Categories

28 November 2020

Selain Fitur Serba Gratis, Benarkah Website Gratis Benar-benar Menguntungkan?


Keberadaan website di era digital seperti saat ini memang tidak bisa diabaikan. Sebagai media promosi yang atraktif, website memang menawarkan banyak keuntungan. Namun pernahkah terbersit untuk memilih website gratis atau berbayar saat membuatnya, apalagi bagi pemula? Nah hal ini juga perlu dipahami sebelum melangkah lebih jauh.

Berkenalan dengan Website yang Bebas Biaya

Sebelum melangkah lebih dalam, kita tentunya harus mengetahui lebih banyak tentang website yang tidak berbayar ini. Jadi, secara sederhana website bebas biaya artinya kita diharuskan mendaftarkan diri pada penyedia website. Umumnya website ini hanya ditujukan untuk kebutuhan blogging saja, dan tak begitu disarankan untuk bisnis.

Beberapa website tak berbayar yang bisa ditemui salah satunya Sitebeat.com dan lain sebagainya. Sebagaimana sisi mata uang yang memiliki dua sisi, jenis website ini tentunya memiliki beberapa keunggulan dan kekurangan. Sehingga kita harus benar benar mempertimbangkannya, terutama jika ingin mendapatkan keuntungan berlipat.

Kelebihan yang paling menggiurkan adalah tidak adanya biaya yang harus dibayarkan. Selain menghemat budget, website jenis ini juga akan menghindarkan dari kegagalan maupun penipuan jual beli website. Memanfaatkan website gratis, kita bisa menyimpan dana untuk yang lebih penting misalnya untuk kebutuhan internet atau lainnya.

Tidak hanya gratis dalam pembuatannya, kita juga bisa menikmati layanan yang juga tanpa biaya. Layanan yang dimaksudkan bisa berupa penyimpanan data, layanan hosting hingga update sistem. Dengan begitu maka pembuatan website ini akan menghemat dana lebih banyak. Terutama masalah hosting yang diserahkan pada penyedia layanan situs.

Hal yang Perlu Dipertimbangkan Saat Memilih Website tak Berbayar

Di balik beberapa kelebihan yang dimiliki terkait website tak berbayar ini, kita juga harus memperhatikan beberapa hal. Seperti misalnya layanan yang didapatkan nantinya akan terbatas. Mengingat penyedia website juga tidak ingin rugi, maka layanan yang diberikan tentunya ada beberapa batasan dan tidak layanan penuh.

Umumnya keterbatasan ini akan berkaitan dengan penyimpanan, domain, jenis website hingga bandwith. Jika hal ini terjadi, maka kita yang menggunakan layanan website gratis akan dipaksa untuk update layanan. Upgrade ini tentunya bertujuan untuk menghilangkan keterbatasan keterbatasan yang membuat pergerakan kita tidak bebas.

Bukan hanya masalah layanan, desain yang ditawarkan untuk situs juga akan lebih terbatas. Kita tentunya tahu jika salah satu faktor banyaknya pengunjung website adalah desainnya yang futuristik. Desain juga akan membedakan situs dengan situs lainnya, inilah mengapa desain menjadi begitu penting dan perlu dipertimbangkan.

Kebijakan dari penyedia website juga menjadi hal yang harus kita ikuti. Ketika penyedia tiba tiba menghapus layanan website tidak berbayar, maka tidak bisa melakukan apapun. Sehingga apapun kebijakan yang diberikan, menguntungkan atau tidak tidak akan bisa dilawan. Berbeda jika kita menggunakan hosting sendiri yang bisa disetting sesuka hati.

Seperti yang sempat disinggung sebelumnya, website gratis umumnya hanya ditujukan untuk blogging. Sementara yang berbayar, kita bisa menggunakannya dalam banyak hal, mulai dari bisnis, portal berita hingga e learning. Bahkan yang ingin membuat website kompleks bisa dilakukan, jika memilih yang berbayar dan memiliki hosting sendiri.

Sitebeat.com hadir sebagai jembatan untuk yang ingin membuat website secara gratis ataupun berbayar. Berbagai layanan diberikan untuk memudahkan dalam membangun website pribadi maupun untuk bisnis digital. Dengan begitu kita bisa mendapatkan website berkualitas dan tentunya menghasilkan jika dimanfaatkan untuk bisnis.

3 komentar :

Terima kasih sudah membaca ^^
Tolong berkomentar dengan sopan yaaa... Maaf kalau ada yang belum terjawab :*

Back to Top