Tips Lengkap agar Lolos Ujian CPNS 2023


Hai hai kalian yang bersemangat di CPNS 2023!


Seperti biasa, banjir pendaftar CPNS di tiap tahunnya. Tentu saja persaingan agar bisa lolos jadi kian ketat. Jangan santai-santai dong. Wajib punya trik dan strategi khusus biar bisa mewujudkan mimpi menjadi abdi negara.


Saingan yang banyak semoga tak sampai membuat patah semangat. Sebaliknya, ini menjadi pemicu agar bisa jadi yang terbaik. Harus disiapkan sebaik mungkin nih. Yuk mulai mempersenjatai diri dengan trik dan tips cerdas peningkat peluang sukses di seleksi CPNS 2023.


Setiap detail persiapan menjadi CPNS 2023 sangat berharga. Siapa tahu ternyata malah langkah kecil yang dipersiapkan menjadi tonggak perubahan yang bermakna. Jangan sampai jadi disalip peserta lain karena salah langkah. Karenanya yuk ikuti tips lengkap agar lolos CPNS ini ya.


Rencanakan Jadwal Belajar dengan Baik


Namanya ujian CPNS tentunya harus bisa memecahkan soal-soal yang diberikan. Karena itulah maka pertama-tama, kudu punya jadwal belajar yang teratur. Dengan begitu jadi terbiasa mempelajari dan menyelesaikan soal materi ujian. Konsistensi merupakan kunci yang utama.


Menguasai Materi Ujian


Seperti di masa sekolah dulu, soal dan materi ujian CPNS yang dikuasai dengan baik jadi mempermudah untuk menyelesaikan tes CPNS. Pelajari silabus kemudian mengidentifikasi berbagai topik yang sering muncul dalam ujian. Semakin menguasainya maka akan semakin bagus.


Tingkatkan Kemampuan Bahasa Inggris


Di era globalisasi dan teknologi seperti saat ini, penguasaan bahasa asing menjadi hal yang utama. Terlebih Bahasa Inggris merupakan salah satu mata pelajaran yang ada dalam seleksi CPNS. Bisa mempelajarinya lewat berbagai konten sharing ilmu yang ada di internet. Pun bisa dengan mengambil kursus bahasa Inggris yang memperkaya kosakata, meningkatkan grammar, spelling dan kemampuan berbicara, serta menulis.


Jaga Kesehatan dan Kebugaran 


Yang tak kalah pentingnya dalam mengikuti ujian tertulis adalah memiliki kesiapan diri untuk tes kesehatan dan kebugaran. Perlu sekali jaga kondisi fisik dengan pola hidup sehat dan olahraga teratur. Pasalnya bila terlalu fokus pada penguasaan materi tes saja, bisa gugur juga bila ada masalah kesehatan. Jangan sampai stres, ya!


Ikuti Bimbingan Belajar dari Skill Academy


Ini dia solusi terbaik di persiapan ujian CPNS. Yakni mengikuti Bimbel CASN by Skill Academy. Jadi kalau sudah bergabung dalam bimbel CPNS Skill Academy, maka bisa menikmati berbagai keuntungan seperti berikut ini loh:


1. Pembelajaran dari para ASN: Belajar langsung dari mereka yang telah berhasil melalui tes CASN di tahun-tahun sebelumnya.

 

2. Beragam kelas dapat diikuti: Bisa memilih dari berbagai kelas, seperti bootcamp online, bootcamp offline, dan kelas paket belajar mandiri.


3. Kurikulum terbaik: Mendapat akses ke kurikulum terbaik yang dirancang khusus untuk membantu lulus ujian CPNS.


4. Komisi atau cashback: Berkesempatan mendapatkan komisi atau cashback dengan memanfaatkan kode referral yang diberikan.



