26 November 2018

Ini Dia 5 Tempat Makan Favorit di Pasuruan





Siapa yang suka makan bareng keluarga besar?
Saya! Kalau makan ramai-ramai tuh asyik sekali, tapi karena lumayan menghabiskan dana jadi yaa bisanya sesekali. Bila ada perayaan kecil semacam bertambahnya usia atau buka puasa bersama, makan di luar jadi acuan agar suasana jadi lebih menyenangkan. Selain itu juga agar tidak membuat letih tuan rumah, tidak perlu bebersih setelah acara kumpul bersama.

Nah, siapa bilang di kota kecil tidak ada tempat makan enak?
Walau tinggal di sebuah kota kecil daerah Jawa Timur, Pasuruan punya tempat makan yang asyik. Kebanyakan walau berkonsep restoran / rumah makan, tetap ada yang lesehan. Itu tuh, enak makan sambil duduk selonjoran. Keluarga saya pun suka demikian, kesannya lebih santai dan tidak repot kalau bawa anak kecil.

Ini dia 5 tempat makan favorit di Kota Pasuruan:

1. Kebon Pring
Rumah makan ini punya cabang di banyak kota, salah satunya di kota kelahiran saya, Pasuruan. Kalau di sini lokasinya di tepi jalan pintu masuk kota, kiri jalan dari arah Surabaya. Tepatnya di Jl. Jend. Ahmad Yani no. 235, Karangketug, Gadingrejo, Kota Pasuruan. Tempat parkirnya luas di bagian depan dengan kanan kiri adalah pohon bamboo (bahasa jawanya: pring), inilah penarik mata untuk mampir. Kesannya teduh dan nyaman.


Begitu masuk, tinggal pilih mau duduk di kursi atau bersantai di gazebo. Saya lebih memilih gazebo karena keluarga jadi bebas duduk dengan posisi senyamannya. Di sini juga ada banyak ruang rapat dan bisa jadi tempat resepsi pernikahan, loh. Untuk masakannya sendiri utamanya menu prasmanan pernikahan, misalnya seperti asam manis gurami, ayam goreng / bakar, oseng kangkung, yah… menu yang banyak dijumpai di rumah makan pada umumnya. Untuk rasa menurut saya enak, dengan harga yang sesuai tempatnya: lumayan mahal. Tapi sesekali boleh lah ke sini.


2. Bu Anis
Kalau mau makan yang murah meriah sambil selonjoran manja, di sini tempatnya. Lokasinya dekat dengan pemandian banyu biru, salah satu obyek wisata unggulan di Kabupaten Pasuruan. Kalau dari pusat kota, lumayan jauh, sekitar setengah jam perjalanan. Namun tidak akan rugi karena lokasinya yang asri dan menunya hmm…yummy!

Kebanyakn menunya adalah bakaran, mau ayam bakar, ikan bakar, udang bakar. Minta digoreng juga bisa. Paling enak dinikmati dengan urap-urap atau cah kangkung. Minumnya es jeruk yang segar. Uh jadi pengen ke sana lagi! Apalagi harganya sangat murah loh, dengan pelayanan yang cepat dan ramah.


3. BL
Tempat makan yang satu ini favorit keluarga saya untuk buka bersama. Walau konsepnya duduk manis di kursi, tapi masakannya lezat dan enak. Menu utamanya chinesse food, tapi halal. Saya paling suka ayam goreng krispi, seekor bisa untuk sekeluarga yang terdiridari 4 orang dewasa.

Karena selalu ramai, lebih baik booking tempat dulu kalau mau ke sini. Sekalian pesan menu apa saja, jadi begitu sampai bisa langsung makan. Ada ruang ber-AC-nya juga, dingin dan bebas asap rokok. Oiya, lokasinya di kanan jalan arah ke Probolinggo.


4. Green Garden
Karena letaknya di pusat Kota Pasuruan, tepatnya di kawasan Jl. Sunan Ampel, tempat makan ini ramai oleh kumpulan pegawai di jam istirahat dan jam pulang kantor. Menu utamanya adalah bakaran ikan. Ikannya ada di kolam depan gazebo tempat kita makan, jadi bisa pilih sendiri dan dijamin kesegarannya.

Dulu sih dari gazebo bisa makan sambil lihat ilalang. Tapi karena sekarang sebelah tempat makan ini sudah dibangun perkantoran, pemandangan indahnya jadi hanya berfokus pada kolam ikan di depan gazebo saja. Hati-hati tercebur kalau bawa anak kecil, ya. Jalan di samping gazebo yang dekat kolam agak sempit.


5. Soto Ayam Cemara
Makan soto siang-siang itu tidak ada yang larang, kok. Di sini porsi nasinya banyak banget! Dijamin kenyang dan letihpun hilang. Lokasi soto ayam Cemara ini dekat dengan BL, berjarak sekitar 500 meter dan masuk jalan di pertigaan. Tenang saja, jalannya besar kok. Parkirnya aman di tepi jalan.

Sesuai namanya, rumah makan ini hanya menyediakan menu soto ayam. Tapi tidak perlu sedih, karena topping bervariasi. Ada ceker, usus, hati rempela ayam, telur puyuh dan krupuknya kriuk-kriuk. Biasanya kalau pulang, sambil bungkus kuahnya buat makan selanjutnya di rumah. Harganya terjangkau, kok.


Nah itu dia beberapa tempat makan di kotanya Untung Surapati ini. silakan singgah dan nikmati sendiri lezat hidangannya ya!





0 kata para sahabat:

Posting Komentar

Terima kasih sudah membaca ^^
Tolong berkomentar dengan sopan yaaa... Maaf kalau ada yang belum terjawab :*