Strategi Mengumpulkan Biaya Pernikahan yang Harus Diketahui

 

Dalam melaksanakan pernikahan, biasanya para calon pasangan yang akan menikah memiliki strategi mengumpulkan biaya pernikahan masing-masing. Menikah merupakan salah satu momen paling istimewa yang ditunggu-tunggu dalam hidup kita.


Oleh karena itu, wajar banyak pasangan yang menginginkan resepsi atau pesta pernikahan digelar secara meriah. Namun, untuk melaksanakan pesta meriah tersebut tentu akan memerlukan persiapan dana yang matang. Sehingga banyak orang atau pasangan yang memiliki rencana dalam menyiapkan dana pernikahannya.


Biasanya setiap pasangan akan merinci biaya-biaya untuk keperluan acara pernikahan, seperti biaya sewa gedung, catering, fotografer hingga biaya souvenir.


Strategi Mengumpulkan Biaya Pernikahan

Berikut ada beberapa tips yang dapat diikuti oleh pasangan yang mempunyai rencana untuk menggelar acara pernikahan.

1. Pisahkan gaji

Cara pertama yang paling mudah untuk memulai strategi mengumpulkan dana pernikahan adalah dengan memisahkan gaji. Untuk urusan gaji, sangat wajar bila ada salah satu di antara pasangan memiliki gaji yang lebih besar. Hal tersebut bukanlah masalah, namun pembagian serta alokasinya mesti diatur agar tidak terjadi kekurangan atau benturan dana.


Misalnya, yang memiliki gaji lebih besar digunakan untuk menabung keperluan besar, seperti gedung dan catering. Lalu untuk yang mempunyai gaji kecil, digunakan untuk undangan dan souvenir.


2. Buku tabungan khusus menikah

Meskipun pernikahan akan digelar 1 tahun lagi, tak perlu khawatir karena masih ada kesempatan untuk mengumpulkan biayanya. Bukalah segera buku tabungan baru yang khusus untuk kebutuhan pernikahan.


Tentukan jumlah uang yang akan ditabung setiap bulannya. Jumlah tersebut dapat dikalkulasikan dari jumlah kebutuhan biaya pernikahan nanti. Misalnya, sebuah pasangan membutuhkan Rp 75.000.000,- untuk biaya pernikahan, maka disarankan untuk pasangan tersebut untuk menyisihkan uang minimal Rp 6.000.000,- ke dalam tabungan khusus pernikahan.


3. Mengubah kebiasaan kencan yang mewah menjadi lebih sederhana

Kebiasaan sebuah pasangan dalam menghabiskan waktu bersama di tempat mahal, ada baiknya mulai untuk diubah. Sebagai gantinya, mulailah rencanakan aktivitas yang lebih dapat menghemat biaya.


Misalnya berkunjung ke rumah seminggu sekali, untuk saling berbagi cerita mengenai apa yang dialami selama seminggu terakhir, menonton film serta hal-hal lainnya yang menjadi kesukaan sang kekasih. Meskipun terlihat membosankan, kegiatan tersebut bisa menghemat pengeluaran serta membangun chemistry antara pasangan agar dapat lebih mengenal satu sama lain.


4. Cicil keperluan menikah

Seperti yang diketahui, keperluan menikah sangatlah banyak. Selain gedung dan catering, ada keperluan lain seperti aksesoris, seserahan, souvenir dan baju pengantin yang bila dihitung bisa menyerap biaya yang sangat besar.


Agar hal tersebut tidak memberatkan menjelang hari pernikahan, sangat disarankan untuk mencicil dengan segera. Misalnya, jika ingin memberikan 7 jenis seserahan kepada pasangan, maka cobalah untuk mencicilnya seperti membeli 2 jenis seserahan setiap bulan hingga semua keperluan terpenuhi.


