02 Desember 2019

Cetak Foto Tanpa Antre Bukan Lagi Mimpi, Hasilnya Berkualitas nan Berkelas


Sejak lama saya memimpikan memiliki album foto tumbuh kembang Zril. Namun selalu tertunda dengan alasan klise: cetak foto itu mahal dan jadinya lama. Kalau lama kan keburu Zril makin besar lagi, stok foto keburu banyak lagi. Jadi sekalian saja dicetaknya. Lagipula saya juga belum menentukan pilihan mau cetak foto di mana.

Berkaca dari pengalaman cetak foto ibadah haji mertua beberapa bulan lalu, saya sedikit kapok. Ternyata cetak foto sealbum itu mahal sekali, belum lagi harus beli album fotonya secara terpisah. Bayangkan saja, untuk 1 foto ukuran kartu pos Rp 5.000,-. Kalau cetak 40 foto jadi Rp 200.000,-. Album fotonya paling murah Rp 50.000,-. Totalnya sudah hampir seperempat juta. Suami saya geleng-geleng kepala.

Selain itu yang menjengkelkan, hasil cetak foto baru jadi seminggu kemudian. Katanya sih harus antre dulu. Yaa wajarlah, kami cetak foto di kota kecil kelahiran kami, Pasuruan. Hanya ada beberapa tempat cetak foto. Padahal maunya hasil cetak foto jadi sebelum mertua pulang haji. Huuu kecewa.

Ternyata kekecewaan kami tak berhenti sampai di situ. Saat pengambilan hasil cetak foto, ternyata masih berupa lembaran foto. Kami harus menempelkannya sendiri di album foto. Kami berpandangan. Ha? Belum lagi hasil cetak yang apa adanya. Banyak yang gelap. Padahal katanya file foto-foto dari kiriman whatsapp mertua bakal diedit oleh pihak cetak foto. Ternyata... janji tinggal janji.

Nah beberapa minggu lalu, saya melihat iklan id photobook di instagram. Katanya bisa cetak foto online dan tanpa antre! Wah tertarik nih. Walau sebenarnya saya juga kurang yakin apa benar hasilnya akan benar-benar bagus, mengingat hubungan hanya dijalin via online. Cetak offline di kota sendiri saja hasilnya kacau balau, lha ini?

Ah coba saja dulu. Apalagi id photobook memberikan garansi cetak ulang apabila hasilnya kurang memuaskan. Kalau ada jaminan seperti ini kan tidak ragu lagi. Dari testimoni di media sosial juga banyak yang bilang hasil cetaknya oke punya. Coba saja dulu.

Saya lalu menghubungi id photobook via kirim pesan pribadi (direct message/DM) di instagram. Tertarik dengan Bella #dreamseries. Desainnya yang simpel nan manis bikin saya jatuh cinta. Apalagi bisa membuat 40 foto dan harganya cuma Rp 100.000,-. Gratis ongkos kirim, pula! Hemat banget kan jadinya. Setengah harga dari cetak foto di kota kami, wow!

Tak sampai seminggu, album fotonya jadi! Saya terpana dengan pembungkus albumnya. Dengan warna orange yang menyala dengan tulisan ID PHOTOBOOK.com, Andalan Cetak Foto. Kesannya jadi eksklusif, saya langsung jatuh cinta pada kesan pertama di pandangan pertama.

Tak berhenti di situ, saya kembali terpukau ketika membalik pembungkus album foto. Ah bentuknya amplop raksasa, toh. Dengan pengait berupa sayap kupu-kupu sebagai logo id photobook, warnanya hijau dan putih. Begitu mudah membukanya, begitu ujung penutup amplop dibuka, kedua sayap kupu-kupu langsung terangkat. Tampak album foto di dalamnya.

Album foto lalu saya keluarkan. Covernya tebal. Saya ingat sekali foto di album ini diambil memakai kamera handphone beresolusi kecil. Lalu dikirim via WhatsApp. Namun hasil cetaknya luar biasa, untuk hasil cetak cover ukuran 22x16 cm dan hasilnya bening serta tidak pecah, ini sungguh luar biasa. Untuk judul album foto, saya minta ditulis: Keluarga ArSen alias Artha-Husein. Hehe. Judulnya boleh sesuai keinginan kita loh.

