Categories

29 Oktober 2020

Jasa Seo Berkualitas Terpercaya

 


Di era teknologi yang semakin maju ini segalanya membutuhkan strategi, begitupun dengan bisnis. Persaingan bisnis yang kian hari semakin ketat mengharuskan website atau situs bisnis berinovasi agar mudah ditemukan oleh para pengunjung. Sebagus dan semenarik apapun situs saja belum cukup untuk membuat pengunjung berdatangan, sebuah website harus mampu muncul di peringkat pertama pada mesin pencari. Untuk mendukung website semakin populer kini telah ada jasa SEO yang berguna untuk meningkatkan peringkat website Anda.


Mengapa Menggunakan Jasa SEO Untuk Website?

Salah satu perusahaan penyedia layanan SEO berkualitas yang telah dipercaya oleh berbagai konsumennya dari berbagai belahan dunia yaitu Stucel. Hadir lebih dari 15 tahun berdiri membuatnya kian bertekad untuk memberikan yang terbaik dalam membantu setiap bisnis, organisasi dan perusahaan yang dilayani. Di bawah ini adalah alasan mengapa Anda perlu menggunakan jasa  tersebut. 


  • Meningkatkan peringkat di mesin pencari

SEO atau kepanjangan dari Search Engine Optimization merupakan proses optimasi untuk mempopulerkan sebuah situs. Cara kerja SEO ini yaitu dengan menggunakan kata kunci atau keyword yang telah ditentukan sebelumnya sehingga muncul di mesin pencarian. Target utama menggunakan jasa SEO yaitu menjadikan kata kunci tersebut berada di posisi teratas hingga menarik banyak orang untuk mengunjungi situs tersebut.


Bukan perkara mudah untuk mengoptimalkan SEO, diperlukan strategi khusus dari seorang yang ahli dalam bidangnya agar ia berjalan dengan maksimal sesuai dengan yang harapan. Dengan target dan cara eksekusi yang tepat maka situs memiliki banyak pengunjung pun mendatangkan pengunjung baru sehingga rankingnya pun juga semakin bagus di papan pencarian.


  • Sebagai kunci untuk promosi

Di jaman super canggih yang didominasi dengan penggunaan teknologi dalam kehidupan sehari-hari, jasa SEO dapat dimanfaatkan untuk mendobrak penjualan Anda. Sama halnya dengan bisnis lainnya promosi merupakan ajang untuk menjaring para pelanggan mengunjungi situs bisnis Anda. 


Agar pelanggan berdatangan tanpa henti Anda bisa menggunakan kata kunci sebagai target pada situs toko virtual tersebut. Sesuaikan setiap kata kunci yang digunakan dengan konsep atau tema situs Anda agar tidak tumpang sehingga membuatnya tetap berada di rangking tertinggi serta makin mempermudah pencariannya di papan pencarian. Dengan demikian, Anda tak hanya memasarkan bisnis dalam skala kecil namun bisa mendapatkan pelanggan dari berbagai wilayah terjauh sekalipun.


  • Adanya Online Management Reputaion (ORM)

Manajemen reputasi online atau lebih dikenal dengan ORM merupakan proteksi yang sangat dibutuhkan untuk situs atau website. Awalnya sistem tersebut digunakan untuk menyembunyikan atau mengendalikan identitas suatu individu maupun kelompok agar reputasinya tetap terjaga dengan baik. Namun, seiring berkembangnya teknologi serta jaringan internet kini banyak digunakan pengguna situs untuk meminimalisir komentar buruk yang dapat mengancam reputasi suatu brand atau bisnis tertentu.


Kehadirannya yang sangat berfungsi ini merupakan keuntungan bagi bagi Anda agar terhindar dari reaksi buruk yang diberikan pengunjung baik berupa tulisan ataupun gambar. Ia akan secara otomatis terhapus dari halaman situs sehingga baik pemilik ataupun pengunjung lain tak dapat melihatnya. Sebagai jasa SEO berkualitas Anda bisa mempercayakan website di Stucel.com agar mendapatkan keuntungan yang telah disebutkan di atas.


