11 November 2017

Cara Mendapat Buku / Novel Gratis dari Internet


Assalamualaikum…

Hola, sedang apa? Senggang?
Kalau senggang begini selain blogwalking, apa yang kalian lakukan?

Kalau saya…berburu gratisan, haha. Hal ini sudah sejak lama saya lakukan, tapi beberapa tahun ke belakang ini sempat vakum karena saya juga jarang sekali jelajah internet. Pernah juga kiat mendapat barang gratis saya tulis di blog sebelumnya. Bukan yang ini, blognya sudah saya tutup sebab namanya mengungkit luka hati. Yang kenal lama dengan saya pasti tahu. Hahaha…


Yak kita skip dulu curhat alay-nya.

Saya tulis ini dalam rangka berbagi kebahagiaan. Baru saja saya mendapat mention di twitter kalau memenangkan buku gratis lagi. Lumayan nambah bacaan tanpa membeli. Irit. Menyenangkan.

Sebenarnya saya lebih suka mendapat novel sih. Bacaan ringan ini lebih menghibur. Tapi seringkali juga mendapat buku bacaan mengenai biografi tokoh terkenal. Pun buku-buku bertema umum lainnya. Yah namanya rezeki, sedapatnya disyukuri saja. Nanti pasti Allah tambah.


Mendapat buku / novel gratis dari internet banyak caranya. Pengalaman saya, mendapat dari:

1. Kuis
*) Kuis di media sosial
Kalau saya sering mention-mention di twitter, facebook dan instagram, jangan BeTe yah. Ini salah satu usaha saya untuk mendapat  bacaan gratis dari internet. Kalian yang gak sengaja baca postingan saya, silakan ikutan juga. Siapa tahu rezeki di kamu.

Biasanya penyelenggara kuis meminta untuk mem-follow akun tertentu, lalu memberikan soal yang musti dijawab. Mudah-mudah kok. Menyontek jawaban orang lain juga bisa #ehhh. Kadang ada yang meminta menceritakan kesan saat membaca review buku / novel yang akan dibagikan gratis bagi pemenang kuis. Kadang juga hanya meminta kita menuliskan nama akun media sosial dan email saja. Fungsinya, kalau kita pemenangnya maka akan di-mention atau di-email. Kemudian dimintai alamat pengiriman bacaan gratisnya.



Paling malas kuis di instagram. Kebanyakan penyelenggara kuis meminta kita repost info kuisnya. Kan jadi memenuhi isi postingan, padahal kurang sesuai dengan kata hati ini #tsaaah. Oleh karena itu saya jarang ikutan yang di instagram. Kalaupun ikut, begitu pengumuman pemenang keluar dan saya bukan pemenangnya, maka langsung saya hapus potingan repost-nya. Hehe. Nakal. Jangan ditiru yah …

Oiya kalau mau mendapat bacaan gratis seperti saya, perbanyak follow akun penerbit buku dan para pe-review buku. Ada kuis yang rutin diadakan penerbit pada satu hari tertentu, kadang seminggu sekali… kadang juga sebulan sekali. Tetap follow saja, nanti pasti muncul infonya.


**) Kuis di blog
Bagi yang punya blog, perbanyak follow blog pecinta buku  yang sering membuat blog tour dan giveaway. Mereka ini biasanya rutin membagi bacaan gratis. Syaratnya terkadang hanya follow akun media sosial penyelenggara dan penerbit buku, membagi link info via media sosial dan menjawab pertanyaan. Hampir sama dengan ketentuan kuis di media sosial.

Nah untuk mencari kedua kuis ini (baik via media sosial dan blog), saya menggunakan fitur “pencarian” di twitter. Kata kuncinya: buku gratis, hadiah buku, novel gratis, hadiah novel, giveaway buku, kuis novel, dan kuis buku. Jika memakai kata kunci: giveaway novel, kebanyakan penyelenggaranya luar Indonesia. Ada beberapa sih yang mau mengirimkan hadiah secara internasional, maksudnya di luar negara mereka. Tapi amat sangat jarang dan kecil kemungkinan menangnya. Jadi saya tidak akan melakukan hal yang saya pikir sia-sia tersebut. Cintai produk lokal dulu, lah. Hihi.


***) Giveaway di Goodreads
Ini yang termudah menurut saya. Tanpa share info lomba dan menjawab pertanyaan, cukup join dan  berdoalah semoga terpilih. Saya pernah menuliskan pengalaman mendapatkan novel gratis dari Inggris. Pun menulis cara mengikuti giveaway via Goodreads. Yang terpenting harus punya akunnya dulu, registrasi mudahnya pakai facebook. Lalu tuliskan alamat lengkapmu agar bila terpilih, bacaan gratis langsung terkirim ke alamatmu. Pengumuman ada yang di-email, juga ada yang mendapat pemberitahuan di akun Goodreads. Saya jarang cek akun, tahu-tahu ada buku yang sampai.


