Categories

12 April 2022

Masak Menu Sahur dan Buka Puasa jadi Mudah Berkat Kobe


Alhamdulillah bisa bersua dengan bulan puasa kembali. Ramadhan yang luar biasa, sebab di rumah kami nambah 1 personil. Ada baby Dzaky yang kini usianya 10 bulan, masih menyusu dan membuat saya kudu ekstra pintar bagi waktu. Termasuk soal menyiapkan menu sahur dan buka puasa.


Kebayang kan bagaimana ribetnya kalau ada 1 balita dan 1 bayi di rumah? Apalagi saya dan suami mengasuh sendiri karena kami tinggal di rantau, jauh dari orang tua. Saya yang kurang bisa masak, jujur jadi bingung mau menyediakan menu apa untuk buka puasa dan sahur. Plus kudu tetap siapkan menu untuk sarapan dan makan siang si sulung, kalau makan malamnya kan kami makan bersama-sama saat buka puasa.


Untung saja saya punya stok banyak tepung Kobe. Bak dewa penolong, masak apa saja jadi lebih mudah. Paling gampang yaa goreng ayam pakai Kobe Tepung Kentucky SuperCrispy. Dijamin enak, krispy dan si sulung auto doyan. Nasinya habis, gak pakai rewel. 

Memang yaa ini tepung yang tiada duanya. Apalagi sudah terjamin mutunya karena Kobe memulai perjalanannya sejak tahun 1979, dimulai dari industri rumahan di Semarang. Wow, keren bisa berkembang pesat seperti sekarang! Tahu tidak, ternyata produk pertama Kobe adalah Tepung Bumbu yang jadi pencetus tepung bumbu pertama di Indonesia loh.


Ada yang unik nih. Tidak hanya saya, banyak yang mengira Kobe asalnya dari Jepang. Namanya begitu sih, khas negeri sakura. Siapa sangka ternyata asli buatan anak negeri kita sendiri dan rupanya Kobe merupakan kependekan dari Kata Orang Banyak Enak. Serius! Kobe punya tagline Kobe Ahlinya Tepung Bumbu! Tagline yang bukan omong kosong belaka. Coba sendiri saja bila tak percaya.


Balik ke ayam goreng, tapi kan kurang seru kalau masaknya cuma goreng ayam melulu. Bulan puasa begini maunya menu variatif jadi selera makan meningkat untuk sahur dan buka puasa. Nah di saat bingung mau masak apa, saya menemukan link Inspirasi Menu 30 Hari Bulan Ramadhan. Pas lihat-lihat pilihan menunya, ternyata mudah di-recook nih. Boleh lah ya ikutan nyontek resep di sini.


Enaknya lagi dengan Inspirasi Menu 30 Hari Bulan Ramadhan selain tak bingung lagi mau masak apa, bisa mempermudah untuk belanja stok bahan makanan loh. Kudu komplitin varian tepung Kobe nih, biar gampang dan cepat buat recook menu-menu lezatnya. Oiya, varian tepung Kobe ada: Kobe Tepung Tempe Kriuk, Kobe Tepung Kentucky SuperCrispy, Kobe Tepung Bumbu Putih, Kobe Tepung Serbaguna, Kobe Tepung Bakwan Kress dan juga Kobe Tepung Pisang Goreng Crispy.

Kali ini saya mau pakai Kobe Tepung Bakwan Kress. Hasil nyontek Inspirasi Menu 30 Hari Bulan Ramadhan yang menu Bakwan Teri. Kebetulan saya suka teri dan inginnya suami juga anak-anak juga suka makanan yang simpel dibuat serta rasanya enak ini. Apalagi Bakwan Teri kan juga cocok sebagai menu takjil, orang jawa tidak akan jauh dari buka puasa pakai gorengan.


Ini dia resepnya:

Bahan:

- 150 gram teri basah (buang kepala dan perutnya agar tidak pahit)

- 1 bungkus Kobe Tepung Bakwan Kress

- 50 gram bawang bombay (cincang halus)

- 1 buah jagung manis (dipipil)

- 3 lembar daun jeruk (iris tipis-tipis biar keluar aromanya)

- 120 ml air

- minyak goreng secukupnya untuk menggoreng


Cara membuat:

1. Cuci bersih teri lalu diberi perasan jeruk nipis untuk hilangkan aroma amisnya. Setelah itu sisihkan.

2. Tuang Kobe Tepung Bakwan Kress ke dalam wadah lalu tambahkan air. Kemudian aduk dan pastikan tidak ada yang menggumpal. Adonan pun siap.

3. Lanjut masukkan ikan teri, bawang bombay cincang dan irisan daun jeruk lalu diaduk merata. Tambahkan pipilan jagung.

4. Panaskan minyak goreng dalam wajan, pakai api sedang. Goreng adonan. Saya pakai cetakan bulat biar bagus. Nah tinggal digoreng hingga berwarna kuning kecoklatan.

5. Angkat dan sajikan. Paling enak disantap selagi hangat, jadi gorengnya pas dekat-dekat waktu berbuka.

Hmmm... Rasanya enak! Gak cuma gurih tapi juga garing di luar tapi empuk di dalam. Itulah mengapa saya percayakan gorengan Bakwan Teri pakai Kobe Tepung Bakwan Kress karena sudah diformulasi untuk membuat bakwan dan menghasilkan gorengan yang kress renyahnya. Apalagi juga terbuat dari racikan bumbu rempah alami, jelas tanpa pengawet dan pewarna buatan sehingga aman disantap seluruh anggota keluarga, termasuk anak-anak. Praktis digunakan dan bisa dikreasikan untuk membuat aneka gorengan lainnya. Isian teri juga bisa diganti dengan sayuran seperti kubis dan wortel loh. 


Sepiring habis, goreng lagi.

Nah ini dia hasil recook masakan saya untuk buka puasa, yang saya liat di Inspirasi Menu 30 Hari Bulan Ramadhan. Menu ini dimasaknya simple banget karena cuma pakai produk Kobe dan rasanya enak. Jadi tak perlu bingung lagi mau masak apa besok, karena sudah saya print dan pajang menu 30 harinya di dapur. Ahaha. Yuk ikutan intip linknya Inspirasi Menu 30 Hari Bulan Ramadhan dan pastikan kamu juga unya resep-resepnya ya!





Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Terima kasih sudah membaca ^^
Tolong berkomentar dengan sopan yaaa... Maaf kalau ada yang belum terjawab :*

Back to Top