Demikianlah ulasan singkat mengenai SEO services yang memiliki kualitas terpercaya. Pastikan memilih kata kunci yang dapat meningkatkan website agar tetap bertengger di posisi teratas  di mesin pencarian agar lebih banyak pengunjung.

26 Oktober 2020

Pupuk Organik Dinosaurus untuk Hasil Panen Memuaskan


Alhamdulillah, akhirnya panen juga. Sudah lama saya menanam pohon arbei, dulu beli di awal menempati rumah ini. Jadi sekitar 3 tahun lalu, saya beli stek arbei di marketplace. Namanya juga stek, sekecil itu sudah ada buahnya. Sungguh menyenangkan hati saat menanamnya.


Masalahnya, setelah buahnya matang dan saya petik, stek arbei jadi layu. Entah karena saya salah media tanam atau kurang banyak menyiramnya. Atau justru kebanyakan siram jadi akar membusuk ya? Maklum masih pemula, sekedar tahu gali lubang untuk stek dan disiram biar tumbuh.


Karena takut mati, akhirnya stek arbei saya pindahkan ke tempat yg rindang. Yang hanya terkena sinar matahari pagi, aman dari sinar matahari terik siang hari. Saya kira cara ini lumayan ampuh, kondisi stek arbei membaik dan mulai muncul bakal daun baru. Syukurlah dia selamat.


Anggap Tanaman Sebagai Teman

Sejatinya saya bukan pecinta tanaman. Sebelum menikah dan masih tinggal di rumah Mama, hanya Mama yang merawat tanaman-tanaman di rumah. Tak hanya disiram, Mama juga rajin mengganti media tanam dan mengajak ngobrol tanaman. Saya merasa itu hal yang biasa, toh Mama juga sering bercerita macam-macam ke kucing kesayangan kami.


Setelah menikah dan tinggal berdua bersama suami di luar kota, entah mengapa keinginan tanam-menanam muncul. Apalagi kami tinggal di Sidoarjo, daerah yang panas. Halaman rumah sempit, sih. Tapi sayang kalau tak ada yang hijau-hijau, jadi kurang manis. Akhirnya saya nekad beli tanaman via online, inginnya tanaman buah biar bisa makan hasil panen sendiri.


Tapi halaman sempit begini, bisa punya tanaman buah apa? Tanaman buah identik dengan batangnya yang tinggi dan besar. Terpaksa kemudian saya beli tanaman daun seperti lidah mertua, lavender dan sri rejeki. Lalu terlihat ada stek arbei yang dijual, saya beli sekalian deh.


Belajar dari pengalaman Mama, saya nekad menanam. Awalnya dalam polibag, lalu pindah ke pot hitam ukuran 20 cm. Setelah kondisi stek arbei stabil, saya tanam di kantong pot besar diameter 50 cm. Tapi aneh, dia memang tumbuh makin tinggi, namun hanya ranting dan daunnya yang membanyak. Buahnya mana?


Padahal saya sudah menerapkan apa yang dikatakan oleh para pecinta tanaman, "Anggap tanaman sebagai teman." Saya sering ajak pohon mungil arbei saya mengobrol. Saya katakan padanya agar dia tumbuh besar dan punya buah yang banyak, agar nanti bisa dimakan oleh anak saya. Agar saya dan anak bisa merasakan sendiri bagaimana rasanya panen buah sendiri.


Tiap pagi dan sore, saya juga selalu menyiraminya. Utamanya dengan air kran, kadang dengan air cucian beras. Kalau soal pupuk, saya beri pupuk kimia, namanya NPK. Kalau dari hasil baca artikel, katanya itu pupuk yang bagus. Walau saya pernah sempat salah kasih takaran yang mengakibatkan tanah dalam pot jadi mengeras dan memutih, sih. Lalu saya kapok karena tanaman tampak berguguran daunnya, apa keracunan ya?


Tentunya sebagai teman, tanaman sudah memberi manfaat. Ada oksigen yang diproduksi sebagai hasil fotosintesis. Ada warna hijau yang menyejukkan mata dari warna daunnya. Pun bunga cantik yang bikin gemes dan riang, sebagai tanda berhasil merawatnya. Meski untuk arbei belum sepenuhnya berhasil, ya.


