28 November 2017

Masa Depan Digital Indonesia Ada di Tangan Kita





November. Orang Jawa percaya bahwa jika akhiran bulan ialah “ber” pertanda gede-gedene sumber. Maksudnya hujan akan terus datang, sumber air melimpah ruah. Seperti saat tulisan ini saya buat, suara derasnya air hujan menjadi backsound, menambah riuhnya bunyi keyboard yang tersentuh jemari. Suasana dingin pun menyergap, membuat saya semakin melilitkan selimut ke sekujur tubuh.
Saat sendiri di rumah seperti ini, inginnya tiduran sambil menonton televisi. Apa daya derasnya hujan membuat antena di atas genting bergoyang-goyang. Tayangan jadi terlihat buram. Mana suami masih di tempat kerjanya, siapa lagi yang bisa membetulkan antena? Menonton layar kaca jadi tak asyik, hanya tampak semut-semut tak nyata yang memenuhinya.


Beruntung saya sudah download Dens.TV beberapa hari lalu. Tinggal buka aplikasinya di ponsel, berbagai tayangan bisa saya nikmati. Apalagi Dens.TV ini punya High Definition TV premium. Rasanya jadi seperti berlangganan TV kabel, ada banyak channel terbaik dengan kualitas High Definition (HD) dari dalam dan luar negeri. Jadi walau nonton lewat layar kecil, kualitas tayangannya yang prima membuat mata tak henti berkedip menikmatinya. Sungguh puas! Karena itulah saya mengulasnya pada postingan ini.

unduh Dens TV di sini
unduh Dens.TV dengan cara KLIK gambar  di atas (logo Dens.TV)


Awal mula saya berkenalan dengan Dens TV ini adalah saat ingin menonton Miss Universe. Penasaran dong tentang bagaimana aksi perwakilan Indonesia di ajang pemilihan ratu sejagat yang dihelat di The AXIS, Las Vegas – Nevada, Amerika Serikat. Jauh-jauh hari sudah persiapan cari referensi nonton di mana. Biasanya disiarkan di televisi swasta, tapi layar kaca yang bermasalah membuat saya enggan menontonnya. Mungkin ada di TV kabel, sayangnya saya tidak berlangganan. Lalu kalau mau lihat streaming–nya via internet, saya juga tidak tahu di situs apa. Uh!

Beruntung saat baca tweets CBN di twitter, ada info bahwa bisa nonton tayangan televisi dan berbagai film favorit lewat aplikasi di ponsel. Ada free aksesnya juga, asyik! Solusi terbaik nih. Mudah-mudahan ada tayangan Miss Universe juga secara live. Langsung unduh aplikasinya lewat play store deh di https://play.google.com/store/apps/details?id=tv.dens.mobileapp


Keinginan saya terkabul! Karena perbedaan waktu, acara Miss Universe saya nikmati live di Dens.TV pada Senin (27 November 2017) jam 7 pagi. Tayangan ulangnya di jam 6 sore. Walau akhirnya Bunga Jelitha Ibrani sebagai perwakilan Indonesia gagal membawa pulang mahkota berbatu safir dan bahkan tidak masuk 16 besar, setidaknya rasa penasaran saya terbayarkan. Saya juga bangga dan salut atas prestasi gadis bertinggi badan 180 cm yang sudah berusaha menampilkan yang terbaik itu, walau Dewi Fortuna ternyata tidak di pihaknya.


Dens.TV ini sendiri merupakan suatu inovasi yang digagas PT Cyberindo Aditama atau yang lebih dikenal dengan nama CBN. CBN merupakan pionir Internet Service Provider yang telah ada di Indonesia sejak 1995. Sebagai perusahaan yang bergerak di bidang Teknologi, Informasi dan Komunikasi (TIK), CBN memiliki ribuan kilometer infrastruktur jaringan fiber optik dan terus tumbuh demi komitmen layanannya yang selalu berinovasi untuk memberikan yang terbaik bagi masyarakat Indonesia.

Posisinya yang telah secara strategis berada di tengah infrastruktur internet di negara kita, membuat CBN terus berupaya menghadirkan layanan internet yang handal, ditambah layanan Data Center, Cloud Computing, dan TV interaktif. Yang terbaru, ada CBN Digital Nation yang merupakan rangkaian kampanye untuk mendukung literasi digital di Indonesia. Harapannya agar dengan adanya terobosan baru ini membuat masyarakat dapat merasakan kehidupan digital yang lebih baik. Karena kepeduliannya inilah maka tak heran CBN kini meningkat kapasitasnya menjadi Digital Service Provider.

