Categories

26 Juli 2021

Manfaat Mengubah PDF ke Word

 

Sebagai seorang blogger, membaca adalah sebuah kewajiban. Dengan membaca, maka akan dapat banyak referensi dalam membuat tulisan. Karena memiliki buku referensi yang terbatas, kebanyakan blogger lalu mengambil wacana dari literatur yang banyak bertebaran di internet, kebanyakan dalam format Portable Document Format (PDF). Nah untuk memudahkan menyalin referensi sekaligus mengeditnya, perlu Cara Mengubah PDF ke Word.


PDF merupakan format berkas buatan adobe system di tahun 2013, dimana kegunaan utamanya untuk memudahkan pertukaran dokumen digital. Di dalam PDF bisa mempresentasikan dokumen 2 dimensi dimana berisi teks, citra dan vektor grafik. File format PDF bersifat fleksibel, dimana bisa dibuka di komputer ataupun di smartphone tanpa mengubah data atau isinya. Format PDF yang dapat diakses kapan saja dan melalui perangkat apa saja tanpa kendala inilah yang menjadi poin plus mengapa PDF jauh lebih disukai dibanding file format word.

File format PDF juga memiliki tingkat keamanan yang lebih baik dibanding format word. Kita tidak akan khawatir dokumen yang dikirimkan akan berubah isinya, sebab file format PDF ini membatasi apa yang dapat orang lain lakukan pada dokumen PDF. File PDF tidak bisa diedit semudah kita mengedit file word. Dengan begitu maka dapat dikatakan file PDF keamanan dokumennya lebih terlindungi.

Selain itu, file dalam format PDF juga memudahkan untum diberi tanda tangan elektronik atau e-sign. Di era kini dimana transaksi, utamanya yang berhubungan dengan keuangan, banyak dilakukan secara online maka muncul pula bentuk perjanjian yang tertulis dalam PDF. Kemudian tanda tangan elektronik sepenuhnya dianggap legal, karena sah seperti kita tanda tangan secara manual. Bahkan e-sign dianggap lebih praktis karena tanpa repot cetak dokumen dulu, tanda tangan manual dan lalu di-scan kembali untuk bisa dikirimkan secara elektronik, seperti bila kita membuat perjanjian atau dokumen dalam bentuk word.

Sayangnya dokumen dalam format PDF tidak mudah disalin dan ditempel pada halaman word, tidak semudah copy-paste word ke word. Bisa saja mengetik ulang referensi PDF ke dalam word secara manual. Akan tetapi hal ini tentu saja membuang banyak waktu dan tenaga. Jangankan blogger, pelajar dan mahasiswa yang butuh literatur untuk mengerjakan tugasnya pasti akan mengeluh. Walau sekarang memang semua dikerjakan di rumah saja karena sedang pandemi, namun waktu akan jauh lebih bermanfaat apabila dilakukan untuk berolahraga dan rileksasi demi meningkatkan imunitas, daripada harus terlalu lama mengerjakan tugas yang tak kunjung usai.

Selain itu dalam mengakses file format PDF juga membutuhkan aplikasi pendukung. Sayangnya tidak semua smartphone memiliki aplikasi yang diperlukan, sehingga harus mengunduhnya terlebih dahulu. Bila kapasitas memori smartphone besar, maka hal ini tidak menjadi masalah. Lain halnya dengan smartphone dengan memori sedikit, sehingga untuk mengunduh aplikasi pembaca PDF mengharusnya menghapus file-file tertentu. Hal ini tentu bisa merugikan kita.

Tak hanya itu, terkadang demi menjaga keamanan file format PDF, maka dibuatkan kata kunci atau password untuk membukanya. Hal ini menjadi masalah apabila tidak tahu password-nya sehingga tidak bisa dibuka file PDF yang diperlukan. Bisa saja dengan menghubungi pengirim file, namun lagi-lagi hal ini bisa membuang banyak waktu, terlebih bila sedang dikejar deadline saat mengerjakan tugas yang berhubungan dengan isi file PDF tersebut. Karena itu, meski PDF dirasa merupakan format dokumen yang aman, tapi akan sedikit merepotkan bila ditambah password tertentu.

Ada Cara Mengubah PDF ke Word dengan mudah, yakni dengan mengkonversi bentuk PDF ke word. Hal ini aman dilakukan, jadi tidak perlu khawatir pula akan keamanan isinya. Terlebih saat ini juga sudah banyak fasilitas situs online mauatau aplikasi yang bisa digunakan untuk mengubah file PDF ke Word. Selain itu Cara Mengubah PDF ke Word tinggal membuka situs online ataupun aplikasinya, lalu memasukkan file PDF lalu dalam hitungan detik file dokumen pun secara otomatis berubah dari PDF ke Word.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Terima kasih sudah membaca ^^
Tolong berkomentar dengan sopan yaaa... Maaf kalau ada yang belum terjawab :*

Back to Top