Menangkal Resesi Bermodal Asus Zenfone 9

Tahun 2023 masih beberapa minggu lagi tapi berita soal resesi sudah di depan mata. Padahal akhir tahun biasanya identik dengan resolusi, nyatanya yang ada malah resesi. Yang masih belum tahu apa itu resesi, ini adalah kondisi dimana terjadi penurunan signifikan dalam aktivitas ekonomi dan ini bisa menimbulkan kebangkrutan. Tidak hanya perusahaan saja yang bisa mengalaminya, perekonomian rumah tangga juga terkena dampaknya.

Resesi benar-benar jadi headline di berbagai media massa. Ada selentingan yang menyebutkan bahwa Kemenkeu sedang soroti ancaman resesi 2023 dan katanya tanda-tandanya makin besar. Hingga judulnya ditulis jelas, "Gejala Resesi 2023 pun Tampak, Haruskah Indonesia Khawatir?". Bak momok menakutkan, beberapa berita sampai menampilkan ulasan tentang mana saja sektor yang akan untung dan rugi bila resesi benar terjadi.

Yang jadi angin segar dalam ancaman resesi ini adalah UMKM yang dikatakan bisa menjadi solusi jitu dalam mengatasinya. Sebab dengan makin tumbuhnya usaha mikro kecil menengah, maka perekonomian bisa terus bergulir dan menghambat terjadinya resesi. Memang tak salah bila kegiatan ekonomi produktif yang dimiliki perorangan maupun badan usaha bisa menjadi roda penggerak ekonomi dan mampu mengangkat pergerakan ekonomi nasional. Terlebih UMKM bisa menyerap tenaga kerja.


Cara Menangkal Resesi

Resesi merupakan kondisi dimana terjadi kemerosotan ekonomi. Ternyata penyebab resesi bukan hanya disebabkan oleh aktivitas ekonomi itu sendiri, namun bisa karena adanya perkembangan teknologi. Meski memang perkembangan teknologi sangat menguntungkan karena bisa membantu mempermudah pemenuhan kebutuhan manusia, tapi sisi buruknya adalah terjadinya penurunan lapangan pekerjaan. Teknologi yang semakin canggih bisa menggantikan tenaga manusia, seperti kerja robot dan Artificial Intelligence (AI), sehingga pengangguran banyak terjadi, ekonomi menurun dan lalu terjadilah resesi.

Sebenarnya ada cara untuk menangkal resesi, yakni dengan mengelola pos keuangan secara efektif. Caranya dengan mengurangi pengeluaran yang tidak perlu dan perbanyak menabung serta berinvestasi. Kalau perlu bisa dengan mencari penghasilan tambahan, sehingga pendapatan bisa semakin banyak dan dapat dialokasikan ke dana darurat. Penghasilan tambahan ini juga bisa menjaga kestabilan ekonomi, karena adanya arus perekonomian yang terus bergerak.

Jauh sebelum adanya isu resesi, saya dan suami sudah memikirkan soal mencari penghasilan tambahan. Terlebih beberapa tahun lalu terjadi pandemi yang tak disangka-sangka. Hal ini sempat membuat perekonomian rumah tangga kami berantakan, namun tertolong karena adanya penghasilan dari jualan ikan hias. Yap, berjualan ikan hias secara online dan offline menjadi penghasilan tambahan kami.

Memang kebetulan saya dan suami suka memelihara hewan. Karena rumah kami kecil, inginnya punya peliharaan yang tidak merepotkan dan tidak memakan banyak ruang. Lalu kami pilih pelihara ikan hias seperti ikan cupang dan ikan guppy, yang selain cara pemeliharaannya mudah juga cepat beranak dan bisa dijual. Jadi selain untuk refreshing, peliharaan hewan juga bisa mendatangkan cuan.