Karena itu sebagai balasan, saya pun menyayangi tanaman sebagai teman yang baik. Juga mewariskan kesan ini pada si kecil dengan mengajarinya agar dia ikut menyayangi tanaman. Caranya dengan menyiram tanaman bersama tiap sore, pun memintanya agar tak sembarangan memetik daun karena tanaman bisa sedih. Pokoknya kudu jaga tanaman baik-baik karena tanaman juga berhak hidup dengan baik.


Yang Harus Diperhatikan untuk Tanaman Buah

Selain arbei, saya sempat menanam tomat. Sudah pernah tumbuh tinggi, tapi buahnya hanya sebesar kelereng. Rasanya saya salah dalam perawatannya. Tanaman tomat memang tumbuh lebih tinggi dan lebih besar dari arbei, juga berhasil berbuah. Sayangnya tidak memuaskan sama sekali.


Dari sini, setelah hampir 3 tahun bercocok tanam meski di halaman rumah, saya jadi tahu apa saja yang harus diperhatikan agar tanaman bisa tumbuh dengan baik. Utamanya untuk tanaman buah, karena akhirnya kini tanaman arbei saya punya banyak buah yang menggoda mata untuk memetiknya. Jadi yang musti diperhatikan adalah:


1. Kebutuhan Sinar Matahari

Sinar matahari sangat dibutuhkan oleh tanaman. Fungsinya membantu proses fotosintesis, yakni membuat sendiri makannya dari zat-zat anorganik dan merubahnya menjadi zat organik serta energi. Proses fotosintesis ini menghasilkan oksigen loh, yang sangat kita butuhkan saat bernafas. Inilah salah satu manfaat menanam tanaman.


Selain itu sinar matahari juga bisa mengaktifkan klorofil. Ini adalah zat hijau daun yang terkandung dalam tanaman. Oleh karenanya, tanaman ataupun kecambah yang kurang terkena cahaya matahari akan berwarna kuning pucat. Hal ini juga bisa mengganggu proses tumbuhnya tumbuhan. Pertumbuhan bunga dan daun juga bisa terhambat.


Tapi tidak semua tanaman membutuhkan sinar matahari secara total, maksudnya yang butuh paparan sinar matahari selama minimal 6 jam. Sebagian besar sayuran dan kacang-kacangan memang membutuhkan cahaya matahari penuh. Namun ada yang lebih menyukai berada di bawah naungan, yang mendapat sinar matahari secara tidak langsung. Seperti tanaman yang baru tiba di perjalanan karena dibeli secara online, ataupun tanaman sayur seperti lettuce. Karena itu sebelum menanam, pastikan untuk riset soal tanaman tersebut dan bagaimana kebutuhan akan sinar mataharinya. 


2. Kebutuhan Air

Seperti pada kebutuhan akan sinar matahari, kebutuhan air tanaman juga berbeda-beda. Tergantung bagaimana sifat tanamannya. Kita tak bisa sekadar menyiramnya, tanpa mengerti pasti bagaimana kebutuhan tanaman. Karena itu, hal ini juga wajib diperhatikan dan dipelajari, loh.


Sejauh ini menurut pengalaman saya, bagi tanaman yang ditanam di tanah, bisa disirami sampai tanahnya benar-benar basah. Toh nanti air meresap dan punya area peresapan yang luas, jadi tak terlalu mengganggu kondisi akar tanaman. Namun bagi tanaman yang ditanam di pot, cukup siram sampai terlihat ada yang menetes dari lubang di bawah pot. Jangan sampai air dalam pot terlalu menggenang sebab bisa membuat akar busuk.


Nah baiknya tanaman itu disiram 1 - 2 kali per hari, pada pagi hari sebelum pukul 9 dan sore setelah pukul 16. Jadi jangan saat matahari sedang terik, sebab justru bisa membakar tanaman. Boleh sih kalau tanaman terlihat layu dan seperti minta air. Tapi lebih baik siram tanahnya saja ya, air akan diserap oleh akar dengan segera. Bila menyiram tanamannya, air tersebut akan menguap dengan cepat. Nah, air akan hilang dan tanaman masih tetap layu.


