17 Agustus 2019

Si Cantik Kaos Putih di Pasar Murah Gorontalo yang Bikin Salah Fokus


Tujuh belas Agustus tahun empat lima
Itulah hari kemerdekaan kita
Hari merdeka nusa dan bangsa
Hari lahirnya bangsa Indonesia
Merdeka!


Bulan Agustus ialah bulan yang dinanti oleh penduduk bangsa besar ini. Tahun ini Republik Indonesia berusia 74 tahun. Sudah selama ini, apa sih kontribusi kita sebagai generasi muda? Dengan menjaga nama baik negeri kita dengan tidak ikut serta menyebarkan hoaks sudah termasuk bela negara loh. Kalau mau cara termudah dengan ikut serta memeriahkan hari kemerdekaan lewat beragam acara dan perlombaan yang biasanya digelar di tiap daerah.

Teman tahu tidak, kalau di Gorontalo sedang ada acara meriah dan heboh! Digelar oleh Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dengan banyak rangkaian acara yang melibatkan banyak pihak. Mulai para siswa yang merupakan generasi muda, Bapak-Ibu dalam gebyar pasar murah dan aneka kegiatan sosial serta gerak jalan sehat yang melibatkan beragam instansi dan penduduk Gorontalo itu sendiri.
Rangkaian acara

Rangkaian acara dimulai dengan kegiatan Siswa Mengenal Nusantara (SMN) pada tanggal 7-8 Agustus 2019 dan 12-20 Agustus 2019.
Tujuan SMN adalah untuk menanamkan rasa bangga dan cinta tanah air sejak dini kepada siswa SMA/SMK/SLB. Gorontalo mendapat kesempatan dikunjungi siswa-siswi SMA/SMK dari Provinsi Jawa Timur sebanyak 47 orang pelajar. Kegiatan SMN ini tidak hanya sekedar efektif menambah wawasan pelajar, tapi juga bisa meningkatkan pengetahuan tentang sosial budaya, solidaritas dan jiwa kewirausahaan.


Pada 7-8 Agustus 2019, para siswa-siswi dikenalkan apa itu BUMN yang dilanjutkan pelatihan Tari Saronde dan Gambusi. Lalu pada 12-20 Agustus 2019 ada pembekalan materi Bela Negara dari Kodim Batalyon 713, juga mengenal tradisi masyarakat Desa Konservasi Budaya Talumelito. Asyiknya kegiatan ini ditutup dengan rekreasi ke Pantai Olele, Benteng Otanaha, dan Pulau Saronde.

Hebohnya kegiatan BUMN Hadir untuk Negeri di Gorontalo tidak hanya itu. Ada Pasar murah bertajuk 'BUMN Hadir untuk Negeri' yang merupakan kolaborasi 4 BUMN, yaitu: Bank Mandiri, Indonesia Re, PPI, dan Djakarta Lloyd. Perusahaan-perusahaan pelat merah ini menyediakan 2.000 paket sembako. Maka tak heran kemudian pada 16 Agustus 2019, masyarakat memadati Lapangan Ippot Tapa, Kecamatan Tapa, Bone Bulango, Gorontalo.


Masyarakat meramaikan pasar murah dan rela antre panjang demi mendapatkan paket sembako. Isinya berupa beras, minyak goreng, garam, sarden, dan tepung yang didapatkan dengan cara menukar kupon seharga Rp 10.000,-. Paket sembako yang nantinya didapatkan oleh mereka di pasar murah BUMN ini senilai Rp 42.500,-.

Senang sekali melihat ekspresi bahagia masyarakat yang berhasil menukarkan kuponnya. Para wanita cantik berkaos putih yang membantu proses penukaran kupon menjadi paket sembako pun menjadi salah satu sorotan publik. Senyumnya manis sekali, membuat suasana pagi itu semakin indah.



Tak mau kalah, Deputi Bidang Infrastruktur Bisnis Kementerian BUMN Hambra Samal, Bupati Bone Bolango Hamim Pou, dan Wakil Direktur Utama Bank Mandiri Sulaiman A. Arianto, yang hadir di area Pasar Murah Lapangan Ippot Tapa turut serta membantu dalam penukaran kupon dengan paket sembako.




Hadir pula Direktur Bank Mandiri Riduan Ahmad, Dirut Indonesia Re Kocu Andre Hutagalung, Direktur Perdagangan Dalam Negeri PPI Anton Mart Irianto, dan Direktur Keuangan HCM & GA Djakarta Lloyd Afan Sofwan.

Menurut Wakil Direktur Utama Bank Mandiri Sulaiman A. Arianto, ulang tahun kemerdekaan menjadi momentum bagi Bank Mandiri bersama perusahaan negara lainnya untuk memperkuat komitmen menjadi agen pembangunan di Tanah Air ini. Semoga program 'BUMN Hadir untuk Negeri' yang sudah berjalan 5 tahun terakhir ini tidak berhenti sampai kapan pun. Karena salah satu tujuan didirikannya BUMN sebagai agen pembangunan, maka harus selalu berada dan menjadi bagian dari masyarakat, kan.

Selain Pasar Murah, BUMN juga memfasilitasi pembangunan fasilitas MCK (Mandi, Cuci, dan Kakus), dan penyambungan listrik gratis di Kelurahan Tenda, Gorontalo Selatan. Selain itu juga ada 5 rumah warga miskin yang diperbaiki.



Sementara 16 rumah warga miskin lainnya, mendapat penyambungan listrik gratis. Inilah yang disampaikan oleh Deputi Bidang Infrastruktur Bisnis Kementerian BUMN Hambra Samal dalam konferensi pers.
Sulaiman A Arianto menambahkan, “Kami ingin selalu hadir bagi seluruh masyarakat, baik melalui pengembangan skala bisnis maupun aktivitas-aktivitas sosial yang bertujuan untuk mengedukasi dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat di berbagai wilayah Tanah Air."

BUMN juga mengelar lomba rakyat dalam menyemarakkan HUT RI di Gorontalo seperti panjat pinang, lomba makan kerupuk, balap karung dan perlombaan lainnya. Agustus-an tak lengkap tanpa lomba-lomba, bukan? Selain menjunjung gotong royong dan membina keakraban, juga mendidik semangat perjuangan dan mengokohkan rasa cinta pada negara ini.

Hebohnya aneka kegiatan BUMN ini tujuannya memang untuk lebih mendekatkan hubungan BUMN dengan masyarakat sekitar sehingga peran BUMN sebagai agen pembangunan dapat lebih dirasakan oleh masyarakat di berbagai wilayah di Indonesia tercinta.

Hari ini, Sabtu, 17 Agustus 2019, ada Upacara Peringatan HUT RI yang juga dirayakan oleh sejumlah BUMN bersama para pelajar Kota Gorontalo serta puluhan pelajar dari Jawa Timur yang tergabung dalam program SMN.


Upacara ini digelar di salah satu bangunan bersejarah di kota ini, yaitu Benteng Otanaha.
Dalam upacara, ada Paduan suara The Voice Gorontalo yang menyanyikan lagu wajib nasional dan dilanjut dengan Mars BUMN.

Setelah itu dilanjutkan acara penyerahan program beasiswa BUMN Hadir Untuk Negeri 2019 untuk Provinsi Gorontalo yang dipimpin oleh Deputi Bidang Infrastruktur Bisnis Kementerian BUMN Hambra Samal.


Upacara di Banteng Otanaha dipimpin oleh pembina upacara, Wakil Direktur Utama Bank Mandiri Sulaiman A Arianto. Hadir juga direksi dari 3 BUMN lainnya, yaitu IndonesiaRe, Djakarta Llyoid, serta Perusahaan Perdagangan Indonesia (PPI). Kompak sekali, ya. Tentu Wakil Walikota Gorontalo Ryan Kono serta Deputi Bidang Infrastruktur Bisnis Kementerian BUMN Hambra Samal juga ikut dalam upacara ini.

Esok, akan ada Gerak Jalan Sehat di tanggal 18 Agustus 2019. Selain itu juga akan ada cek kesehatan gratis, banyak photo booth untuk mengabadikan momen ini, makanan dan minuman gratis bagi peserta gerak jalan sehat dan juga aneka hiburan lainnya beserta permainan yang bertabur hadiah.

Jadi bagi kalian warga Gorontalo, jangan lupa hadir dan turut memeriahkan gerak jalan sehat ini ya. Semoga beruntung bawa pulang banyak hadiah.

25 komentar:

  1. wah keren banget ya fasilitasnya
    terima kasih infonya mbak

    BalasHapus
  2. Mantabbbb banget acaranya ya mbak, apalagi ada pasar murah segala tuh, auto borooongggggg hehhe

    BalasHapus
  3. mantap sekali acara ini. Kalau perlu sering2, apalagi pasar murahnya. Lihat warga yang antri rasanya bahagia ya. Mereka pasti butuh banget, apalagi pembangunan fasilitas lainnya. Go BUMN!

    BalasHapus
  4. Keren deh BUMN!
    Terus tunjukkan kontribusi untuk negara ya
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    BalasHapus
  5. Banyak acaranya ya BUMN...Makin mendekatkan diri ke masyarakat BUMN sebagai bentuk bakti pada stakeholder....Di sini juga sempat lihat ada acara Siswa Mengenal Nusantara...