Dari sepasang, ikan kami jadi berpuluh-puluh pasang karena terus berkembang biak. Tapi kami lebih spesifik ke jenis ikan hias berupa ikan cupang dan guppy yang bisa mudah dikirim ke luar kota memakai jasa ekspedisi pengiriman. Nah karena lokasi rumah kami yang ada di gang sempit, membuat toko ikan hias kami jarang didatangi pembeli secara offline. Itulah mengapa kami lalu melakukan pemasaran secara online pula lewat media sosial seperti di Instagram dan Facebook.

Pemasaran ikan hias secara online perlu trik tersendiri. Yang utama ialah foto yang menarik. Itulah mengapa kami membutuhkan ponsel yang spesifikasinya mumpuni untuk memotret ikan sekaligus langsung mem-posting-nya di media sosial. Dengan begitu bisa lebih ringkas dan tidak perlu membuang banyak waktu karena suami saya juga harus kerja sedangkan saya mengurus 2 balita.


Spesifikasi Asus Zenfone 9 yang Bisa Menangkal Resesi

Dengan adanya usaha kecil kami di rumah, tentunya hal ini sangat mempengaruhi penghasilan tambahan kami. Dari dua ribu, lima ribu dan seterusnya, uangnya lalu kami simpan dan membuahkan jumlah yang lumayan. Hingga akhirnya kami bisa membeli tanah di samping rumah dan membangunnya menjadi toko ikan kecil yang bertahan hingga detik ini. Tentunya untuk mendapatkan penghasilan tambahan ini juga butuh effort yang luar biasa, salah satunya dengan rajin memfoto ikan dan posting di media sosial agar usaha kami makin dikenal orang.

Mengetahui Asus mengeluarkan Asus Zenfone 9, membuat kami jadi ingin jua memilikinya. Ponsel mungil dengan kamera gimbal ini tentu sangat menunjang usaha sampingan kami. Terlebih Zenfone 9 yang memakai kamera belakang dual camera dan kamera depan yang sama-sama pro-grade, cocok untuk memfoto dan merekam ikan yang begitu lincah bergerak. Tidak mudah memoto obyek yang tak bisa diam, beruntung Zenfone 9 punya teknologi 6-Axis Hybrid Gimbal Stabilization pula dalam kamera utamanya.

Disebutkan bahwa spesifikasi Zenfone 9 punya kamera utama beresolusi 50MP. Sungguh luar biasa, apalagi ponsel ini memakai sensor flagship dari SONY IMX766 dengan aperture sampai F1.9. Tidak hanya mampu merekam video 8K dengan kecepatan 24fps, teknologi 6-Axis Hybrid Gimbal Stabilization juga membuatnya bisa merekam video dengan tingkat stabilitas yang jauh lebih tinggi. Meski saya merekam ikan cupang sambil memangku anak bontot saya yang suka bergoyang-goyang, hasil rekamannya tetap apik karena Zenfone 9 bisa mengimbangi guncangan yang terjadi meski merekamnya pakai satu tangan.

Saya jadi menyesal mengapa ponsel dengan spesifikasi luar biasa ini tidak hadir di awal usaha sampingan kami saja. Melihat bagaimana performa 6-Axis Hybrid Gimbal Stabilization yang bisa jaga rekaman jadi bebas blur dan guncangan, ini membuat saya terpana. Saya meluangkan waktu beberapa jam setiap jam tidur siang anak-anak saya untuk merekam dan memfoto ikan. Niscaya pakai kemampuan  kamera utama Zenfone 9 yang bisa merekam objek apapun tanpa distorsi optik bisa menyingkat waktu, dan membuat saya jadi punya waktu istirahat. Zenfone 9 yang jadi ponsel idaman ini punya algoritma anti-guncangan dalam system Electronic Image Stabilization (EIS) yang tentunya bisa menghasilkan gambar super smooth dan bebas goyangan yang tidak ada bedanya dengan hasil videografer professional.

