19 Agustus 2018

Cara Bijak Memanfaatkan Dana Pinjaman untuk Usaha




Dalam meminjam dana, ada berbagai tujuan yang biasanya menjadi alasan seorang calon debitur mengajukan pinjaman. Ada pinjaman untuk tujuan konsumsi, ada pula pinjaman untuk modal usaha yang banyak diajukan oleh para pengusaha. Pengajuan pinjaman modal usaha merupakan hal yang sangat bermanfaat karena bisa mengembangkan atau bahkan membantu Anda untuk memulai usaha. Akan tetapi, dalam memanfaatkan dana pinjaman usahakan agar Anda menggunakannya secara bijak.



Berikut ini beberapa cara bijak yang bisa Anda terapkan untuk memanfaatkan dana pinjaman untuk modal usaha yang Anda miliki.

Menentukan dan mengikuti rencana
Jika Anda ingin dana pinjaman modal usaha yang telah didapat berguna seoptimal mungkin, maka usahakan untuk membuat sebuah rencana. Rencana tersebut dapat berisi berapa persen uang dari pinjaman tersebut yang dialokasikan untung suatu pos dan pos lainnya. Rencana yang Anda buat nantinya bisa diikuti setelah pinjaman dana cair. Dengan mengikuti rencana sesuai dengan yang telah dibuat, maka Anda bisa menggunakan dana pinjaman yang telah didapat secara efektif untuk usaha.

Menyisihkan dana untuk mengangsur terlebih dahulu
Mendapatkan dana pinjaman modal usaha mengharuskan Anda untuk mencicil pinjaman tersebut setiap bulannya. Agar cicilan terasa lebih ringan, maka usahakan Anda telah menyisihkan sebagian dana untuk cicilan. Dengan menyisihkan dana, maka Anda bisa membayar cicilan secara tepat waktu setiap bulannya. Sehingga, kredit yang Anda lakukan akan lancar dan membuat pihak kreditur senang dengan performa Anda dalam pengajuan kredit.

Mencatat keuangan secara rinci
Dana pinjaman bukanlah dana yang bisa digunakan sepuas mungkin begitu saja. Terlebih jika dana tersebut digunakan sebagai modal usaha entah untuk memulai usaha atau mengembangkan usaha yang telah berjalan. Agar lebih bijak, maka usahakan dana pinjaman tersebut dicatat sedetail mungkin penggunaannya. Mencatat keuangan serinci mungkin bisa membantu Anda untuk mengetahui seberapa besar penyerapan dana pinjaman dalam modal usaha. Nantinya, Anda bisa mengetahui apakah pinjaman dana tersebut telah terserap secara efektif atau belum.



0 kata para sahabat:

Posting Komentar

Terima kasih sudah membaca ^^
Tolong berkomentar dengan sopan yaaa... Maaf kalau ada yang belum terjawab :*