5. Mulai investasi

Tips yang terakhir adalah dengan melakukan investasi. Belilah beberapa instrumen investasi, seperti emas dan reksadana. Selain dari gaji yang tetap, dengan mengikuti investasi diharapkan dapat membantu pasangan dalam mengumpulkan dana untuk pernikahan.


Apabila Memutuskan Untuk Menanggung Biaya Pernikahan Sendiri

Kebanyakan dari orang tua ingin mengundang para kerabatnya pada pesta pernikahan sang anak. Tetapi, belakangan ini banyak pasangan pengantin yang menggelar pesta pernikahannya dengan cara yang lebih sederhana. Tanpa harus repot mengundang banyak tamu yang mayoritas relasi dari orang tua mereka, pasangan tersebut hanya mengundang sahabat-sahabat mereka.

Pilihan tempat yang tidak terlalu besar dan cukup hanya di restoran yang memiliki kapasitas sekitar 100-150 tamu saja. Hal ini tentu akan membuat pesta pernikahan lebih intim serta penuh dengan kehangatan.


Pesta pernikahan seperti itu umumnya dibiayai sendiri oleh pasangan pengantin, tanpa menggunakan bantuan biaya dari orang tua mereka. Tetapi, hal yang harus dipastikan adalah restu dan kesepakatan dari orang tua sedari awal.


Mengadakan pesta atau acara pernikahan tanpa memberikan beban adalah suatu hal yang paling penting bagi pasangan. Tidak ada juga yang mengharuskan resepsi pernikahan harus mewah dan megah. Yang paling utama adalah acara dilaksanakan secara khidmat karena pernikahan merupakan prosesi yang sakral.


Itulah penjelasan mengenai strategi mengumpulkan biaya pernikahan, Mengumpulkan biaya jauh sebelum menggelar acara pernikahan merupakan suatu hal yang harus dilakukan, jika ingin mengadakan pesta yang mewah dan meriah. Dan diharapkan juga dapat meringankan beban sebelum digelarnya pernikahan.

Kiat-kiat Tentukan Produk Baru dengan Trademark Indonesia



Nama adalah sisi penting dari satu merek, produk, atau layanan. Demikian keutamaan satu nama, kabarnya Ray Kroc si pendiri waralaba McDonald's percaya jika restaurant itu akan berhasil karena hanya namanya. Nama sebagai wakil bermacam hal, dimulai dari kekhasan sampai cerita ada di belakang satu trademark Indonesia.

Nama yang memikat akan membuat suatu produk gampang dikenang, menonjol antara beberapa pesaingnya. Tetapi kadang susah sekali untuk membuat nama semacam ini. Kita dapat habiskan waktu lama untuk suatu hal yang berkesan remeh. Tutorial di bawah akan menolongmu mengakhiri permasalahan itu.


Ketahui Tiga Macam Penamaan

Saat sebelum tentukan nama, pertama kali kita harus memahami jika nama type penamaan itu ada beberapa macam. Tiap macam sebagai wakil arah penamaan yang berbeda. Tiga macam itu ialah:
  • Fanciful (penamaan cantik/keren)
  • Literal (penamaan harfiah)
  • Metaphoric (perumpamaan)

Nama type fanciful benar-benar tidak menerangkan peranan satu produk. Bernama yang tidak preskriptif, perusahaan bebas membuat identitas atau narasi tertentu untuk diasumsikan bernama itu. Type ini pas untuk merek baru, tetapi perlu banyak usaha pemasaran supaya kuat di pasar. Contoh: McDonald's, Nike, atau Apple.

Nama type metaphoric serupa dengan fanciful, yakni mempunyai tujuan membuat satu identitas. Perbedaannya, type ini telah mempunyai kisah peranan produk, lalu menambah tehnik emotional pemasaran ke dalamnya. Nama metaphoric simpan janji yang membuat customer terpikat. Contoh: Air Jordan, Electronic Arts, atau Facebook.