Tidak berhenti sampai di situ, Zenfone 9 yang punya kamera kedua di belakang ini berlensa ultra-wide beresolusi 12MP. Ditambah fitur sensor SONY IMX363 dengan aperture sampai F2.2 ini bisa merekam video 4K pada kecepatan 60fps dengan EIS. Plus bisa mengoreksi distorsi secara real-time dan merekam gambar makro dengan fokus sampai jarak 4cm. Tidak kalah dengan kamera depan yang memakai sensor SONY IMX663 dengan aperture sampai F2.45. Tentu saja kamera depan Zenfone 9 ini mampu merekam video 4K dengan kecepatan 30fps atau FHD dengan kecepatan 60fps yang disertai teknologi EIS. Mau ikan berleak-leok selincah apapun, hasil foto tetap bisa fokus dan bisa menghasilkan video yang sinematik pula.


Dengan didukung tampilan ikan hias yang menarik saat di-posting di media sosial, membuat ikan-ikan hias jualan kami bisa laris manis secara online. Kami juga jadi lebih percaya diri untuk memasarkan di berbagai marketplace pula. Selama ini toko-toko online kami masih belum maksimal karena saya juga kesulitan mengunduh aneka marketplace karena ponsel saya yang selalu kekurangan kapasitas. Memori kurang terus tulisannya, huhu.

Ponsel saya minta pensiun


Rupanya permasalahan saya ini terpecahkan dengan memiliki Zenfone 9 yang punya performanya dengan prosesor flagship Snapdragon® 8+ Gen 1 Mobile Platform yang terbaru nan lebih powerful. Dengan capaian CPU clock speed sampai 3.2 GHz, maka performa GPU bisa 10% lebih tinggi dengan efisiensi CPU 30% dibandingkan sebelumnya. Tentunya mengunduh aplikasi dan mem-posting ikan-ikan hias kami di aneka sosial media dan marketplace akan lancar jaya karena Zenfone 9 didukung konektivitas Wi-Fi 6E yang lebih stabil dan cepat meskipun ada di kondisi crowded. Tidak perlu takut hari sering-sering ngecas sebab Zenfone 9 pakai baterai berkapasitas 4300mAh, bisa dipakai seharian lebih. Pakai teknologi STP (Specific Tab Process) dari ROG Phone 6 pula, jadi pengisian baterai lebih cepat tanpa terasa panas, karena juga ada adaptor HyperCharger 30W di dalamnya.

Memoto ikan akan beresiko ponsel terkena air. Memang benar, beruntung Zenfone 9 sudah dirancang cocok untuk segala aktivitas. Kenyamanan dan keamanan benar-benar diperhatikan dengan adanya layar Zenfone 9 yang diproteksi Corning Gorilla Glass Victus. Pun ponsel seri terbaru dari ASUS ini sudah tersertifikasi IP68, artinya sudah anti air dan debu.


Mantap! Secanggih ini tampilan Zenfone 9 tetap memikat hati karena ponsel yang compact ini punya ukuran mungil nan ergonomis. Ponsel ini punya panjang kurang dari 14,8cm dan lebar kurang dari 7cm, jadi lebih mudah disimpan di dalam saku. Tidak ada drama ketinggalan ponsel yang membuat saya seringkali ribut dengan suami, hihi. Apalagi warna-warna yang dimilikinya cantik-cantik, ada warna MoonLight White, Sunset Red, Starry Blue, dan Midnight Black yang bertekstur sehingga lebih kokoh digenggaman.

Buat kalian yang mau beli Zenfone 9, udah bisa kalian dapatkan melalui patner dan channel pembelian resmi produk ASUS antara lain Erafone, Tokopedia, ASUS Exclusive Store, ASUS Online Store. Saya dan suami juga sangat berminat memilikinya. Bayangkan, ponsel secanggih dan se-ciamik ini bisa jadi kunci kami dalam menangkal resesi. Sebab dengan bermodal ASUS Zenfone 9 maka penghasilan tambahan bisa kami dapatkan dengan lancar.


Artikel ini diikutsertakan dalam ASUS Zenfone 9 Blog Writing Competition di Blog Widyanti Yuliandari




14 komentar:

  1. Haah kirim ikan ke luar kota gimana caranya Mbak? Ada garansi sehingga ikannya gak mati?

    Aku juga pengen banget Zenfone 9 dan yang RAM 16, pengen tahu rasanya megang HP dengan RAM besar dan space memorinya legaa. Bisa download macam2 apps.

