17 Desember 2018

Sedikit Berbeda dengan Printer Cartridge, Ini Serba-Serbi Printer Ink Jet yang Harus Kamu Tahu



Berbagai macam pekerjaan kantor bisa diselesaikan dengan menggunakan komputer. Keberadaan komputer saat ini memegang peranan penting karena berkaitan dengan semua data yang harus dikerjakan dalam sebuah kantor.
Mulai dari kantor milik pemerintah hingga kantor milik swasta menggunakan komputer dalam semua kegiatannya. Bahkan seperti yang kita tahu, tugas sekolah yang diterima oleh anak-anak juga lebih banyak dikerjakan dengan menggunakan komputer.

Semua dokumen yang telah selesai dikerjakan dalam komputer bisa dicetak dengan menggunakan alat tambahan berupa printer. Printer yang dapat digunakan oleh masyarakat di Indonesia ini sangat banyak. Printer tersebut harus dipilih dan disesuaikan dengan kebutuhan seseorang atau kelompok. Selain printer cartridge, jenis printer lain yang bisa digunakan adalah printer ink jet.

Printer ink jet merupakan salah satu jenis komputer yang menggunakan tinta untuk mencetak dokumen yang diinginkan. Ukuran kertas yang bisa dicetak menggunakan printer ink jet juga tidak hanya sebatas satu ukuran kertas, tapi bisa dicetak dalam berbagai macam ukuran kertas.

Teknologi yang digunakan dalam printer ink jet adalah dor on demand. Jadi di dalam demand terdapat titik-titik yang digunakan untuk menyemprotkan tinta sesuai dengan dokumen yang akan dicetak. Selain teknologi dor on demand, salah satu perusahaan printer di Cina juga mengembangkan teknologi lain. Teknologi ini menggunakan suhu panas agar bisa digunakan. Suhu panas yang ada dalam printer nantinya akan menekan tinta untuk bisa keluar di pipa yang telah disediakan untuk mencetak dokumennya.

Sama seperti hal lain, printer ink jet juga memiliki kelebihan dan kekurangan

Kelebihannya adalah:
- Kualitas yang dihasilkan tinggi agak berbeda bila dibandingkan dengan printer cartridge. Apalagi bila medium yang digunakan untuk mencetak sesuai dengan dokumennya. Sebagai contoh, apabila ingin mencetak foto, hasilnya akan terlihat lebih bagus dengan menggunakan kertas foto berkualitas tinggi. Hal ini disebabkan tinta dari printer ink jet akan menghasilkan hasil yang maksimal bila dipadupadankan dengan kertas foto berkualitas tinggi.
- Efektif dan efisien adalah hal yang bisa didapat dengan menggunakan printer ink jet. Printer ink jet tidak membutuhkan waktu yang lama untuk mencetak dokumen berkapasitas ringan. Hal ini tentu saja akan meringankan beban kerja yang sedang anda jalankan.
- Harga murah adalah hal lain yang bisa didapat dengan menggunakan printer ink jet. Proses perawatan terhadap berbagai perangkat di dalamnya juga tidak terlalu repot. Salah satu perangkat dalam printer yang sering rusak adalah printer cartridge. Cara merawatnya sangatlah mudah, yaitu dengan rajin membersihkannya dari sumbatan tinta. Bila rajin dibersihkan, dijamin printer akan awet dimiliki. Bila mengalami kerusakan pun, printer juga murah untuk dibeli kembali.


Selain kelebihan, printer ink jet juga menyimpan kelemahan, yaitu:
- Meski tergolong printer yang memiliki kecepatan tinggi, tapi printer ink jet masih kalah cepat bila dibandingkan dengan printer laser jet.
- Kecilnya ukuran cartridge menyebabkan harus adanya kerajinan untuk selalu membersihkan. Bila tidak demikian, seperti yang telah dijelaskan, printer cartridge akan bisa cepat rusak
- Karena menggunakan teknologi dor on demand, seringkali dokumen yang dicetak menggunakan printer ink jet bisa mengalami luntur. Apalagi bila dokumen yang baru saja dicetak langsung dipegang, tinta yang belum kering akan luntur


Meski bisa digunakan kapan saja, tapi keadaan komputer harus selalu diperhatikan. Jangan sampai komputer atau printer mengalami over heat. Pastikan agar cooling fan berada di kondisi optimal agar kinerja komputer tetap berada di posisi maksimal. Selain bisa dibeli di toko komputer, cooling fan juga bisa dibeli di toko online berupa Bukalapak.



.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah membaca ^^
Tolong berkomentar dengan sopan yaaa... Maaf kalau ada yang belum terjawab :*