08 Februari 2020

GPN Memudahkan Transaksi Keuangan



GPN menjadi bahan pembicaraan yang seru di whatsapp grup. Katanya berkat GPN, transaksi apapun jadi mudah. Kartu yang dulunya dikenal hanya untuk ambil uang di mesin ATM, jadi bisa digunakan sebagai alat pembayaran non-tunai. Tapi bukan berarti kredit ya?

Demi bisa buktikan sendiri, saya pun meminta AyahZril untuk pergi jalan-jalan. Sekalian beli kebutuhan bulanan di minimarket. Bagi ibu rumah tangga, bisa belanja di minimarket saja jadi hal yang menyenangkan. Jalan-jalan kan tidak perlu jauh-jauh dari rumah. Bisa keluar rumah bersama keluarga tersayang saya rasanya syukur alhamdulillah.

Tapi sebelum keluar rumah, dipastikan dulu sudah membawa kartu debit. Zaman serba canggih begini, tidak masalah meski tidak punya uang tunai. Segala transaksi bisa dilakukan dengan cara apapun, kan. Apalagi sekarang jadi mudah berkat GPN.

Oiya... Kartu debit kalian udah berlogo GPN belum, teman-teman? Yg ada chip-nya itu tuh.
Kalau ada yg belum paham maksud saya, coba deh perhatikan kartu debit saya ini. Di sini ada logo GPN di pojok bawahnya. GPN atau Gerbang Pembayaran Nasional ialah sistem yg menghubungkan berbagai transaksi non tunai pada semua instrumen bank dalam satu sistem pembayaran.

GPN dikenal sejak akhir 2017 lalu. GPN ialah suatu sistem yang menyatukan kanal pembayaran transaksi elektronik dalam bentuk non tunai. Bank Indonesia dalam hal ini meluncurkan GPN sebagai wujud interkoneksi dan interoperabilitas sistem pembayaran nasional, loh. Maksudnya agar seluruh masyarakat Indonesia dapat menikmati layanan transaksi elektronik dengan mudah secara aman, andal, dan terpercaya.

Kalau sudah begini, jadi makin nyaman dan mudah berbelanja sebab kita tak perlu membawa uang tunai dalam jumlah besar. Kan akan bahaya juga tuh kalau bawa tas isi dompet tebal isi uang. Juga ribet, karena saat mau bayar belanja harus cari-cari nominal rupiah yang dimaksud. Belum lagi saat ada kembalian yang berupa uang kecil, makin berat lah dompet.

Kepraktisan yang lain adalah jadi tidak perlu mencari mesin EDC dari bank yang sama dengan kartu yang kita miliki, deh. Misalnya kartu debit kita dari bank BRI seperti milik saya, eh mesin EDC atau biasa disebut mesin gesek untuk pembayaran non-tunai di merchant yang kita tuju hanya ada mesin EDC dari bank lain. Jangan bingung, kalau sudah ada logo GPN, jadi anti ribet lagi. Sebab semua kartu GPN dapat digunakan pada seluruh mesin EDC apapun di Indonesia.

Teman-teman tahu tidak, selain bisa melakukan transaksi di semua mesin EDC, masih ada banyak manfaat lainnya loh. Di antaranya:
- Irit, karena tidak kena tambahan biaya lagi oleh merchant
- Ringkas, karena tidak perlu bawa banyak uang tunai dalam dompet
- Cepat, karena mudahnya pembayaran belanja
- Potongan biaya transfer dan tarik tunai di bank lain jadi bisa berkurang jika semakin besar transaksi dalam setiap penggunaan kartu GPN
- Aman, karena kartu GPN menggunakan teknologi chip sehingga terstandarisasi fitur keamanannya.

GPN ini merupakan wujud rasa nasionalisme terhadap bangsa. Dengan GPN, seluruh transaksi domestik dapat diproses di dalam negeri. Beda kalau kita pakai debit dengan jasa visa atau matercard. Yap, pakai GPN jadi bisa memangkas jumlah transaksi pembayaran domestik hingga Rp 17,7 miliar per hari. Wow!

Bukan hanya negara yang terbantu, saya pun berkat kartu GPN jadi bisa dengan mudah membayar di minimarket, tinggal kasih kartu debit berlogo GPN. Eits tidak hanya di toko besar, belanja di beberapa toko kecil pun bisa. Tapi pilih yang pakai mesin EDC ya, sebab hanya bisa diproses dengan alat itu. Praktisnya tidak ribet lagi ambil uang, hitung dan simpan kembalian, apalagi sambil gendong anak begini. Tinggal gesek dan simpan. Mau ambil uang di ATM beda bank juga tak masalah, karena kartu debit GPN detap diterima dan diproses.  

