25 Oktober 2017

Pengalaman Jual Beli Online Pakai J&T Express



Bicara soal jual beli online, saya adalah salah satu pelaku bisnis ini sejak setahun lalu. Sebagai salah satu reseller tas, dompet, kacamata, jam tangan serta aksesoris impor merek #JimsHoney, saya berusaha selalu amanah dan tidak ingin membuat pembeli menunggu terlalu lama untuk bertemu dengan barang pesanannya. Untuk itulah saya merekomendasikan memakai jasa pengiriman J&T (saya lebih suka menuliskan: JnT, lebih mudah mengetik di keypad ponsel saya) pada para pembeli. Jadi setelah pembeli transfer sesuai harga barang dan ongkos kirim, sprinter (saya memanggilnya Mas Kurir) J&T
saya hubungi agar dapat mengambil pesanan para pembeli dan mengirimnya sesuai prosedur J&T. Inilah enaknya memakai jasa ekspedisi yang rilis di Indonesia sejak 2015 ini, tidak perlu repot datang ke kantornya karena ada Mas Kurir yang siap mengambil paketan. Bahkan meskipun hanya 1 paket, Mas Kurir bersedia melayaninya. Baiknya …


 Hebatnya lagi estimasi pengiriman dalam provinsi yang sama hanya sehari! Pembeli selalu puas karena lebih cepat sampai dibanding ekspedisi lainnya. Padahal selisih harganya hanya sedikit, tapi layanannya jauh lebih memuaskan. Pernah karena hujan lebat, saya tak tega memanggil Mas Kurir ke rumah. Hingga kemudian saya mengantarkan sendiri paketan pesanan pembeli ke kantor J&T terdekat. Saat itu sudah jam 5 sore. Begitu terkejutnya saya keesokan harinya ketika dikabari pembeli jam 10 pagi, paketannya sampai! Bayangkan… Kota Pasuruan – Surabaya pengirimannya bisa kurang dari 12 jam! Mengagumkan!


Selama sekitar 12 bulanan mengenal jasa pengiriman yang kental dengan warna merahnya ini, saya tidak pernah merasa dirugikan. Hari libur dan tanggal merah tetap beroperasi, 365 hari. Padahal ekspedisi lain ada yang libur di hari Minggu. Lah J&T panas-hujan, puasa-lebaran tetap terima kirim paket. Jualan senang, belanja nyaman! Kirim ke pembeli dari Surabaya ke Madura, hanya sehari. Lalu Surabaya ke Jember juga sehari. Begitu pula bila kirim ke daerah lain di Jawa Timur. Sedangkan kalau beda provinsi, misalnya dari Surabaya ke Bandung sekitar 2 hari sampai. Pembeli saya jadi tidak menunggu terlalu lama.


Cara cek resi untuk tahu sampai mana pengiriman barang saya, mudah dilakukan menggunakan aplikasi J&T yang telah terpasang di ponsel. Tinggal masukkan nomor resi dan … dalam hitungan detik, data pun ditampilkan. Termasuk nama siapa sprinter dan penerima barang sehingga proses pelacakan jadi jauh lebih lengkap daripada mengecek di webnya www.jet.co.id.


Terkadang bingung dengan costumer lainnya yang selalu bertanya via kolom komentar instagram dan mention via twitter tentang barang pesanannya yang tak kunjung sampai. Apa sudah pernah dilacak nomor resinya lewat aplikasi? Apa pernah langsung bertanya pada pihak J&T-nya langsung di kantornya? Atau hanya koar-koar demi menghebohkan dunia dan memberi cap buruk? Selama ini kalau pun ada keterlambatan estimasi pengiriman, misalnya selama ramadhan mendekati lebaran kemarin, saya selalu mendapat kepastian dimana posisi barang kiriman saya. Saya cari sendiri lewat aplikasinya. Kalau kurang jelas, langsung telepon ke kantor pusatnya di nomor 0800-100-1188 dan mendapat jawaban yang memuaskan.

Dengan aplikasi J&T di ponsel juga bisa mengecek tarif kiriman. Jadi bisa menyiapkan berapa ongkos kirim yang nantinya dititipkan pada Mas Kurir. Beberapa bulan lalu aplikasi sempat eror karena menampilkan data di mana terjadi kenaikan pada tarif pengiriman. Kenaikannya hampir 3 kali lipat! Saat itu saya ‘libur’ menggunakan ekspedisi yang CEO-nya Jet Lee dan Tony Chen ini, kasihan pembeli kalau terlalu mahal. Tetapi ternyata kenaikan harga itu tak bertahan lama, kurang dari sebulan tarif kiriman normal kembali. Misalnya saja dari Surabaya ke Kota Pasuruan hanya Rp. 9.000,-, harga yang sesuai untuk kepastian kedatangan barang kurang dari 24 jam.