Update Berita Seputar CPNS


Orang yang selalu satu langkah di depan dalam mendapatkan info terbaru seputar CPNS merupakan mereka yang beruntung! Jangan sampai ketinggalan info penting dari BKN. Itulah mengapa, selalu update diri dengan tips jitu dan kabar terbaru juga diperlukan. Siapa tau ada kabar terbaru mengenai perubahan ketentuan atau tanggal penting. 


Menyiapkan Semua Dokumen dengan Sempurna


Tak asal mendaftar, persiapan dokumen yang lengkap sangat diperlukan. Validitasnya pun menjadi kunci membuka pintu kesuksesan dalam semua proses pendaftaran CPNS 2023 ini. Untuk itulah pastikan telah menyiapkan semua dokumen yang dibutuhkan dengan baik dan benar ya. Tidak perlu ragu untuk double check agar semua berjalan lancar dan bisa melenggang menuju tahap selanjutnya dengan percaya diri.


Tidak hanya untuk diri ini, menjadi PNS adalah impian banyak orang. Karena itu, jika punya persiapan yang tepat dan mantap, impian bisa menjadi nyata. Langsung saja mulai persiapkan segalanya sekarang juga dengan mengikuti tips-tips di atas dan bergabung dengan Bimbel CASN by Skill Academy. Pastikan kesuksesan dalam ujian CPNS ada di depan mata.


Yuk kunjungi situs resmi Skill Academy untuk informasi lebih lanjut. Segera bergabung dengan komunitas di Instagram Bimbel CASN untuk mendapatkan update terbaru dan aneka promosi menarik.

sumber: https://www.instagram.com/bimbel.casn/


Cek website resmi https://skillacademy.com/casn untuk mendapatkan berbagai informasi awal. Pastikan juga untuk mengontak tim tes CASN Skill Academy agar bisa bertanya-tanya dan diskusi dengan sejelas-jelasnya.


Di Skill Academy bisa memilih untuk bergabung di Kelas Paket Mandiri atau bahkan Bootcamp Online bersama teman-teman baru yang memiliki semangat yang sama untuk menjadi Aparatur Sipil Negara berintegritas. 


Yap ... jangan sampai ketinggalan! Siapkan dirimu untuk bersinar bersama Bimbel CASN by Skill Academy!



  

Memahami Persepsi "Wanita dan Kusta"

 


Penyakit kusta yang dikenal sejak zaman kuno ternyata hingga kini masih menjadi suatu masalah. Terlebih apabila mengenai wanita, tidak hanya menjadi masalah kesehatan serius namun juga bisa mengganggu makhota kecantikannya. Penelitian WHO yang menyelidiki dampak kusta menyebutkan bahwa kusta ini memperburuk kesetaraan gender yang ada. Diagnosis kusta juga menyebabkan stigmatisasi diri lebih besar di kalangan wanita sehingga berdampak besar pada kegiatan, terlebih karena kondisinya disembunyikan maka akan sulit keluar dari lingkaran penyakit kusta.

Pertanyaan tentang bagaimana solusinya kemudian terpecahkan ketika saya mengikuti Ruang Publik KBR yang dipersembahkan NRL Indonesia dengan tema "Wanita dan Kusta" pada Rabu, 30 Agustus 2023 pukul 09.00 - 10.00 WIB. Tayangan ini streaming dan bisa disimak ulang di YouTube Berita KBR. Menghadirkan Yuliati yang merupakan ketua PerMata Sulawesi Selatan yang juga Orang yang Pernah Menderita Kusta (OYPMK) Perempuan, diskusi ini kian seru dengan dipandu oleh Rizal Wijaya.

Dikisahkan pada 2011, Yuliati pertama kali tahu bahwa dirinya terkena kusta. Kemungkinan dia tertular dari sepupunya yang merantau, karena sempat menunjukkan tanda-tanda terkena kusta namun saat itu belum paham akan penyakit kulit tersebut. Yuliati sempat menyembunyikan penyakitnya, bahkan sampai berhenti kuliah. Hingga kemudian kakak iparnya menanyakan kondisinya, Yuliati pun memberanikan jujur dan kemudian ditemani berobat ke pelayanan kesehatan. Padahal awalnya hanya ada bercak kecil di kaki, siapa sangka ternyata itu kusta.

