27 Januari 2020

Wisata Air Panas Padusan Mojokerto


Haloo semuaaa...
BuuIbuu, tanggal merah kemarin kemana? Kalau IbunZril sekalian ke Wisata Air Panas Padusan di Pacet, Kabupaten Mojokerto, Provinsi Jawa Timur loh.

Kebetulan Amik, nenek #BabyZril yang dari Pasuruan, datang ke rumah kami di Krian. Jadi kami pergi ramai-ramai deh. Asyik sekali ke tempat wisata ini. Lama tempuh ke air panas di desa Padusan sekitar 1 jam. Kami lewat Mojosari, jalan terus hingga masuk Kecamatan Pacet. Nanti ada petunjuk jalannya kok. Jadi BuuIbuu yang berasal dari luar kota tak perlu khawatir. Minta Ayah selalu waspada dan lihat petunjuk jalan yaa.

Perjalanan naik ke kawasan lereng Gunung Welirang ini asri sekali. Hawanya sejuk, apalagi di kanan kiri banyak pohon pinus. Naik sedikit ke atasnya, ada lokasi perkemahan di kawasan Taman Hutan Rakyat (Tahura) R. Soeryo. Bagi yang naik mobil, parkir sekitar 200 meter dari lokasi. Nanti jangan kaget kalau mobilnya juga dimandikan, ya. Maklum, air di sini yang melimpah ruah jadi sumber penghasilan warga sekitar. Tarif parkir plus membersihkan bagian luar mobil dipator Rp 20.000,-. 

Nanti sambil jalan kaki ke lokasi air panas, bisa sekalian belanja sayur mayur serta aneka camilan di sepanjang jalannya. Sudah pernah makan sayur pakis? Itu tuh pucuk daun pakis. Seikat isi 2 ikatan kecil nan panjang harganya Rp 7.000,-. Bisa dimasak sebagai osengan sebanyak 2 porsi. Ada juga jamur tiram yang 1 kilo Rp 16.000,-. Dapat sekeresek besar loh! Wajib coba juga pentol bakar dan aneka gorengan yang harganya murah meriah, hanya seribu rupiah.

Kalau yang naik motor, bisa langsung parkir di seberang pintu masuk wisata air panas Padusan. Tarif parkir Rp 5.000,-. Di depan parkiran ada stan kuda sewaan untuk mengelilingi area di sekitar wisata air panas. Jalannya naik turun. Bila naik kuda pasti sensasinya luar biasa.




Harga tiket masuk wisata air panas Padusan, Pacet, Kabupaten Mojokerto adalah Rp 10.000,- untuk dewasa dan Rp 7.000,- untuk anak-anak. Di bawah 3 tahun tidak dihitung, jadi Zril bisa masuk gratis. Yay! Lumayan.

Selain kolam air panas, Wisata Air Panas Padusan ini juga memiliki kolam air biasa yang sungguh dingin luar biasa. Rasanya seperti air es! Namanya juga di dataran tinggi. Begitu melewati pintu masuk, kolam air biasa untuk dewasa ada di depan mata. Nah kolamnya ini ada juga yang dangkal untuk anak-anak, kok. Shasa, sepupu Zril, senang sekali renang di sini. Letaknya di sebelah kanannya kolam air dewasa, letaknya agak ke bawah lagi. Jadi jalan sedikit dulu ya ...


Lalu kolam air panasnya di mana?
Ada di bagian bawah lagi. Jadi dari kolam anak, ke sebelah kanan menurun. Di Wisata Air Panas Padusan ini ada 5 kolam air panas. Yang 2 di bagian atas, dan 3 di bagian bawah. Di masing-masing kolam air panas memiliki tingkat suhu yang berbeda loh. Panas, hangat, hangat-hangat kuku... Yang terakhir ini posisinya di bagian tengah dari 3 kolam air panas di bawah. Zril senang sekali bisa berendam.



Keseruannya bisa BuuIbuu lihat di video Youtube ini ya. Sengaja Ibun rangkum dan didokumentasikan biar tak lupa, hehe.