Oiya, sering terlupa nih. Ketika kita bepergian dan di rumah tidak ada orang, kecukupan air tanaman juga harus tetap terjamin loh. Saya biasanya menyiram tanaman terlebih dahulu sebelum meninggalkan rumah. Untuk tanaman yang sangat butuh air, saya pindah ke media air. Atau kalian juga bisa membuat sistem penyiraman otomatis, lebih praktis kan.


3. Kebutuhan Tanah

Meski kini sudah banyak sistem penanaman tanpa tanah karena lahan terbatas, tapi tanah tetap merupakan kebutuhan utama bagi tanaman. Tanah berperan sebagai tempat tumbuh tegak tanaman, pun sebagai tempat persediaan air, udara, dan unsur hara serta tempat hidupnya organisme yang mendukung tumbuh kembang tanaman. Tahukah kalian kalau tanah yang gembur dan subur adalah kunci perkembangan tanaman? Jadi jangan asal pakai media tanam, karena tiap tanaman punya perbedaan soal media tanamnya. Tapi tentu jangan pakai tanah liat yang sulit untuk bisa ditembus akar, ya. Kasihan tanamannya.


Pokoknya kalau mau menanam, pastikan tanah bisa menyimpan air, mengandung nutrisi, sekaligus gembur. Jangan hanya pakai tanah atau pakai pasir saja. Agar tanaman dapat tumbuh dengan bagus, lebih baik pakai perbandingan tanah, pupuk, sekam basah dan sekam bakar dengan perbandingan 1 : 1 : 1 : 1. Dijamin deh tanah jadi gembur, akar bisa menyerap sari makanannya dengan baik dan tumbuh kembang tanaman jadi optimal. Tanamannya jadi segar dipandang!


4. Kebutuhan Pupuk

Pemupukan tentu menjadi salah satu yang bisa mempengaruhi hasil penanaman. Nah pemupukan juga tak bisa asal-asalan. Pemupukan harus didasari oleh tepat waktu dan tepat dosis. Maksudnya pemupukan tepat waktu ialah soal kapan unsur pupuk diberikan sedangkan tepat dosis ialah tentang berapa jumlah pupuk yang harus diberikan sesuai dengan umur tanaman.


Misalnya nih pupuk unsur N, biasa diberikan pada saat tanaman memasuki fase vegetatif, yakni saat pertumbuhan tanaman sebagian besar menggunakan karbohidrat dari proses fotosintesis, terutama terjadi pada perkembangan akar, batang, cabang, dan daun. Jadi vegetatif ini masa ketika tanaman sebelum berbunga, sehingga butuh unsur nitrogen. Lalu pupuk yang mengandung unsur P dan K biasanya diberikan saat tanaman memasuki fase generatif. Bila salah pemberian, contohnya bila memberikan unsur N pada fase generatif dimana saat itu tanaman sedang memulai tahap pembungaan, justru tanaman akan jadi terlalu rimbun dan terlambat untuk berbunga.


Itulah mengapa pemilihan pupuk jadi salah satu hal yang penting. Kebanyakan kita lalu memilih pupuk kimia karena dirasa mudah serta dapat memberikan nutrisi lebih banyak dengan respon yang lebih cepat terhadap tanaman, tentu tanpa mempertimbangkan dampaknya. Padahal pupuk kimia dapat menyebabkan pencemaran terhadap lingkungan, loh. Penggunaannya yang terlalu sering juga bisa merusak tanah. Saya pernah mendapati tanah tanaman kesayangan yang terlalu sering saya beri pupuk kimia karena merasa biar lebih cepat tumbuh, malah mengeras dan berujung tanaman layu berujung mati.


Memilih Pupuk Organik yang Terbaik

Mungkin alasan ini jugalah yang membuat kesadaran masyarakat akan penggunaan pupuk alami atau organik semakin tinggi, karena sadar pentingnya menjaga lingkungan. Pemberian pupuk organik juga bisa menekan bea produksi karena pembuatannya yang mudah nan murah dengan memanfaatkan limbah-limbah pertanian. Saya pernah mencoba membuat kompos, salah satu pupuk organik yang mudah pembuatannya. Sayangnya meski demikian, proses pembuatannya membutuhkan waktu yang lama dan jadi harus sabar menanti.


