10 Desember 2018

Cara Mencuci Baju yang Menyenangkan





Adalah suatu kodrat perempuan untuk mengerjakan dan menyelesaikan pekerjaan rumah tangga.
Namun bagi mereka yang turut membantu mencari nafkah, tidak sedikit dari mereka yang melimpahkan tugas ini pada asisten rumah tangga. Lelah dan letih usai beraktivitas di luar rumah akan bertambah bilamana ditambah mengurus pekerjaan rumah tangga. Dan lagi, menyapu, mengepel, mencuci piring, mencuci baju, menyeterika dan menata rumah memang pekerjaan yang tidak sedikit mengeluarkan tenaga.

Kesal, inilah yang terkadang menyelimuti diri saat menyelesaikan pekerjaan yang terkesan sepele ini. Walau sepele tapi bila tak jua diselesaikan maka akan menumpuk dan kian membuat jengah. Ini pula yang sempat saya rasakan di awal-awal berumah tangga. Apalagi saat itu saya menjadi ibu rumah tangga penuh, jarang sekali keluar rumah selain untuk berbelanja.


Baca Juga: Mau diet tapi malas olahraga? Manfaatkan saja aktivitas di rumah 


Bagi yang pernah merasakan nikmatnya berkarier, pasti berkomentar lebih baik bekerja di luar rumah daripada menyelesaikan seabrek pekerjaan rumah tangga. Namun itu semua akan berubah ketika anak lahir. Rasa tidak tega meninggalkan bayi tanpa dosa ini mau tak mau ikut menjadi alasan untuk selalu ada di rumah. Dengan ada di rumah otomatis pekerjaan rumah tangga pun harus diselesaikan.

Lalu bagaimana cara agar mencintai pekerjaan rumah tangga? Hal ini juga masih saya pelajari sampai detik ini. Oleh karena itu di instagram saya membuat #AlaIbunZril  yang memberi tips bagaimana berbahagia menjadi ibu rumah tangga. Meski demikian terkadang rasanya masih ada kebosanan atas rutinitas ini. Setelah menata rumah, lanjut menyapu lalu mengepel. Setelah itu memasak, kemudian cuci piring. Rehat sebentar, lanjut cuci baju dan seterika. Capainyaaa....
Meski demikian, ada satu pekerjaan rumah tangga yang sangat saya sukai. Yakni mencuci baju. Iya, tentu dengan menggunakan mesin cuci. Kebetulan letaknya ada di lantai 2, dekat kandang burung lovebird ternakan MasBoz.
Di saat mencuci baju, saya menemukan me time. Apalagi ketika mengerjakannya selagi si kecil terlelap. Sambil menunggu mesin cuci yang menggiling pakaian kotor dengan detergen, saya main game Pokemon. Ceritanya bisa dilihat di postingan instagram saya:




#BahagiaJadiIRT Halooo... Mulai hari ini, saya, Artha, akan membagikan video/foto disertai sekelumit kisah dan curahan hati yak. WkwkwkπŸ˜‚ Kebetulan siang ini ada jadwal cuci baju. Iyah, dijadwal 2-3 hari sekali biar bisa hemat listrik dan air. Sekalian hemat tenaga. Maklum...kalau nyuci harus naik ke lantai 2 dulu, naik tangga bo'... Maunya naik eskalator, atau lift gitu. Tapi saya nyadar, ini rumah bukal 'emol'.😧 Masalahnya mesin cuci saya tuh bukaan atas yang harus diputar dan ditunggui. Saya pernah lupa mematikan kran air yang mengisinya, alhasil airnya luber kemana-mana. Nah biar gak bengong menunggu kerja mesin cuci, saya selalu bawa ponsel Mas Boz. 😘 Untuk apa? 😊😊Main Pokemon Go!😊😊 . . Di ponselnya ada aplikasi besutan Niantic ini. Permainan lama, sih. Tapi seru, menurut saya. Sekalian mengenang masa kecil, masa jayanya Pokemon, si anime kesayangan tiap Minggu pagi.πŸ˜‡ . . Prinsip berbahagia dalam mengerjakan pekerjaan rumah tangga #AlaIbunZril kan dibikin asyik, ajah. Jangan anggap ini kewajiban, anggap saja 'me time'. Rileks tapi tetap kerja.🏠🏠 . . Gak ada #pekerjaanRT yang berat, kalau kita bisa berbahagia melakukannya. Lagipula...Ini salah satu aktualisasi diri termudah. Buktikan keeksisan diri dalam merajai semua pekerjaan rumah tangga. 😍 Nah teman2, adakah yang seperti saya? Mencuci baju sambil 'nge-game' πŸ˜† #pekerjaanrumahtangga #bahagiaitusederhana #bahagiajadiibu #bahagiajadiistri #curhatancewek #curhatanistri #curhatanibu2 #curahanhati
Sebuah kiriman dibagikan oleh Blogger + QuizLover -Sidoarjo- (@artha.amalia) pada


Saya sangat terbantu dengan adanya mesin cuci. Alat ini sungguh memudahkan dalam membersihkan pakaian dari noda sekaligus mengeringkannya. Tidak perlu capai menggosok noda pakaian menggunakan detergen, apalagi ini bisa merusak tangan karena menimbulkan iritasi. Juga tidak perlu memeras pakaian basah, tinggal masuk pengering lalu dijemur beberapa jam bisa langsung kering. Syukurlah.


Tapi pekerjaan menyenangkan ini juga harus saya selesaikan dalam waktu maksimal 1 jam. Sebab si kecil bisa saja terbangun bila lebih lama dari itu. Setidaknya saya memiliki waktu sekejab untuk refreshing. Biarkan mesin cuci yang bekerja dan saya menikmati hari dengan nge-game menangkap pokemon yang lucu.

Kalau Temans suka pekerjaan rumah tangga yang mana?



3 komentar:

  1. Wuih seru juga ya mba mencuci sambil main game. Kalo saya mah, sambil nunggu cucian saya nyetrika dan nonton drama Korea hehe

    BalasHapus
  2. perkerjaan mencuci untuk ku, adalah hal yang paling simple. rendam , kucek kucek, dan jemur

    BalasHapus
  3. Aku kalau pake yang dua tabung harus ditungguin juga mbak, seringnya air luber karena kelupaan.. akhirnya milih yang satu tabung aja biar bisa ditinggal, hehhee

    BalasHapus

Terima kasih sudah membaca ^^
Tolong berkomentar dengan sopan yaaa... Maaf kalau ada yang belum terjawab :*