03 Oktober 2017

Isi Folamil Genio dan Folamil Gold yang Terbaik untuk Kehamilan




Hai hai…

Janin dalam kandungan saya kini sudah lebih dari 30 minggu. Wow! Rasanya waktu cepat berlalu, tahu-tahu sudah sebesar ini perutnya. Hihi.

Hamil anak pertama ini membuat saya deg-deg an. Banyak pertanyaan yang terlintas, “Vitaminnya cukup gak ya? Kurang apalagi? Kalsium dari susu perlu ditambah lagi atau gak, ya… Hmmm… Kalau makan ini apa vitamin mineralnya terserap baik?
dan sebagainya. Meski seorang bidan yang sudah paham ‘ilmu’nya, tetapi tetap saja namanya cemas selalu ada. Terlebih karena janin saat ini tidak bisa dilihat dengan mata telanjang, harus cek dengan ultrasonografi (USG) dulu. Beruntung kemarin dapat tempat USG murah di Sidoarjo jadi walau berulang kali tidak terlalu memakan banyak budget. Sejauh ini kondisinya normal sih, semoga selalu seperti ini hingga lahir dengan sehat dan selamat nantinya.
Ibu hamil mana yang tidak ingin calon buah hatinya sehat? Tentu semua ibu hamil dan pasangannya akan mengusahakan yang terbaik bagi sang janin. Salah satunya dengan pemenuhan gizi lewat suplemen vitamin dan mineral. Memang buah dan sayur yang dikonsumsi juga mengandung vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh. Namun kita bisa memakannya sebanyak apa sih? Sedangkan kebutuhan gizi ibu hamil itu meningkat sebab harus berbagi dengan di ‘dedek’. Karena itulah peran suplemen menjadi alternatif utama dalam pemenuhan gizi ibu hamil. Selain konsumsinya mudah, takarannya juga bisa kita atur.


Saya menikah tanggal 10 Maret 2017. Sebelumnya, sudah rajin mengkonsumsi suplemen vitamin E untuk kesehatan dan kesuburan rahim. Saya menyiapkan fisik dan mental untuk segera hamil setelah menikah, mengingat usia saya sudah di atas 25 tahun. Takutnya kalau terlambat, nantinya akan kesusahan saat hamil dan persalinan sebab batas usia subur wanita adalah 35 tahun, sedangkan saya juga ingin memiliki keturunan yang lebih dari 2 anak. Hehe. Alhamdulillah Allah mengizinkan, sebulan setelah menikah ternyata saya terlambat menstruasi.


Setelah periksa sendiri menggunakan test pack dan hasilnya dua garis alias positif, saya meminta suami membelikan FOLAMIL GENIO. Ini adalah suplemen vitamin dan mineral yang saya percaya dapat membantu menjaga kondisi saya dan si ‘dedek’ dalam rahim. Semasa saya bekerja dulu, dokter kandungan di ruangan saya selalu merekomendasikan merek ini pada para pasien. Setelah saya baca kandungan, ternyata suplemen ini cukup memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral ibu hamil.
Folamil genio ini baik untuk ibu hamil muda. Kandungannya lengkap sebab ada asam folat, beragam vitamin, DHA dan kalsium. Jadi dengan meminum 1 kapsul lunak tiap harinya, sudah cukup untuk perkembangan janin. Kalau biasanya sih pada kehamilan kurang dari 3 bulan, para bidan dan dokter kandungan hanya menyarankan konsumsi asam folat saja. Terkadang juga ditambah vitamin anti mual, sehingga jadi ada 2 suplemen yang harus diminum ibu hamil. Bagi saya ini cukup merepotkan. Sedangkan ibu hamil kalau sudah ‘datang’ mualnya, mau minum air putih saja susah. Beruntung folamil genio bagi saya tidak menimbulkan rasa ‘eneg’ jadi mudah menelannya.


Kapsul lunak ini ukurannya memang lumayan besar, sekitar 1.5 cm dengan diameter 0.5 cm. saran saya, ketika akan konsumsi langsung ambil dan telan, jangan pandangi bentuk dan warnanya yang cokelat kehitaman karena dapat merangsang mual. Banyak yang berkomentar, “Hiii… besar sekali obatnya!” Maklum saja, namanya juga isinya lengkap dan takarannya pas. Harganya sekitar 120 ribu, berisi 30 tablet dalam 1 botolnya sehingga cukup untuk sebulan. Saya mengkonsumsi ini hingga usia kandungan saya 3 bulan.

Pada kehamilan muda, asam folat adalah kebutuhan terpenting. Bentuk sintetis dari vitamin B9 ini dapat mencegah cacat lahir pada bagian otak dan sumsum tulang belakang pada bayi. Selain itu juga dipercaya dapat mencegah terjadinya bibir sumbing dan kelainan jantung pada bayi. Pun  membantu mencegah keguguran yang terjadi pada awal kehamilan. Selain itu juga bisa mengobati anemia akibat kekurangan asam folat dan mengurangi risiko pre-eklamsia atau keracunan dalam kehamilan.

