13 September 2018

Kopi dan 7 Makanan yang Bisa Meningkatkan Konsentrasi Otak




Halo kawan-kawan … Adakah yang suka kopi? Toss dengan mama saya kalau “iya”, haha.

Menurut penelitian, kafein yang terkandung di dalam kopi bisa meningkatkan fungsi otak.
Sebab kafein mempengaruhi area spesifik terutama yang bertanggung jawab terhadap memori dan konsentrasi. Pada tahun 2005 lalu, dalam sebuah studi yang dilakukan oleh Florian Koppelst├Ątter dan rekan-rekannya di Universitas Kedokteran di Innsbruck, Austria, didapatkan  hasil scan FMRI yang menunjukkan jika kafein dapat mempengaruhi bidang-bidang khusus di dalam otak seperti bidang perencanaan, perhatian, pemantauan, dan konsentrasi.

Selain manfaat tersebut sebenarnya masih ada banyak manfaat kesehatan lain yang bisa didapatkan apabila rutin minum kopi. Tidak peduli itu kopi hitam (kopi tubruk) maupun kopi Starbucks sekalipun. Selama kopi tersebut mengandung kafein maka manfaat ini bisa didapatkan.

Nah … Ngomong-ngomong soal ngopi, bagi kamu yang sudah hobi dan menjadikan kegiatan ngopi sebagai gaya hidup, kamu wajib melengkapi diri dengan alat pembuat kopi hingga mug keren seperti tumbler Starbucks misalnya.


Tumbler Starbucks sendiri bisa kamu manfaatkan untuk membawa kopi ke kantor atau agar terlihat lebih keren saat nongkrong bersama teman-teman di Starbucks maupun di tempat-tempat lain.

Oh ya, bagi yang suka nongkrong di Starbucks, mereka biasanya senang mengoleksi tumbler Starbucks yang berasal dari berbagai negara seperti Jepang Kanada, Washington, Korea Selatan, dan daerah-daerah lainnya termasuk tumbler edisi terbatas seperti X-mas Holiday dan lain-lain.

Kembali kita ngomongin soal makanan maupun minuman yang bisa meningkatkan konsentrasi otak, selain kopi, berikut adalah 7 makanan lain yang menurut penelitian bisa meningkatkan fokus dan konsentrasi dalam aktivitas sehari-hari yang kita lakukan.


Air putih
Seperti yang kita tahu, lebih dari 70% tubuh kita terdiri atas air. Sehingga setiap fungsi tubuh akan bergantung pada air, termasuk juga saraf dan otak. Kekurangan cairan bisa membuat kita kehilangan fokus, mengalami kelelahan, mengalami penurunan daya ingat, bisa menimbulkan sakit kepala hingga masalah tidur. Itulah sebabnya mengapa kita disarankan minum setidaknya 8 gelas air per hari.

Coklat hitam
Dark chocolate atau coklat hitam menurut penelitian yang dilakukan oleh Michelle Montopoli dkk. Pada tahun 2015 menunjukkan bahwa coklat hitam yang mengandung 60% Kakao bisa membuat otak jadi lebih waspada dan penuh perhatian. Penelitian lain yang dilakukan pada tahun 2013 menunjukkan bahwa minum dua cangkir coklat setiap hari selama sebulan bisa membantu memperbaiki aliran darah ke otak. Pengaruhnya, hal tersebut dapat meningkatkan kinerja memori, meningkatkan kadar hormon serotonin dan endorfin, serta meningkatkan konsentrasi otak.


Pisang
Sebuah studi tahun 2008 menunjukkan bahwa siswa-siswa yang mengkonsumsi buah pisang sebelum ujian memiliki nilai yang lebih baik dibandingkan dengan mereka yang tidak mengkonsumsi pisang. Dari penelitian tersebut ditemukan bahwa kandungan potasium sejenis mineral yang terdapat pada pisang dapat mengoptimalkan kinerja saraf otak dan jantung.

Telur
Telur merupakan sumber asam omega-3 dan colin yang sangat bermanfaat untuk memberikan suasana hati yang baik, meningkatkan fokus, meningkatkan daya ingat, dan meningkatkan kinerja otak.

Ikan salmon
Ikan salmon merupakan ikan yang banyak mengandung asam lemak omega 3. Rajin mengkonsumsi ikan ini akan membuat sel-sel otak bisa dibangun dengan maksimal, bermanfaat juga untuk memperlambat penurunan kognitif, meningkatkan memori, dan membantu menjaga otak tetap fokus saat menjalankan aktivitas sehari-hari.

Blueberry
Kita yang tinggal di Indonesia memang masih asing dengan buah blueberry. Walau demikian, hasil penelitian pada tahun 2010 yang diterbitkan di dalam Journal of Agricultural and Food Chemistry menunjukkan bahwa mengkonsumsi jus blueberry setiap hari selama 2 bulan bisa membantu meningkatkan memori secara signifikan.

Teh hijau
Tidak hanya bermanfaat untuk melangsingkan tubuh, teh hijau juga memiliki kadar kafein yang bisa meningkatkan kemampuan kita untuk fokus pada satu hal.


Mana makanan atau minuman peningkatkan konsentrasi otak pilihan kalian? Share ya …



5 kata para sahabat:

Posting Komentar

Terima kasih sudah membaca ^^
Tolong berkomentar dengan sopan yaaa... Maaf kalau ada yang belum terjawab :*