10 Desember 2019

Berkat Internet, Ibu Berdaster pun Bisa Berpenghasilan Sendiri Walau Rumah Tidak Dekat Warnet


Sekitar 3 tahun lalu sejak memutuskan tidak lagi bekerja di instansi karena akan ikut suami tinggal di kota sebelah, banyak yang terkejut kecut.
Yah, mimiknya itu bak buah jeruk muda, masam. Selain karena menurut mereka keputusan saya ini sayang sekali sebab menanggalkan profesi dan menyia-nyiakan ilmu yang dipunya, juga akan jadi ibu rumah tangga yang menggantungkan segalanya pada suami itu 'gak banget'! Hanya menengadahkan tangan menunggu gaji suami, padahal kan sudah zaman emansipasi wanita. Wanita harus berdikari dan punya uang sendiri, katanya.

Saya setuju kalau wanita setidaknya bisa punya penghasilan sendiri. Betul, untuk memenuhi kebutuhan yang tidak bisa meminta pada suami karena 'sungkan', membantu perekonomian orang tua sendiri misalnya. Atau sekedar punya pegangan jikalau ada kondisi sulit tak terduga yang bisa terjadi sewaktu-waktu. Hidup kan tidak ada yang tahu. Akan terus lurus, naik perlahan-lahan atau malah turun menukik tajam.

Namun yang saya tidak setuju, wanita tidak harus bekerja di luar rumah. Tidak perlu bersusah payah seperti pria sang pencari nafkah. Mencari penghasilan bagi wanita hanya bersifat tambahan, jadi jangan terlalu 'ngoyo' hingga mengesampingkan urusan pekerjaan rumah tangga yang tiada habisnya. Tugas utama wanita yang menjadi istri adalah menurut pada suami, memenuhi kebutuhan suami dan merawat serta mendidik sang buah hati.

Karena itulah setelah menikah dan tinggal berdua dengan suami di kota sebelah, saya berpikir bagaimana cara menghasilkan uang secara mudah dari rumah. Masa harus memelihara tuyul atau babi ngepet agar bisa dapat banyak uang dari rumah? Hus! Lebih baik cari pekerjaan halal yang bisa dilakukan di rumah, di kala senggang saat anak tidur dan pekerjaan rumah beres semua.

Jadi teringat bagaimana dulu semasa masih single, saya yang terpaksa tinggal sendiri di provinsi lain karena harus bekerja, masih harus mencari penghasilan tambahan agar bisa sering-sering pulang. Biaya transportasi antar provinsi kan lumayan mahal, masih kurang kalau mengandalkan gaji bulanan sebab juga butuh biaya makan dan tabungan. Hingga akhirnya saya malah dapat inspirasi saat iseng main ke warnet alias warnet. Kala itu sekitar tahun 2012-an, tarif internet di ponsel masih mahal. Jadi kalau mau refreshing berselancar ria di dunia maya alternatifnya memanfaatkan jasa warnet.

Dari main di warnet, saya jadi tahu kalau ternyata internet juga bisa jadi sumber penghasilan. Saya yang kala itu sudah menggemari dunia kepenulisan, mencoba keberuntungan lewat lomba cerita pendek yang digelar online. Daftarnya menjelang deadline. Saya tak menyangka seminggu kemudian hasil lomba diumumkan dan saya jadi pemenang kedua. Sejumlah uang jutaan rupiah lalu masuk ke rekening. Wow!

Dari momen inilah, saya yang kini hanya emak berdaster jadi lebih mengembangkan cara bagaimana agar bisa mendapatkan uang dari internet. Apalagi kini internet juga bisa digunakan di ponsel, dengan biaya yang terjangkau. Ini peluang besar mendapat untung besar dengan modal minim, yakni internet dan skill. Pengerjaannya juga cukup di dalam rumah, sambil santai rebahan di tempat tidur.


Nah ini dia beberapa cara menghasilkan uang dari internet:

1. Ikut Lomba Kepenulisan dan Berbagai Kuis di Sosial Media

Bagi mereka yang memiliki hobi menuangkan ide di atas ketikan tangan, ini jadi peluang besar. Ada berbagai lomba menulis cerita pendek, puisi dan bahkan novel yang banyak digelar secara online. Tinggal mengirimkan karya lewat email ke alamat email panitia lomba, bila kualitas tulisan apik dan beruntung maka akan mendapatkan sejumlah hadiah yang ditawarkan. Kebanyakan hadiahnya ialah uang tunai dan paket penerbitan. Bila sudah bisa menerbitkan karya pun, bisa memperoleh royalti yang berupa nominal uang, bukan?