Disarankan mengonsumsi sekitar 400 mikrogram asam folat setiap harinya. Sebaiknya dimulai setidaknya sebulan sebelum berencana hamil. Asam folat juga dikonsumsi selama berbulan-bulan (sekitar usia kehamilan 4 sampai 9 bulan) dan takarannya naik jadi sebanyak 600 mikrogram, saat menyusui butuh 500 mikrogram. Asam folat biasanya ditemukan dalam makanan seperti kacang kering, kacang polong, jeruk, produk gandum, asparagus, hati, bit, brokoli, kubis brussels, dan bayam. Disediakan pula dalam susu hamil yang kita konsumsi. Namun lagi-lagi, karena tidak mungkin kita banyak makan dan minum yang mengandung asam folat, minum suplemen yang mengandung asam folat jadi semacam penolong. Misalnya saja setengah cangkir bayam yang dimasak mengandung sekitar 115 mikrogram asam folat dan penyerapan dalam tubuh tidak optimal. Karena itulah saya memilih folamil genio yang mengandung 1000 mikrogram asam folat, sesuai untuk kebutuhan dari hamil muda hingga menyusui nantinya.

Namun perlu diingat bahwa KELEBIHAN asam folat juga tidak baik. Maka hanya perlu konsumsi maksimal sebutir Folamil Genio tiap harinya. Terlalu banyak asam folat berakibat autisme pada anak. Efek sampingnya ada yang merasa kembung, sulit tidur, mual, kurang nafsu makan, merasa tertekan atau malah terlalu bersemangat. Sesuatu yang berlebihan memang tidak baik, apalagi bila overdosis obat.


Setelah melangkah ke usia 4 bulan, saya ganti meminum FOLAMIL GOLD, lanjutan folamil genio yang mengandung DHA lebih banyak. Bentuk Omega-3 ini bila dikonsumsi saat hamil bisa memiliki anak yang cerdas. Penelitian menunjukkan bahwa anak usia 2 tahun dari ibu yang mengonsumsi DHA pada trimester kedua dan ketiga kehamilan, memiliki skor yang lebih tinggi pada tes koordinasi mata dan tangan, yakni kontrol terpadu antara gerakan mata dan tangan. Asupan DHA juga dapat mencegah terjadinya persalinan prematur, menurunkan risiko pre-eklamsia, serta meningkatkan berat lahir bayi. 


Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa ibu hamil dan menyusui membutuhkan sekitar 200 miligram DHA per hari. Janin ‘ikut’ mengambil dari tubuh ibunya untuk pengembangan sistem saraf. Bila ibu hamil kekurangan omega-3 maka akan kemungkinan risiko depresi pasca melahirkan meningkat. Nah sumber makanan yang mengandung DHA terbaik adalah ikan salmon, tuna, sarden, teri, dan haring. Namun ada kekhawatiran mengenai kandungan merkuri dan timbal di dalam jenis-jenis ikan tersebut. Karena itulah suplemen DHA dari alga (rumput laut) lebih baik. Untunglah folamil gold memiliki 200 miligram DHA dari alga, cukup untuk kebutuhan ibu hamil per harinya.

Selain itu pada usia kandungan di atas 3 bulan, butuh mineral berupa kalsium. Fungsi utamanya dalam pertumbuhan janin khususnya pembentukan tulang-gigi, dimana janin menyerap kalsium dari tubuh ibunya. Sekitar 99% kalsium dalam tubuh ibu disimpan dalam tulang. Jadi ketika kalsium yang diasup setiap harinya kurang dari kebutuhan maka kalsium dari tulang akan dilepaskan untuk memenuhinya. Maka tidak heran bila ibu hamil yang kekurangan kalsium kemudian menjadi keropos tulang (oesteroforosis).




Baca Juga :

Ibu hamil butuh 1.200 miligram kalsium per harinya. Folamil gold yang mengandung 250 miligram kalsium karbonat, yakni kalsium murni yang lebih mudah diserap tubuh sehingga cukup membantu. Sisanya bisa dikonsumsi lewat susu dan makanan yang dimakan seperti yoghurt, keju, ikan salmon, juga telur. Setiap hari saya minum susu sapi murni, jadi tidak lagi cemas akan kebutuhan kalsium pada trimester ketiga ini. Oiya kalsium ini penting untuk mencegah terjadinya pre-eklampsi, loh. Tekanan darah juga lebih terkontrol.


Folamil gold dengan kapsul lunak warna pink ini hanya saya konsumsi sekali sehari sejak masuk trimester kedua (menginjak usia 4 bulan). Harganya sekitar 130 ribu untuk 30 kapsul lunaknya, persediaan sebulan. Saya biasa beli online, karena jarang saya temui di apotek sekitar sini. Maklum saya tinggal wilayah tepi Krian, Kabupaten Sidoarjo. Mungkin di pusat kota ada banyak apotek yang jual.

