Categories

10 Maret 2020

Cara Menyimpan Unsalted Butter dengan Benar Agar Tidak Mudah Rusak


Mentega merupakan salah satu bahan pembuatan roti yang manfaatnya sangat banyak, selain untuk melembutkan tekstur, sebenarnya ia juga digunakan untuk menambah cita rasanya semakin gurih,
karena memang bahan yang satu ini dibuat atau diproses dari lemak susu sapi. Jenisnya sendiri terbilang banyak, diantaranya adalah produk salted butter atau yang dikenal sebagai mentega asin, kemudian juga ada unsalted butter atau mentega tawar. Lalu bagaimana sebenarnya cara menyimpan unsalted butter ini.

Memang pada dasarnya sering kali diantara masyarakat yang memilih untuk membeli mentega dalam jumlah yang besar sekaligus, karena dari segi harganya lebih murah atau bisa menghemat biaya. Namun mungkin dalam pemakaiannya sendiri sedikit, sehingga banyak yang sisa, tidak boleh disimpan sembarangan atau jika tidak nantinya bahan makanan tersebut akan rusak, sangat sayang bukan apalagi harganya juga cukup mahal. Untuk itu ketahui cara menyimpan unsalted butter berikut ini, yaitu:


  1. Simpanlah dalam wadah yang kedap udara, penting bagi kita untuk memastikan bahwa wadah yang dipakai untuk menyimpan mentega tersebut benar-benar rapat atau kedap udara, sehingga tidak ada bakteri ataupun jamur yang masuk ke dalamnya.
  2. Boleh disimpan di suhu ruangan maupun di dalam kulkas, sebenarnya menyimpan mentega ini tidak harus di dalam kulkas, kamu yang tidak memiliki kulkas sekalipun sebenarnya tidak masalah jika ingin menyimpannya di lemari biasa, asalkan wadahnya tertutup rapat.
  3. Jika seandainya mentega tersebut disimpan di dalam kulkas, biasanya kondisinya akan mengeras karena terkena suhu yang rendah atau dingin, sehingga sebelum digunakan, sangat disarankan untuk mendinginkan atau menaruhnya terlebih dahulu di suhu ruangan selama beberapa saat sebelum nantinya dipakai, agar nantinya tidak mengubah hasil pemakaiannya.



Itulah setidaknya cara menyimpan unsalted butter yang tepat, jika seandainya kondisi mentega atau butter tersebut sudah mulai ditumbuhi jamur dengan terjadinya perubahan warna agak kehijauan atau terdapat bercak-bercak hitam, begitu juga dengan aromanya yang berubah, tandanya sudah rusak dan tidak boleh dipakai kembali. Beli produknya lebih mudah lewat Tokowahab.com.


Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Terima kasih sudah membaca ^^
Tolong berkomentar dengan sopan yaaa... Maaf kalau ada yang belum terjawab :*

Back to Top