Nama type literal langsung sampaikan peranan serta kualitas satu produk. Customer langsung tahu, produk itu sesuai keperluan mereka atau mungkin tidak. Untuk perusahaan yang telah mempunyai trademark indonesia kuat, nama literal benar-benar efisien saat mengeluarkan produk baru. Contoh: Kentucky Fried Chicken, PlayStation Portable, atau Tech in Asia.


Alasan Pilih Tipe Nama

Dari ke-3 tipe nama di atas, opsi kita pasti benar-benar dikuasai oleh misi serta filosofi perusahaan. Tetapi supaya nama betul-betul maksimal, kita perlu lakukan penelitian pasar lebih dulu. Hal pertama yang penting ialah cari tahu adakah produk atau merek yang sama dengan produk kita. Seberapa banyak pesaing yang ada? Apa keunggulan dan kekurangan setiap pesaing? Apa kekhasan mereka, serta apa kekhasan kita? Jika pesaing banyak serta manfaatnya mirip-mirip, nama literal kemungkinan bukan inspirasi bagus. Coba pikir, ada berapakah medium yang mengulas sekitar tehnologi di daerah Asia? Terang lebih satu. Tetapi mustahil semua dinamakan "Tech in Asia", kan? Dalam masalah ini, nama fanciful atau metaphoric bisa saja opsi lebih pas. Kedua, lihat juga pasar yang kita incar. Semacam apa demografi pasar itu? Jika demografinya condong berisi golongan profesional yang serius, pakai kalimat yang berkesan profesional serta serius juga. Begitupun kebalikannya. Kita dapat cari ide kalimat dari kamus, buku, film, lagu, dan lain-lain. Ketiga, lihat merek positioning yang kamu punyai. Jika perusahaanmu ialah startup baru yang beroperasi di sektor yang tidak umum, kamu dapat pilih nama fanciful/metaphoric selanjutnya membuat identitas dari 0. Tetapi jika kamu ada di pasar yang cukup tersaturasi, nama literal dapat munculkan kekhasan lebih terang.

Kerjakan Eliminasi Serta Eksperimen

Tidak ada langkah yang tentu untuk mendapati nama yang pas. Kadang nama dapat tampil dari hal main-main atau tidak tersangka. Siapa yang menduga nama generik seperti "McDonald's" rupanya pas selaku nama waralaba hamburger? Meskipun begitu, ada banyak cara yang dapat kamu aplikasikan untuk menolong proses penelusuran nama. Dengan singkat, cara ini dipisah jadi tiga, yakni: - Brainstorming - Eliminasi - Eksperimen Berawal dari mengumpulkan sebagian orang untuk bergabung serta melangsungkan sesion brainstorming. Anggota brainstorming ini dapat dari mitra atau rekan, baik yang kerabater dengan produk atau tidak. Katakan semacam apa produk/merek yang kamu bikin, baik dari segi peranan atau emosi yang pengin kamu jual. Beri waktu seputar 20 menit pada setiap simpatisan untuk menulis nama yang menurutnya pas. Meminta tiap simpatisan mengidentifikasi beberapa nama yang menurutnya terbagus, lalu bahas apa keunggulan dan kekurangan nama itu.

Panduan Mendaftarkan Merek Melalui Jasa Pendaftaran Merek


Tidak boleh memakai merek yang serupa dengan merek lain, apa lagi sama dengan merek lain, yang sudah tercatat lerlebih dulu dan sudah didaftarkan melalui jasa pendaftaran merek dagang.
Tersering permintaan registrasi merek dagang atau merek layanan ditampik Dirjen HKI dalam pengecekan substantif karena permintaan registrasi merek dagang atau merek layanan itu memiliki kesamaan pada dasarnya atau kesemuaannya dengan Merek punya faksi yang lain telah tercatat terlebih dulu untuk barang dan/atau layanan yang semacam.

Yang diartikan dengan kesamaan pada dasarnya ialah keserupaan yang berasal dari ada elemen unsur yang mencolok di antara Merek yang satu dan Merek lainnya, yang bisa memunculkan kesan-kesan ada kesamaan baik berkenaan wujud, langkah peletakan, langkah tulisan atau gabungan di antara elemen unsur atau kesamaan bunyi perkataan yang ada dalam merek merek itu.