19 komentar:

  1. Saya juga pengin ganti kartu-kartu ATM lama dengan kartu yang berlogo GPN ah. Udah lama males banget mau ngurusnya hehe
    Pdahal udah diwanti-wanti katanya lebih murah biaya transaksinya. Dan udah dibuktikan ya sama Mbak Artha.

    BalasHapus
  2. Wah ternyata kartu debit berlogo GPN juga dapat digunakan untuk transaksi di Alfamart. Jd kita tidak repot untuk melakukan transaksi dengan uang cash. Dan biaya yg dikeluarkannya pun lebih murah..

    BalasHapus
  3. Duh, kartuku masih yang lama nih, belum ganti. Lumayan ya bisa memangkas biaya merchant. Makasih infonya mbak.

    BalasHapus
  4. Bagus nih, siap2 ganti ah. Udh cape kena biaya administrasi yang bejibun antar bank

    BalasHapus
  5. Ooh jadi kartu debit dengan chip dan jenis GPN ini fungsinya bisa dipakai transaksi di minimarket ternyata. Astaga aku kudet banget sih. Udah ganti sejak tahun kemarin. Tapi sedih logo Mastercard jadi hilang ehehe. Ooh potongan tarik tunai di bank lain juga jadi berkurang. Pantes aja aku kemarin sempat kaget habis transaksi tarik tunai di ATM bersama tapi gak kena biaya transaksi seperti yang sudah-sudah :)

    BalasHapus
  6. Lhoh iyakah? Aku langsung cek nih, kartu ATM ada logo GPN nya ga? Mayan tuh kalau biaya transaksi antar bank jadi ringan. Kan potongan adminnya suka bikin kezel juga. Dikit-dikit jadi bukit...

    BalasHapus
  7. Saya juga pakai yg berlogo GPN kak...tapi info dari banknya minim sekali..jadi alhasil sampai dengan hari ini masih jarang menggunakannya

    BalasHapus
  8. Saya sudah bolak-balik dapat sms dari bank buat ganti kartu debit yang ada logo GPN nya. Saking malas antri saya tuh masih pakai debit yang lama, tipe setia nih susah move on ke yang baru wkwkwk

    BalasHapus
  9. Bener sekali transaksi makin mudah,dan memang semua kartu harus ada logo GPN nya, setiap perbankan memberitahukan lewat sms dan transaksi yang dilakukan, karena kalau ga diganti nanti ga bisa digunakan dan perbankannya malah disalahkan oleh regulator tidak memberitahukan kepada nasabah. Karena ada pemeriksaannya juga dari regulator.

    BalasHapus
  10. Oo pantesan kmrn sy ke Bank BRI diminta ganti kartu yg berlogo GPN ternyata bnyk kemudahan yg didapat ya kak..untung sy baca tulisan ini..mksh lho infonya

    BalasHapus
  11. Next time pengen beralih ke GPN. Tapi belum sempet ngurusnya. Katanya lebih mudah sih.

    BalasHapus
  12. Wahh saya baru tahu nih ada fitur baru seperti GNP gini. Thank you infonya Mom ...

    BalasHapus
  13. Belum pernah pake GPN, tapi dari sini seenggaknya sudah ada gambaran.

    BalasHapus
  14. Akhirnya terealisasi juga ya mba. Saya masih ingat ini dulu 2013 wawancara Gubernur BI, Pak Agus Marto di Thamrin terkait rencana GPN ini. Masih sebatas wacana dan sekarang sudah jadi yaaa. Kereeeen.

    BalasHapus
  15. Oh klo yg gpn ini bisa di gesek di segala mesin edc mas? Bentar bentar. Otw cek kartu di dompettt

    BalasHapus
  16. Kartu - kartu ATM saya sepertinya belum ada GPN-nya. Ini bisa ke bank untuk ganti kartu yang ada GPN -nya, Mbak?

    BalasHapus
  17. keren juga ya GPN ini.. ini akan makin mempermudah kita dalam melakukan berbagai transaksi.. sukur-sukur kalau sudah banyak merchant yang menggunakannnya

    BalasHapus
  18. Di-GPN-in aja hehehe

    Owalah jadi GPN itu singkatan dari Gerbang Pembayaran Nasional. Saya baru tau kalo ternyata itu sebutannya GPN, karena selama ini pernah bayar pakek kaartu debit pas beli hp sih. Jadi, kan takut nyimpen duit dalam nilau jut. Saya bawa aja atm saya itu. Dan pas saya tanya bisa mbak disini byr pakai kartu debit, eh ternyata bisa. Digesekin tuh ke mesin EDC nya.

    Wahh itu namanya GPN!😃

    BalasHapus
  19. Dengan adanya Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) yang menjadi trend saat ini, Dan memudahkan masyarakat dalam hal bertransaksi.😊

    BalasHapus

Terima kasih sudah membaca ^^
Tolong berkomentar dengan sopan yaaa... Maaf kalau ada yang belum terjawab :*