Penyakit kusta ditandai dengan adanya mati rasa pada bagian tubuh yang terkena. Jadi saat itu Yuliati menggaruk salah satu ibu jari kakinya, namun terasa berbeda dengan lainnya. Ia tidak merasakan apa-apa, mungkin karena sudah setahun bercak kecil itu dibiarkan tanpa diobati. Antara percaya dan tidak percaya, dirinya kemudian tahu kalau itu gejala kusta apalagi bercak itu kemudian melebar.

Di masyarakat banyak informasi yang tidak benar tentang kusta. Yang katanya penderita kusta bisa menyebabkan disabilitas dan kemudian diisolasi, tidak bisa menikah, tidak bisa bekerja serta rumor-rumor menakutkan lainnya. Salah kaprah inilah yang membuat Yuliati semakin takut jujur akan kondisinya dan kemudian menyembunyikan diri bahkan sempat berpikir untuk bunuh diri. Padahal kusta yang dideritanya hanya di jari kaki namun kemudian benar-benar membuat kondisinya terpuruk, namun stigma penderita kusta itulah yang membuat penderitanya sempat kehilangan semangat untuk hidup.

Beruntung keluarga Yuliati menerima kondisinya. Tidak ada menjauhinya, justru Yuliati yang menarik diri karena khawatir keluarganya bisa tertular. Yuliati pun berangsur naik kepercayaan dirinya, kemudian bisa keluar dari stigma diri. Ia bersyukur kalau ada yang menerima dirinya, dan berjanji akan jadi pribadi yang lebih baik lagi.

Yuliati berpesan, "Bila tahu kalau diri terkena kusta, jangan menunda-nunda untuk memeriksakan diri dan rutin berobat. Bila mengalami reaksi saat minum obat, segera konsultasikan pada petugas kesehatan sehingga bisa mendapat solusinya. Karena obat kusta memang memiliki efek samping yang berbeda-beda pada tiap individu, tapi hal ini bisa diminalisasi."

Di Ruang Publik KBR juga ada interaksi dengan penonton dan pendengarnya. Kita bisa bertanya lewat telepon, kirim pesan di WhatsApp ataupun komentar di kolom YouTube. Nantinya host akan membawakan dan dijawab langsung oleh narasumber. Dengan begitu segala pertanyaan kita mengenai kusta akan mendapat jawabnya dan bisa menghilangkan pemikiran buruk mengenai penyakit yang disebabkan oleh bakteri ini.

Dari diskusi "Wanita dan Kusta", saya baru tahu kalau ada organisasi bernama PerMaTa yang dari dan untuk penderita kusta. Anggota adalah orang-orang yang sedang menderita kusta dan pernah menderita kusta. Dengan begitu di PerMaTa jadi bisa saling menguatkan dengan bisa sharing pengalaman dan memberikan support. Saat bergabung dengan PerMaTa pun Yuliati jadi lebih bersemangat melanjutkan hidup karena jadi menyadari ternyata ada yang kondisinya lebih parah darinya, bahkan sampai mengalami disabilitas namun masih giat berkarya dan menikmati hidup. Yuliati jadi optimis untuk bisa lebih baik lagi dan rajin mengikuti pelatihan-pelatihan yang membangun karakter dan penerimaan diri.

PerMaTa juga sering bekerja sama dengan institusi kesehatan dan melakukan sosialisasi tentang kusta ke masyarakat dan sekolah-sekolah. Tentang bagaimana penularannya, kusta itu bisa sembuh, kontak erat yang bisa membuatnya tertular dan kalau berobat maka tidak akan menularkan. Dengan begitu stigma buruk akan kusta jadi berkurang, ketakutan dekat dan mengenal penderita kusta jadi minimal.