14 Januari 2019

Wisata Murah Kota Mojokerto yang Dekat Stasiun




Hai Temans,
Tahukah kalian bahwa Kota Mojokerto yang terletak di Jawa Timur merupakan kota terkecil di Indonesia? Hal ini karena memiliki luas hanya 16,42 Km2. Kota yang terletak 50 Km dari Surabaya ini hanya memiliki 3 kecamatan dengan total 18 kelurahan. Oleh karenanya, bagi Temans yang ingin berkeliling kota dalam waktu singkat, mengunjungi Kota Mojokerto ialah pilihan terbaik. Lebih mudah ke sini menggunakan kereta, jadwal dan tiketnya bisa dicek dulu di PegiPegi.

Bagi kalian yang jadwal kerjanya sesuai rolling-an shift dan tidak selalu di hari Minggu, lalu tiba-tiba terbesit ingin berpetualang di kota yang terkenal dengan cemilan khas onde-onde, coba Pesan tiket kereta secara online. Jadwal keberangkatan yang mendadak akan selalu bisa dibantu mendapatkan tiket keretanya. Ingin memilih kereta yang mana pun bisa, menyesuaikan dengan anggaran yang di punya. Cukup klik-klik di genggaman, rencana jalan-jalan tidak lagi impian.


Meski kecil, obyek wisata di Kota Mojokerto tidak kalah dengan kabupaten yang mengelilinginya, Kabupaten Mojokerto. Untuk mengunjungi beberapa di antaranya bahkan kita tidak perlu merogoh kocek, alias gratis. Lokasi wisata murah pun dekat dengan stasiun. Cukup olahraga ringan dengan berjalan kaki, hari ikut menari-nari melihat pemandangan indah yang tersaji. Apalagi banyak bangunan di daerah Kota Mojokerto yang khas bangunan di masa kolonial, begitu elok nan memiliki kisah tersendiri.

Beberapa wisata murah Kota Mojokerto yang dekat stasiun di antaranya:

Alun-alun Kota Mojokerto

Kurang lengkap rasanya bila mengunjungi suatu wilayah tanpa menengok alun-alun yang berada di pusat kota. Apalagi kini jantungnya Kota Mojokerto ini kini menjadi tempat rekreasi dan sarana bersantai ria bagi para keluarga, terlebih pada akhir pekan. Berjarak sekitar 1,7 Km dari Stasiun Mojokerto, dengan waktu tempuh sekitar 16 menit dengan berjalan kaki. `
``

Inilah salah satu wisata murah yang tidak menguras kantong. Bila membawa anak kecil, mereka akan senang sekali karena di sini ada begitu banyak permainan yang menyenangkan. Ada becak gowes, kereta kuda dan motor kecil yang disewakan agar bisa dipakai berkeliling alun-alun. Tamannya juga indah. Banyak hiasan lampu warna-warni dan rumputnya yang menghijau. Luas sekali, bisa dipakai lari-larian.


Bangunan Bersejarah
Selagi di tengah kota, ada baiknya mengunjungi bangunan-bangunan bersejarah di kota mungil ini. Bagi yang muslim, ibadah dulu ya di Masjid Agung Al-Fattah. Lokasinya tepat di depan alun-alun, tepatnya di Jl. Kyai H. Hasyim Ashari No.1, Mergelo, Kauman, Prajurit Kulon, Kota Mojokerto. Saat ini sedang dalam perbaikan.


Dahulu masjid megah ini didirikan oleh Bupati Mojokerto RAA Kromojoyo Adinegoro pada 7 Mei 1877 dan baru bisa dipakai shalat pertama kali pada 12 April 1878. Masjid tertua ini memiliki 4 tiang penyangga setinggi 20 meter yang didapat dari hutan Jabung dan sampai saat ini masih kokoh berdiri. Uniknya ternyata selama 100 tahun setelah masa pembangunannya, masjid tersebut tidak memiliki nama. Baru oleh KH Achyat Chalimy, pengasuh Pondok Pesantren Sabiul Muttaqin, masjid diberi nama Masjid Jamik Al Fattah. 

Bangunan bersejarah lainnya yakni gereja tertua peninggalan zaman Belanda. Namanya Gereja Protestan Indonesia Bagian Barat, terletak sekitar 500 meter di timur alun-alun kota. Gereja ini dibangun pada tahun 1899 dan kini telah banyak direnovasi agar dapat menampung berbagai kegiatan Gerejani. Selain itu, ada pula Klenteng Hok Siang Kiong yang juga telah berdiri tahun 1823an. Bangunannya masih asli, hanya dipugar genteng dan warna catnya yang memudar saja. Lokasinya di Jl. Residen Pamuji, sebelah barat pasar induk Kota Mojokerto (Pasar Tanjung)


Museum Gubug Wayang
Dari kawasan alun-alun, jalan sedikit ke Jl. R.A Kartini nomor 23, Kauman, Prajurit Kulon, Kota Mojokerto, ada sebuah sanggar yang lebih mirip dengan museum. Lebih dikenal dengan nama Museum Gubug Wayang. Sesuai namanya, di sini ada banyak koleksi wayang dengan beragam jenis. Ada wayang kulit, wayang golek, wayang rumput hingga wayang potehi, serta banyak juga wayang berkarakter tokoh bangsa dan tokoh internasional. 