Bagian dalam album foto terbuat dari kertas glossy yang tebal. Jadi hasil cetaknya cerah dan jelas. Diedit juga loh, foto yang gelap agak dicerahkan lagi. Juga diatur layout-nya. Jadinya bagus, sesuai keinginan.



Saya suka kertasnya yang tebal ini. Jadi meski sering dibuka-buka, tapi tidak kusut. Apalagi Zril yang masih 2 tahun, belum mengerti kalau buka tiap lembarnya harus hati-hati agar tidak mudah rusah. Walau dibuka-tutup buka-tutup depan-belakang oleh si kecil karena gemas dengan foto-fotonya semasa masih kecil, album fotonya tetap baik-baik saja.



Album foto id photobook ini rapi sekali. Meski harganya terhitung murah, namun kualitasnya bukan abal-abal. Dari testimoni yang ada, memang benar hasilnya sebagus ini. Berarti testimoninya bukan tipu-tipu. Tidak rugi sama sekali cetak foto di sini. Malah saya menyesal mengapa baru sekarang mau cetak foto online di id photobook? Padahal sudah ada sejak beberapa tahun lalu.


Album fotonya punya cover yang tebal, pengeleman yang kuat dan desain yang tapi. Belum lagi kemasan album foto yang lucu didesain seperti amplop raksasa. Hasil cetak tak pakai lama karena tanpa antre, begitu kirim foto langsung dikerjakan oleh tim id photobook.

Harganya pun murah dengan gratis ongkos kirim area Jawa dan Bali. Kalau tak puas, bisa dicetak ulang dan gratis! Kurang apalagi, coba? Yuk ikutan cetak foto sekarang juga di id photobook. Cetak ajah foto-foto di handphone-mu daripada bikin penuh memori! Cetak kenangan jadi tak terlupakan.

40 komentar:

  1. Hasilnyaaaaa baguuuus bin kece!
    AKu udah penasaran dgn ID Photobook ini sejak lama.
    Ternyata cihuy banget ya Sisttt
    -- Nurul bukanbocahbiasa-

    BalasHapus
  2. Ternyata buat cetak foto sekarang ini hasilnya udah bagus banget yah. Mana harganya juga murah :D

    BalasHapus
  3. saya sudah pernah cetak mbak, dan emang bagus banget hasilnya, kayak majalah dan awet sudah bertahun-tahun nggak luntur atau rusak cetakannya

    BalasHapus
  4. Wah mba murah banget ya. 40 buah cuma 100.000,- gratis ongkir lagi ya. Ikh jadi kepo aku. Pengen ngepoin instagramnya dulu hahaha. Siapa tahu ada yang paling aku suka

    BalasHapus
  5. Aku malah jadi keingetan buku tahunan akhir sekolah
    Tapi menarik ya mba konsepnya. Membuat kenangan monumental dengan cetak foto kekinian

    BalasHapus
  6. Aku juga banyak foto di hape nih trus mager banget pergi nyetak, boleh juga nih nyetak foto online

    BalasHapus
  7. Teknologi bikin serba cepat dan murah, jadi keinget susahnya cetak foto jaman dulu

    BalasHapus
  8. Buat aku pribadi cetak foto ini masih oke digunakan soalnya bisa di taroh di ruang tamu..masa di ruang tamu org liat hp kita..hehe

    BalasHapus
  9. Bagus banget mbak, aku juga mau cetak foto euy buat anak-anakku yang memang belum pernah dicetak foto mereka hehe

    BalasHapus
  10. Aku suka banget sama ID photobook. Beberapa waktu lalu aku juga order. Hasilnya sangat maksimal, egk pecah wlpun cuma foto dari HP

    BalasHapus
  11. Hasilnya bagus banget ih ID Photobook nih mbak. Jadi pengen cetak foto juga buat kenang-kenangan besok kalau anak udah besar. Hehe

    BalasHapus
  12. Hasilnya bagus loh kak cetak foto disini apalagi harganya juga lumayan terjangkau yaahh

    BalasHapus
  13. aku liat iklannya id photobook barusan banget, eh terus baca blog mba jadi kepo aku hehe

    BalasHapus
  14. Keren yah kalau cetak foto di ID photobook, aq punya bxk foto momen berharga yg rasanya syg kalau cuma di simpan file laptop atau hape, enaknya dicetak biar jadi album foto

    BalasHapus
  15. BAgus hasilnya ya, rapi dan terkesan mewah karena cover nya tebal gitu. Aku mupeng bikin album keluarga jadinya aabis melihat punya Artha

    BalasHapus
  16. Hasilnya bagus banget ya, suka deh lihatnya..bagus buat kenangan nanti anak-anak gede, daripada disimpan di hape terus fotonya..

