29 November 2018

Pilihan Terbaik untuk Film Asia yang Action Tapi Romantis





Halooo temans…
Kalau senggang, misalnya anak tidur atau sekolah ketika pekerjaan rumah kita sudah selesai, biasanya apa yang dilakukan?
Selain nonton sinetron, ya. Bagi saya, sinetron malah mempengaruhi otak menjadi lebay dan sering negative thinking pada orang lain. Beruntung di dunia nyata tidak ada zoom in – zoom out yak, hihi.

Sebagai ibu rumah tangga yang perkasa namun berhati lembut, saya suka nonton film Asia yang action romance. Mengapa Asia? Karena saya suka karakter wajah Asia (terutama Jepang dan Korea) yang imut-imut. Pilih yang action karena seru, menaikkan adrenalin dan tidak membuat saya terlelap saat menontonnya. Oiya action romance berbeda dengan live action. Kalau action romance adalah film laga yang berbumbu romantisme, sedangkan live action adalah serial manga yang difilmkan misalnya Detective Conan.

Penasaran kan apa film-film action romance pilihan saya?
Ini tersimpan di netbook saya, sejak zaman kuliah. Jadi mohon maaf bila film-nya jadul alias zaman dulu, yah.


1. GOKUSEN
Pernah tahu ada pewaris tahta pimpinan Yakuza yang lebih memilih menjadi seorang guru? Wanita itu adalah Yamaguchi Kuminko yang akrab dipanggil “Yankumi”. Di kisah ini, Yankumi mengajar kelas 3D yang dihuni anak-anak berandalan. Hal ini sudah biasa baginya, mengingat sebelumnya pun murid-muridnya juga bertindak tidak sopan, namun akhirnya menjadi baik dan bahkan ada yang sekarang menjadi guru sepertinya, Odagiri.


Nah suatu ketika murid-muridnya yang sekarang diserang oleh geng berandal luar sekolah. Yankumi pun menolong mereka. Dengan bantuan Odagiri, murid-muridnya kini bersikap lebih baik dan romantisme kedekatan murid-guru pun terjalin. Odagiri mampu menasehati mereka karena masa lalunya pun bandel sama seperti murid-murid Yankumi yang sekarang.

Masalah berkembang ketika salah seorang siswa, Kazama, terlibat jaringan narkoba. Ia menjadi incaran polisi. Padahal Kazama hanya menjadi kurir dan tidak tahu apa barang yang dikirimkannya tersebut. Demi menghapus tuduhan, Kazama nekad ke sarang penyelundupan narkoba. Yankumi pun dengan berani menolongnya. Terjadi duel yang tegang dan berakhir menguras air mata. Namun untunglah akhirnya semua selamat.


2. MY GIRLFRIND IS AN AGENT
Hubungan yang saling mencintai itu harus jujur dan terbuka, agar tidak bernasib seperti Soo Ji dan Jae Joon. Jae Joon baru mengetahui bahwa wanita yang dicintainya adalah seorang agen mata-mata rahasia yang menyamar sebagai agen travel. Ia syok, lalu meninggalkan kekasihnya ini begitu saja. Hubungan mereka pun kandas.


Bertahun-tahun kemudian, takdir mempertemukan mereka kembali. Kali ini Soo Ji menyamar sebagai petugas kebersihan dan membuka luka lama Jae Joon. Pria tampan ini masih menganggapnya pembohong, mereka lalu bermusuhan lagi. Ternyata saat itu Jae Joon juga menutup rahasia besarnya, bahwa dirinya sedang melamar menjadi seorang agen rahasia yang sama seperti Soo Ji namun beda organisasi.

Diceritakan kemudia Jae Joon diterima dan mendapat tugas mengawasi kriminal kelas kakap, bos mafia dari rusia. Padahal Soo Ji juga sedang bertugas mengawasi ilmuan di Korea. Tak ayal, tugas mereka jadi bersisian. Meski demikian, keduanya perlahan berbaikan, saling menjaga rahasia masing-masing dari orang lain dan akhirnya berhasil menghentikan senjata pemusnah massal dari mafia Rusia.