Ada gambaran wayang Presiden Jokowi dengan baju kotak-kotak, almarhum Gus Dur, Mahatma Gandi hingga Lady Diana. Selain itu, koleksi benda-benda antiknya juga banyak, seperti gamelan, keris, buku Samkok yang usianya kurang lebih 100 tahun, film jaman dulu, boneka, kuda lumping, reog ponorogo, topeng, mainan jaman dulu dan lain-lain. Museum Sanggar Gubuk buka dari Selasa sampai Minggu, dari jam 9 pagi hingga 8 malam. Harga tiket masuk adalah 15 ribu untuk pelajar, sedangkan untuk mahasiswa dan umum harga tiket Museum Sanggar Gubuk 25 ribu.


Hutan Kota Mojokerto
Semakin lama, hutan kota semakin cantik dengan tanaman yang semakin rindang. Fasilitasnya pun ditambah. Kini ada perpustakaan di Hutan Kota Mojokerto. Hutan kota yang letaknya di Jl. Cancer, Mergelo, Pulorejo, Kecamatan Prajurit Kulon ini tidak memiliki tiket masuk dan untuk parkir juga tidak dikenakan biaya. Tempat ini nyaman digunakan untuk  berkumpul dengan teman dan keluarga. Plus free wifi! Asyik!


Car Fee Day di Benteng Pancasila

Salah satu pusat keramaian Kota Mojokerto adalah di Taman Benteng Pancasila. Tempat ini memang diibuat untuk memenuhi kebutuhan hiburan warga yang butuh ruang terbuka untuk melepaskan kepenatan dan rutinitas. Seperti di daerah lain, di sini juga ada car free day yang diselenggarakan tiap Minggu atau pada hari libur nasional, di sekitar daerah Benteng Pancasila. Lokasi ini mulai ramai menjelang sore hari, banyak penjual makanan ringan dan khas Mojokerto menjajakan dagangannya.

Aneka Taman Bermain Air
Meski merupakan kota kecil, Kota Mojokerto memiliki lebih dari 1 taman bermain air yang menyenangkan serta murah. Selagi di daerah Benteng Pancasila, ada baiknya mampir ke Mojokerto Fantastic Park. Ini adalah wahana bermain terbesar dan terlengkap pertama di Kota Mojokerto. Selain itu juga ada Kolam Renang Sekarsari yang terletak di Jl. Empunala, hanya 1 Km dari alun-alun kota. Karena memiliki lintasan renang, di sini sering dipakai untuk anak-anak berlatih renang. Disediakan jasa pelatih renang, loh. Tiket masuknya hanya 10 ribu. Selain itu ada playground dan beragam kafe yang cozy. Pilihan berenang di kolam yang dilengkapi fasilitas lengkap seperti cafe juga didapatkan di Royal Swimming Pool Mojokerto. Lokasinya dekat Taman Makam Pahlawan Mojokerto dengan tiket masuk 25 ribu dan gratis minum. Di sini juga ada tempat karaoke dengan tarif per jam Rp 13.500,-.


Kolam Pancing Bu Nurhayati
Di tengah keramaian kota, ada wisata murah Kota Mojokerto berupa kolam pancing. Bagi kalian yang suka ketenangan dan hobi memancing, inilah salah bsatu tempat terbaik. Letaknya di Jl. Sawunggaling, Mergelo, Balongsari, Magersari, Kota Mojokerto.  Di sini bisa memancing ikan sepuasnya, ada fasilitas persewaan alat pancing bagi Temans yang tidak mempunyai pancing.


Dermaga Sungai Brantas
Siapa yang tidak tahu aliran sungai Brantas yang deras sekaligus mengagumkan? Temans bisa menikmati keindahan sungai terpanjang di Jawa Timur ini sambil diterpa sejuknya angin sepoi-sepoi di Dermaga Sungai Brantas. Wisata air yang menjorok ke sungai ini gratis dikunjungi. Kita bisa berlari-larian kecil sepanjang jogging track yang tersedia sepanjang Jl. Hayam Wuruk hingga Jembatan Gajah Mada, sejauh 1 Km. Sebagai pengisi perut, tersedia banyak warung lesehan yang menjajakan kuliner khas Kota Mojokerto. Yang terkenal tentu onde-onde, cemilan bulat bertabur wijen dengan isian kacang hijau di dalamnya.


