10 Desember 2017

Kebaikan Astra untuk Bangsa

Brum brum brum …
Ayah pergi ke kantor dengan hondanya.


Saya teringat semasa masih sekolah dulu, diajari tentang majas  menggunakan contoh kalimat di atas. Kata “honda” menggantikan “sepeda motor” dan dianggap sebagai istilah umum. Ini membuktikan bahwa honda merupakan merek kendaraan popular. Kendaraan roda dua ini merupakan buatan PT Astra Honda Motor (AHM) yang bertagline “One Heart” bak simbol bahwa semua orang sehati menyukainya. AHM sendiri berada di bawah paying besar Astra Group.

Astra yang lebih dikenal sebagai perusahaan produsen otomotif terkemuka memang selalu membuat sesuatu yang berkualitas. Upayanya sebagai penginspirasi pembangunan dibuktikan dengan perannya yang tidak hanya mengejar profit, namun juga memikirkan bagaimana kontribusinya untuk pembangunan bangsa Indonesia. Ini sesuai dengan visi Astra 2020, yakni penerapan strategic triple  roadmap yang artinya menumbuhkan porfolio bisnis, sumber daya manusia dan kontribusi sosial serta lingkungan secara berimbang.

Ibarat pohon yang ditanam pada 20 Februari 1957, Astra kini tumbuh sebagai pohon besar yang batang, ranting, daun, bunga dan buahnya dapat dipetik dan bermanfaat bagi banyak orang. Tidak hanya bagian tubuh sang pohon yang hidup, dedaunannya yang gugur pun memberi banyak keuntungan bagi sekitarnya. Langkah nyatanya diterapkan dalam SATU INDONESIA, kependekan dari Semangat Astra Terpadu Untuk Indonesia. Kontribusi publiknya pada 2 lingkup yakni pembangunan berkelanjutan di bidang lingkungan dan sosial masyarakat. Keduanya dinyatakan dalam  kebijakan yang terukur dan terangkum dalam Astra Green Company (AGC) dan Astra Friendly Company (AFC).

Corporate Social Responsibility (CSR) merupakan investasi Astra demi kelanjutan pertumbuhan perusahaan. Ini demi reputasi perusahaan agar memiliki citra positif dalam masyarakat. CSR Astra memiliki 4 pilar kegiatan yang meliputi lingkungan hidup; program pemberdayaan; ketenagakerjaan, kesehatan dan keselamatan kerja; serta pengembangan sosial dan kemasyarakatan.

Salah satu contohnya adalah pewujudan Kampung Berseri Astra (KBA) di Surabaya pada Juli 2017 lalu. Tujuan CSR ini untuk mengembangkan sumber daya masyarakat melalui peningkatan kualitas lingkungan di 3 Rukun Tetangga (RT) pada 324 Kepala Keluarga (KK). Harapannya agar ada peningkatan kualitas ekonomi dalam masyarakat. Agar berseri kampungnya, berseri warganya, dan berseri kehidupan ekonominya, dibuatlah mandi, cuci, kakus (MCK) Komunal dan Water Treatment, serta rumah jamur di daerah pinggiran Surabaya. MCK Komunal dan Water Treatment membuat masyarakat Kota Pahlawan ini tidak lagi kesulitan mendapatkan air oleh karena sebelumnya air PDAM setempat hanya mengalir di malam hari. Pun kehadiran rumah jamur yang mampu meningkatkan perekonomian.


Kebaikan Astra untuk bangsa ini juga ditunjukkan dalam proses produksi dan operasional yang ramah lingkungan dengan mengendalikan dan meminimalisasi konsumsi energi, air, serta penggunaan sumber daya alam lainnya. Juga pembuatan Astra Forest yang merupakan kawasan hutan terpadu seluas 200 hektare yang menjadi tempat belajar kehutanan, keanekaragaman hayati, serta pendidikan lingkungan tentang hutan tropis Indonesia. Pun  Astra Green Lifestyle (AGL) dengan semboyan "Kenali-Lakukan-Ajarkan" yang bertujuan mengkampanyekan gaya hidup ramah lingkungan dengan cara membuat acara Jakarta Green Run (JGR), pameran lingkungan dan pengumpulan 40.000 bibit pohon.

Pada pemberdayaan masyarakat, ada pembinaan di bidang manajemen, teknologi, akses pasar, fasilitas pembiayaan, dan teknologi informasi melalui Yayasan Dharma Bhakti Astra (YDBA).  Lebih dari 8000 Usaha Kecil, Mikro dan Menengah (UMKM) dibina dengan dana lebih dari 7 milyar lewat yayasan ini. selain itu, masih ada 7 yayasan lainnya yang turut andil dalam meningkatkan kualitas hidup bangsa Indonesia, utamanya di bidang pendidikan, pengembangan sumber daya manusia, dan lingkungan hidup.

Di bidang kesehatan, Astra memiliki Mobil Kesehatan Astra (Mokesa) sebagai bantuan pengobatan gratis untuk masyarakat di sekitar instalasi Astra. Ada layanan kesehatan gratis seperti pemeriksaan dasar, pemeriksaan darah, dan pemeriksaan gigi. Juga ada Pembinaan Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) yang didukung teknologi informasi yang canggih demi memantau detail status perkembangan gizi anak dan kesehatan lainnya. Pun #generAKSISEHATIndonesia yang mengajak masyarakat berkomitmen menjalankan hidup sehat demi masa depan yang lebih baik.

Berhubungan dengan kendaraan dan keselamatan di jalan, CSR Astra membuat program bertajuk “Indonesia Ayo Aman Berlalu Lintas”. Diharapkan dengan kampanyekan program tertib lalu lintas dan berkendara ini dapat menurunkan angka kecelakaan kendaraan bermotor di Indonesia. Bentuk programnya dengan  sosialisasi keselamatan berlalu lintas melalui pembagian buku dan booklet cara aman berlalu lintas, melalui talkshow  di radio dan melalui Astra Berbagi Ilmu yang mendatangi berbagai sekolah untuk mendidik para siswa agar dapat aman berlalu lintas.

Ini masih sekelumit kebaikan Astra untuk bangsa Indonesia. Semoga komitmennya sebagai penginspirasi pembangunan dapat terus berjalan. Dengan SATU INDONESIA, Astra dapat menjadi pohon yang rindang dan berguna bagi banyak orang. Namanya tidak hanya dikenal sebagai perusahaan terkenal, namun juga CSR yang baik dan berkontribusi besar bagi bangsa ini.




5 komentar:

  1. Suka sama semboyan Astra Green, Kenali-Lakukan-Ajarkan. Bukan cuma untuk diri kita sendiri, tapi juga untuk lingkungan sekitar :)

    BalasHapus
  2. CSR Astra ini meliputi semua aspek di masyarakat ya, membantu sekali

    BalasHapus
  3. wah perusahaan hrsnya spt itu ya, bukan hanay mencari untung saja, salut buat astra

    BalasHapus
  4. Program-program ASTRA luar biasa ini. Tentu sangat bermanfaat. Perlu terus dikabarkan nih, agar menginspirasi perusahaan lainnya yang belum.

    BalasHapus
  5. Hebat ya astra. Bisa terus bertahan ditengah persaingan bisnis yang semakin menggila.

    BalasHapus

Terima kasih sudah membaca ^^
Tolong berkomentar dengan sopan yaaa... Maaf kalau ada yang belum terjawab :*