24 Oktober 2017

Ubah Kebiasaan Doyan Belanja Menjadi Punya Tabungan Serbaguna Berhadiah Milyaran Rupiah



Yay! Besok lusa sudah tanggal 25, waktunya Ayah gajian! Pantas saja dari tadi Ibun sibuk membuat daftar belanjaan. Kebiasaan wanita yang sebulan lagi melahirkan saya ini adalah belanja bulanan di minimarket setelah hasil keringat Ayah dibawanya semua. Alasannya agar lebih ringkas, jadi tidak perlu lagi bolak-balik ke toko bila ada kekurangan kebutuhan dapur atau rumah tangga. Padahal bila sampai salah membuat list, malah membuat anggaran belanja membengkak.

Yang pasti, tiap bulan Ibun selalu membeli beras, minyak, gula, peralatan mandi, sabun cuci baju, sabun cuci piring, pembersih lantai, mi instan, susu dan teh celup. Camilan seperti keripik, cokelat dan kuaci juga tak pernah lupa dibelinya. Meskipun sudah membuat list belanja yang harapannya wajib dipatuhi, nyatanya tetap saja ada beberapa yang terbeli walau tidak tercatat. Apalagi kalau ada tulisan diskon, Ibun tanpa ragu mengambilnya.

Contohnya pewangi ruangan yang harga aslinya Rp. 12.500,- diskon menjadi Rp. 10.500,-. Atau promo obat nyamuk yang beli 2 gratis 1, langsung saja dicomotnya. Ketika Ayah menegur, dengan gagah berani Ibun menjawab, "Kapan lagi ada promo seperti ini? Lumayan, kan...



Dasar istri durhaka! Beruntung Ayah tidak mengutuknya jadi batu ketika Mbak Kasir menyebutkan nominal yang hampir 2 kali lipat dari kuota anggaran belanja bulanan di minimarket. Ibun dengan cuek mengeluarkan lembaran uang, tetapi kemudian mengomel sekeluarnya mereka dari toko modern tersebut, "Ih kok habis banyak, sih? Gara-gara Ayah nih gak ingetin Ibun... Khilaf, kan!"

Bosan hampir tiap bulan dijajah kata-kata yang menyudutkan, mulai bulan ini Ayah menerapkan aturan baru perbelanjaan di minimarket. Namanya Ubah Diskon Jadi Tabungan (UDJT). Ini semua berkat info perkembangan financial technology (fintech) yang Ayah dapatkan dari media sosial. Katanya ada fitur nabung via ponsel dengan transaksi mudah, gratis dan praktis. Ayah berkeinginan sistem UDJT ini membawa keuntungan besar pada kehidupan perekonomian keluarga kami.



Jadi sebelum berangkat kerja pagi tadi, Ayah mengunduh aplikasi tabungan SOBATKU di ponsel Ibun. Hebat ya, walau tidak sempat ke bank, ternyata Ayah dapat membuka rekening tabungan untuk istrinya tercinta sehingga dapat menikmati layanan layaknya di perbankan dengan bermodalkan smartphone. Pendaftarannya juga cukup memakai nomor ponsel dan foto Kartu Tanda Penduduk (KTP) Ibun. Cuma beberapa menit, hingga Ibun meloncat kegirangan karena kini punya tabungan. Syukurlah saya masih kuat bertahan dalam kandungan, tidak ada cita-cita lahir karena masih prematur.


UDJT yang digagas sang pencari nafkah dalam keluarga kami erat hubungannya dengan aplikasi ini. Tujuannya agar Ibun dapat memanfaatkan uang nganggur untuk ditabung di SOBATKU yang merupakan kependekan dari Simpanan Online Sahabatku. Nabungnya tidak mengenal hari libur, setiap hari bisa dilakukan yakni dari Senin sampai Minggu.

"Memangnya ada istilah uang nganggur? Semua uang itu untuk diberdayakan dengan dibelanjakan!" Ibun masih 'ngeyel', keukeh mempertahankan kebiasaan boros belanjanya.