3. SHINOBI (HEART UNDER BLADE)
Latar film ini di zaman pemerintahan Tokugawa Ieyashu, dengan 2 klan terkuat di Jepang: Iga dan Koga. Keduanya berseteru, namun hal ini tidak memupus cinta di hati kedua sejoli. Mereka adalah Genosuke dari klan Koga dan Oboro dari klan Iga. Adegan diawali dengan kisah cinta mereka di bawah air terjun rahasia.


Di sisi lain, Tokugawa yang baru menjabat menjadi Shogun merasa cemas akan adanya kedua desa ninja yang menjadi tempat tinggal kedua sejoli tersebut. Untuk membinasakannya, Tokugawa membuat siasat licik. Dngan alibi kontes pertandingan antar kedua desa, maka terjadilah tragedi yang menimpa oleh sebab para ninja yang menunjukkan kekuatannya dengan saling serang. Jalan cerita film ini menarik karena berlatar sejarah Jepang yang dibumbui kisah cinta yang tragis.


4. JOURNEY TO THE WEST (CONQUERING THE DEMONS)
“Perjalanan ke Barat” Sun Wu Kong menginspirasi beragam cerita, salah satunya film ini. Namun kali ini lebih bergaya komedi dengan unsur romantisme. Adalah Xuanzang, seorang biksu yang berpenampilan tak layak, sehingga orang mengiranya orang gila sampai digantung di atas sungai dengan tangan terikat. Apalagi penyebabnya kalau bukan dia yang mengaku melihat siluman yang menjadi penyebab porak-porandanya perkampungan nelayan. Para warga tak percaya, hingga akhirnya terpana karena siluman itu benar adanya. Dengan bantuan Xuanzang, siluman dapat dilumpuhkan.


Di saat itulah Xuanzang bertemu Duan, gadis pemburu siluman. Melihat aksi heroik di depan mata, Duan jadi jatuh cinta pada pemuda kumal tersebut. Segala cara dilakukannya agar cintanya dibalas. Sayangnya Xuanzang tak menggubris karena dia berprinsip cinta antara lelaki dan wanita adalah hal yang kecil padahal yang dicarinya adalah cinta yang besar. Meski ditolak, Duan tak putus asa, malah mengikuti kemana-pun lelaki pujaannya pergi.

Xuanzang terus berjalan ke Barat. Di tengah perjalanan, dia bertemu para siluman. Duan dengan senang hati membantu membasmi para siluman. Hingga akhirnya Xuanzang bertemu Sun Wu Kong yang licik, namun berhasil selamat dan berpisah secara baik-baik dengan Duan.


5. SEE YOU AFTER SCHOOL
Yang terakhir ini tentang fenomena pem-bully-an. Goong Dahl tidak ingin menjadi pecundang di sekolah. Di sekolah baru, dia menyukai Min-ah. Namun karena membela gadis itu, dia malah berhadapan dengan murid terkuat, Jaekoo. Mengetahui dirinya menjadi incaran, Goong Dahl mencari banyak cara agar bisa pulang lebih awal dan tak bertemu Jaekoo.


Kekonyolan terjadi dalam adegan bagaimana Goong Dahl pura-pura sakit hingga berani melanggar aturan sekolah demi mendapat skors dan tak bertemu Jaekoo. Sayangnya usahanya tidka berhasil. Hikmahnya, Goong Dahl jadi sadar bahwa hanya ada 2 pilihan agar selamat dari bully, yakni menjadi ‘predator’ atau melindungi mereka yang tertindas seperti nasibnya ini.


Mungkin temans punya rekomendasi film lain, silakan dibagikan pada saya yak. Terima kasih.




1 komentar:

  1. belum nonton semua. hrsnya nonton ya, krn saya belum pernah nonton satupun film asia

    BalasHapus

Terima kasih sudah membaca ^^
Tolong berkomentar dengan sopan yaaa... Maaf kalau ada yang belum terjawab :*