09 November 2018

Cara Mudah Klaim Asuransi Prudential




“Pak Mojo semalam masuk rumah sakit (RS), loh. Sudah tahu?” Saat sedang asyik memilah belanjaan di tukang sayur, sebuah pertanyaan menyapa saya pagi ini.

“Sakit apa?” saya balik bertanya.


Ibu berkerudung merah menjawab, “Katanya stroke, kakinya sampai gak bisa digerakkan. Kok bisa ya? Baru kemarin bertemu beliau di ujung gang.” Sambil memilih terong, ibu tersebut melanjutkan ceritanya, “Itu kan RS mahal. Pelayanannya juga bagus. Tapi nanti bayarnya pakai apa ya? Pak Mojo kan baru seminggu lalu pensiun.”

“Katanya pakai asuransi, Bu …” Ibu berkerudung hijau menyahut. “Tapi katanya asuransi itu susah ya nyairinnya?”

Para ibu rumah tangga bertatapan, terbengong lalu mengangkat bahu masing-masing. Saya hanya tersenyum. Memang banyak yang mengira bahwa klaim asuransi itu susah dan berbelit, namun itu hanya mitos bagi yang tidak mengerti prosedurnya. Inginnya langsung saya jelaskan saat itu juga, namun pasti berujung tak jua pulang. Padahal hari hampir siang dan saya belum membuat sarapan.

Cara klaim asuransi Prudential sangat mudah. Tidak harus menghubungi agent yang dulu menawari Anda untuk bergabung dengan Prudential, sebab tim Prudential selalu siaga 24 jam. Bahkan untuk area Jabodetabek, tim Prudential datang sangat cepat, maksimal 3 jam. Dan tentunya 100% gratis, sehingga Anda tidak perlu pusing akan biaya dan ragu-ragu menghubunginya.

Akan ada bantuan untuk melengkapi dokumen klaim dan memonitor proses klaim hingga klaim cair. Dengan demikian, Anda dan keluarga jadi lebih berfokus pada perkembangan kondisi kesehatan. Tidak ada lagi tambahan beban pikiran untuk mengurus asuransi, tidak ada lagi waktu serta tambahan biaya yang terbuang untuk ke sana-ke mari menyiapkan segala dokumen klaim asuransi. Namun harus dipastikan dahulu bahwa RS tempat Anda atau keluarga dirawat memang merupakan rekanan Prudential.

Sebagai gambaran, dalam klaim rawat inap di RS ada 2 cara, yakni:
1. Cashless
Maksud dari cashless adalah bila masuk dan rawat inap di RS yang menjadi rekanan Prudential, maka tidak perlu memberikan uang muka (DP). Tinggal memberikan tanda pengenal berupa KTP dan Kartu Prudential kepada pihak administrasi RS. Kemudian bagian administrasi mengirimkan laporan medis ke provider Prudential. Setelah itu, pasien menandatangani dokumen yang menyatakan bersedia menanggung biaya kelebihan RS. Jadi misalnya Prudential menanggung biaya sebesar Rp 300 juta dan ternyata setelah ditotal pihak RS biaya rawatnya mencapai Rp 305 juta, maka selisih 5 juta ditanggung oleh pasien.

2. Reimburse
Maksud dari reimburse adalah bayar terlebih dahulu atau dengan memberikan DP. Hal ini dilakukan saat melakukan pendaftaran di bagian administrasi RS. Anda wajib menyimpan seluruh kwitansi asli serta rincian biaya perawatan di RS yang dilakukan.

Dengan bantuan dari tim Prudential, masalah klaim asuransi jadi lebih mudah. Tidak perlu keluar masuk ruang administrasi RS. Tinggal duduk manis menjalani pengobatan dan perawatan, keluarga duduk manis menemani dan menyemangati, klaim-pun cair dengan mudah dan cepat.



1 kata para sahabat: