06 November 2019

Cara Mudah Meningkatkan Traffic ke Website untuk Mendongkrak Penjualan


Di zaman serba digital ini adalah eranya untuk mendapatkan segala sesuatu dengan mudah.
Hal yang dulu dirasa tidak akan mungkin, menjadi sangat mungkin apabila berani mencoba. Pun sesuatu tidak lagi menjadi rahasia, sekecil apapun berita bisa menyebar seantero nusantara. Apalagi kini ada sarana bernama website yang bisa dibuat dan diakses siapa saja.


Website merupakan kumpulan dari halaman yang berisi berbagai macam informasi dalam bentuk teks, data, gambar, suara, video ataupun gabungan dari semua hal tersebut. Semua halaman tersebut berhubungan dan diakses menggunakan browser dengan terhubung pada jaringan internet. Kini walau hanya berbekal tutorial yang didapat dari internet, semua orang mampu membuat website sendiri, termasuk para penjual via online. Tentunya bila menggunakan jasa Hosting Indonesia Qwords maka website-nya mampu diakses lebih baik lagi.

Penjualan barang secara online menjadi solusi untuk meningkatkan penjualan dari suatu produk. Melalui website, keterangan tentang produk mampu didapatkan dengan jelas. Dengan begitu maka calon pembeli akan tertarik dan lebih yakin lagi untuk membelinya. Berjualan melalui website menjadi sarana terpercaya sebab dapat menjadi salah satu bukti bahwa penjualan barang ialah hal yang nyata, bukan tipu-tipu semata.

Lantas bagaimana caranya meningkatkan traffic ke website agar mampu mendongkrak penjualan? Berikut langkah-langkah yang bisa dijadikan referensi.

1. Tentukan nama domain
Agar bisa meningkatkan traffic ke website, ada baiknya mampu membuat nama domain yang sesuai. Bisa lebih spesifik pada nama barang yang dijual ataupun disesuaikan dengan merek barang yang dijual. Misalnya saja nama tasbatam.com untuk nama domain penjualan tas dari Batam. Atau mungkin jimshoney.co.id yang sesuai dengan nama merek tas yang dijual.

Usahakan nama domain tidak terlalu panjang sehingga lebih mudah dihapal. Selain itu juga tidak memakai tanda penghubung untuk memudahkan pengetikan. Kalau bisa nama domain tidak hampir sama dengan brand pesaing, agar calon pembeli tidak salah alamat. Setelah nama domain ditemukan, pilih layanan Hosting Indonesia terbaik untuk pengelolaan maksimalnya.


2. Berikan gambar produk dari segala sisi
Kelebihan website dibanding media sosial lainnya ialah mampu menampung segala hal, mulai beberapa foto, teks dan video dalam satu halaman yang sama. Hal ini membuat calon pembeli jadi bisa menilai sendiri apakah barang yang diinginkannya sesuai atau tidak, meski tidak langsung melihat dan memegangnya sendiri. Gambar berupa beberapa foto produk dari segala sisi menunjukkan bagaimana kondisi barang yang sebenarnya. Dengan hasil jepretan yang elok, membuat calon pembeli mau berlama-lama di halaman website dan terpikir untuk jadi membeli sang barang incaran.

Gambar-gambar yang lengkap dan menarik juga membuat calon pembeli merasa senang dan akan mencari-cari barang lainnya. Dengan demikian pembeli suatu produk dalam website tidak hanya sebuah namun bisa beberapa buah. Selain itu bila ditambah menu wishlist, maka akan membuat calon pembeli datang kembali dan melakukan transaksi pembelian lagi. Traffic website meningkat, penjualan pun ikut meningkat.


3. Tambahkan video pendukung
Selain foto, adanya video pendukung yang memberikan gambaran jelas akan suatu produk yang dijual mampu membuat traffic website meningkat. Mesin pencari akan lebih mengarahkan ke website yang dinilai lengkap dan memiliki banyak kegunaan bagi penggunanya. Inilah nilai lebih dari suatu website bila menambahkan video pendukung. Para pembaca website tersebut pun ikut turut menyebarkan nilai lebih ini pada kenalannya sehingga traffic pasti ikut menanjak, seiring meluasnya info akan lengkapnya suatu website tersebut.

Jangan khawatir akan website yang bisa menjadi down oleh karena terlalu banyaknya pengunjung dalam satu waktu. Dengan memakai jasa Hosting Indonesia terbaik yakni Qwords, niscaya tidak akan terjadi masalah tersebut. Apalagi tersedia pula space yang luas sehingga banyaknya ruang penyimpanan yang digunakan untuk memaparkan banyaknya foto dan video tidak akan menghambat website. Loading website tetap cepat dan mampu menjaring banyak pengguna.


