Categories

02 Oktober 2021

Peluang Bisnis Ekspor Ikan Cupang dengan Ongkir ke Amerika yang Terjangkau

 


Banyak orang bilang kalau pandemi membuat sebagian besar bisnis jadi gulung tikar. Saya rasa hal tersebut tidak benar adanya. Tergantung bagaimana strategi masing-masing pembisnis, toh sejatinya dalam bisnis juga semestinya mengikuti segala perubahan yang ada. Salah satu bisnis yang berkembang adalah bisnis ikan hias, terlebih sudah ada alternatif ongkir ke Amerika yang terjangkau.

Kebetulan saya dan suami terjun dalam bisnis ikan hias sebelum adanya pandemi. Kami fokus pada ikan cupang, ikan hias kesukaan suami saya. Awalnya coba-coba piara ikan petarung ini di tahun 2018-an, ternyata lama-lama jumlahnya makin banyak. Apalagi setelah suami makin mahir mengawinkan ikan berwarna-warni indah ini, jumlah ikan cupang kami berkembang jadi ratusan ekor.

Suka sih suka, tetapi kalau terlalu banyak yang dipiara ya repot juga. Hal inilah yang kemudian membuat kami memutuskan untuk menjual ikan-ikan cupang piaraan kami. Kami buat akun instagram khusus untuk memajang foto dan video masing-masing ikan cupang. Tak disangka, banyak yang mem-follow lalu membeli ikan-ikan kami. Syukurlah....

Dari sinilah kemudian kami memulai bisnis ikan cupang. Kami beri tempat khusus untuk galeri, agar orang yang datang ke rumah kami bisa pilih sendiri ikan cupang yang dimau. Di area cuci baju di lantai atas, kebetulan masih ada space yang longgar. Di situ lalu jadi diberi rak untuk menata ikan-ikan cupang dalam wadah masing-masing. Ikan cupang tidak boleh disatukan, bisa-bisa berantem dan sirip-siripnya rusak, keindahannya jadi berkurang dan menurunkan harga jual juga.

Selain dijual secara offline, dalam artian promosi dari mulut ke mulut pada tetangga dan teman-teman kerja suami, kami juga menjual secara online. Jual ikan cupang lewat online ternyata cukup laris, terlebih karena kami memang sudah punya akun instagram yang fokus untuk jualan ikan cupang. Suami saya juga promo ikan-ikan cupang koleksi kami di akun facebook, masuk ke akun-akun para pecinta ikan cupang. Dari sosial media, kami lalu mendapat banyak pembeli dari berbagai wilayah di Indonesia.


Hal-hal yang Diperhatikan dalam Pengiriman Ikan Cupang

Kelebihan ikan cupang ialah kemampuan adaptasinya untuk bertahan hidup. Di wadah tanpa aerator, ikan cupang bisa hidup dan berenang dengan lincahnya. Pun di pengemasan dalam wadah plastik, dimana hanya diisi 1/3 bagian air dan 2/3 bagian udara, ikan cupang bisa hidup di dalamnya selama berhari-hari. Poin ini yang lalu membuat ikan cupang jadi mudah diperjual belikan dan dikirim menggunakan jasa ekspedisi pengiriman.

Selain pengemasan ikan cupang dalam plastik yang berisi air dan udara, plastik itu masih harus dikemas di dalam styrofoam. Tujuannya agar bisa menjaga kestabilan suhu sehingga ikan cupang mampu bertahan hidup, meski selama berhari-hari dalam perjalanan pengiriman ke berbagai wilayah. Namun sebelum kirim, ikan cupang harus dipuasakan terlebih dahulu. Minimal 1 x 24 jam sebelum kirim. Hal ini dilakukan agar setelah masuk kantong plastik, tidak mengeluarkan kotoran beramoniak yang bisa menjadi racun dan membuat ikan jadi mati saat pengiriman.

Kami memang sudah mengirim ikan cupang ke berbagai wilayah di Indonesia. Tapi tidak berarti ikan cupang tidak bisa dikirim ke luar negeri. Karena nyatanya kami juga pernah kirim ke Malaysia, dan sampai dengan selamat dalam keadaan hidup setelah 6 hari perjalanan. Wow! Ikan cupang sungguh tangguh.

Inilah kelebihan promo via online, bisa menjangkau segala kalangan dan bahkan sampai lintas negara. Bahkan kalau join di grup facebook ikan cupang (betta) luar negeri seperti Betta UK, Betta USA, maupun Betta Canada, ada kesempatan untuk kirim ke sana. Hal ini juga tergantung jasa ekspedisi yang digunakan, mengingat ikan cupang ialah hewan hidup yang pengirimannya tak sembarangan. Selain di pengemasan pengiriman seperti yang sudah saya ceritakan di atas, untuk pengiriman ke luar negeri juga butuh sertifikat pengiriman yang bisa dibantu urus oleh jasa ekspedisi pengiriman.

Untuk ongkos kirim alias ongkir, tentu saja ditanggung oleh pembeli. Karena itu, kebanyakan pembeli dari luar negeri tidak beli hanya 1 atau 2 ekor ikan cupang saja. Selain itu, harga jual ke pembeli luar negeri juga menyesuaikan, tentu saja harganya jadi lebih tinggi dibanding bila dijual secara lokal. Nah oleh sebab itu, agar pembeli dari luar negeri tidak merasa keberatan atas biaya yang dikeluarkan untum mendapatkan ikan cupang yang diinginkan, penjual juga bisa menyarankan pemilihan ekspedisi jada pengiriman terpercaya dengan tarif ongkir terjangkau. Seperti ongkir ke Amerika di bawah ini:

Tidak ada hasil yang menghianati usaha. Pandemi bukanlah alasan untuk berhenti mencari bisnis yang punya peluang besar dan berkembang. Ada banyak bisnis yang bisa dicoba, dimulai dari hal-hal yang kita suka, berawal dari passion. Mau coba peluang bisnis ikan cupang juga seperti kami. Yuk!

2 komentar :

  1. Ternyata sudah sebesar itu bisnis ikan cupangnya dan menjangkau luar negeru juga. keren banget.

    BalasHapus
  2. teman ku banyak banget yang bisnis ikan cupang, sangat menjanjikan :D

    BalasHapus

Terima kasih sudah membaca ^^
Tolong berkomentar dengan sopan yaaa... Maaf kalau ada yang belum terjawab :*

Back to Top