Karena itu penting lakukan Analisis dan Penelusururan Merek lebih dulu melalui jasa pendaftaran merek, untuk mengenali ada atau tidaknya merek sebelumnya yang memiliki kesamaan pada dasarnya atau kesemuaannya dengan merek dagang atau merek layanan anda yang akan didaftarkan.

  • Tidak boleh meremehkan beberapa surat dari Dirjen HKI hal permintaan registrasi merek anda, maka perlu bimbingan dari jasa pendaftaran merek.

Sepanjang proses permintaan registrasi merek, banyak tingkatan yang perlu dilewati, mulai dari pengecekan normalitas, pengecekan substantif, informasi dst. Yang manakah dari tiap tingkatan memungkainkan anda mendapatkan surat dari Dirjen HKI yang perlu anda tanggapi selekasnya. Selaku contoh anda memperoleh surat Saran Penampikan Permintaan Registrasi Merek dari Dirjen HKI yang perlu disikapi dengan ajukan surat berkeberatan dengan mengatakan argumen yang pas dan disodorkan dalam waktu yang dipastikan yakni 30 hari. Kekeliruan atau kerterlambatan menyebabkan Penampikan Permintaan Registrasi Merek anda.

  • Yakinkan pemohonan registrasi merek diatasi konsuktan HKI.
  • Tipe barang dan tipe layanan yang tidak pas dan tidak komplet.

Pelindungan Merek diberi pada Tipe barang atau tipe layanan yang didaftarkan. Yakinkan untuk tiap tipe barang atau tipe layanan yang anda punyai didaftarkan dalam permintaan registrasi merek. Selaku contoh anda menghasilkan barang sama mereka XYZ untuk barang barang produk Distro melipiti pakaian, celana, topi, ikat pinggang, sepatu, tas, dompet, arloji, perhiasan kalung, cincin, pendan.

Karena itu supaya pelindungan Merek maksimal kerjakan registrasi merek XYZ untuk:
  • Tipe barang: pakaian, celana, topi, sepatu; pada kelas 25.
  • Tipe barang: tas, dompet, ikat pinggang; pada kelas 18.
  • tipe barang: arloji, perhiasan kalung, cincin, pendan pada kelas 14.
  • Tipe layanan: Toko pemasaran ketengan, toko pemasaran grosir, Toko Dsitro; pada kelas 35
Jauhi penyebutan tipe yang tidak terang misalnya "kaos", sebab bisa masuk ke kelas 24 untuk "kain kaos," atau kelas 25 untuk "Pakaian Kaos".
Jauhi registrasi merek memakai kata preskriptif atau sebagai punya umum.
Merek tidak bisa didaftar jika Merek itu sudah jadi punya umum atau adalah info atau terkait sama barang atau layanan yang dimohonkan registrasinya.

Salah satunya contoh Merek semacam ini ialah sinyal tengkorak di atas dua tulang yang menyilang, yang pada umumnya sudah dijumpai selaku sinyal bahaya. Sinyal semacam itu ialah sinyal yang memiliki sifat umum dan sudah jadi punya umum. Oleh karenanya, sinyal itu tidak bisa dipakai selaku Merek.
Sedang yang diartikan merek adalah info atau terkait sama barang atau layanan yang dimohonkan registrasinya, misalnya Merek Kopi atau gambar kopi untuk tipe barang kopi atau untuk produk kopi.

Menambah Skill di Skill Academy by Ruangguru


Saya bermimpi bisa membuat desain dengan model kekinian, dijahit sendiri lalu dijual. Lumayan kan kalau laku, bisa cuan dan ditabung. Toh ibu rumah tangga era kini kan sudah bukan zamannya lagi berpangku tangan hanya menanti gaji suami. Kalau usaha sendiri, rasanya jauh lebih menyenangkan.

