Categories

03 April 2022

Pengertian Jaringan VoIP dan Kegunaannya untuk Bisnis

 

Beberapa tahun terakhir ini, pelaku bisnis menyadari mengenai penting dan manfaat penggunakan VoIP yang menggantikan sistem telepon tradisional mereka. Sebagai hasilnya, VoIP memang menjadi pilihan yang cukup populer sebagai landasan sistem telepon modern yang digunakan untuk berbagai industri saat ini. Namun apakah benar jaringan sistem telepon VoIP ini lebih punya banyak manfaat dibandingkan jaringan telepon tradisional? Pada tulisan kali ini akan dibahas lebih lanjut mengenai hal ini.

Bagi pelaku bisnis yang rutinitasnya menggunakan telepon pasti mengerti bahwa jaringan telepon yang murah, stabil, dan juga cepat merupakan salah satu solusi utama. Nah saat ini banyak sekali kebutuhan bisnis online yang bisa memenuhi berbagai kebutuhan customer. Misalnya saja untuk bisa membeli produk secara online, mulai dari barang kebutuhan pribadi sampai dengan kebutuhan industri seperti tyre changer dan sebagainya.


Apa Itu Sistem Telepon VoIP?

Pada masa lalu, sistem telepon mengharuskan untuk provider menyimpan server pada mesin mereka sendiri. Dengan cara ini tentu investasi dan juga pembangunan infrastruktur sangatlah besar sehingga membutuhkan modal yang sangat besar.

Di jaman sekarang, solusi sedikit berubah karena munculnya teknologi komputasi awan atau cloud computing. Teknologi ini memungkinkan kita menyimpan berbagai data server di tempat virtual tidak perlu membangun infrastruktur fisik. Sehingga solusi ini sangat terjangkau dan bisa menghemat banyak sekali biaya.


Apa Kelebihan dan Kekurangan VoIP?

Untuk mengetahui secara garis besar penggunaan dari teknologi ini, mari kita bahas mengenai kelebihan dan kekurangan dari sistem telepon ini terutama untuk dampaknya terhadap sebuah bisnis.


Kelebihan VoIP

1. Teknologi VoIP Memberikan Penghematan Biaya Untuk Bisnis

Tujuan dari sebuah bisnis untuk lebih memilih sistem telepon VoIP adalah tentu untuk menghemat biaya operasional mereka. Teknologi VoIP ini biasanya memiliki biaya operasional yang lebih rendah dari sistem tradisional, baik untuk telepon lokal ataupun sambungan internasional.

Selanjutnya, kebanyakan dari jaringan sistem VoIP sendiri memiliki beberapa pilihan paket layanan dan produk sehingga tidak perlu membayar biaya yang seharusnya tidak digunakan. Tentu ada beberapa fitur tambahan yang harus dibayarkan seperti misalnya call forwarding, screening, caller ID, dan sebagainya.

2. Skalabilitas

Dari sisi skalabilitas, manajemen dari sistem telepon VoiP sangatlah tinggi. Mulai dari penambahan line baru untuk telepon baru, tidak membutuhkan tambahan kabel, sehingga tidak perlu ribet untuk menata kembali ruangan. Anda bisa sesuaikan dengan kebutuhan bisnis dengan cepat, dan tidak perlu khawatir kebanyakan layanan sistem telepon VoIP memiliki kemampuan skalabilitas yang baik.

3. Solusi Untuk Pengguna Yang Memiliki Mobilitas Tinggi

Bisnis dengan sistem VoIP akan lebih fleksibel. Dengan menggunakan teknologi ini Anda bisa menggabungkan beberapa lokasi dengan satu sistem. Beberapa setup dan fitur akan memudahkan kita bekerja dari mana saja dan kapan saja.


Kelemahan VoIP

1. VoIP Sangat Bergantung Dengan Kecepatan Internet

Kecepatan internet bisa menjadi sebuah pedang bermata dua. Di Indonesia sendiri cukup populer mengenai koneksi internet yang sering ngadat dan tidak stabil. Tentu ini akan berpengaruh pada performa keseluruhan sistem VoIP. Solusinya, Anda bisa bekerjasama dengan penyedia layanan internet atau provider yang berkualitas jika benar - benar ingin mengedepankan koneksi yang cepat dan handal.

2. Telepon Darurat Harus di Konfigurasi Terlebih Dahulu

Beberapa kekurangan lainnya adalah mengenai konfigurasi telepon darurat seperti 911. Saat pertama kali menggunakan sistem ini kita harus mengatur terlebih dahulu karena dari sisi sistem, telepon VoIP tidak terintegrasi dengan lokasi fisik. Hal ini bisa menyebabkan kita salah lokasi ketika menelpon layanan telepon darurat


Itu dia beberapa informasi mengenai salah satu sistem yang bisa menjadi solusi untuk bisnis Anda. Tentunya ada juga beberapa sistem telepon lain seperti ip pbx solution  dan lain sebagainya untuk bisa dijadikan sebagai pilihan dan solusi bisnis. Semoga informasi ini bermanfaat ya? Terima kasih.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Terima kasih sudah membaca ^^
Tolong berkomentar dengan sopan yaaa... Maaf kalau ada yang belum terjawab :*

Back to Top