Internet kini memang bak kebutuhan pokok. Kuota habis, lekas-lekas mengisinya agar tidak ketinggalan berita di media sosial atau pada aplikasi chatting. Internet memudahkan kehidupan, karena segala informasi dapat diakses dan ada dalam genggaman. Bagaimana masa depan digital  Indonesia ada di tangan kita sebagai pemakai aktifnya.  Mau digunakan secara positif atau negatif, pilihan inilah penentunya.

Demi terobosan baru untuk masa depan digital Indonesia, pada Oktober 2017 lalu, CBN bekerjasama dengan FiberStar menargetkan penyediaan 500 ribu jaringan internet (homepass) dengan teknologi fiber optic up to 1Gbps di area perumahan wilayah Jawa Barat. Wih super cepat! Lewat ajang CBN Digital Nation, Bandung lalu dipilih sebagai tuan rumah pertama karena dianggap sukses menerapkan smart city dalam pengelolaan kotanya. Inilah dampak positif penggunaan internet yang membuat masa depan digital Indonesia bisa semakin baik. Dibantu dengan CBN yang menyediakan akses internet cepat, harapannya agar bisa mendukung kemajuan smart city di ibukota Jawa Barat ini.

Masyarakat Bandung pasti sudah merasakan enaknya koneksi internet di area Main Atrium 23 Paskal Shopping Center yang super cepat up to 1Gbps berkat teknologi fiber optic-nya CBN Fiber. Kecepatannya bisa sampai 300x, loh. Kalau biasanya kita sebal kalau ada buffering, dengan teknologi fiber optic super ini niscaya jadi super duper bahagia kala mengakses internet. Dipadu Dens.TV yang dapat diakses melalui website, atau lewat aplikasi IOS dan android, nonton bareng jadi lebih seru.

Apalagi Dens.TV ini hadir dengan banyak fitur yang mengutamakan kenyamanan dan personalisasi pengguna. Fitur-fitur unggulan ini antara lain:
High Definition TV premium
Kualitas High Definition (HD)-nya membuat TV channel dari dalam dan luar negeri menjadi lebih nyaman dan menyenangkan untuk dinikmati. Nonton sendiri seperti yang saya lakukan rasanya seru, apalagi bila ada suami yang menemani. Saya biasanya nonton kartun, selain lucu juga sangat menghibur. Selain kartun-kartun berkualitas, masih ada banyak tayangan yang termasuk general entertainment, movie, documentary, sports, hingga music & lifestyle yang bisa dinikmati dengan kualitas tampilan yang prima.
E-Classroom
Selain bersifat menghibur, tontonan di Dens.TV juga ada yang bersifat mendidik. Contohnya saja aneka video e-learning yang dikemas dengan animasi yang menarik pada e-classroom. Anak jadi memegang gadget bukan hanya untuk permainan yang sifatnya suka-suka, tapi bisa belajar dengan menyenangkan lewat video interaktif. Saat ini masih diperuntukkan untuk murid Sekolah Dasar (SD) kelas 1 – 6, semoga setelah ini bisa ada pembelajaran untuk semua jenjang pendidikan.
Blockbuster Video On Demand
Suka gak sabar nunggu serial TV dan film blockbuster kesukaan tayang? Kini dengan Blockbuster video on Demand, bisa langsung akses dan tonton sepuasnya. Ada lebih dari 600 judul yang bisa kita nikmati loh.


Yang paling saya suka, free trial Dens.TV ini selama 30 hari. Selama sebulan penuh jadi bisa dimanjakan tayangan bermutu cukup dari aplikasi di ponsel. Kalau mau lihat dengan ukuran yang lebih besar, bisa pakai laptop dan buka websitenya www.dens.tv . Ditambah CBN fiber sebagai internet service provider-nya bakal bisa nonton tanpa macet-macet. Masalah harga, terjangkau dan sesuai dengan kebutuhan pelanggan. Detailnya bisa baca-baca di www.cbn.id ya.

Oiya, fitur yang saya suka di Dens.TV itu sign up dan log in-nya mudah, cukup pakai akun media sosial. Waktu daftar pertama kali, saya pakai akun facebook. Tinggal klik-klik, langsung terhubung.



Lalu ada menu my favorite channel dan my video playlist. Kesukaan saya kartun, jadi dengan bikin playlist film kartun yang disuka jadi memudahkan menonton tanpa bingung mau cari filmnya di mana. Selain itu ada reminder untuk jadwal tayang TV favorit, di mana ada pemberitahuan di waktu yang mendekati jam tayang film kesukaan. Kalau begini caranya, gak bakal ketinggalan lagi. Terlebih saya memang pelupa. Dan asyiknya … bisa Catch up TV hingga 7 hari. Kalaupun lupa nonton, sudah tersimpan rekaman filmnya dan bisa ditonton berulang-ulang untuk tayangan 7 hari sebelumnya.

