26 Oktober 2018

Setelah Menjalin Kerjasama 13 Musim Bersama Nike, Manchester United Kembali ke Pelukan Adidas






Meski mengaku tidak menyukai sepak bola, pasti Anda pernah mendengar nama klub Manchester United dalam hidup Anda. Manchester United adalah klub asal Inggris yang berbasis di Old Trafford, Manchester. Bermain di liga kasta tertinggi dan berdiri pada tahun 1878 dengan nama Newton Heath LYR Football Club.
Di tahun 1902, klub ini berganti nama menjadi Manchester United. Klub ini sangat dihormati, memenangkan banyak trofi di sepak bola Inggris dengan rekor piala liga Inggris terbanyak, sebanyak 20 gelar liga. Tidak heran klub ini adalah klub terkaya di dunia, dengan fans paling banyak di dunia. 

Setelah menjalin kerjasama selama 13 musim bersama Nike, Manchester United akhirnya kembali ke pelukan Adidas. Kesepakatan ini terjalin dengan angka yang sangat masif, yaitu £75 juta GBP setahun atau setara dengan Rp1,5 triliun untuk klub Setan  Merah tersebut. Kesepakatan ini terjadi di musim panas 2015 dan akan terjalin selama 10 tahun ke depan. Artinya, MU mengantongi total £ 750 juta poundsterling, atau setara dengan Rp15 triliun, wow! Angka yang fantastis.

Manchester United nantinya akan mendapatkan semua produksi lini perlengkapan olahraga untuk klub, mulai dari jersey di setiap pertandingan, kaos kaki, hingga pakaian training. Adidas sendiri mengaku sangat bangga dapat menjalin kerjasama dengan klub asal Manchester merah ini dan berharap kerjasama ini akan berjalan secara mulus dan sukses. Head of Executive dari Adidas mengatakan bahwa pihak Adidas sangat antusias bekerjasama dengan Manchester United, yaitu salah satu klub bola paling sukses dan dicintai secara global. Selama kerjasama ini berlangsung, pihak Adidas berharap total penjualan akan mencapai £1,5 miliar GBP. 

Pihak Nike memberikan pernyataan bahwa setiap kerjasama dengan klub atau federasi harus saling menguntungkan, Nike telah bangga bekerjasama selama 12 tahun. Dan dengan nominal sebesar itu, menjadikan kerjasama ini memecahkan rekor dunia sebagai pemasok jersey sebuah klub dengan nilai tertinggi. Nike memutuskan mengakhiri kerjasama dengan Manchester United setelah kerjasama itu menghasilkan £23,5 juta GBP per musimnya. 

Klub asal Spanyol, Real Madrid juga menjalin kerjasama bersama Adidas dengan nilai £31 juta GBP per tahunnya. Adidas akan memberikan hak eksklusif untuk mendistribusikan seluruh produk berkualitas ke seluruh pelosok dunia.

Dengan mengharapkan kesepakatan ini, Adidas berharap agar perusahaan mampu mendapatkan efek yang positif bagi perusahaan, agar perusahaan semakin mampu memperkuat posisinya di pasar dunia. Dengan harapan nominal tersebut atas kemitraan ini, Adidas memang memberi petunjuk bahwa  perangkat olahraga yang dulu pernah ada untuk Manchester United tahun 1980-an dan 1990-an akan memberi inspirasi kepada desain-desain mendatang. Adidas juga memasok perlengkapan olahraga untuk sejumlah klub elit dunia, seperti Chelsea, AC Milan, Bayern Munchen, dan Juventus.

Informasi ini dipersembahkan oleh : Bobobobo




1 kata para sahabat: