15 Januari 2020

Tips Merawat Linear Bearing Agar Tetap Tahan Lama


Pecinta otomotif pasti mengerti apa itu linear bearing. Namun bagi para emak yang walaupun macan ternak alias mama cantik suka antar anak, nama benda ini tidaklah dipahami. Untuk itu, mari kita cari tahu bersama pengertian dan juga cara perawatan yang baik dan benar agar linear bearing ini selalu awet tak perlu penggantian.

Linear bearing sendiri merupakan sebuah komponan yang biasanya digunakan agar bisa membantu laju atau jalannya sebuah mesin. Untuk menjalankan sebuah mesin, dibutuhkan beberapa komponen yang tidak boleh dilewatkan sama sekali. Jika tidak, akan kehilangan kinerja maksimal sehingga bisa menghambat fungsi utamanya.


Sepenting inilah posisi yang dimiliki oleh linear bearing. Kita harus memperhatikan alat ini dengan seksama. Karena bearing atau yang biasa disebut dengan bantalan ini akan menggerakan mesin dengan baik. Perlu digaris bawahi sebelumnya. Seperti halnya nama yang digunakan yaitu linear. Jenis bearing yang satu ini memang khusus dirancang agar memiliki gerakan yang sevara bebas lurus dan hanya dalam satu arah. Sebagai informasi tambahan, bahwa selain dalam dunia otomotif. Ternyata linear bearing juga bisa kita temikan di pabrik-pabrik tekstil ataupun mesin cetak.

Lalu apa saja fungsi utama dari sebuah linear bearing? Tidak jauh berbeda dengan gungsi bearing atau bantalan yang lainnya. Pada umumnya memang bearing digunakan untuk mengurangi gesekan yang ada, dan membuat mesin tetap stabil, mengurangi kecatatan sebuah performa dan masih banyak lagi. Kemudian bagaimanakah cara yang ampuh, yang bisa anda gunakan untuk menjaga linear bearing agar tetap awet dan tahan lama?

Berikut beberapa tips yang bisa kita gunakan:

Jangan pernah mengelap minyak alami yang digunakan

Langkah ini biasanya diambil oleh orang yang kurang paham dunia otomotif. Bagi kita yang tidak melakukannya, beruntunglah. Nah, ketika kita pertama kami membeli sebuah mesin dan menemukan linear bearing. Jangan sampai membersihkan ataupun mengelap minyak yang ada pada permukaan linear bearing. Karena minyak alami ini sangat membantu anda dalam menjaga pergesekan yang ada, sehingga anda tidak akan terkena masalah dalam gerakan yang dihasilkan.

Jangan gunakan minyak tambahan secara berlebihan

Terkadang langkah yang dilakukan dengan menambah minyak agar gesekannya bisa maksimal adalah sebuah tindakan yang salah besar. Dengan memberikan minyak secara berlebihan, hanya akan membuat debu mudah menempel. Sehingga kondisi ini bisa mempercepat kerusakan mesin yang ada.

Jangan mudah mengganti linear bearing yang ada

Bila mulai kehilangan performa bearing yang satu ini atau ketika linear bearing mulai mengalami kerusakan, jangan sampai langsung menggantinya dengan yang baru. Justru kita tidak harus melakukan penggantian bearing. Karena sebenarnya, bearing yang rusak masih bisa diperbaiki. Hal ini akan menjaga keoriginalan mesin yang digunakan. Sehingga tentu saja, kinerja ataupun performa yang dihasilkan lebih maksimal, dibandingkan ketika mengganti yang baru. Namun jika memang menurut ahli harus diganti karena masalah tertentu. Maka harus segera menggantinya.

Demikian informasi yang bisa diberikan seputar linear bearing dalam dunia otomotif. Semoga bisa membantu merawat mesin mobil yang digunakan. Ingat menjaga dan merawatnya lebih baik, dibandingkan dengan mengganti produk original yang memang sudah menjadi pasangannya. Namun tidak perlu khawatir. Karena kita tetap akan mendapatkan kualitas terbaik yang sama bagusnya dengan linear bearing asli. Hanya di Logam Makmur, ayo klik untuk mendapatkan informasinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah membaca ^^
Tolong berkomentar dengan sopan yaaa... Maaf kalau ada yang belum terjawab :*