Monumen Kapal Majapahit

Sebelumnya, daerah simpang empat Miji, Kecamatan Kranggan, Kota Mojokerto hanyalah tempat berisi kolam dan air mancur yang biasa. Namun sejak Maret 2016, di sudut timur Jl. Majapahit Selatan ada sebuah monumen kapal. Padahal Kota Mojokerto bukanlah daerah pesisir yang identik dengan nelayan maupun kehidupan bahari. Namun Djuhhari Witjaksono, sang penggagas, mengatakan itu adalah Monumen Kapal Majapahit dengan harapan memberikan suatu pemikiran agar masyarakat sadar bahwa kita ini anak turun bangsa bahari. Perajin miniatur perahu tradisional ini ingin memperlihatkan bahwa Mojokerto merupakan tempat munculnya seni budaya zaman Majapahit. Monumen ini berukuran 2,5 x 0,6 meter dengan tinggi sekitar 1,5 meter itu dari tembok dudukannya.


Nah, lumayan banyak bukan? Semua obyek wisata ini bisa kita susuri dalam waktu singkat. Bagi yang liburannya singkat, berpetualang naik kereta lalu menyusui Kota Mojokerto merupakan salah satu alternatif yang seru. Banyak kisah sejarah pula yang kita dapatkan, terutama tentang kejayaan zaman Majapahit karna pusatnya ada di Mojokerto ini.





19 komentar:

  1. Belum pernah ke Mojokerto, noted..barngkali Allah SWT mengijinkan suatu saat kesana

    BalasHapus
  2. Banyak juga ya tempat yang bisa dikunjungi. Salam kenal mba 😘

    BalasHapus
  3. Pernah ke Mojokerto sekali. Gadisnya cantik cantik ya di Mojokerto.

    BalasHapus
  4. Oya kah kota terkecil? Aku baru tau, lho.

    Saya suka jalan-jalan ke daerah Jawa kaya gitu. Alamnya masih asri banget, jadi sejuk rasanya. Apalagi ternyata masih banyak ya tempat wisata gratis.

    BalasHapus
  5. Memang enaknya cari wisata atau penginapan yang stasiun.. selain stategis juga biar gak ketinggalan kereta 😂

    BalasHapus
  6. Baru tau kalo mojokerto kota terkecil di Indonesia,, semoga ada kesempatan main ke mojokerto, pernah lewat aja tapi gak pernah mampir..

    BalasHapus
  7. Dulu pas tinggal sebulan di Jawa Timur nggak sempet eksplor Mojokerto. Semoga suatu saat lah ya bisa mampir ke kota kecil ini.

    BalasHapus
  8. Woohh, baruuu tau mbak kalo Mojokerto adalah kota terkecil di Indonesia. Belum pernah ke sana sama sekali. Tapi pilihan tempat wisatanya lumayan jugaa yaa

    BalasHapus
  9. Eh, cuma 3 kecamatan ya? Aku sukanya ke Pacet. Masih jauh ya dari stasiun.

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu di kabupaten, Mbak. ini saya bahas kotanya. hehe

      Hapus
  10. Enak banget ini mba, di deket alun-alunnya, banyak tempat untuk dkunjungi. Jadi kalau ke Mojokerto tidak begitu hatus pindah jauh ya, mba.

    BalasHapus
  11. Penasaran sama penampakan masing-masik obyek wisatanya mba..

    BalasHapus
  12. Belum pernah ke mojokerto maunya ada fotonya jadi ada gambaran lebih nyata objek wisatanya

    BalasHapus
  13. Keren banget sih ada hutan kotanya sama museum wayang, aku pengen eksplor Mojokerto..

    BalasHapus
  14. Rumahku di malang deket dengan mojokerto kalau aku nanti ke mojokerto mau main ahh..banyak tempat wisata

    BalasHapus
  15. Itu yang mancing hasilnya diolah di situ atau dibawa pulang Mbak?

    BalasHapus
  16. Aku banget ituuh, kalo kmana mana cari penginapam yg deket stasion dan tempat kulineran ato wisata yang ga jauh2 daah..

    BalasHapus
  17. Museum Gubug Wayang pengin kudatengin suatu saat nanti ..., aku suka wayang.
    Kucatat info lokasinya, kak.
    Terimakasih sharingnya.

    BalasHapus
  18. dekat rumah saya nih. ke kota cuma 6 km. kotanya memang cukup mungil. sebelum 2016 malah hanya 2 kecamatan. 2016 tambah satu kecamatan: kranggan.

    oh ya. onde2 fenomenal itu namanya 'bo liem'. harus pesan dulu kalo mo beli.

    salam
    @nuzululpunya

    BalasHapus

Terima kasih sudah membaca ^^
Tolong berkomentar dengan sopan yaaa... Maaf kalau ada yang belum terjawab :*