    Good luck buat lombanya.

    BalasHapus
  2. Wah sukses ya usaha ikan cupangnya. Memotret ikan tentu ada kesulitan tersendiri. Ga kebayang deh ikannya lari-lari terus waktu mau dipotret hihi. Kalo pake Zenfone 9 ini pasti bagus deh hasil fotonya

    BalasHapus
  3. Daku membayangkan kamera hp Asus ini jernihnya bagus ya.
    Sehingga buat kita sebagai bloger yang kerap pepotoan, bakal sangat terbantu dengan punya ponsel gahar ini

    BalasHapus
  4. Mungkin saja tanpa kita sadari, resesi itu sebenarnya sudah muncul, hanya saja masih belum signifikan dampaknya. Padahal sudah jelas nampak di depan mata, jika saat ini pergerakan perekonomian melambat. Namun semoga saja kita semua dilancarkan rezekinya, dimudahkan urusannya dan mampu melewati berbagai cobaan, terutama yang berkaitan dengan ekonomi.

    Oh iya, hape ASUS Zenfone 9 ini kayaknya sih memang layak untuk membantu bisnis. Apalagi punya fitur canggih, desain keren dan performa tangguh.

    BalasHapus
  5. Pasti pada tertarik dengan kecanggihan Asus Zenfone 9 ini ya. Bisa mendukung berbagai pekerjaan multitasking termasuk mendukung bisnis yang kita jalankan. Berita tentang resesi membuat kita berpikir untuk melakukan sesuatu agar tetap menghasilkan. Semoga dengan Asus Zenfone 9 ini bisa menjadi amunisi yang tepat untuk tetap survive menghadapi resesi ya kak.

    BalasHapus
  6. Suka banget sama desain Zenfone 9 ini. Pas dikantongi dan punya spesifikasi kelas high end juga, mantap banget dah

    BalasHapus
  7. Sudah ready di Indonesia ya Zenfone 9. Wah, beli ini mah butuh banget buat aktivitas blogging dan bikin konten di Youtube. Gara-gara hp rusak sudah lama banget gak upload video di Youtube.
    Btw, aku pengin beli ikan cupangnya.

    BalasHapus
  8. Pasti pas banget nih buat kerjaan aku sebagai foodblogger euy! bisa ngambil video dan juga ngambil foto dengan kualitas yang paripurna banget sih ya. Aku jadi kepengen punya banget euy!

    BalasHapus
  9. ASUS Zenfone 9 ini cocok banget ya untuk usaha yang Mbak dan keluarga jalani sekarang, foto ataupun video ikan pasti harus punya skill dan trik khusus ya, secara objek yang bergerak gitu, gak bisa diajak kompromi pula.
    kecanggihan kamera dari ASUS Zenfone bisa buat kontennya nanti lebih oke lagi.

    BalasHapus
  10. MasyaAllah idenya keren banget kak, menangkal resesi dengan zenfone ( emang udah aling ampuh dan tepat sih yaaa

    BalasHapus
  11. Suka banget sama desain Zenfone 9 yang terbaru ini.. spesifikasinya juga up to date terus, gak mau kalah dong yah sama smartphone-smartphone sekelasnya

    BalasHapus
  12. semangat mba, memang salah satu yang bisa kita upayakan untuk menghindari resesi adalah terus bekerja dari rumah. banyak konten2 kreatif yang bisa kita hasilkan yaa.. semangat terus

    BalasHapus
  13. cocok banget bagi para konten kreator yang lagi butuh hp yg simple tapi performanya WOW kayak Zenfone 9 ini

    BalasHapus
  14. Wah cocok buat main game ini, powerfull banget

    BalasHapus

Terima kasih sudah membaca ^^
Tolong berkomentar dengan sopan yaaa... Maaf kalau ada yang belum terjawab :*