Categories

18 November 2020

SociaBuzz Tribe sebagai Alternatif Cara Menghasilkan Uang dari Menulis

 

Kalau dulu, banyak yang meragukan kalau menulis bisa menghasilkan. Seperti Mama saya dulu, yang sempat melarang saya menorehkan ide dan imajinasi dalam goresan pena. Kata Mama, menulis tiada guna. Hanya bisa memupuk khayal, terlena dalam bayang semu.

Namun seiring berjalannya waktu, Mama saya melihat banyak perubahan positif sejak saya suka menulis. Menulis di sini maksudnya membuat cerita pendek, baik fiksi maupun mengabadikan pengalaman hidup. Sebelumnya memang menulis dalam arti kata sebenarnya, yakni membuat tulisan dengan menggoreskan pena di atas kertas. Namun berkat kemajuan teknologi, menulis makin mudah dengan adanya keyboard di gadget.

Kebiasaan menulis menjadi semacam hobi yang menghasilkan. Awalnya iseng-iseng menulis kisah dalam blog, lama-lama jadi makin banyak yang baca dan komentar kalau pengalaman saya banyak membantu mereka...para pembaca blog saya. Ah senangnya. Ternyata membantu juga bisa tanpa mengulurkan tangan, ya. Cukup lewat rangkaian kata dan kalimat dengan makna yang besar.

Dari blog yang semakin banyak isinya, saya kemudian menjadi seorang blogger, meski masih campur aduk isinya. Banyak teman yang kemudian men-spesifikkan tulisannya dalam 1 tema, dalam niche tertentu. Tapi karena banyak yang ingin saya kisahkan tanpa ribet memilah-milah, jadilah saya seorang blogger lifestyle. Nama yang lebih manis dari blogger gado-gado, bukan?


Cara Menghasilkan Uang dari Menulis

Selama belasan tahun saya berkecimpung di dunia tulis, ada banyak hal yang sudah saya buat. Mungkin kalau search nama: Artha Amalia di google, maka akan muncul beberapa buku antologi yang bertuliskan nama saya tersebut. Ya, menjadi penulis dan menghasilkan buku --meski antologi yang adalah karya bersama teman-teman--, merupakan salah satu cara menghasilkan uang dari hobi yang satu ini. Buku yang laris terjual akan mendatangkan profit bagi penulisnya, loh.

Selain itu, saya juga menulis cerita pendek yang termuat pada surat kabar dan majalah. Dulu, sih. Sebelum penggunaan internet segencar sekarang. Orang masih suka baca versi cetak, dan menjadi penulis cerita pendek ialah suatu cara bergengsi dalam menghasilkan uang. Selain dapat fee, ada nama saya yang tertulis dan dibaca banyak orang. Ah bangganya...

Karena versi cetak di masa sekarang kurang diminati, menjadi blogger ialah cara termudah untuk tetap menjadi penulis yang berpenghasilan. Selain menuliskan pengalaman, blogger juga seringkali dapat sponsorship. Hal ini bisa berupa content placement dimana ada kesepakatan antara pihak sponsor dan blogger. Pasti senang kan kalau hobi menulis ternyata juga berpenghasilan, mana caranya pun menyenangkan.

Sayangnya tak semua blogger bisa terus mendapatkan penghasilan dari sponsorship. Apalagi kalau masa kerjasama begitu singkat. Seperti saya ini, yang tak selalu tiap minggu pasti ada penghasilan dari blog. Karena itulah menjadi blogger, kalau masih pemula, belum bisa diandalkan sebagai mata pencaharian.


SociaBuzz Tribe sebagai Alternatif Cara Menghasilkan Uang dari Menulis

Syukurlah sekarang ada loh cara baru bagi para blogger dan penulis untuk menghasilkan uang. Mudah saja, yakni hanya dengan membuat halaman SociaBuzz Tribe. Waaah... asyik ya? Dari namanya saja sungguh menarik, apa kalian juga penasaran bagaimana prosesnya? Simak tulisan saya sampai akhir ya.