    BalasHapus
  6. Siswa mengenal nusantara ini semacam pertukaran pelajar gitu ya mbak. Keren idenya Dan juga kegiatannya

    BalasHapus
  7. Bahagianya peringatan 17 Agustus kayak gini... happy semua deh masyarakatnya..Apalagi SMN tuh. wah kerenn

    BalasHapus
  8. Pasar murah ini tentunya menyenangkan masyarakat. Apalagi gak hanya pasar murah. Ada fasilitas lainnya yang juga dibangun untuk masyarakat

    BalasHapus
  9. BUMN sekarang ini semakin sering bikin acara seru yang dekat dengan rakyat ya.

    BalasHapus
  10. Di HUT kemerdekaan RI BUMN ikut berbagi dengan masyarakat Gorontalo ya, ada paket sembako murah juga setidaknya membantu mereka ya

    BalasHapus
  11. Keren banget yah event ini, yang pali g aq suka ada pasar murahnya, kan bisa dinikmati sembakonya sama banyak orang ��

    BalasHapus
  12. Kereen. Salut untuk BUMN. Kegiatannya sangat bermanfaat untuk masyarakat. Semoga BUMN bisa semakin dekat dengan masyarakat ya...

    BalasHapus
  13. Wah ada pak riduan ahmad juga ya. Dulu beliau salah satu dirut bpjs tempatku kerja dulu. Orangnya humble banget. Acara BUMN ini bagus banget ya mbak,sampai ke masyarakat kalangan ke bawah

    BalasHapus
  14. Keren acaranya. Pastinya ya, bazar sembako murah kayak gini menarik perhatian, dan bermanfaat sekali. Semoga gak hanya di Gorontalo aja ya diadakan acara seperti ini. Tapi di daerah lain juga. Dan kalo bisa, sering juga. Lumayan terbantu deh kebutuhan masyarakat

    BalasHapus
  15. Mantap deh BUMN. Terus hadir buat negeri ini ya. Aku suka kalau ada yg gelar bazar sembako gini. Bermanfaat banget. Sering2 ya.

    BalasHapus
  16. Seru banget ini acara 17an di Gorontalo mbak, apalagi memberikan paket sembako murah ya. Kebayang sih ini antusiasnya kayak apa disana ya.

    BalasHapus
  17. Nah klo kayak gini BUMN jd lebih terasa kehadirannya utk negeri. Smg kegiatan positif seperti ini berkelanjutan utk menciptakan lebih byk senyum di wajah rakyat....

    BalasHapus
  18. semoga acara kayak ginibisa dilakukan di semua wilayah dan sering, apalagi yang beli sembako murah, rakyat kita masih banyak yang miskin ya kan< mana harga pada naik semua, tambah kasihan.

    BalasHapus
  19. Semoga acara nya ters Ada ya mba dan tersebar sampai ke daerah2 lain biar semua bisa merasakan CSRnya BUMN

    BalasHapus
  20. Salut buat Badan Usaha Milik Negara dengan rangkaian acara yang melibatkan banyak pihak di Gorontalo dalam rangak HUT RI ke-74 ini.
    Para siswa yang merupakan generasi muda, Bapak-Ibu dalam gebyar pasar murah dan aneka kegiatan sosial serta gerak jalan sehat yang melibatkan beragam instansi dan penduduk Gorontalo itu sendiri semua berpartisipasi.
    Sukses buat BUMN dan negeri ini!

    BalasHapus
  21. Acara pasar murah seperti yang diceritakan pada sebagian paragraf di atas, sungguh sangat membantu masyarakat dalam menekan biaya hidup. Namun kementrian dan para petinggi BUMN juga sudah faham betul bahwa tindakan ini hanyalah solusi sementara dan tidak dalam jangak panjang. Semoga ke depan pasar murah ini bisa dijangkau setiap hari oleh masyarakat tidak mampu.

    BalasHapus
  22. Wah meriah juga ya Agustusan kemarin di Gorontalo. Apalagi yang ditungguin ibu2 tu pastinya bazaar murah hehe. Ada penyambungan listrik pula utk warga di sana, alhamdulillah, merdeka dr kegelapan yaa

    BalasHapus
  23. Alhamdulillah,
    BUMN hadir untuk negeri dengan berbagai pembangunan.
    Semoga manfaatnya memanjang hingga anak-cucu.

    BalasHapus
  24. Asyik banget acara yang diadakan sama bumn ini, meriah, semoga bisa rutin diadakan tiap tahun ya...

    BalasHapus
  25. Jauh nyaa, Gorontalo dari tempat ku. Acara nya keren banget ini, jadi semakin menunjukkan kalau BUMN itu memang hadir untuk masyarakat.

    BalasHapus

Terima kasih sudah membaca ^^
Tolong berkomentar dengan sopan yaaa... Maaf kalau ada yang belum terjawab :*