu hamil. Selain itu, ibu hamil juga mendapat tambahan suplemen atau pil asam folat dari bidan atau dokter, bukan? Jadi, walau tidak minum susu hamil, tidak masalah, sebab telah terganti oleh susu UHT yang tidak merangsang mual tetapi mencukupi nutrisi.

Baca Juga :


Terkadang kita berpikir, untuk menambah khasiat dari suplemen vitamin yang ibu  hamil konsumsi, perlu segera konsumsi susu agar penyerapannya semakin optimal. Padahal salah kaprah! Jangan meminum susu dan vitamin secara bersamaan. Susu merupakan penetral. Bila vitamin dan susu diminum bersamaan, maka yang terserap oleh tubuh ialah kandungan dari susu. Jumlahnya tentu masih kurang karena janin membutuhkan vitamin yang cukup untuk ketahanan dan pembentukan organ. Karena itu, beri jeda waktu antara minum susu dan vitamin. Sekitar 1-2 jam, sudah cukup. Untuk mencari tahu suplemen vitamin apa yang saya konsumsi di masa kehamilan ini, silakan baca LINK berikut. Serta perbedaankandungan suplemen vitamin kehamilan yang saya konsumsi dengan produk lainnyayang juga bisa dibaca di LINK berikut. Semoga banyak membantu ^^

Saya sarankan: minumlah susu pada pagi atau siang hari, sedangkan konsumsi vitamin pada malam hari menjelang tidur. Rutinitas ini baik dilakukan sebab ada beberapa vitamin yang memicu terjadinya mual dan muntah, seperti suplemen zat besi. Bila ingin juga meminum susu pada pagi hari, seperti saran sebelumnya, berikan jeda  waktu. Tetapi tentunya agak lama agar tidak terjadi mual yang mengakibatkan susu terpaksa harus dikeluarkan kembali dari saluran cerna.

Vitamin bagi ibu hamil bisa didapat dari buah dan sayur yang dikonsumsi. Bisa juga dari suplemen vitamin yang didapat atas resep dokter kandungan, atau saran dari bidan yang memeriksa. Saya suka sekali nyemil mangga muda, kaya vitamin C. Setelah beberapa jam makan buah, baru setelahnya minum susu hamil. Bukan langsung minum susu setelah nyemil buah, manfaatnya tidak akan terserap sempurna. Kan jadi sia-sia.


Tetap sehat selama hamil, ya… Minum susu selain rasanya enak dan segar, juga membuat perut kenyang plus gizi ibu dan janin terbantu tercukupi. Kalau susu hamil dirasa mahal, boleh diganti susu sapi segar atau UHT. Jujur saat ini setelah stok susu kehamilan saya habis, saya memilih konsumsi susu sapi segar yang penjualnya lewat depan rumah tiap pagi. Tapi suplemen vitamin saya ialah suplemen yang sudah mengandung asam folat dan DHA dengan kebutuhan cukup untuk saya dan janin. Susu membantu saya mencukupi zat besi dan kalsium serta fosfor yang saya butuhkan untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi, serta untuk pembentukan tulang dan gigi si ‘dedek’.

Demikian secuil info yang saya ketahui tentang susu hamil. Semoga sangat bermanfaat yak =)



Salam manis,


tha_


4 comments:

  1. klo susu segar aku ga doyan mba alhamdulilah sekarang sih konsumsi susu ibu hamil itupun mesti rasa coklat selain itu ga bisa :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi...perutnya beda. Gak papa asal suka susu

      Delete
  2. ibu hamil memang harus banyak asupan bergizi buat calon adek bayi, agar nantinya bayi jadi sehat dan cerdas

    ReplyDelete

terima kasih sudah membaca ^^
tolong berkomentar dengan sopan yaaa... saya suka membaca komentar kalian semua :*