    BalasHapus
  17. Waaa ini murah sekali ya cetak potonya apalagi jadi kayak majalah gini. Kualitasnya jg bagus kayaknya.

    BalasHapus
  18. Pengen coba deh cetak di ID photobook. Kebetulan di hapeku banyak bgt foto2 anakku. Aku jadi tertarik pgn bikin album foto.

    BalasHapus
  19. Kenangan foto Zril jadi aman karena sudah dibukukan dengan rapi ya
    Cantik lagi modelnya. Jadi pengen hehehe...

    BalasHapus
  20. murah banget mbak, 40 foto dengan kertas yang berkualitas gitu...

    BalasHapus
  21. Keren banget ya hasilnya, kayak mahal banget. Padahal terjangkau ya cukup 100rb aja. Apalagi prosesnya juga cepat.

    BalasHapus
  22. Nah iya akupun kpikiran nih mba cetak photo di photoboo selain rapi dah gitu bagus dilihat plng suka klo dah dilihat bareng anak2..

    BalasHapus
  23. Oh kita bisa pilih tema photobooknya ya mom? Seru banget, jadi hasil jepretan di handphone akhirnya bisa dicetak juga buat kenang-kenangan anak

    BalasHapus
  24. Wah pas banget ini, aku emang lagi cari2 photobook buat jejak anak pertamaku...hihi thankyouu for sharing mbak!

    BalasHapus
  25. Huaa jd Pengen cetak foto keluarga di id photobook. Rapi banget ya mba ��

    BalasHapus
  26. Oh...sekarang id Photobook tampil dengan kemasan lebih fresh yaa..
    Cantik dan semua orang pasti seneng sama hasil cetak foto yang rapih.

    BalasHapus
  27. saya juga pernah cetak foto di idphotobook ini, Mba, hasilnya memang memuaskan deh

    BalasHapus
  28. Udah pernah liat instagramnya id photobook. Aku tertarik sih tapi sampe beranak dua masih belum sempat sortirin fotonya 😂

    BalasHapus
  29. Masih exist ya cetak foto ini, aku mau bikin aaah buat pajangan di rumah

    BalasHapus
  30. Id photobook bagus ya mba? Aku dari kemarin mau order tapi masih ragu. Bisa online pula ya

    BalasHapus
  31. Cus cobain cetak di id photobook, melihat hasilnya jadi mupeng, foto di galeri sudah mulai luber. 😘 (Ani)

    BalasHapus
  32. Lucu photo booknya mba, kadang kangen juga sih buat print2 foto kayak gini lagi beda aja rasanya dibandingkan melihat digitalnya

    BalasHapus
  33. wah kayaknya lumayan nih buat cetak foto keluarga bbrp tahun terakhir. kumpulin dulu fotonya ah

    BalasHapus
  34. pengen bikn kayak gtu juga nih.. www.ipung.net

    BalasHapus
  35. kayanya memang perlu ya dicetak ya untuk mengenang masa-masa anak-anak. Hasil cetakannya cukup bagus ya meski difoto pakai HP.

    BalasHapus
  36. 1 album isi 40 foto cuma 100k? Jadi pengen cetak foto juga di id photobook ke album buat kenang kenangan

    BalasHapus
  37. Hasilnya cakep ya...jadi pengen ah. sayang kan foto2 anakku cuma tersimpan di laptop doang . Kalau dicetak kayak gini kan jadi bisa dilihat sewaktu2 dia mau. Abis ini mau coba kepoin ig nya deh.

    BalasHapus
  38. waa bagus hasilnya, apalagi free ongkir nih pulau jawa.. mauu

    BalasHapus
  39. File foto numpuk di hardisk sejak zaman dulu, tapi belum dicetak juga. Bisa pakai jasa id photobook kalo gitu

    BalasHapus
  40. Wah bagus ya. Jadi kayak majalah. Mau deh cobain buat photobook begini.

    BalasHapus

Terima kasih sudah membaca ^^
Tolong berkomentar dengan sopan yaaa... Maaf kalau ada yang belum terjawab :*