09 November 2017

Ingin Memiliki Taman Minimalis? Lakukan 7 Langkah Ini!



Memiliki taman merupakan salah satu kebutuhan bagi pemilik rumah. Selain menambah keindahan, taman juga dapat memberikan nuansa sejuk di rumah. Namun, seringkali pemilik rumah merasa kerepotan untuk mengurus taman. Apabila Anda salah satunya, cobalah untuk menggunakan konsep taman minimalis. Taman jenis ini tidaklah membutuhkan perawatan yang rumit.


Untuk mewujudkan taman minimalis, lakukanlah 7 langkah berikut ini:

1. Membuat Pondasi Sederhana Dan Merencanakan Pembuatan Elemen Keras (Hardscape
Elemen keras (Hardscape) merupakan salah satu unsur penting pada taman minimalis. Misalnya seperti batu-batuan yang diaspal ataupun kumpulan kerikil yang dapat menambah pesona taman minimalis. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan teknik xeriscaping, yakni teknik untuk membuat taman menjadi hemat air. Dalam hal ini, Anda harus selektif memilah jenis tanaman yang akan digunakan.


2. Membuat Area Outdoor Tanpa Menghilangkan Privasi
Anda mungkin tidak menginginkan pagar dari tanaman ataupun semak-semak di taman minimalis Anda. Namun, Anda tetap membutuhkan pembatas untuk memberikan privasi pada taman minimalis. Jadi, tidak ada salahnya untuk menggunakan pagar tanaman. Anda dapat memangkasnya secara teratur sehingga taman tetap terlihat rapi. Hal ini juga akan membuat taman minimalis Anda terkesan nyaman.

Untuk pagar tanaman, Anda dapat memilih tanaman yang selalu berdaun hijau (evergreen). Beberapa contohnya ialah kenanga (boxwood), pohon willow, serta laurete. Tanaman evergreen merupakan pilihan yang baik sebab daunnya tidak akan berubah sepanjang musim.

Tentu, Anda harus mempertimbangkan apakah Anda memiliki waktu luang untuk melakukan perawatan pada pagar tanaman. Apabila Anda berpikir Anda tidak memiliki waktu luang, gunakanlah dinding tanaman sebagai solusinya. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan pagar atau dinding biasa pada taman Anda.


3. Memahami Lahan Anda
Apabila memiliki lahan yang lumayan besar, Anda dapat mengatur taman dengan bagian-bagian yang spesifik. Gunakan batu-batuan atau batu bata sebagai pagar, dinding, serta batas untuk memisahkan area-area di lahan Anda. Pilihlah bahan-bahan material yang cocok ataupun kontras dengan elemen keras (hardscape) pada taman. Selain itu, Anda juga dapat menanam satu atau dua jenis buah di sana.


4. Membuat Ide Desain Terfokus pada Kesederhanaan
Anda memang dapat menemukan inspirasi desain taman minimalis dengan mudah. Namun, seringkali taman minimalis tersebut lama-kelamaan akan menjadi tidak teratur. Oleh karena itu, pastikan Anda terfokus pada kesederhanaan. Jangan tergoda oleh ide desain yang terlihat menarik, namun ketika diterapkan malah membuat taman terlihat kompleks.

Untuk mewujudkan taman minimalis, gunakankan warna netral sebagai warna dominan. Anda dapat menambahkan aksen warna lain pada tempat-tempat tertentu di taman. Selain itu, Anda juga dapat menambahkan variasi tekstur melalui batu-batuan di taman.


5. Menggunakan Wadah Kotak Atau Botol Untuk Tanaman
Cara lainnya untuk membuat taman minimalis terihat lebih menarik ialah menggunakan wadah. Anda dapat menggunakan wadah kotak ataupun botol untuk tanaman Anda. Ketika Anda merangkai wadah tanaman pada taman minimalis, Anda dapat membuat variasi pada taman. Dalam hal ini, Anda dapat mengganti-ganti warna wadah untuk memberikan warna baru pada taman.

Selain warna, wadah tanaman juga memiliki berbagai jenis desain. Selain itu, penggunaan wadah pada tanaman akan memicu Anda untuk memvariasikan koleksi tanaman Anda. Bahkan, Andapun dapat menanam sayur dan buah kesukaan Anda.


6. Meninggikan Lapisan Tanah Taman Untuk Area Tanaman
Langkah selanjutnya yang dapat Anda lakukan untuk mewujudkan taman minimalis ialah meninggikan lapisan tanah pada taman. Tanah yang ditinggikan dapat membuat tanaman-tanaman Anda terlihat lebih mempesona. Wangi pada ataman juga akan lebih terasa. Anda dapat membuat kreasi seperti penggunaan batu bata serta bebatuan sebagai pembatas. Dijamin, hasilnya akan terlihat menarik.


7. Air Membuat Taman Minimalis Terasa Sejuk 
Penambahan fitur air seperti kolam kecil atau air mancur dapat menciptakan nuansa sejuk pada taman. Kunci penggunaan fitur air yang minimalis ialah memastikan pekerjaan terlihat rapi. Salah satu contohnya ialah penggunaan air mancur guci. Tentunya, Anda tidak ingin ada pipa, lapisan plastik kolam, serta pompa yang terlihat di taman minimalis Anda. Jadi, pastikan pemasangan fitur air ini terlihat natural, sederhana, serta bersih. Fitur air berkilauan akan memanjakan mata kita. Hewan seperti burung, kupu-kupu, serta capung juga tidak akan ragu berdatangan ke taman minimalis kita.


6 komentar:

  1. mbak maksudnya hardscape sama xeriscape itu adalah menambahkan elemen kereas pada tman minimalis kita ya mbak seperti batua batuan dan kerikil keriril kecil ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyah...xeriscape lebih ke irigasi tanaman yg kering jadi diberi tumbuhan yg gak butuh banyak air, misalnya kaktus

      Hapus
  2. Konsep hardscape nambah manis halaman rumah kita. Coba bikin yuk

    BalasHapus
  3. Di rumah punya kebun kecil..awalnya pengen dibuat cantik..tapi ternyata, rumputnya cepet banget tumbuh..kalau males motong rumput, langsung jadi berantakan

    BalasHapus
  4. Tfs mba, kebetulan kami punya rooftop garden di rumah ;)

    BalasHapus
  5. Saya kepengennya punya taman di area depan dan belakang rumah mbak. Kalau yang depan sih biasa2 aja ya, kepengennya fokus yg belakang yg oke, jd bisa santai2 di belakang dengan privasi hehe

    BalasHapus

terima kasih sudah membaca ^^
tolong berkomentar dengan sopan yaaa... saya suka membaca komentar kalian semua :*