Nah agar tanaman cepat tumbuh dan berbuah, saya memakai pupuk yang membuat tanah bernutrisi dengan cara pemakaian yang praktis. Saya beri Pupuk Organik Dinosaurus, utamanya untuk tanaman arbei saya. Sudah lebih dari 2 minggu ini saya menggunakannya dan takjub sekali dengan hasilnya. Sungguh, inilah alasan mengapa kini kami bisa panen buah dari halaman sendiri. Senangnya...

Jadi Pupuk Organik Dinosaurus ini adalah pupuk yang menggunakan bahan-bahan organik dari alam sehingga baik untuk kesuburan tanah dan tumbuhan. Beda dengan pupuk lainnya, Pupuk Organik Dinosaurus menggunakan teknologi fermentasi dengan bakteri baik yang bersimbiosis dengan tanaman. Nah bakteri baik ini bisa beri unsur-unsur penting penyuburkan tanah dan mencegah kehadiran pathogen bakteri jahat. Dengan begitu, tanaman yang diberi Pupuk Organik Dinosaurus jadi bisa cepat berbuah, banyak jumlahnya, dan hasilnya sehat untuk dikonsumsi. Yay!


Pupuk Organik Dinosaurus ini beda dengan pupuk kimia yang hanya melengkapi unsur tanpa menyuburkan tanah. Kalau pakai pupuk kimia kan tanah jadi rusak dalam penggunaan jangka panjang, malah kemudian jadi melambat produksi panennya setelah beberapa tahun. Sayang kan. Karenanya lebih baik pakai Pupuk Organik Dinosaurus yang terbukti juga bisa bantu menyuburkan tanah, sehingga panen bisa melimpah tapi kondisi tanaman tetap baik dan sehat.


Keunggulan Pupuk Organik Dinosaurus

Saya berkenalan dengan Pupuk Organik Dinosaurus gara-gara suka pantengin marketplace. Pakai kata kunci pupuk organik dan ada iklan soal Pupuk Organik Dinosaurus. Saya baca-baca dulu deh, saat itu tertarik namanya yang unik. Maksudnya apa ya kok Dinosaurus? Kan biasanya pupuk organik itu dari kotoran hewan ternak seperti kambing, sapi, ayam dan bukan dinosaurus sang hewan purbakala.


Ternyata awal sejarah Pupuk Organik Dinosaurus itu atas usaha dalam menghasilkan pupuk terbaik dengan harga terjangkau untuk mewujudnyatakan kemakmuran dan kesejahteraan petani Indonesia. Udah ada sejak 11 tahun lalu saat terjun dalam program pemberdayaan para petani di daerah Timur Indonesia, loh. Dibuat oleh pemuda Aceh yang juga alumnus UGM. Karya anak bangsa, nih.


Lalu nama Dinosaurus terinspirasi dari tanaman-tanaman zaman dahulu yang dapat tumbuh besar dan subur dengan bahan-bahan alami. Pupuk Organik Dinosaurus ini beda dengan pupuk berbahan kimia yang dapat mengurangi kualitas tanah, sebab pupuk berbahan organik dan mikroba dapat secara alami mengembalikan unsur hara yang telah tereksploitasi selama ini sehingga tanah kembali menjadi subur. Tanaman jadi bisa hidup dengan baik, deh.


Keunggulan lain dari Pupuk Organik Dinosaurus adalah bentuknya yang cair sehingga sangat mudah penggunaannya. Pakai perbandingan 1:50 untuk dicampurkan dengan air. Saya menggunakannya di awal tanaman arbei saya mulai tampak berbuah, tapi saat itu ukurannya masih amat kecil. Salah satu usaha saya dalam meningkatkan hasil panen arbei nih, ya pakai Pupuk Organik Dinosaurus ini.