Kenalan dulu yaa dengan SociaBuzz. Saya mah sudah lebih dari setahun bergabung dengan marketplace talent dan jasa kreatif ini. Nah SociaBuzz bisa menghubungkan talent dan pekerja kreatif dengan pihak yang membutuhkan jasa ini loh, jadi makin besar peluang kerjasamanya deh. Sesuai perkembangan zaman, SociaBuzz terus berinovasi. Baru-baru ini, SociaBuzz telah meluncurkan fitur terbarunya bernama SociaBuzz Tribe.

Dengan fitur SociaBuzz Tribe, konten kreator bisa dengan mudah mendapatkan dukungan finansial langsung dari fans dan followers. Kan biasanya kudu lewat SociaBuzz dulu nih, jadi masih ada pilah-pilahnya. Tapi lewat SociaBuzz Tribe, blogger dan penulis jadi lebih mudah menerima dukungan dari pembaca dan penikmat karyanya. Itulah mengapa penulis dan blogger wajib ajak followers atau para penikmat karya tulis untuk menyampaikan apresiasi dan dukungan melalui halaman SociaBuzz Tribe tersebut.

Nih halaman SociaBuzz Tribe punya saya di https://sociabuzz.com/arthaamalia/tribe.


Nah cara pembayaran SociaBuzz Tribe tuh mudah sekali, ada pilihan pembayaran yang mengedepankan dompet digital lokal loh. Bisa via OVO, LinkAja, GoPay, Dana, dan transfer bank sehingga penikmat karya tulis jadi lebih mudah menunjukkan apresiasinya. Sistem ini lebih menguntungkan blogger dan penulis juga, karena gak pakai lama menerima royalti. Proses monetisasi juga lebih simpel. 

Itulah kenapa SociaBuzz Tribe juga tak hanya cocok bagi penulis, tapi juga bagi content creator lainnya. Cocok bagi yang suka berkarya di YouTuber, podcaster, komikus, musisi, jurnalis, dan lain sebagainya. Seru ya! Kalau begini mah content creator jadi bisa hidup dari karyanya, akhirnya bisa jadi roda penggerak ekonomi kreatif di Indonesia juga kan. 

Oiya SociaBuzz Tribe ini tak hanya cocok untuk menerima dukungan dari fans dan penikmat karya, tapi juga bisa untuk menerima dukungan dari penonton live streaming, galang dukungan untuk kegiatan amal/sosial, galang dukungan untuk kegiatan proyek kreatif, dan lain sebagainya. Multiguna juga ya. 

Misalnya seperti ini nih.. 


Lalu bagaimana cara agar bisa mendapatkan keuntungan dari SociaBuzz Tribe? Pastinya harus punya akun SociaBuzz. Bisa daftar di: https://www.sociabuzz.com/pro/signup dan ini bebas biaya, loh. Setelah itu bisa langsung masuk ke halaman SociaBuzz Tribe di tautan: https://sociabuzz.com/tribe. Mudah sekali, bukan?

Biar lebih enak dilihat, kita bisa ubah halaman profil jadi semenarik mungkin. Kalau bisa ada ciri khasnya, agar pendukung kita mengenali dan semangat untuk ngasih dukungan. Mengasah kreativitas juga kan.

Kemudian bisa pilih jenis dan nominal dukungan yang diharapkan, juga reward apa yang nantinya diberikan ke pendukung kita. Kalau penulis, bisa dengan beri karya eksklusif ataupun selentingan cerita diri yang menarik minat para pendukung. Atau apapun yang sekiranya membuat pendukung makin suka dengan karya-karya kita. Setelah semuanya oke, bisa langsung bagikan tautan SociaBuzz Tribe kita ke seluruh akun media sosial, biar makin banyak yang tahu.

Bingung?
Ahaaa... nonton video tutorial berikut ini deh:



Selamat mencoba!
Yuk nambah penghasilan dengan bergabung bersama SociaBuzz Tribe!



 









Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Terima kasih sudah membaca ^^
Tolong berkomentar dengan sopan yaaa... Maaf kalau ada yang belum terjawab :*

Back to Top