4. Optimalkan keyword
Dalam memberikan keterangan rinci tentang spesifikasi produk yang dijual, masukkan keyword yang tepat. Bisa pada judul, kalimat dalam badan teks ataupun alamat URL. SEO pengoptimalan keyword ini adalah salah satu kunci agar traffic website tetap ramai. Terlebih pada penggunaan long tail keyword, menjadi lebih efektif mengingat kita juga suka mencari tahu segala sesuatu dengan bertanya pada browser.


5. Sisipi website dengan artikel yang menarik
Agar traffic website tetap tinggi harus memberikan tampilan website yang menarik. Bukan hanya pada penggunaan tema yang tepat, tapi juga menyisipkan artikel yang berhubungan dengan produk yang dijual. Misalnya tentang bagaimana membedakan tas asli dan palsu bila menjual tas di website. Ini akan membuat calon pembeli merasa mendapat banyak ilmu dan semakin tertarik untuk membuka halaman-halaman lainnya.


Dengan semakin terbiasa membuka suatu website maka akan hanya terpikirkan brand dari produk dalam website tersebut. Dijamin gethuk tular akan terjadi dan pembaca website semakin banyak. Dengan demikian bisa dipastikan penjualan ikut meningkat karena website kemudian dianggap terpercaya dan memiliki produk yang baik. Sekali lagi jangan takut website down karena Qwords Hosting Indonesia terbaik akan selalu mengoptimalkan kerja website.


43 komentar:

  1. wah infonya sangat bermanfaat sekali nih sis, makasih banget jadi tahu ternyata begitu triknya

    BalasHapus
  2. Aku poin 4 dan 5 masih sering di skip nih mbak jadi nulis ngalir aja. Hehe padahal memang traffic itu penting juga ya kalau mau monetize

    BalasHapus
  3. Jangan lupa Kak, jangan terlalu berat loadingnya, soalnya itu juga suka bikin males pengunjung hehe

    BalasHapus
  4. Template kali kali ya mba, juga turut mendukung. Kalo template gak sesuai kadang sakit mata pas baca artikel nya, hehe

    BalasHapus
  5. Template kali ya mba juga berpengaruh. Kadang kalo templatenya gak sesuai suka sakit mata pas baca artikel nya. Hehe

    BalasHapus
  6. Iya, aku juga setuju kalau website jualan lebih menarik kalau ada sisipan artikel. Jadi mereka merasa dapat ilmu juga.

    BalasHapus
  7. Adanya foto dan video ini yang bikin saya selalu tertarik untuk betah berlama-lama di blog seseorang. Ditambah kalau bisa tidak ada iklan yang menjengkelkan...

    BalasHapus
  8. Aku masih belum terlalu mengoptimalkan cara ini apalagi yang SEO begitu mba hahaha pengen belajar deh jadi bisa maksimal juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. mau cobain ah langkah-langkahnya biar bisa mendatangkan traffic yang banyak hahaha

      Hapus
  9. caranya hampir mirip dengan meningkatkan traffic blog ya mbak hehehe satu lagi, promokan website melalui social media :)

    BalasHapus
  10. satu lagi mbak, page loadnya jangan berat2 kalau kelamaan biasanya suka males nunggunya hahhaaa walau sebenernya produk yang di jual oke :)

    BalasHapus
  11. kayanya emang harus pakai Qwords biar websitenya optimal. sering banget nih aku dapet email website down. hehe ganti aja lah kalau begitu.

    BalasHapus
  12. Wah makasih tipsnya mba, perlu efforts yg besar ya buat menarik orang membeli. Kayak bikin video itu kan susah, shootnya berkali kali, editnya lama

    BalasHapus
  13. Abis baca Ig mbak, meluncur ke sini juga. Cakep bener infonya, bisalah diterapkan nanti kalau mulai jualan lagi. Thanks For Sharingnya ya mbak.

    BalasHapus
  14. Saya kalau mikir nama domain suka lama. Sampai bener-bener sreg dulu. Biar gak bosenan atau menyesal

    BalasHapus
  15. tips nya bener semua mba, perlahan tapi pasti bisa nambahin traffic ke website kita. Kalo yang jualan bagus untuk meningkatkan penjualan ya mba.