Hasilnya gak sangka loh. Baru sekali pemakaian, yang saya lanjut dengan penyiraman rutin dengan air biasa tiap harinya, jumlah bakal buah terus bertambah. Hingga akhirnya rimbun, buah kemudian mulai membesar ukurannya. Buah dari tanaman arbei setinggi setengah meter yang saya tanam di pot diameter 50 cm ini jadi terlihat menggoda sekali. Awalnya berwarna hijau, lalu memudar jadi kemerahan dan jadi hitam saat matang.

sebelum diberi pupuk organik dinosaurus
sebelum diberi pupuk organik dinosaurus

buah masih kecil dan jarang

disiram pupuk organik dinosaurus



arbei besar-besar berkat pupuk organik dinosaurus


Ukuran buahnya juga jadi hampir sama dengan tanaman arbei yang tingginya lebih dari 2 meter punya tetangga di belakang rumah. Buah arbei saya rata-rata ukuran 3 hingga 4 cm, pokoknya jadi menyenangkan sekali memetiknya. Si pohon imut dengan buah yang lebat, siapa yang tak bahagia kan? Apalagi ini kali pertama setelah 3 tahun penantian, haha. Kenapa tak kenal Pupuk Organik Dinosaurus sedari dulu sih?


Setelah banyak yang dipanen, rupanya bakal buahnya kembali muncul. Tampak beberapa buah sekarang menuju warna kemerahan. Efek Pupuk Organik Dinosaurus benar-benar saya rasakan. Tanaman yang sulit berbuah, jadi dapat diperbaiki berkat Pupuk Organik Dinosaurus. 


Ini saya siram lagi Pupuk Organik Dinosaurus ke tanaman arbei, biar makin sehat dan buahnya kembali lebat. Saking sukanya, saya sampai berikan Pupuk Organik Dinosaurus pada tanaman tomat punya tante di depan rumah. Wow! Padahal kami sama-sama awam soal tanam-menanam, tapi jadi puas dengan hasilnya. Si tomat jadi banyak buahnya dan gede-gede.



Padahal baru sekali diberi Pupuk Organik Dinosaurus pada 2 minggu lalu, loh. Selanjutnya disiram air biasa. Tante takut pakai pupuk kimia, kan tomatnya dimakan sendiri. Takutnya kalau pakai pupuk kimia, berefek pada hasil buahnya, kan ada anak kecilnya juga nih yang turut mengkonsumsi. Syukurlah diberi Pupuk Organik Dinosaurus, buah tomatnya jadi rimbun, besar dan memuaskan.


Gara-gara itu, saya jadi tertarik punya bibit tomat. Kebetulan sebulan lalu saya coba 'deder' biji tomat dari buahnya yang matang, yang membusuk di kulkas. Eh ternyata tumbuh, tapi karena cuma disiram air jadi pertumbuhannya terlambat. Batangnya kurus, dan tak seberapa tinggi.


Ikhtiar memperbaiki kondisinya, saya beri Pupuk Organik Dinosaurus juga deh. Sama dengan pemberian pada tanaman arbei sekitar 2 minggu lalu, kini bibit tomat saya menggemuk dengan jumlah daun yang terbilang lumayan dan ukuran daunnya juga membesar. Setelah ini bakal saya pindah tanam ke polibag, biar bisa makin besar. Saya rajin beri Pupuk Organik Dinosaurus sebanyak 3 kali dalam sebulan, biar tanaman tomat tumbuh dengan sehat dan bisa panen lebih banyak dari tante depan rumah.


Memang ya, kini bertanam bukan lagi sekedar hobi. Tak hanya menyenangkan hati, tapi sudah jadi bagian lifestyle masyarakat modern. Siapa sih yang tak mau panen dari halaman sendiri? Ada rasa bangga, sekaligus banyak manfaat yang dirasakan. 


Makanya, teman-teman yang mulai hobi tanam-menanam, jangan lupa sedia Pupuk Organik Dinosaurus ya. Sudah banyak terjual di marketplace kok, harganya tak menguras kantong. Di shopee pupukdinosaurus harga untuk kemasan botol 250 ml hanya Rp 25.000,-. Beli seliter lebih murah, jadi hanya Rp 66.000,-. Pemakaian irit, harga murah, hasilnya maksimal.



 

15 Oktober 2020

Lebih Baik Mengembangkan Potensi, Bukan Terobsesi


Rasanya sudah lama sekali saya sekeluarga hanya di rumah saja. Jangankan jalan-jalan ke luar provinsi, ke luar kota untuk pulang kampung saja tidak. Padahal ingin sekali bisa melepas penat dengan plesir ke tempat lain, sekaligus belajar banyak hal di perjalanan. Katanya kan di perjalanan selalu ada cerita dan membawa hikmah tersendiri.