Terlebih di masa seperti sekarang ini, dimana era semakin maju dan dimudahkan dengan teknologi, tidak ada yang tidak mungkin. Kita bisa melakukan apa saja, apalagi sudah banyak platform yang mendukung kita untum bisa belajar apa saja dan mengembangkan skill. Salah satunya adalah hadirnya Skill Academy by Ruangguru yang menjadi salah satu platform belajar online andalan dengan aneka materi seputar peningkatan kemampuan profesional. Yang dipelajari luas sekali, loh.

Di Skill Academy by Ruangguru ada yang membahas strategi penjualan, kiat melakukan presentasi, hingga memahami investasi. Ini juga penting untuk saya pelajari, bukan? Dengan mempelajari ketiga hal ini, jadi bisa lebih memahami bagaimana untuk bisa berjualan dan laris manis di pasaran. Juga bagaimana memperkenalkan produk yang dijual dengan cara yang lebih baik sehingga menarik minat pembeli. Pun bagaimana kemudian menjadikan untung yang didapat sebagai modal untuk investasi, sehingga tak bingung di masa tua lagi.

Sebagai edtech alias teknologi di bidang edukasi nomor satu di Indonesia, Ruangguru memang telah menyediakan aplikasi belajar untuk K-12 dimana tingkat sekolah dasar hingga atas mendapat tambahan pelajaran sehingga lebih memahami materi yang diajarkan di sekolah. Namun rupanya Ruangguru kemudian merasa penting bagi lulusan SMA/SMK agar tetap melanjutkan belajar meningkatkan keahlian, tak hanya di bangku kuliah karena tujuannya agar bisa lekas terjun di dunia kerja dan punya bekal daya saing tinggi saat mencari atau berada di lingkungan pekerjaan. Inilah kemudian yang menjadi cikal bakal Skill Academy by Ruangguru, lahir.

Memang kemudian Skill Academy by Ruangguru menjadi solusi bagi mereka yang mengharapkan fleksibilitas belajar bagi kalangan dewasa yang cenderung sibuk. Tak hanya skill yang didapatkan saat bekerja sesuai bidang yang sekarang dijalani, namun juga bisa belajar mengembangkan skill baru yang ingin dipelajari, kapan pun dan di mana pun. Tahu tidak, yang seru di Skill Academy by Ruangguru tak hanya kualitas materi yang menjanjikan, namun bagaimana formulasikan cara belajar digital yang efektif, dengan kombinasi video interaktif, infografis, dan metode assessment yang dapat mengukur kemajuan pengguna menjadikan Skill Academy by Ruangguru favorit banyak penggunanya. Pun Skill Academy by Ruangguru ini sangat ramah dan mudah diakses oleh siapa saja, termasuk penyandang disabilitas tunanetra.

Pastinya untuk bisa mengakses Skill Academy by Ruangguru ini, terlebih dahulu harus bisa lolos program Kartu Prakerja yang digagas pemerintah dong. Dengan demikian jadi dapat biaya pelatihan yang dibantu oleh pemerintah, jadi tak kesulitan mencari biaya untuk mengikuti aneka pelatihan di Skill Academy by Ruangguru. Nah bagaimana tips lolos program kartu prakerja rupanya bukan hal yang rumit kok. Tapi di masa pandemi begini memang diutamakan mereka yang terdampak oleh pandemi, sih. Seperti mereka yang kena PHK ataupun mereka para UMKM yang terpaksa gulung tikar.

Nantinya setelah mengikuti pelatihan di Skill Academy by Ruangguru, kita bisa mendapatkan sertifikat yang bisa digunakan sebagai CV untuk melamar kerja. Meski tak mau melamar kerja dan bahkan menciptakan peluang kerja sendiri, sertifikat ini bisa sebagai bukti pada konsumen kita nantinya kalau kita kompeten pada skill yang kita miliki tersebut. Juga bisa memberikan rasa kepercayaan diri yang lebih sehingga bisa lebih semangat mengembangkan skill dan melakukan banyak hal berguna yang berhubungan dengan ketrampilan yang dimiliki. Sertifikat ini sah dan bisa dideteksi di web Skill Academy by Ruangguru loh.

