Categories

23 Januari 2020

Kisah, Kata-Kata, dan Motivasi Sukses Mahatma Gandhi yang Perlu Dicontoh

sumber gambar: google

Siapa yang tidak mengenal Mahatma Gandhi? Tentu semua tahu tokoh yang satu ini.
Sebagai seorang yang asngat memperjuangkan rakyatnya ketika penjajahan Inggris, Mahatma berkorban banyak hal untuk mencapai kemerdekaan negerinya. Simak kisah, kata-kata, dan motivasi sukses Mahatma Gandhi pada ulasan berikut ini.

Sekilas Mengenai Kisah Hidup Mahatma Gandhi

Kisah, kata-kata, dan motivasi sukses Mahatma Gandhi tentu bisa menujadi inspirasi bagi siapapun yang mengetahuinya. Lahir di India dan menjadi seorang pengacara, seharusnya mampu membuat hidupnya nyaman ketika tinggal di Afrika Selatan. Namun hal itu tidak dirasakan oleh Mahatma Gandhi karena ia selalu terbayang oleh nasib bangsanya.

Karena itulah kemudian Mahatma Gandhi pulang ke India dan disambut hangat oleh rakyatnya. Ketika ia diminta untuk berpidato, ia tidak bisa memebrikan banyak kata karena ia sendiri tidak tahu kondisi negerinya ketika ditinggal ke Afrika Selatan selama bertahun-tahun.  Ia kemudian berkeliling India menggunakan kereta api untuk mengetahui kondisi yang dihadapi oleh rakyatnya yang hidup di bawah penjajahan Inggris.

Berbeda dengan politikus yang pandai menebar janji, Mahatma Gandhi justru mengajak rakyat untuk bisa keluar dari kondisi yang menyusahkan ini. Berkat sikapnya yang tulus dan rendah hati, Mahatma Gandhi kemudian mendapatkan penghormatan dan kepercayaan dari rakyat India. Ia berjuang selama 30 tahun melawan penjajahan Inggris bersama dengan pemimpin India yang lainnya.

Hingga kemudian di tahun 1947, India meraih kemerdekaan yang sudah lama diimpikan. Gandhi kemudian ditunjuk untuk menempati posisi sebagai pejabat politik yang diberikan oleh kongres kepadanya. Sebaliknya, ia justru memilih menghabiskan hidup di ashram yang jauh dari kemewahan. Karena baginya, hal tersebut jauh lebih mulia dibandingkan dengan hidup di istana.

Yang menarik dari kisah, kata-kata, dan motivasi sukses Mahatma Gandhi adalah meskipun Gandhi seorang Hidnu namun ia juga terbuka dan menyukai pemikiran dari agama lain. Baginya setiap manusia baik dari semua agama harus mempunyai hak yang sama dan hidup berdampingan dengan damai di dalam suatu negara. Bagi Mahatma Gandhi seeorang yang berjuang demi kebenaran maka jiwa orang itu akan tetap selamat di dunia.

Kata-Kata dan Motivasi Sukses Mahatma Gandhi

Berkat ketulusan dan kegigihannya dalam membela kebenaran, Mahatma Gandhi kemudian mendapatkan julukan sebagai Bapak Bangsa India. Nah berikut kata-kata dan motivasi sukses Mahatma Gandhi yang mampu membangkitkan semangat khususnya generasi muda.

1.Pemaaf Adalah Orang Yang Tangguh
“Mereka yang berjiwa lemah tak akan mampu memberi seuntai maaf tulus. Pemaaf sejati hanya melekat bagi mereka yang berjiwa tangguh."

Orang-orang yang bisa memaafkan adalah mereka yang berjiwa tangguh. Seperti kata Mahatma Gandhi bahwa tidak semua orang bisa memaafkan. Namun hal itu bukan hal yang sulit bagi orang yang tangguh dan memiliki keikhlasan yang luas. Dari kisah, kata-kata, dan motivasi sukses Mahatma Gandhi tentu bisa belajar banyak tentang memaafkan.

2.Tetaplah Merasa Cukup Atas Segala Pemberian Tuhan
"Bumi ini cukup untuk tujuh generasi, namun tidak akan pernah cukup untuk tujuh orang serakah."

Hiduplah untuk selalu merasa cukup atas segala pemberian dari Tuhan. Meskipun banyak sekali hal yang bisa ditemukan di dunia ini, rasanya tidak akan pernah cukup jika semua orang hanya mementingkan egonya sendiri. Orang-orang yang demikian akan melakukan berbagai cara agar bisa mencapai apa yang diinginkan.

3.Cinta Bukan Tentang Menuntut, Namun Tentang Keikhlasan
"Cinta tidak pernah menuntut, cinta selalu memberi. Cinta selalu menderita, tanpa pernah meratap, tanpa pernah mendendam."

Bicara tentang cinta, seringkali menemukan orang-orang yang memaksa dan menuntut dengan alasan untuk kebaikan. Namun taukah bahwa sebenarnya jika sudah cinta, seseorang bahkan tidak lagi peduli dengan dirinya? Ia hanya akan memberi dan memberi semua yang dimiliki untuk  orang yang dicintai.

Nah itulah kisah, kata-kata, dan motivasi sukses Mahatma Gandhi yang bisa menjadi contoh untuk bertindak dalam kehidupan sehari-hari. Tetaplah hidup dengan berpegang prinsip bahwa kebenaran akan selalu menemukan jalan terang. Percayalah bahwa selama seseorang melakukan kebaikan maka Tuhan akan memberikan jaminan keselamatan dan kebahagiaan.

Untuk informasi lengkap terkait kisah, kata-kata, dan motivasi sukses Mahatma Gandhi bisa akses di cekaja.com dengan mengklik https://www.cekaja.com/info/kata-kata-dan-quotes-motivasi-sukses/

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Terima kasih sudah membaca ^^
Tolong berkomentar dengan sopan yaaa... Maaf kalau ada yang belum terjawab :*

Back to Top