Dengan sabar Ayah mengajari Ibun untuk memperoleh dan nabung uang nganggur. Caranya dengan menghitung selisih harga asli dan harga diskon / promo dari belanjaan di alfamart atau alfamidi langganan Ibun. Misalnya pengharum ruangan tadi yang harga aslinya Rp. 12.500,- diskon menjadi Rp. 10.500,-, berarti uang nganggurnya Rp. 2.000,-. Pun promo obat nyamuk yang beli 2 gratis 1, harga untuk gratisnya itu dihitung harga asli dan dianggap uang nganggur. Semakin banyak barang diskon dan promo yang diambil Ibun, semakin banyak pula uang nganggurnya. Begitu pula pada selisih anggaran belanja dan kenyataan nominal belanja yang kemudian diringkas menjadi uang kembalian. Uang itulah yang kemudian masuk tabungan online. Minimal terkumpul Rp. 50.000,- bisa langsung disetor ke Mbak Kasir dan masuk saldo tabungan SOBATKU.



Dengan cara ini, Ibun tidak sadar bahwa sudah mengubah belanjaan menjadi tabungan karena menyimpan pundi-pundi rupiah dalam tabungan yang dikeluarkan oleh KSP Sahabat Mitra Sejati (Sahabat UKM), yang nantinya berguna membantu memenuhi kebutuhan saya ketika terlahir ke dunia. Belum lagi bila saldo tabungan Ibun kian banyak, kesempatan mengikuti undian milyaran rupiah pada tabungan online yang secara langsung didukung oleh Bank Sahabat Sampoerna ini terbuka lebar. Bayangkan saja bila Ibun lah peraih grand prize 100 juta, Ayah dan Ibun bisa langsung daftar haji, sisanya untuk traveling keliling Indonesia sekeluarga.

Kata Ayah masih banyak pula keuntungan SOBATKU. Diantaranya:
1. Mudah download aplikasinya melalui Google Play atau App Store. Ayah tadi pagi download SOBATKU via link http://bit.ly/2z2pCGj karena ponsel Ibun android. Klik pada gambar kalau mau ikut download, ya ...
Blogger Perempuan
Blogger Perempuan

Setelah ter-install, lakukan Registrasi dengan mengisi data diri sesuai ketentuan. Lebih baik registrasi akun SOBATKU pakai KTP, ya. Sebab akan dicap sebagai Pengguna Standar bila belum melengkapi identitas diri (input nomor KTP,  mengupload KTP, mengisi alamat domisili dan nama ibu kandung). Selain itu saldo maksimal hanya Rp. 1.000.000,- dan bila selama 6 bulan sejak registrasi belum juga upload foto KTP, maka rekening SOBATKU akan tidak aktif. Pun tidak bisa ikut undian walau punya poin. Sayang sekali, bukan?



Lain halnya dengan Pengguna Upgrade yang berhasil lengkapi data dengan upload KTP. SOBATKU-nya bisa diisi hingga Rp20.000.000,-dan poinnya diikutkan undian milyaran rupiah. Setiap bulan ada pengundian senilai 100 juta, 10 juta, 5 juta, sejuta, 500 ribu dan terkecil 100 ribu. Tiap 3 bulan sekali juga ada pengundian grand prize 100 juta yang bikin Ibun melongo membayangkannya. 



Oiya semua provider dapat digunakan untuk men-download dan melakukan registrasi akun SOBATKU loh.


2. Nomor ponsel adalah nomor rekening. Jadi Ayah dan Ibun tidak perlu susah mengingat nomor rekening yang biasanya acak dan terdiri dari minimal 10 digit angka.


3. Aman dalam setiap transaksi. SOBATKU hanya dapat diakses menggunakan PIN, bila 3 kali salah memasukkan nomor PIN maka otomatis terblokir. Jadi yang iseng-iseng mau bobol tabungan Ibun tak akan berhasil. Belum lagi setiap transaksi yang dilakukan ada One Time Password (OTP) yang otomatis masuk via Short Message Service (SMS) ke nomor ponsel yang didaftarkan. Juga Security question-answer yang hanya bisa dijawab oleh empunya tabungan.


4. Setor dan tarik tunai di Alfamart/Alfamidi. Seperti yang Ayah - Ibun lakukan, bisa setor tabungan langsung di kedua minimarket ini dengan menyebutkan nomor ponsel sebagai nomor rekening tabungan online SOBATKU. Mudah dan cepat, saldo langsung masuk setelah Mbak Kasir mencetak struk bukti transaksi pada loket Sahabat di Alfamart/ Alfamidi. Bisa juga mengambil uang dari Mbak Kasir dengan menunjukkan OTP yang masuk ke nomor ponsel yang didaftarkan. Semua transaksi ini bebas administrasi, pun bebas administrasi bulanan sehingga tidak perlu takut saldo tabungan semakin berkurang. Bahkan ada bunga 1% dari saldo, wow!