18 komentar:

  1. Mojokerto ya... hmmm belum pernah ke situ ka... masih murah ya masuk menikmati air panas nya.. seru nich kak...masuk kategori wisata alam yang dapat dinikmati bersama keluarga ya kak

    BalasHapus
  2. Wah seru banget ya. Waktu saya berkunjung ke Owabong Purbalingga, juga banyak banget kulinernya di sana. Jadi betah kalau nemu nemu kayak ginian. Apalagi lokasinya terpusat di satu titik. Eh btw jamur tiram sekilo cuma 16rb murah juga ya. Di tempat saya satu plastik kecil aja 5000

    BalasHapus
  3. Lumayan juga
    Biayanya terjangkau. Sarananya cukup banyak. Bisa jadi alternatif hiburan keluarga.

    BalasHapus
  4. Saya tu dari dulu penasaran dengan pemandian air panas. Ini baunya kayak belerang atau biasa saja? Di Jogja tidak ada pemandian air panas nih...jadi belum pernah nyoba. Asyik banget kayaknya. Badan dan kaki yang pegel2 bisa sembuh seketika

    BalasHapus
  5. Wah pernah ke Mojokerto ke patung Buddha Tidur habs itu bingung mau kemn lagi..ternyata ada pemandian air panas ya..harus di coba nih..

    BalasHapus
  6. Seru banget ya ini kayaknya tempat pemandian air panasnya, mana banyak jajanan murah lagi. Tapi yang bikin seru itu ada air dinginnya, haha. Kalau kepanasan bisa pindah, kalau kedinginan ya tinggal dipanasin

    BalasHapus
  7. Wah harga tiketnya terjangkau banget ya. Kolamnya juga bersih.

    BalasHapus
  8. Serunyaaaa. Saya jadi membayangkan berendam dalam kolam air hangat di sana. Harga tiketnya terjangkau pula. Di sini kalo mau mandi ke obyek serupa harus bayar tiket masuk kisarannya 50 ribu ke atas, rata-rata 100-150 ribu. Huhuhu

    BalasHapus
  9. Bisa nih kalo ke Mojokerto mampir ke tempat ini. Seger banget tempatnya

    BalasHapus
  10. belum pernah ke mojokerto, tapi bagus juga tempat pemandian air panasnya, harganya murah lagi. kedepannya bisa jadi trip wisata area jawa timur.

    BalasHapus
  11. Banyak pilihan juga disitu ya mbak, ada 5 kolam air panas boleh dicobain juga tuh. Menikmati perjalanan di sekitar sana pun menyenangkan sekali yah, udara sejuk dengan pemandangan indah yang menyegarkan mata juga.

    BalasHapus
  12. wahh ternyata di mojokerto ada Wisata Air Panas Padusan. kalau di malang mungkin seperti di wisata air panas cangar yaa.. jadi pingin berangkat ke sana, sekalian jalan-jalan ke pacet...

    BalasHapus
  13. Sayangnya saya tinggal di daerah pesisir Utara Jawa. Untuk menuju ke pemandian air panas yg lokasinya dekat sangat jarang, karena biasanya pas hari libur lokasi wisata itu sangat padat oleh pengunjung

    BalasHapus
  14. Bisa jadi tempat rekomendasi wisata kalau mampir ke Jatim nih, kebetulan saya juga suka berenang hehe

    BalasHapus
  15. Aku pernah ke sini 6 tahun yang lalu. Aku jalan2 ke Mojokerto tahun baru 2014 banget berendam di air panas.. sekayak relax bgt badannya.. htm nya murah juga tuh

    BalasHapus
  16. Waktu SD pernah kemping di Pacet
    Yang repot kalo pingin buang hajat, rame2 di Kali akhirnya
    Airnya dingin banget :D

    BalasHapus
  17. Aku punya teman di Purbalingga, belum pernah kesana.. pengen sebenarnya, apalagi ada wisata air panas di pedusan suka banget

    BalasHapus
  18. Wah seru banget bisa berendam air hangat gitu. Kalau di provinsi Jambi (tempat tinggal saya) tepatnya di kab.Kerinci adanya air panas yang beneran mendidih gitu jadi nggak bisa buat mandi, bisanya buat ngerebus telur.

    BalasHapus

Terima kasih sudah membaca ^^
Tolong berkomentar dengan sopan yaaa... Maaf kalau ada yang belum terjawab :*