Solusi Efektif untuk Sakit Gigi Berlubang yang Ada di Pasaran

Solusi sakit gigi berlubang menjadi hal yang utama dicari. Anggapan lebih baik sakit gigi daripada sakit hati rupanya hanya kiasan semata. Sebab nyatanya sakit gigi terasa begitu tidak nyaman nan menyiksa. Pada sakit gigi selain rasanya nyeri, juga bisa membuat kehilangan mood, nafsu makan serta mengganggu aktivitas.


Tidak hanya itu, sakit gigi niscaya memicu terjadinya penyakit lainnya bila tidak segera ditangani, bahkan bisa menjadi penyakit serius. Ada penelitian yang menyebutkan bahwa penyakit gigi berlubang menimbulkan gangguan pada jantung, hingga memicu resiko stroke. Pada ibu hamil pun sakit gigi bisa menjadi masalah yang cukup kompleks. Tentunya penanganan sakit gigi menjadi utama agar hal terburuk bisa diantisipasi.


Sakit gigi bisa terjadi karena gigi retak ataupun gigi geraham yang baru tumbuh. Namun di antara banyaknya penyebab sakit gigi, gigi berlubang menjadi masalah yang sering terjadi. Gigi berlubang terjadi oleh adanya plak pada gigi, yang merupakan lapisan berisi bakteri. Bila tidak rutin membersihkan gigi, misalnya lupa menggosok gigi setelah makan dan sebelum tidur, maka plak semakin tebal dan menumpuk. Hingga kemudian bakteri dalam plak merusak lapisan gigi dan menyebabkan gigi berlubang.


Jika saja sakit gigi berlubang segera mendapatkan penanganan, maka sakit giginya tidak sampai menyebabkan munculnya rasa nyeri yang mengganggu. Akan tetapi pada kebanyakan orang malah membiarkannya berlarut-larut hingga sakit gigi berlubang jadi cukup parah. Sakit gigi berlubang bisa menjadi infeksi gigi, abses gigi, hingga gigi yang tanggal. Meski ambang nyeri setiap orang berbeda-beda, akan tetapi rasa nyeri karena gigi berlubang sulit tertahankan. Ada rasa "nyess" saat gigi berlubang terkena air dan makanan dingin, juga saat tersenggol makanan ataupun sesuatu. 


Karena itu segera konsultasikan ke dokter agar kondisi tidak bertambah parah. Sebelum konsultasi, kebanyakan orang mencari solusi cepat untuk penanganan pertama pada gigi berlubang. Ada berbagai rekomendasi solusi sakit gigi berlubang yang tersedia di pasaran, tinggal memilih mana yang lebih efektif dan sesuai dengan kebutuhan. Mana yang ampuh mengurangi rasa tidak nyaman, mampu meredakan nyeri, bengkak, ataupun gejala lain yang dirasakan. Beberapa solusi sakit gigi berlubang yang tersedia di pasaran antara lain:


1. Berkumur Memakai Air Garam

Source: astronauts.id


Orang dulu menyarankan agar segera berkumur memakai air garam apabila merasakan rasa nyeri akibat sakit gigi berlubang. Sejatinya berkumur memakai air garam dapat mengurangi tegangan permukaan sehingga nyeri berkurang. Sayangnya solusi ini tidak menghilangkan sumber penyakit, gigi berlubang tidak akan bisa tertambal dengan ini. Solusi ini menjadi alternatif sementara yang dirasa kurang efektif.


2. Mengunyah Bawang Putih Mentah

Seperti halnya berkumur memakai air garam, solusi mengunyah bawang putih mentah merupakan anjuran orang dulu. Caranya dengan mengunyah bawang putih mentah atau meletakkan irisan bawang putih di sisi mulut yang giginya terasa nyeri, selama beberapa menit. Dalam artian solusi ini jadi bersifat sekedar mengendalikan rasa nyeri, bukan mengobati sumber sakit giginya. Ternyata bawang putih mentah yang punya sifat antiseptik dan antimikroba bisa membunuh bakteri penyebab infeksi gigi, mesti --lagi-lagi-- tidak bisa menambal gigi berlubang.