Jujurnya, Mas Kurir yang saya kenal (baik di Kota Pasuruan kediaman saya sebelumnya, maupun sekarang di Sidoarjo) tidak ada yang meminta uang lebih sebagai jasanya. Panas terik mereka mau datang ke rumah ambil paketan, meski cuma 1. Ketika hujan lebat, Mas Kurir bahkan menginformasikan pada saya kalau mungkin pengambilannya agak sedikit ditunda menunggu reda. Saya sih tidak masalah, maklum namanya hujan lebat. Toh tidak sampai menunggu pelangi datang, di saat gerimis Mas Kurir sudah datang dengan perlengkapan ekstra pengamanan barangnya: mantel untuk diri dan paketan dalam tasnya. Salut! Paketan saya tidak rusak dan tidak cacat sedikitpun hingga sampai di tangan pembeli.

Namun kepercayaan saya akan ekspedisi yang memakai Deddy Corbuzier sebagai brand ambassador-nya ini sedikit terlukai oleh suatu berita tentang gathering J&T di Ritz-Carlton Jakarta pada 23 Oktober 2017 lalu. Tersebar video adanya pesta minuman keras pada acara akbar tersebut. #BoikotJNT pun menjadi viral. Beberapa teman saya (sesama penjual tapi lain produk) yang ikut terbang ke Jakarta tidak ada yang mempersoalkan tentang ini. Padahal mereka saksi mata, hadir tapi tidak ikut berpesta layaknya yang diberitakan.

Bila ditanya, “Apakah ikut boikot J&T?” dengan tegas saya menjawab, “Tidak!”. Pelanggan saya membutuhkan jasa pengiriman cepat ini. Apabila mereka lebih memilih J&T walau tarifnya sedikit lebih tinggi tapi pasti sehari sampai, mengapa tidak? Saya tidak ingin mengecewakan orang lain. Toh masih banyak juga pegawai J&T yang tidak tahu menahu soal ini. Mereka hanya disibukkan terima order ambil paketan, catat dan antar. Mereka butuh nafkah dari pekerjaan yang telah ikhlas dilakukan. Bila saya terang-terangan berhenti memaki jasa mereka, maka Mas Kurir akan rindu kehilangan pekerjaannya. Tahu sendiri kan, sprinter juga punya target berapa paketan yang harus diantarnya. Saya tidak mau menjadi penghalang rezeki orang. Kasihan.


Semoga Anda sekalian bisa lebih bijak menyikapi hal ini. Nila setitik rusak susu sebelanga. Mohon maaf apabila dalam kesan pesan saya terhadap J&T ada kesalahan dan kekurangan. Saya hanyalah manusia biasa yang memakai jasa gratis jemput di tempat karena kepentingan para pembeli. Selama tarif kirimnya wajar dan para pembeli puas dengan layanannya, saya oke-oke saja panggil Mas Kurir ke rumah untuk ambil pesanan pembeli. Apalagi di berbagai marketplace sering ada promo gratis ongkos kirim J&T. Siapa yang sanggup menolak?





8 komentar:

  1. oooh baru tau aku mba ternyata karena kasus pestanya itu yah pantesan rame bingits kok aku kudet yeh hehehe...customer now bebas memilih sesuai kebutuhannya itu aja sih kalo prinsip aku :)

    BalasHapus
  2. sayang ya ada kejadian itu
    padahal J&T ini cepet banget

    BalasHapus
  3. Aku bahkan nggak tahu ada tagar boikot itu mba. *kudet parah. Aku sih kalau ngirim baru sekali. Dan dalam sehari paketan sampai ke penerima. Kalau nerima sudah beberapa kali dan nggak pernah bermasalah. Kurirnya pun sopan dan ramah. Sekarang sih jadinya balik lagi ke konsumen masing-masing.

    BalasHapus
  4. halo mbak kayaknya pendapat kita sama soal ini mbak... :)
    kesan2 saya sm JNT udah banyak, karena itu saya tetap pake JNT karena yang mau dan bisa jemput ke rumah cuma JNT aja. Sementara saya jarang banget bisa keluar rumah setiap ada yg beli dari online store saya.
    pelayanan kurirnya juga ramah.

    BalasHapus
  5. Saya baru tahu cerita J&T dan boikot-boikot itu. Selama ini beberapa klien saya selalu kirim ppake JNT dan ampe sekarang juga masih klo kirim ke rumah

    BalasHapus
  6. Persaingan usaha..
    Kita sbg pengguna jasa pengiriman harus bisa jeli dan bijak menanggapi nya..

    BalasHapus
  7. Kalau aku, pernah pakai J&T kirim dari aku ke tujuan 1x. Dan cukup agak kecewa sedikit karena pelayanannya lama sekali.
    Tapi kalau pengiriman ke aku beberapa kali pake J&T nggak ada masalah misal seperti terlambat.
    Masalah ikut boikot apa nggak, aku nggak ikutan.

    BalasHapus
  8. sempet dapet ajakan untuk pakai J&T sesama penjual saat beberapa waktu lalu JNT mandet entah kenapa. tapi saya tetep setia dengan Pos yang lelbih murah dan pengalaman.

    BalasHapus

terima kasih sudah membaca ^^
tolong berkomentar dengan sopan yaaa... saya suka membaca komentar kalian semua :*