    BalasHapus
  16. aku belum pernah pake qwords jadi penasaran kayaknya bagus ya , banyak testimoni yang bilang bagus. Btw makasi tipsnya Mbak

    BalasHapus
  17. Bermanfaat sekaliba tipsnya, kebetulan aku lagi pengen buatin web buat keponakan aku yang lagi mau jualan produk

    BalasHapus
  18. dulu aku pernah pakai website khusus jualan gitu, tapi tetep aja kebanyakan orang lebih seneng liat di IG wkwkkw XD gatau sih klo sekarang mungkin habit nya udah beda yaa

    BalasHapus
  19. Setuju banget sama semua poin mba, kalo aku jadi customer aku sering memperhatikan poin poin teeseebut untuk menentukan profesional atau engganya si penjual hehehe :)

    BalasHapus
  20. Setuju banget sama poin-poin diatas, kalo aku sendiri sih suka sama tampilan websitenya yang menarik plus loadingnya pun ga lama hehe

    BalasHapus
  21. Foto dari segala sisi kayaknya penting banget ya mba, mungkin ditambahkan video produk spy lbh jelas juga :)

    BalasHapus
  22. dari website ini penjualan bisa lancar dengan menerapkan beberapa cara yang kamu sebutkan di artikel ini ya mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. lalu kalo traffic ke website lancar jaya, jualan pun bisa meroket ya mba

      Hapus
  23. Website gak melulu soal jualan ya..tapi, juga ..juga ada artikel , tips dan lainnya..jadi komplit.

    BalasHapus
  24. Jangan lupa highlights testimonials customers. Thanks mba sharingnya bermanfaat

    BalasHapus
  25. Pengoptimalan keyword kalau bagi daku sih memang penting, cuma dakunya suka melewati itu, alias lupa

    BalasHapus
  26. Kalau artikel ada gambar atau grafisnya tulisan jadi serasa hidup, kita bacanya jadi semangat, gak terasa bosan ya.
    Tambah loadingnya cepat, responsif gitu wih lancar jaya pokoknya
    Bikin betah tuh

    BalasHapus
  27. Betul mb, banyaknya artikel menarik yang berkaitan dengan pemanfaatan produk yang ditawarkan oke juga lho kak.. Sehingga pembeli memperoleh cukuo informasi dan memutuskan untuk beli produk yang ditawarkan. Tfs mb..

    BalasHapus
  28. Oh iyaya...
    Bila ditambahkan artikel menarik seputar barang tersebut, tentu akan lebih menarik dan bikin betah berlama-lama di web tersebut.

    BalasHapus
  29. Huaaa nice info banget teh apalagi buat aku yang masih newbie jadi banyak tauu hehe. Terima kasih banyak loh teh tips-tipsnyaa sangat bermanfaat ^^

    BalasHapus
  30. Wah, ini tips yang oke banget untuk mendongkrak penjualan lewT website

    BalasHapus
  31. Bener banget mba, salah satu faktor yg traffic web meroket naik itu isinya yg menarik biar pembaca rajin2 mampir ke blog kita.

    BalasHapus
  32. Makasih lho mba informasi nya, kudu harus dicoba nih ;)

    BalasHapus
  33. dulu ya, kakak sepupuku sempat beli website buat jualannya.. duh mahal banget sampai nyaris 5juta, kayaknya artikel ini mau aku share deh ke beliau buat jadi bahan pertimbangan

    BalasHapus
  34. Duh informasi yg menarik neh, terutama bagi para penjual online shop, harus leh matang lg neh pemasaran nya agar ga rugi.

    BalasHapus
  35. ternyata memang banyak langkah yang harus dilakukan untuk meningkatkan traffik ya mbak.. makasih sudah berbagi tips nya mbak..

    BalasHapus
  36. Wah boleh banget nih tipsnya buat mendongkrak bisnis jualan lewat web tapi lebih baik ciptakan startup sih

    BalasHapus
  37. Banget deh. Kalo main ke website jualan tapi ada artikel yang informatif, betah juga.

    Btw aku suka nih sama Qwords. Customer service nya ramah dan tanggap.

    BalasHapus
  38. Makasih ya mbak sudah berbagi info, sekarang aku tahu triknya

    BalasHapus
  39. Aku pun selama pakai domain dari Qwords Alhamdulillah gak pernah ngalamin masalah, makanya betaaah. Btw setuju juga ke semua Poin diatas, untuk foto biasanya aku lebih suka lihat foto produk yang diambil di atas alas atau background yang polos jadi lebih fokus ke barang/produk.

    BalasHapus
  40. Mau nanya dong, soal video sebaiknya diembed pake YouTube atau post di website nya??

    BalasHapus
  41. Kalau untuk online store, saya suka dengan situs yang informasinya komplit. Bikin betah deh berlama-lama di sana

    BalasHapus

Terima kasih sudah membaca ^^
Tolong berkomentar dengan sopan yaaa... Maaf kalau ada yang belum terjawab :*