08 November 2017

Makanan Tambahan Ibu Hamil dari Puskesmas




Assalamualaikum …

Holaaa… Sudah lebih dari seminggu sejak acara Sosialisasi PPIA yang diadakan Puskesmas Krian di kantor Kelurahan Kemasan, Krian, Kabupaten Sidoarjo. Dari acara tersebut, saya mendapat makanan tambahan ibu hamil berupa biskuit lapis (sandwich) untuk 6 hari. Pembagian biskuit ini gratis, sebab masuk program Dinas Kesehatan untuk perbaikan gizi ibu hamil demi menurunkan Angka Kematian Ibu (AKI).


Saya suka sekali rasa biskuit ini. Walau namanya “makanan tambahan”, tetapi karena dikemas dalam bentuk biskuit maka mengkonsumsinya jadi lebih mudah dan menyenangkan. Nyemil nyemil … ibu hamil tidak bisa lebih dari kegiatan ini. Rasanya memang selalu lapar, maklum saja sebab harus berbagi dengan si kecil yang ada dalam kandungan. Jadi dengan adanya biskuit ini rasanya sangat membantu para ibu hamil. Di mana dan kapan saja, bisa menikmati biskuit ini sebagai pengurang rasa lapar dan penambah tenaga.

Kebutuhan kalori harian pada wanita normalnya 1500 hinggga 2000 Kkal. Ketika hamil, maka kebutuhannya naik sekitar 300 – 500 Kkal. Nah pada biskuit lapis seberat 100 gram ini energi totalnya ada 500 Kkal, cukup sekali menambah asupan kalori disamping makan nasi, sayur dan buah yang diharapkan juga lebih dari 3 kali sehari. Iyah, ibu hamil harus makan jauh lebih banyak dari sebelum hamil. Kalau bisa bukan hanya menambah nasi sebagai sumber karbohidrat, tetapi juga memperbanyak konsumsi sayur dan buah. Dengan adanya camilan gratis ini, kebutuhan kecukupan kalori terbantu. Lebih baik nyemil  ini daripada gorengan. Jauh lebih sehat dan jumlah kalorinya jelas.


Dalam sebungkusnya yang seberat 100 gram, ada 10 keping biskuis berlapis gula rasa stroberi. Biskuitnya termasuk lumayan tebal, saya juga cukup terkejut saat pertama kali membukanya. Ukurannya sekitar 6 x 4 cm dengan tebal 1,5 cm termasuk lapisan gula. Karena namanya sandwich, biskuitnya ditumpuk dua-dua. Akhirnya jadi 5 sandwich isi gula rasa stroberi. Dengan ukuran sebesar itu, saya kira akan sulit menggigitnya. Tekstur juga sepertinya kasar. Ternyata … saya salah.

Biskuitnya lunak dan rasanya langsung lumer di mulut. Teksturnya sangat lembut, tanpa kesulitan mengunyah bisa dengan mudah ditelan. Tidak ada rasa serik sama sekali. Begitu gurih, dengan aroma khas biskuit susu. Pada lapisan gula berwarna pink, seperti ada rasa kacangnya. Benar-benar nak dan tidak bikin eneg.


Saat saya baca komposisi biskuit buatan PT Indofarma Global Medika Jakarta ini, ternyata benar ada selai kacang tanahnya. Selain itu juga terbuat dari tepung terigu, lemak nabati, gula, susu bubuk skim, premiks vitamin dan mineral, bubuk buah stroberi, perisa alami dan artifisial susu vanilla. Pada informasi nilai gizi juga lengkap kandungan vitamin mineralnya. Ada vitamin A, D, E, B6, B12, C, asam folat, iodium, zat besi, fosfor juga kalsium. Lemak totalnya 25 gram, proteinnya 15 gram dengan natrium yang hanya 390 miligram. Para ibu hamil yang tekanan darahnya tinggi dan ada indikasi yang mengarah pada pre eklampsia yakni keracunan kehamilan, tidak perlu takut mengkonsumsinya karena kandungan garamnya sangat sedikit.


Pemberian Makanan Tambahan (PMT) berupa biskuit bergizi tinggi ini sebagai sampingan makanan gizi seimbang. Jadi para ibu hamil tetap harus makan nasi, sayur dan buah serta kalau bisa mengkonsumsi susu secara teratur. Bagi para ibu hamil yang mengalami mual muntah di masa kehamilan, biskuit ini bisa jadi salah satu solusi pemenuhan nutrisi. Tinggal diemut atau langsung kunyah telan, sedikit-sedikit agar tidak merangsang mual. Biskuit ini tidak perlu dikonsumsi lagi oleh ibu hamil yang kenaikan berat badannya melebihi batas, mengingat jumlah kalorinya yang tinggi. Aturan kenaikan berat badan dari sebelum hamil hingga hamil tua ialah sekitar 10 hingga 15 Kg.

Biskuit makanan tambahan ibu hamil ini biasanya dibagikan saat periksa di Puskesmas atau saat ada kegiatan Posyandu. Memang tidak setiap bulan karena stok dari pemerintah pusat.

Adakah yang pernah mendapat biskuit ini juga? Suka gak? Bagi cerita ya …



Salam manis,



tha_



8 komentar:

  1. wah jaman dulu sih gak ada nih dpt kue gratis, pelayanan memang hrs ditingkatkan tahun demi tahun ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setahu saya program ini memang ada sejak 2016 😄

      Hapus
  2. di puskesmaas tempat saya sepertinya belum ada, sayang banget ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba ditanyakan. Merata seluruh Indonesia kok. Mungkin dibagi saat acara tertentu karena stok terbatas

      Hapus
  3. Pas hamil.kemarin gak makan ini cz gatau heheu, sehat terus yaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Periksanya kalau gak di puskesmas, memang gak tau karena gak dikasih, mbak. Hehe...
      Makasiii yaaa doanya.

      Hapus
  4. Wah dulu saya gak pernah dikasi biskuit, eh tapi suka nyemil biskuit sendiri sih, soalnya pas itu disuruh nambah2 berat badan hehe
    BTW moga sehat2 terus ya mbk kehamilannya, lancar sampai lahiran aamiin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sempat perkiraan berat janinnya kurang yah? Iyah terbantu banget kalau suka nyemil yg bergizi.
      Aamiin. Makasih doanya, mbak 😄

      Hapus

terima kasih sudah membaca ^^
tolong berkomentar dengan sopan yaaa... saya suka membaca komentar kalian semua :*