Pada Skill Academy by Ruangguru ada banyak pilihan materi belajar yang dipilih. Ada kelas pengembangan diri, pemasaran, digital marketing, bisnis dan keuangan, teknologi dan software, serta masih banyak lagi yang lainnya. Meski banyak pilihan, tapi kita bisa mudah memilih dan mengoperasikannya karena website Skill Academy punya tampilan yang simpel. Desainnya juga modern, dengan menu navigasi yang mudah digunakan, bahkan untuk mereka yang termasuk gagap teknologi sekalipun. Sungguh sangat membantu bukan?

Yang mengesakan pada Skill Academy by Ruangguru tak hanya karena sudah dipercaya jutaan pengguna dan merupakan pemenang Google Play User Choice Award sebagai aplikasi pengembangan diri terbaik, tapi Program Career Mentoring di Skill Academy by Ruangguru benar-benar memiliki komitmen serta nyata memberi dampak bagi para penggunanya. Keren, ya? Tak hanya meningkatkan skill, tapi Skill Academy by Ruangguru juga merupakan bimbingan intensif yang memberikan info lowongan kerja, tips membuat CV dan interview, sampai ada pula ruang diskusi dengan fasilitator pilihan. Cukup komplit, ya.

Asyiknya lagi kelas terpopuler dan terefektif di Skill Academy by Ruangguru itu diproduksi sendiri oleh tim ahli. Maka tak heran kemudian materi di Skill Academy by Ruangguru dikatakan mudah diterima dan dimengerti para penggunanya, karena memang sesuai dengan kaidah pembelajaran online. Ada survei juga yang menyebutkan bahwa hampir 98% pengguna mengakui peningkatan keahlian setelah belajar di Skill Academy by Ruangguru, hebat! Tak hanya itu, rupanya juga 76% pengguna mengakui Skill Academy by Ruangguru membantu dalam meningkatkan penghasilan loh. Lumayan kan?

Jangan kuatir kalau ada beragam pertanyaan seputar Skill Academy by Ruangguru. Ada costumer service alias pusat bantuan pelanggan yang aktif setiap hari. Bisa dihubungi via whatsapp 081578900000 di jam 10 pagi hingga jam 5 sore. Dengan demikian maka tak heran kalau Skill Academy by Ruangguru terus berupaya memberikan banyak kemudahan, termasuk agar bisa diakses oleh siapapun, dimanapun dan kapanpun itu.

Meskipun pelatihan online di Skill Academy by Ruangguru dapat diakses kapan saja dan dimana saja melalui aplikasi mobile maupun situs web, namun harganya cukup terjangkau. Bila dibandingkan dengan platform serupa, Skill Academy by Ruangguru memiliki keunggulan di biayanya yang ekonomis dan bisa diakses tanpa batas waktu. Jadi materi yang belum dipahami jadi bisa diulang berkali-kali, sehingga meski bayar sekalipun jadi bisa belajar menambah skill sepuasnya tanpa terbentur waktu. Kalau dihitung-hitung, jadi jauh lebih menguntungkan bukan?

Skill Academy by Ruangguru yang bisa diakses melalui situs www.skillacademy.com atau aplikasi mobile ini juga menawarkan banyak promo. Pada flash sale, biaya pelatihan yang ditawarkan jadi berkali lipat jauh lebih murah. Belum lagi saat ada promo lainnya seperti pembayaran via bank tertentu, atapun potongan saat ada payday pada e-wallet tertentu. Keren ya, murah! Padahal sebagai platform pelatihan online & offline bersertifikat terbesar di Indonesia, Skill Academy by Ruangguru masuk dalam jajaran Top 10 Apps seluruh kategori di Indonesia pada tahun 2020 loh.