Menambah saldo SOBATKU juga bisa dengan cara Nabung Lewat Teman. Misalnya Ayah yang juga punya SOBATKU mentransfer sejumlah dana ke nomor SOBATKU Ibun. Atau teman Ibun memberikan sejumlah uang pada Ibun, misalnya Rp. 100.000,- lalu Ibun transfer sejumlah tersebut ke nomor rekening SOBATKU temannya. Semuanya gratis bebas administrasi. Bisa juga melalui Transfer Bank dengan kode bank 523 (Bank Sahabat Sampoerna) diikuti nomor rekening virtual account SOBATKU. 

Kemudahan tarik tunai lewat teman pengguna SOBATKU juga demikian. Cukup memberikan sejumlah uang tunai sesuai besar dana penarikan yang diinginkan, lalu dana yang dikeluarkan tersebut beralih ke nomor rekening pemberi dana. Misalnya teman Ibun butuh Rp. 100.000,- lalu memproses tarik tunai lewat teman. Teman Ibun memilih menu Transfer Sesama SOBATKU lalu mengirim saldo ke rekening Ibun. Setelah teman Ibun melakukan transfer, Ibun mendapatkan notifikasi penerimaan dana pada ponselnya. Nah, tarik tunai kemudian dapat dilakukan.

Uniknya lagi, SOBATKU ini punya menu Transfer ke Nomor HP. Ini yang memudahkan Ayah transfer uang kepada Kakek di kampung. Kakek yang sebelumnya tidak punya nomor rekening jadi bisa mengambil uang yang dikirim Ayah setelah mengaktifkan SOBATKU. Jadi fitur Transfer ke Nomor HP ini mengiriman saldo SOBATKU yang ditujukan ke nomor handphone Kakek sekaligus melakukan proses undangan untuk download dan registrasi SOBATKU melalui SMS. Misalnya Kakek tidak juga melakukan registrasi akun SOBATKU karena gagap teknologi, maka Ayah tak perlu cemas sebab saldo yang dikirim akan kembali ke akun SOBATKU Ayah dalam waktu 7 hari. Inovatif sekali!

Transfer ke rekening bank lain juga bisa. Biaya administrasinya murah, hanya Rp. 4.000,-. Dibandingkan bila harus memakai Anjungan Tunai Mandiri (ATM) beda bank yang lokasinya jauh dari rumah, SOBATKU ini jadi alternatif para tetangga dan saudara Ibun yang ingin melakukan pembelian dan pembayaran secara online. Tinggal pilah-pilih barang jualan di marketplace, setor uang tunai pada Ibun lalu wanita yang rela 9 bulan mengandung saya ini melakukan proses transfer menggunakan ponsel lewat rekening SOBATKU. Mudah, ya


5. Praktis Bayar dan Beli dengan SOBATKU. Selain belanja barang kebutuhan rumah tangga, membayar listrik, air, tagihan telepon rumah dan membeli pulsa adalah kebutuhan wajib per bulannya. Di tabungan online serbaguna ini semua bisa dibayar dengan hanya pencet menu-menunya yang tersedia. Praktis dan mudah, tidak perlu keluar rumah karena semua ada dalam genggaman.



Bahkan ada pilihan menu Atur Jadwal Transaksi sehingga membayar tagihan tidak akan lupa lagi. Juga bila butuh transfer-transfer rutin macam Ayah yang harus ikhlas setor gajinya pada Ibun, bisa dilakukan pakai SOBATKU sehingga transaksi dapat terjadwal dan berkala.

Cara membeli token listrik seperti pada gambar berikut:

Sedangkan untuk isi pulsa, seperti gambar di bawah ini:

Tidak perlu repot lagi untuk kegiatan membayar dan membeli. Ada tetangga dan sanak saudara yang butuh bayar telkom, internet, HP pasca bayar, TV, PDAM, PLN, PLN non tagihan listrik, beli pulsa HP dan token listrik dapat melalui Ibun. Selisih harganya bisa sebagai jasa pembayaran dan Ibun dapat memperoleh penghasilan dari situ. Wah SOBATKU bisa jadi sarana membuat lapangan pekerjaan baru, nih. Belum lagi penggunaannya mudah, praktis dan cepat, hanya bermodal ponsel dan bisa membantu banyak orang. Hebat sekali! 


