Categories

27 Januari 2020

Wisata Air Panas Padusan Mojokerto


Haloo semuaaa...
BuuIbuu, tanggal merah kemarin kemana? Kalau IbunZril sekalian ke Wisata Air Panas Padusan di Pacet, Kabupaten Mojokerto, Provinsi Jawa Timur loh.

Kebetulan Amik, nenek #BabyZril yang dari Pasuruan, datang ke rumah kami di Krian. Jadi kami pergi ramai-ramai deh. Asyik sekali ke tempat wisata ini. Lama tempuh ke air panas di desa Padusan sekitar 1 jam. Kami lewat Mojosari, jalan terus hingga masuk Kecamatan Pacet. Nanti ada petunjuk jalannya kok. Jadi BuuIbuu yang berasal dari luar kota tak perlu khawatir. Minta Ayah selalu waspada dan lihat petunjuk jalan yaa.

Perjalanan naik ke kawasan lereng Gunung Welirang ini asri sekali. Hawanya sejuk, apalagi di kanan kiri banyak pohon pinus. Naik sedikit ke atasnya, ada lokasi perkemahan di kawasan Taman Hutan Rakyat (Tahura) R. Soeryo. Bagi yang naik mobil, parkir sekitar 200 meter dari lokasi. Nanti jangan kaget kalau mobilnya juga dimandikan, ya. Maklum, air di sini yang melimpah ruah jadi sumber penghasilan warga sekitar. Tarif parkir plus membersihkan bagian luar mobil dipator Rp 20.000,-. 

Nanti sambil jalan kaki ke lokasi air panas, bisa sekalian belanja sayur mayur serta aneka camilan di sepanjang jalannya. Sudah pernah makan sayur pakis? Itu tuh pucuk daun pakis. Seikat isi 2 ikatan kecil nan panjang harganya Rp 7.000,-. Bisa dimasak sebagai osengan sebanyak 2 porsi. Ada juga jamur tiram yang 1 kilo Rp 16.000,-. Dapat sekeresek besar loh! Wajib coba juga pentol bakar dan aneka gorengan yang harganya murah meriah, hanya seribu rupiah.

Kalau yang naik motor, bisa langsung parkir di seberang pintu masuk wisata air panas Padusan. Tarif parkir Rp 5.000,-. Di depan parkiran ada stan kuda sewaan untuk mengelilingi area di sekitar wisata air panas. Jalannya naik turun. Bila naik kuda pasti sensasinya luar biasa.




Harga tiket masuk wisata air panas Padusan, Pacet, Kabupaten Mojokerto adalah Rp 10.000,- untuk dewasa dan Rp 7.000,- untuk anak-anak. Di bawah 3 tahun tidak dihitung, jadi Zril bisa masuk gratis. Yay! Lumayan.

Selain kolam air panas, Wisata Air Panas Padusan ini juga memiliki kolam air biasa yang sungguh dingin luar biasa. Rasanya seperti air es! Namanya juga di dataran tinggi. Begitu melewati pintu masuk, kolam air biasa untuk dewasa ada di depan mata. Nah kolamnya ini ada juga yang dangkal untuk anak-anak, kok. Shasa, sepupu Zril, senang sekali renang di sini. Letaknya di sebelah kanannya kolam air dewasa, letaknya agak ke bawah lagi. Jadi jalan sedikit dulu ya ...


Lalu kolam air panasnya di mana?
Ada di bagian bawah lagi. Jadi dari kolam anak, ke sebelah kanan menurun. Di Wisata Air Panas Padusan ini ada 5 kolam air panas. Yang 2 di bagian atas, dan 3 di bagian bawah. Di masing-masing kolam air panas memiliki tingkat suhu yang berbeda loh. Panas, hangat, hangat-hangat kuku... Yang terakhir ini posisinya di bagian tengah dari 3 kolam air panas di bawah. Zril senang sekali bisa berendam.



Keseruannya bisa BuuIbuu lihat di video Youtube ini ya. Sengaja Ibun rangkum dan didokumentasikan biar tak lupa, hehe.



Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Terima kasih sudah membaca ^^
Tolong berkomentar dengan sopan yaaa... Maaf kalau ada yang belum terjawab :*

Back to Top