17 Desember 2018

Situs Tempat Belanja Online Favorit Ibu Rumah Tangga



Saya merasa beruntung terlahir di zaman modern seperti saat ini. Rasanya mudah mendapatkan segala keinginan. Ingin melakukan ini itu, bisa. Ingin membeli ini itu, bisa! Bahkan dari benda di genggaman tangan, semua hal bisa terwujud. Asyik, yah?

Salah satu kemudahan yang saya dapatkan di era yang semakin maju ini adalah mudahnya belanja secara online. Tidak seperti zaman dahulu yang harus ke pasar lalu tawar-menawar untuk mendapat harga murah. Hanya dari rumah dan bermodal kuota internet, sudah bisa borong apa saja yang dimau. Untuk pembayarannya, tidak harus memiliki saldo tabungan di rekening bank. Dibayar saat kurir datang ke rumah mengantar barang pesanan pun bisa.

Bagi Temans yang masih takut tertipu belanja online, ini dia referensi situs belanja online favorit yang sering saya kunjungi:

1. tokopedia
Pertama tahu tokopedia dari iklan di televisi. Sebenarnya hampir sama dengan marketplace lainnya, hanya saja di sini lebih banyak promo. Pagi pelanggan baru ada promo cashback hingga 200 ribu. Caranya dengan registrasi akun baru ke tokopedia.com atau lewat aplikasi lalu memasukkan kode TPHUS2014.

Dulu sistem pendanaannya memakai sistem tokocash. Jadi kalau Temans jualan lewat tokopedia, juga bisa. Uang dari pembeli terkumpul di tokocash dan bisa langsung ditransfer ke rekening bank Temans. Kalau sekarang, tokopedia sudah bekerja sama dengan OVO. Pembayaran jadi makin gampang karena dompet digital kini telah dimiliki oleh hampir seluruh generasi millenial.


2. shopee
Iklan marketplace yang satu ini selalu menarik hati. Apalagi kemarin ada gembar-gembor iklannya yang memakai Black Pink, banyak yang malah makin penasaran dan mencoba shopee. Bagi yang ingin register jadi member baru, pakai kode ARTHA678 agar dapat kembalian hingga 50%. Oiya, saran saya membuka aplikasinya jauh lebih mudah dan lebih banyak promo dibanding situs webnya. Sampai-sampai ada goyang shopee yang dihapal anak-anak.

Biasanya saya belanja pakai koin shopee. Koin ini didapat dari hasil pembayaran pembelanjaan atau dari games harian. Karena koin shopee bisa jadi diskon juga agar harga jadi jauh lebih murah, setiap hari walau tidak ingin berbelanja, saya selalu membuka shopee dan ikutan games-nya. Mudah kok. Iseng-iseng absensi mengumpulkan poin. Ada satu lagi kelebihan shopee disbanding situs belanja online lainnya, yakni gratis ongkos kirim maksimal 25 ribu dengan pengiriman pesanan melalui J&T untuk pembelian minimal 70 ribu atau 90 ribu, tergantung promo.

 Baca juga: Pengalaman Jual Beli Online pakai J&T Ekspress


3. jd.id
Karena malas transfer pembayaran belanja online lewat ATM, saya memilih belanja via jd.id yang bisa bayar di rumah pakai sistem CoD. Dulu juga ada promo diskon 100 ribu untuk pendaftar baru, lumayan loh. Asyiknya lagi juga gratis ongkir. Karena itu untuk lebaran tahun ini, saya belanja banyak minyak goreng sebagai buah tangan untuk para saudara, lewat jd.id. Harga jauh lebih murah, dikemas dengan rapi dan pengirimannya aman, bayarnya juga bisa saat pesanan sampai di rumah.


4. blibli
Yang satu ini juga punya sistem poin yang bisa ditukar banyak voucher. Hampir mirip seperti shopee. Hanya saja blibli ini masih mahal ongkos kirimnya, karena saya di Jawa Timur. Bagi Temans yang berdomisili di Jakarta, akan jauh lebih untung dan mudah karena blibli sering bagi voucher untuk mereka yang berdomisili di ibukota. Kalau saya sih belanja di sini kalau ada voucher hasil nulis review, hehe. Maklum sayang duit, maunya irit namun gak bisa lihat barang diskon dikit. Haha.

5. lazada
Punya pengalaman belanja di Lazada dulu juga karena dapat voucher belanja di sana hadiah dari ikut kuis. Ongkos kirim juga lumayan mahal karena rata-rata penjual dari ibukota. Bisa juga sortir penjual dari Jawa Timur, tapi ongkos kirimnya dipukul rata dan jatuhnya jadi sedikit mahal dari tarif ongkos kirim yang biasanya.

Saya pribadi tidak terlalu merekomendasikan marketplace ini, sebab saat hari belanja online nasional kemarin contohnya, banyak penjual yang banting harga. Nah pembeli sudah saking happy borong banyak barang dengan harga drastis, eh tiba-tiba di-cancel sepihak. Uang pembayaran balik, sih. Dapat voucher permintaan maaf dengan diskon 30% juga. Tapi yang namanya kecewa, yaa tidak bisa semudah itu termaafkan.

Nah setelah membaca sekilas review di-atas, Temans sekalian tertarik belanja online di mana?



.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah membaca ^^
Tolong berkomentar dengan sopan yaaa... Maaf kalau ada yang belum terjawab :*