Saran saya…untuk suplemen vitamin dan mineral apa yang cocok untuk Anda yang saat ini sedang hamil, lebih baik konsultasikan dahulu dengan dokter spesialis kandungan sebagai ahlinya. Iya kalau saya sebagai bidan, sudah pernah bertanya sendiri dengan dokter kandungan tempat saya bekerja dulu. Saya juga tahu mana takaran yang pas dan tiap kali kontrol kandungan ke dokter spesialis juga selalu utarakan kalau saya konsumsi suplemen ini dan diperbolehkan. Asal tidak ada indikasi medis untuk pengecualian konsumsi suplemen, folamil genio dan gold baik dikonsumsi ibu hamil mana sana hingga menyusui. Rencananya saat menyusui nanti pun, saya tetap konsumsi folamil genio karena kandungan asam folat dan DHA-nya baik untuk kondisi tubuh ibu hamil dan mampu terserap pada bayi melalui Air Susu Ibu (ASI).

Demikian info yang bisa saya bagi mengenai suplemen vitamin mineral yang saya konsumsi dan saya percaya sesuai untuk masa kehamilan saat ini. Baca juga perbandingan folamil genio dan multivitamin lainnya khusus untuk ibu hamil. Semoga berguna, ya ^^


Salam manis,



tha_

12 komentar:

  1. hi mb Artha selamat atas kehamilan pertamanya btw aku juga sdg hamil anak kedua dan konsumsi folamil genio aku baru masuk 3 bulan makasi reviewnya aku baru tahu ada folamil gold 😂
    dan emang iya kapsulnya gede bgt aku jg suka deg2an klo pas minumnya hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal, mbak Herva. Hehe...gede banget, harus langsung telan biar gak kebayang2... Sehat2 yaa janin dan ibunya ^^

      Hapus
  2. tos! ku pun minum folamil genio dr jaman anak pertama.. hamil ke-2 ini juga minum, tapi sampe mau 8 bulan gini ngga disuruh ganti ke gold sama dokternya hehehe.. ya udah tetep setia sama folamil genio sampe sekarang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyah tergantung dokter yg meriksa, kan lebih tahu kondisi mbaknya 😊 lagi hamil juga ya? Waaah sama dong mau 8 bulan juga. Hehe...

      Hapus
  3. mbak aku mau nanya , kalo sudah minum folamil gold apakah perlu minum tambahan vitamin untuk kalsium & zat besi lagi? aku sekarang sedang hamil jalan 4 bulan 😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kan udah ada zat besi dan kalsiumnya. Itu kandungannya udah saya tulis lengkap 😁 jadi...udah tahu jawabannya kan?

      Hapus
  4. Mba, saya baru mnginjak usia kndungan 11w atau jaln 3bln.lalu saya beli di apotik folamil genio. Mnurut tmn2 saya folamil genio hnya untuk bumil 4bln keatas..mlh bhkan ktika mnginjak 6bln baru boleh minum folamil genio.aduh saya jd bingung nih mba?! Mba, mnum folamil genio tepat nya sejak usia kndgn brp?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di atas sudah saya sampaikan kalau begitu tahu hamil, langsung minum folamil genio. Saya milih ini karena ada sasam folatnya yg baik untuk usia kandungan kurang dari 3 bulan. Ada vitamin B6 untuk cegah mual muntahnya juga.

      Kalau katanya katanya dan katanya orang gak akan ada habisnya. Lebih baik tanya ahlinya atau orang yang sudah mengerti isinya. Silakan konsul dg dokternya :) Jangan terlalu percaya kata orang yang ternyata sama2 awam mengenai ini, malah menyesatkan

      Hapus
  5. Assalamualaikum mba mau tanya dong sya lagi hamil uk 32wk kemarin2 kan sya konsumsi PrenatinDF bareng minyak ikan. Nah bulan ini prenatin nya udah abis yg sisa tinggal minyak ikan nya aja saya sih mau beralih ke Folamil gold tpi karna folamil gold udah mengandung DHA apa minyak ikan nya sya lanjut atau hentikan sja karna sya takut kelebihan/over...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikumsalam
      Minyak ikan bisa disimpan dulu dan dikonsumsi terpisah dg folamil gold

      Hapus
  6. Hai Mba Artha, mau tanya. Kenapa folamil gold nya diminum setelah usia 4 bulan? Apa tidak bisa dari awal kehamilan saja? Apakah ibu hamil trimester 1 cukup 40mg saja DHA dari folamil genio, atau sebaiknya 200mg? Terimakasih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jawabannya simpel saja dan bisa dilihat dr komposisinya. Folamil gold kandungan vitamin n mineralnya kurang lengkap, padahal usia kandungan kurang dr 4 bulan adalah dasar pembentukan janin. Kalau vitamin mineral terpenuhi maka pertumbuhan jd optimal

      DHA jg ada di lauk yg dikonsumsi. Terlalu banyak jg tidak baik. Sesuai takaran sajalah

      Hapus

terima kasih sudah membaca ^^
tolong berkomentar dengan sopan yaaa... saya suka membaca komentar kalian semua :*