Undian Milyaran Rupiah SOBATKU
Setelah diluncurkan sejak 3 bulan lalu, SOBATKU telah menggelar 2 kali undian bulanan dan grand prize diumumkan 12 Oktober 2017 lalu di Lobby Gedung Sampoerna Strategic Square. Tidak tanggung-tanggung, hadiah 100 juta dibawa pulang pemenang. Sekali lagi, undian ini hanya berlaku pada nasabah SOBATKU dengan status upgrade yang telah meng-upload KTP saat registrasi aplikasi canggih ini. Yuk coba cek lagi status kita biar peluang dapat undian milyaran rupiah tak terlewat begitu saja!
pemenang grand prize, foto didapat dari www.sahabat-ukm.com
Ibun juga ingin sekali kejatuhan rezeki seperti pemenang di atas. Untuk itu Ibun berusaha kumpulkan poin sebanyak-banyaknya. Caranya dengan menambah saldo SOBATKU, semakin banyak saldo maka makin banyak poinnya. Semakin banyak poin maka peluang menang semakin besar dan hadiah undian milyaran rupiah jadi kian dekat diraih.

Berikut ini contoh saldo dan berapa poinnya:
1. Saldo rata-rata Rp. 1.000.000,- mendapatkan 600 poin
2. Saldo rata-rata Rp. 5.000.000,- mendapatkan 3.000 poin
3. Saldo rata-rata Rp. 10.000.000,- mendapatkan 8.000 poin
4. Saldo rata-rata Rp. 20.000.000,- mendapatkan 16.000 poin


Senang sekali hati Ibun punya SOBATKU. Tabungan ini layaknya sahabat, selalu ada di dekat kami dan fungsinya serbaguna sebab dapat membantu pembayaran ini dan itu. Belum lagi program undian berhadiah ratusan milyar yang menggiurkan. Dengan saldo yang kian menumpuk, kesempatan memperoleh undian juga makin besar. Jadi tidak sabar lahir ke dunia, punya ponsel serta KTP agar bisa juga punya SOBATKU. Ups! Pakai KTP Ibun saja deh, karena 1 KTP bisa untuk registrasi 5 nomor ponsel untuk 5 nomor rekening tabungan SOBATKU. Asyiknya!

Jangan mau kalah dengan keluarga kami yang sudah memakai SOBATKU ya!  Kalian juga wajib mengunduh aplikasinya dan rasakan sensasi bahagia karena bisa menang hadiah milyaran rupiah. Tingkatkan terus saldonya, raih kesempatan grand prize-nya. Sssst... Awas terkejut saat melihat nominal saldomu! Dan jangan heran kalau sebentar lagi Ayah-Ibun jadi milyader! Aamiin. 


Salam manis dari yang ada dalam kandungan Ibun,

Dedek^^



------

Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog yang diselenggarakan oleh Blogger Perempuan Network dan SOBATKU. Artikel ditulis berdasarkan pengalaman dan opini pribadi.


41 komentar:

  1. Ah, saya baru paham maksudnya uang nganggur tuh ngumpulin uang kembalian buat ditabung ke rekening Sobatku ya. Boleh juga tuh idenya ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyah...kan biasanya receh tuh. Daripada cepat habis mending sekalian ditabung lewat loket sahabat di alfa๐Ÿ˜

      Hapus
  2. kapan hari sudah nabung juga sih via tranfer atm, tapi mau coba tarik tunai ke alfamart, masih belum sempat...
    soalnya kalau tarik tunainya lewat alfamart kan gak ada biaya nya yah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul! Tinggal bilang mbak kasir kalau mau tarik tunai. Tapi sebelumnya kita klik "tarik tunai" pada menu SOBATKU di ponsel, sebutkan nomor ponsel yang jadi nomor rekening SOBATKU, lalu tunjukkan kode OTP yang ada di SMS masuk. Gratis administrasi

      Hapus
  3. Nabung praktis ini nama nya..