Unduh film favorit juga bisa. Tanpa koneksi internet, akhirnya bisa menonton video secara offline. Inilah keungggulan fitur Dens.TV. Dan yang terbaru, juga bisa belanja sambil nonton TV tanpa harus pindah channel. Keasyikan nonton tak terganggu, aktivitas belanja juga terpenuhi. Ini karena Dens.TV memiliki fitur E-commerce yang bekerjasama dengan beragam produk dan marketplace. Praktis yah. 

Adanya CBN Digital Nation sudah cukup membuktikan bahwa kini saatnya Indonesia semakin maju dengan perkembangan digital yang banyak membantu kebutuhan masyarakat. Ditunjang CBN fiber berkecepatan 1Gbps, akses apapun jadi cepat dan mudah. Terlebih kini jaringan internet sudah merambah banyak bidang. Pada bidang pendidikan, internet digunakan sebagai saranan belajar dan mengajar. Di bidang kesehatan, internet digunakan sebagai sarana menyimpan data pasien dan mencari info yang terkait dengan kesehatan. Di dunia ekonomi, siklus jual beli juga marak via internet.

Karena di semua bidang kini memakai jaringan intenet untuk memudahkan kegiatan, itulah mengapa masa depan digital Indonesia ada di tangan kita, para generasi muda sebagai penerus bangsa. Kemajuan internet yang pesat ini juga harus diimbangi oleh peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) yang dapat memanfaatkan internet dengan bijak. Menonton aneka tayangan boleh saja, namun lebih baik memilih yang mendidik. Tayangan yang baik tentu mencetus mindset yang baik pula. Dengan begini, generasi muda akan tumbuh sesuai harapan sebagai generasi yang dapat memperbaiki negeri ini karena memiliki kepribadian, moral dan etika yang baik pula.

Sudah siap menyambut terobosan baru dunia digital Indonesia? 
Tunggu program CBN Digital Nation di kota kamu, ya... Saya juga menantikan hadirnya rangkaian kampanye dari CBN ini di tempat tinggal saya, Sidoarjo - Jawa Timur. Keseruan Dens.TV telah saya rasakan. Jadi ingin tahu, inovasi apalagi yang akan dibuat CBN untuk menjawab tantangan era digital yang semakin berkembang ini. Kita nantikan saja yah. 







18 komentar:

  1. wah... sudah nyobain dens tv ya. sgt mudah ya ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mudah dan seru. Tayangannya anti semut nakal karena tanpa antena yang bisa goyang2. Haha

      Hapus
  2. Sekarang emang apa-apa serba digital ya.. bikin praktis dan mudah hidup kita

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaps... Alhamdulillah. Apalagi makin banyak terobosan baru untuk era digital, bikin gak ketinggalan zaman

      Hapus
  3. Semoga bisa jadi trobosan baru untuk nonton TV gaya modern :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yaps! Enak bisa nonton TV di mana2

      Hapus
  4. tv pun serba online, jadi sekarang tv dirumah jadi ga terlalu terpakai, lagian kita juga jarang dirumah, makanya butuh den tv juga, selain itu banyak pilihan film dan channelnyaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Filmnya itu yg bikin betah make dens tv...variatif

      Hapus
  5. Wah keren mba, futuristik. Zaman makin maju ya, sekarang dunia semakin memasuki era digital :D

    BalasHapus
  6. Saya dari sejak tinggal sendiri dan jauh dari orang tua
    tidak pernah lagi nonton tv rumahan
    selalu streaming dengan gadget atau laptop
    karena lebih enak dan praktis, paling kendalanya internet yg kadang sentolop aja

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau interner sentolop, bisa pakai cbn fiber. Cobain yg termurah dulu...kualitas prima loh...cepet aksesnya

      Hapus
  7. Dens.Tv ini cakupan streamingnya sudah seluruh Indonesia mbak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Udah kok. Cobain ajah. Mumpung bisa free trial 30 hari loh

      Hapus
  8. Sekarang tv udah hampir puna yah. sekarang banyak orang beralih ke tv online dan bisa di lihat di android. mantap perkembangan jaman.

    BalasHapus
  9. dengan adanya CBN Digital Nationdapat mendukung dunia digital kita. Kalau emang berguna pasti membantu sekali ya.

    BalasHapus
  10. Wah dunia digital semakin mempermudah buat mengakses informasi dari televisi ya, semakin bersinergi nih media elektronik dan dunia digital.

    BalasHapus

terima kasih sudah membaca ^^
tolong berkomentar dengan sopan yaaa... saya suka membaca komentar kalian semua :*