2. Penerbit
Seperti yang saya jelaskan sebelumnya, jangan lupa follow akun media sosial penerbit buku. Terkadang mereka juga tiba-tiba mencari penyelenggara kuis dadakan dan kita bisa mendaftar. Bila terpilih, ada buku gratis untuk kita. Penerbit juga telah menyediakan dan mengirim sendiri hadiah buku bagi pemenang kuis yang nantinya kita selenggarakan, sehingga kita anti repot. Lumayan kan. Tidak memberatkan.

Bagi kalian yang isi blognya banyak mengulas tentang buku, selamat! Siapa tahu ada penerbit yang tertarik dan meminta bantuan kalian untuk mengulas buku terbitan terbarunya. Ini termasuk eksklusif. Biasanya bukan hanya sebuah tetapi bisa beberapa buah buku dan berkelanjutan. Alhamdulillah ya.


3. Penulisnya
Yang suka menulis, baik itu berupa cerita pendek, novel atau doyan isi blog, pasti punya teman yang juga seorang penulis. Kebanyakan hanya kita kenal lewat dunia maya karena suka berinteraksi dan berselancar via internet. Saya wanti-wanti dulu, jangan sesekali meminta gratisan langsung padanya. Kasihan. Ia susah payah menggarap buku / novel, royalti juga tidak seberapa, diberi sample buku cetak yang hanya beberapa … eh masih kalian todong dengan minta gratisan.

Minimal bantu promosikan karya terbarunya itu lewat kuis yang kita adakan. Jadi banyak orang yang tahu, dan timbal baliknya … bisa dapat buku / novel terbarunya secara cuma-cuma. Dapatnya sama-sama gratis sih, namun bila meminta tanpa melakukan sesuatu sebagai rasa terima kasih itu hal yang jahat menurut saya.

Dulu saya sering dapat novel gratis dari teman-teman penulis. Juga membuat event giveaway via blog. Yang ikut lumayan banyak. Melihat antusiasme peserta, sang penulis karya jadi ikut senang. Karyanya mengundang rasa penasaran, walau berkedok ingin dapat buku gratis. Syaratnya dulu ganti photo profil facebook dengan cover novel. Bentuk promo secara tidak langsung, kan. Tetapi sekarang jarang ada ya yang pakai cara seperti itu. Hihi.


Silakan coba cara mendapat buku / novel gratis dari internet yang pernah saya coba ini ya. Moga-moga mengikuti jejak saya mendapat banyak bacaan gratis.

Eh ada Mas Kurir yang datang. Jangan-jangan antar buku hadiah lagi. Alhamdulillah. Cukup sekian dulu ya…



Salam manis,

tha_




12 komentar:

  1. Toss mba, saya juga doyan berburu buku gratis :)

    BalasHapus
  2. siapa yang nolak kalau dapat buku gratis ya. Aku juga mau kalau dikasi, muhehe.

    BalasHapus
  3. Aku juga suka berburu buku gratis lewat medsos dan blog mbak. Keren ya mbaknya,dapat hadiah buku gratis dari Inggris.

    BalasHapus
  4. Hmm kalo ikutan kuis itu yang paling aku ga suka :( karena jarang atau hampir gak pernah dapet hihihi, gak hoki kali ya. Tapi goodreads sepertinya layak dicoba. Duhh mbak aku mau dong buku2 tentang biografi, aku malah ga terlalu suka baca novel :D

    BalasHapus
  5. Oh gitu. Ikh jadi pengen jugaaaa. Apalagi emak2 mah suka cari yang gratisan ��

    BalasHapus
  6. Dulu saya juga seriing banget dapat buku dari kuis2...lumayan sih emang...dan dapat tanda tangan penulisnya langsung juga...

    BalasHapus
  7. Wah asyik ya mbak dpt buku gratisan gtu, caranya boleh jg😊

    BalasHapus
  8. masalahnay aku suka jarang mujur nih kalau kuis

    BalasHapus
  9. Wah.. asyik banget dapat buku gratisan :D kalau meresensi ke media cetak juga suka dapat bonus buku dari penerbit yang bukunya kita resensi ya :-)

    BalasHapus
  10. hahaha, boleh dicoba nih. semoga keberuntungan memihak pada kita juga ya, karena aku tipe orang jarang beruntung kalau ikutan kuis, hiihi

    BalasHapus
  11. Pengen banget dapat buku gratis..ikutan kuis jg gak menang-menang, sedih huhuhu

    BalasHapus
  12. Mencari buku gratis dengan cara elegan dan bermartabat :)

    Big NO: minta buku gratis ke penulis.

    BalasHapus

terima kasih sudah membaca ^^
tolong berkomentar dengan sopan yaaa... saya suka membaca komentar kalian semua :*