Selain karya tulis, mencari uang lewat internet juga bisa dari ikutan aneka kuis di media sosial. Bukan hanya uang, hadiahnya juga bisa berupa barang keinginan. Saya pribadi sudah berkali-kali mendapat gadget, produk sponsor dan uang tunai dari ikutan kuis. Caranya? Pastikan punya akun media sosial baik facebok, twitter maupun instagram. Lalu follow akun-akun info kuis. Ikuti kuisnya, yang banyak ya agar kesempatan menang semakin besar.


2. Mengelola Blog

Poin kedua ini juga saya lakoni sejak tahun 2012-an. Awalnya iseng-iseng membuat blog untuk mencurahkan isi hati. Lalu sama seperti poin 1, saya ikut lomba blog, berkali-kali hingga akhirnya terpilih jadi pemenangnya. Berbagai hadiah sudah saya terima. Uang tunai jutaan rupiah bahkan bisa membantu perekonomian orang tua saya.

Kini peluang mendapatkan uang dari internet tidak hanya dari ikut lomba blog, tapi juga dengan melakukan content placement (CP). CP ini adalah peletakan tulisan yang mengandung kata kunci berupa iklan yang diletakkan di salah satu postingan blog. Jadi lewat internet, kini.bisa beriklan lewat berbagai cara. Tidak hanya secara eksplisit namun juga implisit, halus tapi mengena seperti pada CP.

Iklan yang eksplisit misalnya pada peletakan banner iklan di bagian atas, bawah kiri atau kanan blog. Di sini nanti ada sejumlah cara mendapatkan uang, misalnya CPC atau setiap ada yang klik banner tersebut maka kita akan dapat uang dan CPA atau bila ada yang beli produk pada banner baru kita bisa dapat uang. Iklan-iklan ini biasanya ada yang memberatkan blog sehingga loading blog bisa lama. Oleh karena itu agar bisa maksimal dalam mendapatkan uang dari internet ini, blog yang dimiliki harus memiliki hosting yang tepat. Tidak perlu mahal, ada kok hosting murah terpercaya, salah satu yang terpercaya ialah Qwords.


3. Jual Barang

Kalau pada poin sebelumnya artinya kita membantu usaha seseorang dengan memasang banner sehingga ada orang lain yang tertarik klik lalu kita dapat upah, maka kita pun bisa berusaha membuat sesuatu agar orang lain membeli apa yang kita punya. Pastinya dengan menjual barang maka kita pun akan mendapatkan uang. Saya pun kerap menjual barang secara online di beberapa marketplace, bisa jual buku, mainan, tas, dompet, popok dan masih banyak lagi. Hasilnya lumayan, kalau dibandingkan jualan sambil berpanas-panasan di car free day seperti yang pernah saya alami.

Caranya mudah, tinggal bergabung di beberapa marketplace terpercaya seperti di shopee, tokopedia, blibli dan lainnya. Lalu posting foto produk yang akan dijual lengkap dengan keterangan dan harganya. Pastikan judul menarik dan sesuai dengan barang yang dijual sehingga orang mudah menemukannya. Bila barang sudah terjual, sejumlah nominal uang pun masuk ke rekening tabungan.

Selain itu, menjual barang juga bisa lewat media sosial. Pun memasarkan jualan orang lain dengam sistem endorsement. Ini juga saya lakoni di akun instagram saya. Tinggal perbaiki feed agar menarik followers, nantinya akan ada tawaran endorsement via direct message (DM) atau email. Jalankan pekerjaan tersebut dengan baik maka penghasilan tidak akan kalah dengan mereka yang bekerja di instasi, malah lebih besar lagi.


4. Bergabung di reksa dana, saham dan cryptocurrency

Zaman yang semakin canggih ini memudahkan kita untuk berinvestasi. Ya, salah satu cara mendapatkan uang dari internet bisa lewat investasi dengan bergabung di reksa dana, bermain saham dan cryptocurrency. Tidak ada salahnya mencoba. Bila ingin kepastian selalu untung meski naiknya perlahan-lahan, cobalah reksa dana. Bila ingin untung besar namun memiliki pengetahuan yang cukup, cobalah saham dan cryptocurrency.


Sebenarnya masih banyak lagi yang bisa dilakukan untuk bisa mendapatkan uang dari internet. Beberapa cara di atas ialah yang benar-benar saya jalankan dan memperoleh penghasilan darinya. Rasanya seperti pekerja lainnya, namun kerja di rumah dengan cara menyenangkan dan bisa membagi waktu sesuai kebutuhan. Yang terpenting, saya tidak meninggalkan anak demi sejumlah rupiah. Sebab saya ingin menjalankan peran sebagai ibu dengan baik dan ini adalah cara yang saya anggap paling benar: selalu bersamanya dan membantunya melewati masa tumbuh kembang dengan optimal.

Jadi, bagi ibu rumah tangga, jangan ragu lagi untuk melangkah memperoleh penghasilan. Di era digital ini, berkat internet, ibu berdaster pun bisa berpenghasilan sendiri walau rumah tidak dekat warnet. Mari berkarya dari rumah. Tetap jalankan kodrat sebagai istri namun mampu membantu suami di bidang ekonomi.

22 komentar:

  1. ibu ibu sekarang harus kreatif ya mbak. heheheh kadang penghasilan seorang wanita dirumah lebih dari suami yang hanya dikantor

    BalasHapus
  2. mantab ya mak... semoga sukses selalu.. saya dulu juga pengejar lomba blog, sekarang libur dulu

    BalasHapus
  3. Ibu-ibu milenials banget, tetap menyesuaikan dengan perubahan zaman ya Bun! Semangat!

    BalasHapus
  4. internet jaman sekarang tu emang membantu banget ya mbak, bisa menambah penghasilan dari rumah, ibu rumah tangga pun bisa berbisnis dan berpenghasilan nih hehehe

    BalasHapus
  5. Aku sekarang gak mau nerima cp soalnya takut da paku melorot terus. Gmn cara mengakalinya ya? Cp tuh lumayan juga padahal.

    BalasHapus
  6. Wah aku juga ngalamin hal yang sama, bingung waktu udah ga kerja lagi dan ikut suami pindah kota. Untungnya, dikenalin teman untuk belajar ngeblog. Jadi motivasi juga nih baca tulisan mbak :)

    BalasHapus
  7. menurut aku mbak artha udah sangat produktif loh mengelola beberapa akun IG juga blog, blom lagi masih ngaush anak 2, luar biasa banget buat saya

    BalasHapus
  8. Hwaaa ini sih ajaib yaa..ibu berdaster bisa punya penghasilan sendiri dirumah aku pengen coba juga jadinya ..aku jg termasuk ibu berdaster loh..hehe

    BalasHapus
  9. Kalau punya bakat emang harus dikembangkan ya, kalau aku sekarang masih mengelola blog aja nih kak dan masih belajar juga.

    BalasHapus
  10. Trnyta bnyk cara buat menghasilkan uang lewat internet ya, klo ak kayaknya baru yg lewat nulis blog aja mba hehe

    BalasHapus
  11. Sekarang menjadi perempuan mandiri financial ga melulu harus ngantor yh. Dasteran juga bs menghasilkan pundi2 ya mbak.

    BalasHapus
  12. Internet memang membantu sekali yaa, zaman sekarang ibu-ibu di rumah pun bisa mendapatkan penghasilan melalui internet

    BalasHapus
  13. Peluang usaha dan cari duit lewat internet sesungguhnya menjanjikan . hal inilah yang mpo demen nulis.sudah banyak teman di luar kota plus banyak duit

    BalasHapus
  14. Dulu nggal kebayang blas bisa menghasilkan uang dengan cara menyenangkan seperti ini. Internet emang sumber pemasukan banget

    BalasHapus
  15. Kalau mata uang crypto belum berani deh hehe, soalnya msh blm legal di Indonesia, msh dianggap komoditi kyk barang. Kalau inves reksadana dan saham bismillah moga dimampukan. Yah zaman skrng ibuk2 jg walau IRT kudu pinter ambil peluang inves maupun usaha yaaa

    BalasHapus
  16. Nomer 4 nih aku belum mendalami hehehe. Pengendeh coba invest, apalagi lagi getol menyambungkan investasi dengan dana pendidikan buat anak nanti. Jadi semangaat.

    BalasHapus
  17. Wah sama kita kak, aku juga mulai aktif ngeblog tahun 2012-an tpnya jarang ikut lomba sih 🤭

    BalasHapus
  18. Yang nomor 4 belum aku lakuin nih. Pengen banget nyoba investasi gitu cuma masih belum paham ilmu nya. Kira2 kalau mau pertama kali coba reksadana kemana ya baiknya? Terutama buat aku yang pemula.

    BalasHapus
  19. Jauh dari warnet tapi tetep harus punya internet sendiri di hp ya mba, jaman sekarang internet segalanya. Bisa menghasilkan uang juga

    BalasHapus
  20. kalau bijak pake internet ya gini ya mba kita bisa nambah penghasilan heheh lumayan buat nambah2 kebutuhannn

    BalasHapus
  21. saat ini aku masih harus kerja di luar rumah sih mba sudah keputusan basamo karena ada target financial yang belum goals hahaha...tapi setuju loh ikut lomba itu lumayan tapi sayangnya aku ya kadang menang kadnag ga

    BalasHapus

Terima kasih sudah membaca ^^
Tolong berkomentar dengan sopan yaaa... Maaf kalau ada yang belum terjawab :*