20 November 2018

Selain Curhat, Ini Alasan Ibu Rumah Tangga Ngeblog





Memasak, menyapu, mengepel, mencuci baju, menyusui, memandikan anak,
mengajak anak bermain, mengajari anak banyak hal, menata mainan anak, menyiapkan kebutuhan kerja suami... Ini masih beberapa dari rutinitas harian ibu rumah tangga. Padatnya pekerjaan membuat waktu 24 jam sehari masih dirasa kurang. Bahkan untuk rebahan saja, tidak ada waktu.

Stress. Inilah yang kemudian sering melanda ibu rumah tangga, seperti saya. Kami butuh sesuatu yang menghibur, minimal mendengar apa yang kami rasa. Sayangnya para suami yang telah letih sepulang bekerja, tidak mau tahu. Mungkin dianggap menambah beban, saat mendengar keluhan.

Inilah yang mendasari kami, para ibu rumah tangga yang kece, ngeblog. Lewat blog, jadi bisa cerita banyak hal. Tentang apa yang dirasa, kejadian menarik atau menyenangkan atau menyedihkan yang dialami, harapan atau impian, rencana hidup ke depan dan sebagainya. Ngeblog jadi ajang curhat, apalagi bila mendapat banyak respon pembaca.

Selain curhat, ada beberapa alasan mengapa ibu rumah tangga yang baik hatinya seperti saya, menyukai dunia blog. Yaitu:

1. Bersosialisasi
Terlalu banyaknya pekerjaan rumah tangga membuat para ibu rumah tangga yang cantik nian seperti saya ini, jarang bersosialisasi dengan tetangga. Apalagi kalau si kecil rewel, hanya bisa berfokus padanya dan menyapa yang lewat rumah saja. Kalaupun ke luar rumah, hanya untuk belanja dan mengobrol sekenanya. Bertemunya dengan beliau-beliau saja.

Dengan ngeblog, jadi kenal banyak teman baru. Dari beragam profesi, dari banyak provinsi. Dari berbagai kalangan serta golongan. Makin sering blog walking, berasa jadi artis tanpa perlu acting.


2. Melatih komunikasi
Bagi ibu rumah tangga yang introvert macam saya, ngeblog adalah sarana melatih komunikasi. Dari membaca banyak tulisan teman-teman blog, menambah kosa kata dan gaya bahasa. Pun bisa mengolah susunan kata sehingga tak perlu menerka-nerka.

Apalagi kini saya punya sosok buah hati. Punya tanggung jawab mendidiknya sepenuh hati. Dari blog, tutur kata yang mudah dimengerti saya pelajari. Walau dari tulisan, tidak menjadi halangan.




3. Menambah ilmu
Menjadi ibu rumah tangga itu wajib bisa menjawab aneka pertanyaan, "Mengapa langit itu biru? Kok hujan bisa turun? Setelah siang, mengapa jadi malam?" dan masih banyak lagi pertanyaan ajaib lainnya. Ini semua memang telah kita pelajari di bangku sekolah, namun banyak yang alpa.

Dengan ngeblog, dapat banyak ilmu dari postingan yang dibaca. Bukan hanya ilmu parenting, tentang pertumbuhan ekonomi, sosial, dan politik penting dipelajari. Juga bisa membuat tulisan bermutu dengan referensi buku, lalu diletakkan dalam blog dan mendapat banyak 'tamu'. Dengan begitu bisa membantu orang lain dengan bekal ilmu.


4. Mendapat Penghargaan dan Penghasilan
Bila sudah banyak 'tamu', ibu rumah tangga yang matre seperti saya ini, mendapat penghargaan. Bukan piala, tapi apresiasi dari pembaca. Pun mampu mengumpulkan pundi-pundi rupiah. Awalnya sedikit, lama-lama membukit. Dari puluhan ribu, kemudian berharga jutaan rupiah, terlebih saat memenangkan kompetisi. Ini juga merupakan bukti eksistensi diri, bahwa ibu rumah tangga mampu berkarya yang membuahkan berkah.

Nah...inilah alasan mengapa ibu rumah tangga yang suka membaca seperti saya, suka ngeblog. Terima kasih ya sudah membaca tulisan yang sedikit narsis ini. Semoga berfaedah.

0 kata para sahabat:

Posting Komentar

Terima kasih sudah membaca ^^
Tolong berkomentar dengan sopan yaaa... Maaf kalau ada yang belum terjawab :*