    BalasHapus
  4. kalau ginih caranya nabung jadi gk kerasa berat. setor2 di alfa eh tau2 udah banyak ajah. bisa dicontoh

    BalasHapus
    Balasan
    1. He-em... Tahu2 menang undiannya juga, asyikkkk

      Hapus
  5. Setor tunai d minimarket?Baru tahu kalo' bisa.Enak juga...Minimarket gak cuma' tempat habiskan uang tapi juga simpan uang :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahaha...daripada habis buat beli snack, mending diselamatkan jadi tabungan

      Hapus
  6. Wah asyik banget ini bisa tarik dan setor tunai di Alfamart. Lebih praktis ya, ada undiannya pula.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Undiannya itu hadiahnya bikin ngiler...ces ces... Moga nyangkut jadi pemenang *aamiin

      Hapus
  7. Dengan Sobatku jadi Makin banyak ya item yang bisa dihemat kemudian ditabung

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa menghemat untuk bayar2 dan beli2 listrik, pulsa dan kawan2nya itu... Iyak banyak item!

      Hapus
  8. Bisa jualan token listrik+pulsa pakai SOBATKU jadi banyak untungnya..dikit" jadi bukit..ditabung biar makin irit

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jadi bisa menghasilkan uang juga๐Ÿ˜ gak nyangka banyak manfaatnya, padahal awalnya SOBATKU dipakai cuma buat nabung doang

      Hapus
  9. hadiah undianny luar biasa sampe ratusan juta.kalo menang dah pasti kayaraya hahaha.instal sobatku dulu dech

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau bisa kaya rayanya sampai 7 turunan *aamiin. Eh semua turunan lah

      Hapus
  10. kalau bs isi d alfa berarti lepas jam kantor jg bs, mksdnya magrib2 atau stelah isya gtu? ringkas sih semua dlm 1 aplikasi. ya isi pulsa,, ya isi token,, ya transfer2.... apalagi ini didukung bank sahabat sampoerna,,gag bakal gulung tikar

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyah jam operasionalnya jam 7 pagi sampai 9 malam. Lebih panjang dari bank. Setiap hari pula...

      Hapus
  11. Cewek kalo udah ke minimarket bakal borong semuanya. Ditambah kalo ada tulisan promo dipampang di muka tokonya, wah kalap semua dimasukkan keranjang belanjaan. Untung sekarang ada sobatku jadi gak terlalu hijau buat borong, tapi hijau buat nabung. Good

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mata ini hijau kalau inget duit...apalagi duitnya numpuk...plus menang undian...wuah! ๐Ÿ˜†

      Hapus
  12. Asyik ya menabung, sekarang cara mudahnya pake Sobatku

    BalasHapus
    Balasan
    1. Praktis. Bisa dibawa kemana2 karena berupa aplikasi ponsel. Hihi

      Hapus
  13. Kak Tha, tulisannya cakep. Sukaaa! :)
    Emang nih zaman sekarang semua urusan dipermudah dengan teknologi, jadi bisa nabung dengan gampil, modal smartphone doang ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasyiii, Ntan... ๐Ÿ˜˜
      Teknologi yang memudahkan dan mendekatkan kita

      Hapus
  14. wow, serunya ada sobatku ya. semua jd lebih mudah :)

    BalasHapus
  15. Jadi pengen nyoba deh Mbak hehehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memang wajib coba SOBATKU. Pastu suka dan tabungan nambah teruss...

      Hapus
  16. Saya juga udah nyoba nih emang membantu bgt pakai SOBATKU ini.. Ulasannya mantappp!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Moga2 kita kecipratan undiannya juga yah mbak...
      Makasyii

      Hapus
  17. Jd ini kerjasama ama alfamart alfamidi ya. Ini minimarket paling inovatif memang dibanding yg lain.. Untung deket rumahku ada juga, jd kalo mau ngumpulin uang nganggurnya, ga jauh2 :D.

    BalasHapus
    Balasan
    1. He.em... Alfa di mana2...karena itu SOBATKU juga bisa setor tunai di sana, memudahkan kita

      Hapus
  18. Uang ngangur baru paham maksudnya ky gt,untung ayahnya lngsung instal sobatku kalau nggak bisa2 bengkak terus pengeluaran

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha...iya nih. Untung uda kenal SOBATKU

      Hapus
  19. Aplikasi baru y? Siap2 donlot karna menguntungkan bisa hemat & bnyk undian

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yaps.. cuzz donlot. Undian menanti dan semoga beruntung!

      Hapus
  20. Transfer ke bank lain cuma 4 rb? Murah loo. Kudu download sobatku nih

    BalasHapus

terima kasih sudah membaca ^^
tolong berkomentar dengan sopan yaaa... saya suka membaca komentar kalian semua :*