04 Desember 2017

Guna Alinamin F untuk Menambah Kontraksi?



Assalamualaikum...

Saat ini saya sedang berada di rumah bidan. Kebetulan tadi pagi saat bangun tidur, tiba-tiba ketuban pecah. Kemarin-kemarin, saya sudah cemas. Usia kandungan telah masuk 39 minggu tapi belum ada tanda-tanda persalinan. Waduh!


Nah begitu ketuban pecah, saya pegang perut dan hanya terasa kaku, kencang-kencang tapi tidak sakit sama sekali. Di kondisi seperti ini, biasanya kalau masuk rumah sakit langsung diinfus dan dilakukan induksi persalinan bila belum ada pembukaan jalan lahir. Namun saya lebih memilih ke rumah bidan untuk dicek kondisinya. Alhamdulillah sudah ada pembukaan, meski baru buka 2.

Agar bisa bersalin normal, pembukaan haruslah 10. Baru kepala janin bisa keluar dan lahir normal. Jadi selagi menanti pertambahan pembukaan jalan lahir, saya diberi antibiotik dan disarankan bed rest.


**Alinamin F dan efeknya di tubuh saya

Nah seperti yang saya ceritakan, sebelumnya saya sama sekali tidak merasakan perut kencang-kencang yang katanya orang-orang terasa sakit, tanda janin ingin lahir. Jadi saya berusaha "menimbulkan" rasa tersebut. Saya minum obat Alinamin F, sekali sehari selama 2 hari lalu saya tingkatkan jadi 2x sehari mulai kemarin.


Selama ini di kalangan bidan, Alinamin F dipercaya sebagi obat penstimulasi kontraksi sehingga jadi lebih cepat melahirkan. Ketika usia kandungan sudah memasuki usia cukup bulan, tablet berselaput gula berwarna pink ini diberikan agar perut jadi lebih sering kencang-kencang. Namun anggapan ini salah. Sebenarnya Alinamin F adalah vitamin biasa.

Alinamin F mengandung Thiamini Tetrahydrofurfuryl Disulfidi Hydrochloridum sebanyak 54,58 mg dan Riboflavinum sebesar 5 mg. Keduanya adalah vitamin B yang berfungsi dalam metabolisme energi dalam tubuh. Namun Thiamin atau B1 juga berperan dalam menimbulkan kontraksi. Oleh karena itulah terkadang vitamin B1 diberikan pada ibu hamil cukup bulan (aterm) agar timbul kontraksi kehamilan.

Selama saya meminum ini, efek spesifik seperti perut makin sering kencang-kencang yang terasa sakit masih belum terasa. Kalau kencang-kencang biasa, memang terjadi lebih sering. Lalu terjadi efek samping berupa warna air kencing (urine) yanng menjadi semakin kekuningan. Dan tiba-tiba pagi ini ketuban pecah setelah meminum alinamin F selama 3 hari.

Setelah tahu kalau sudah ada pembukaan jalan lahir, saya kembali meminum Alinamin F. Biasanya tablet buatan PT Takeda Indonesia ini diberikan pada ibu dalam proses persalinan (inpartu) agar lebih efektif dalam mengejan sehingga janin lahir lebih cepat dan tidak menimbulkan rasa sakit berkepanjangan pada ibu bersalin. Sifat bukan perangsang kontraksi (uterotonik) dan bukan berfungsi untuk mempercepat kontraksi, namun hanya sebagai penguat kontraksi (his adekuat) di kala persalinan tiba.

Semoga dengan saya meminum ini benar-benar bisa terasa efek his adekuatnya sehingga bisa lekas bertemu yang selama ini ada di dalam perut. Semoga tidak terlalu lama menunggu dan berada di rumah bidan, kasihan yang menunggui...ikut harap-harap cemas. Dan semoga dapat melahirkan secara normal dengan sehat dan selamat. Aamiin. Mohon doanya yaaa teman-teman.


**Pengaruh Alinamin F setelah di masa nifas

Semasa saya masih bekerja di rumah sakit, Alinamin F adalah obat yang diberikan pada pasien yang telah melahirkan lewat operasi sesar (post sectio caesaria / SC) lewat suntikan (injeksi). Apabila saat pemeriksaan nifas post SC ditemukan kembung, maka injeksi ini diberikan lewat infus yang terlasang (intravena / IV). Tujuannya untuk membantu rangsang peristaltik usus, jadi pasien bisa kentut dan tidak kembung lagi.

Efek samping yang terjadi sepengamatan saya ialah pasien merasa mual karena rasa pahit di lidah yang muncul selama proses penyuntikan. Efek positifnya perut terasa lebih lega, kembung juga berkurang. Namun tentu saja harus disertai pergerakan tubuh (mobilitas) bertahap dengan dimulai dari miring kanan-kiri lalu belajar duduk. Dengan demikian manfaat penyuntikan Alinamin F dapat optimal.

Semoga info ini dapat bermanfaat bagi teman-teman sekalian yang ingin tahu tentang Alinamin F ya... Sumber referensi tentang obat ini memang tidak banyak. Apabila ada kekurangan dalam penyajian tulisan ini, saya mohon maaf sebesar-besarnya.

Baca juga:: Cerita Persalinan Normal 3900 Gram  

Oiya sekali lagi...
Mohon doanya agar persalinan saya berlangsung normal, cepat, lancar, sehat dan selamat pada saya dan bayi saya nantinya ya...

Terima kasih banyak ^^


Salam manis,
tha_



5 komentar:

  1. Bun gimana, udah lahiran belum? Semoga lahirannya lancar ya. Ibu dan anak sehat2. Semangattt ya bun dan selamat sebentar lagi atau sudah menjadi ibu.

    BalasHapus
  2. semoga lancar ya persalinannya. aku kemarin pas hamil nggak ada sih dikasih vitamin ini buat kontraksi

    BalasHapus
  3. iya mba gimana uda lahirannya?makasi infonya aku baru tahu alinamin ini :)

    BalasHapus
  4. Ya alloh mbak artha.baru tahu alinamin f ini aq. Roh ngono ket mbiyen aq tak mimik iki tah. Qiqiiqiq.. Aq wis terlanjur 2x bersalin lak di induksi terus. Btw, dijual di apotik tanoa resep tah ini mbak?

    Mengko yen hamil lagi ta niru mbak artha aq ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ‘

    Sering2 share masalah perbidanan mbak, akeh bidan mung jarang sing saget nulis lan share ilmu praktis ๐Ÿ‘matursuwun ๐Ÿ™

    BalasHapus
  5. wahh ini ya obat nya. di jual bebas di apotek kah mbak?

    BalasHapus

terima kasih sudah membaca ^^
tolong berkomentar dengan sopan yaaa... saya suka membaca komentar kalian semua :*