3. Memakai Obat Semprot Rongga Mulut

Solusi yang dirasa efektif untuk mengurangi nyeri gigi berlubang adalah dengan memakai obat semprot rongga mulut. Obat semprot rongga mulut ini banyak tersedia di pasaran sehingga mudah didapatkan dengan segera saat rasa nyeri sakit gigi berlubang terjadi. Fungsi obat semprot rongga mulut adalah bisa untuk menghilangkan rasa sakit, tidak hanya nyeri sakit gigi berlubang tapi juga bisa untuk sariawan, radang gusi, dan sakit saat pertumbuhan gigi. 

Ada banyak merek obat semprot rongga mulut yang efektif, salah satunya adalah Cooling 5 Plus Orange yang tersedia dalam kemasan 15 ml. Botolnya yang mini dan mudah digenggam membuatnya mudah untuk disemprotkan pada area yang sakit, bila perlu diulang tiap 3-4 jam sekali. Dengan komposisi Benzocaine 3 mg dan Phenol 5 mg, Cooling 5 Plus Orange kemasan spray bisa jadi solusi nyeri sakit gigi berlubang yang cukup efektif nan mudah digunakan. Bisa langsung semprotkan atau oleskan sedikit pada daerah yang sakit, namun jangan sampai tertelan. 


4. Penggunaan Fluoride

Source: dental.id


Pada sakit gigi berlubang, penggunaan fluoride diberikan bila lubang di gigi masih sangat kecil. Cara ini menjadi efektif bila dilakukan secara tepat pada yang lubangnya masih permulaan. Caranya dengan cukup menggosok fluoride berjenis cair, busa, gel, atau pernis ke gigi selama beberapa menit dan ini dilakukan oleh dokter gigi. Berbeda dengan sikat gigi biasa yang memakai pasta gigi ber-flouride, pemberian fluoride dalam perawatan ini menggunakan lebih banyak dibandingkan pasta gigi biasa. 


5. Melakukan Tambal Gigi

Source: alomedika.com


Setelah diperiksa oleh dokter gigi, gigi berlubang bisa ditambal gigi atau filling. Ini adalah tindakan yang umum dilakukan untuk mengatasi gigi berlubang. Dengan terlebih dahulu membersihkan bagian gigi yang sudah rusak dan berlubang menggunakan bor khusus, dokter gigi lalu menambal gigi berlubang memakai bahan khusus seperti komposit, porselen, emas, ataupun perak.


 

6. Perawatan Saluran Akar

Source: news.unair.ac.id


Ada kondisi khusus dimana tambal gigi tidak bisa dilakukan. Kemudian perawatan saluran akar menjadi solusi efektif karena kemudian bisa menghilangkan sakit gigi berlubang. Perawatan saluran akar atau root canal ini dilakukan bila terjadi pembusukan yang mencapai bagian dalam gigi (pulpa), ataupun karena saraf yang sudah mati. Dengan membuang jaringan saraf pada daerah yang busuk, membersihkan lalu dokter gigi pun menambal atau memberikan crown agar gigi tak perlu dicabut.


7. Cabut Gigi

Source: sehatq.com


Solusi akhir yang dirasa efektif bila kondisi gigi berlubang sudah tidak memungkinkan untuk ditambal adalah cabut gigi. Sayangnya gigi yang tercabut kemudian meninggalkan celah atau area yang bisa membuat gigi lainnya bergeser. Untuk mengatasi hal ini, dokter gigi biasanya juga menyarankan untuk melakukan pemasangan gigi implan untuk menggantikan gigi yang dicabut sehingga tidak ada area kosong. Juga untuk mengurangi rasa tidak nyaman akibat adanya gigi yang tercabut.


Untuk pilihan obat yang ampuh dan bisa jadi solusi sakit gigi berlubang bisa dibaca di artikel berikut ini https://mediaindonesia.com/humaniora/437994/empat-pilihan-obat-yang-ampuh-atasi-sakit-gigi. Namun ada baiknya untuk segera berkonsultasi ke dokter gigi apabila sakit gigi akibat gigi berlubang tidak kunjung membaik. Hal ini demi mendapatkan penanganan yang tepat sehingga bisa mengantisipasi timbulnya masalah lain akibat sakit gigi berlubang.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah membaca ^^
Tolong berkomentar dengan sopan yaaa... Maaf kalau ada yang belum terjawab :*