Categories

08 Februari 2020

GPN Memudahkan Transaksi Keuangan



GPN menjadi bahan pembicaraan yang seru di whatsapp grup. Katanya berkat GPN, transaksi apapun jadi mudah. Kartu yang dulunya dikenal hanya untuk ambil uang di mesin ATM, jadi bisa digunakan sebagai alat pembayaran non-tunai. Tapi bukan berarti kredit ya?

Demi bisa buktikan sendiri, saya pun meminta AyahZril untuk pergi jalan-jalan. Sekalian beli kebutuhan bulanan di minimarket. Bagi ibu rumah tangga, bisa belanja di minimarket saja jadi hal yang menyenangkan. Jalan-jalan kan tidak perlu jauh-jauh dari rumah. Bisa keluar rumah bersama keluarga tersayang saya rasanya syukur alhamdulillah.

Tapi sebelum keluar rumah, dipastikan dulu sudah membawa kartu debit. Zaman serba canggih begini, tidak masalah meski tidak punya uang tunai. Segala transaksi bisa dilakukan dengan cara apapun, kan. Apalagi sekarang jadi mudah berkat GPN.

Oiya... Kartu debit kalian udah berlogo GPN belum, teman-teman? Yg ada chip-nya itu tuh.
Kalau ada yg belum paham maksud saya, coba deh perhatikan kartu debit saya ini. Di sini ada logo GPN di pojok bawahnya. GPN atau Gerbang Pembayaran Nasional ialah sistem yg menghubungkan berbagai transaksi non tunai pada semua instrumen bank dalam satu sistem pembayaran.

GPN dikenal sejak akhir 2017 lalu. GPN ialah suatu sistem yang menyatukan kanal pembayaran transaksi elektronik dalam bentuk non tunai. Bank Indonesia dalam hal ini meluncurkan GPN sebagai wujud interkoneksi dan interoperabilitas sistem pembayaran nasional, loh. Maksudnya agar seluruh masyarakat Indonesia dapat menikmati layanan transaksi elektronik dengan mudah secara aman, andal, dan terpercaya.

Kalau sudah begini, jadi makin nyaman dan mudah berbelanja sebab kita tak perlu membawa uang tunai dalam jumlah besar. Kan akan bahaya juga tuh kalau bawa tas isi dompet tebal isi uang. Juga ribet, karena saat mau bayar belanja harus cari-cari nominal rupiah yang dimaksud. Belum lagi saat ada kembalian yang berupa uang kecil, makin berat lah dompet.

Kepraktisan yang lain adalah jadi tidak perlu mencari mesin EDC dari bank yang sama dengan kartu yang kita miliki, deh. Misalnya kartu debit kita dari bank BRI seperti milik saya, eh mesin EDC atau biasa disebut mesin gesek untuk pembayaran non-tunai di merchant yang kita tuju hanya ada mesin EDC dari bank lain. Jangan bingung, kalau sudah ada logo GPN, jadi anti ribet lagi. Sebab semua kartu GPN dapat digunakan pada seluruh mesin EDC apapun di Indonesia.

Teman-teman tahu tidak, selain bisa melakukan transaksi di semua mesin EDC, masih ada banyak manfaat lainnya loh. Di antaranya:
- Irit, karena tidak kena tambahan biaya lagi oleh merchant
- Ringkas, karena tidak perlu bawa banyak uang tunai dalam dompet
- Cepat, karena mudahnya pembayaran belanja
- Potongan biaya transfer dan tarik tunai di bank lain jadi bisa berkurang jika semakin besar transaksi dalam setiap penggunaan kartu GPN
- Aman, karena kartu GPN menggunakan teknologi chip sehingga terstandarisasi fitur keamanannya.

GPN ini merupakan wujud rasa nasionalisme terhadap bangsa. Dengan GPN, seluruh transaksi domestik dapat diproses di dalam negeri. Beda kalau kita pakai debit dengan jasa visa atau matercard. Yap, pakai GPN jadi bisa memangkas jumlah transaksi pembayaran domestik hingga Rp 17,7 miliar per hari. Wow!

Bukan hanya negara yang terbantu, saya pun berkat kartu GPN jadi bisa dengan mudah membayar di minimarket, tinggal kasih kartu debit berlogo GPN. Eits tidak hanya di toko besar, belanja di beberapa toko kecil pun bisa. Tapi pilih yang pakai mesin EDC ya, sebab hanya bisa diproses dengan alat itu. Praktisnya tidak ribet lagi ambil uang, hitung dan simpan kembalian, apalagi sambil gendong anak begini. Tinggal gesek dan simpan. Mau ambil uang di ATM beda bank juga tak masalah, karena kartu debit GPN detap diterima dan diproses.  

2 komentar :

  1. Wah, jadi tau deh. Kartu debit saya masih belum ada logo GPNnya.
    Nanti kalau sudah lewat masa Social Distancing, mau cari tahu cara update kartu debit, biar ada logo GPNya.

    Salam kenal dari Lombok ^^

    BalasHapus
  2. Wah musti dicoba nih, emang sepertinya bikin pembayaran apapun menjadi lebih mudah

    BalasHapus

Terima kasih sudah membaca ^^
Tolong berkomentar dengan sopan yaaa... Maaf kalau ada yang belum terjawab :*

Back to Top