Salah satu daerah yang ingin saya kunjungi bersama keluarga adalah Kulon Progo, tepatnya di Desa Wisata Nglinggo. Daerah di Yogyakarta itu kini tak segersang kabar yang berhembus beberapa tahun lalu, yang dulu kerap identik dengan sate belalangnya, pun dicap daerah yang gersang. Mungkin belum banyak yang tahu kalau di Desa Wisata Nglinggo, ada kebun teh yang luas. Daerah di dataran tinggi Kulon Progo ini juga punya kebun kopi, hutan pinus, wisata trekking dan off road, juga ada Bukit Ngisis. 


Demi kian mengembangkan potensi daerah ini, DOES University akan berpindah ke Nglinggo. Inilah yang diceritakan oleh Mas Erix Soekamti tadi malam, pada Fun Talk Homecredit dengan topik "Sejuta Kreasi untuk Maju Bersama". Ngobrol seru ini saya simak mulai jam 7 malam pada Rabu, 14 Oktober 2020 lalu di live IG @homecreditid. Bisa tanya langsung dan ada kuis berhadiahnya juga loh.




Sekilas tentang DOES University

DOES University awalnya berada di daerah Godean, Kecamatan Sleman - Yogyakarta. Ini adalah sekolah gratis yang digagas oleh Mas Erix Soekamti, yang juga merupakan bentuk Corporate Social Responsibility (CSR) dari Endank Soekamti. Bagi yang belum kenal, Endank Soekamti adalah grup musik rock Indonesia yang berdiri sejak 2001 dan berasal dari Yogyakarta. Nah CSR Endank Soekamti ini merupakan ungkapan rasa terima kasih kepada masyarakat Indonesia yang telah menemani perjalanan kelompok musik ini selama belasan tahun.


DOES University itu sendiri merupakan sekolah minat dan bakat yang memfasilitasi ilmu animasi, designer web, 3D modelling, sinematografi dan lainnya. Sistem pendidikan di sini unik, karena ada karantina selama 1,5 tahun. Untuk cara daftar DOES University ini biasanya per bulan Januari, atau per 18 bulan bulan sekali. Nantinya ada tes yang diberikan yang mana menguji bakat dan juga interview apa benar sesuai dengan passion. Karena harapan DOES University ialah bisa menemukan antara bakat dan kemauan, sehingga berimbang dan bisa berjalan dengan maksimal.


Karena itulah mereka yang ingin belajar di DOES University harus ada persetujuan orang tua. Pun harus punya kemauan yang besar sebab nantinya selama 1,5 tahun hanya belajar dan mengasah tentang bakat yang dimiliki. Dengan begitu proses transfer ilmu jadi lebih intens dan pelajar bisa lebih fokus belajar serta menyerap ilmu dengan maksimal.  Asyiknya di DOES University tuh selain gratis, semua kebutuhan hidup selama 1,5 tahun juga ditanggung DOES University.


Tentunya agar bisa terus menjalankan DOES University, Mas Erix bekerja sama dengan banyak pihak. Semalam Erix juga cerita kalau beliau sosok yang optimis saja dalam menjalankan DOES University ini, toh kesulitan nanti diperbaiki pelan-pelan. Dalam menjalankan segala sesuatu terkadang harus ada kenekatan. Bila ada masalah di jalan, itu nanti bisa jadi pelajaran kita.



Mas Erix, Sosok yang Peduli pada Pendidikan dan Lingkungan Sekitar

Di Fun Talk Homecredit bersama Mas Erix Soekamti semalam, dibacakan beberapa pertanyaan dan langsung dijawab loh. Salah satunya soal bagaimana bisa survive selama pandemi, padahal kondisi sedang sulit dan bagaimana juga bisa mengayomi warga sekitar agar terus bisa positif thinking? Mas Erix yang mendengar pertanyaan ini dibacakan, langsung tersenyum lebar. Ada sirat wajah yang bak ingin segera menjawab pertanyaan ini.


Katanya di masa seperti sekarang, dimana sekolah tidak bisa beroperasi karena ada pandemi, bukan berarti lantas tak melakukan apa-apa. Lagipula segala hal tak hanya didapat dari sekolah tapi bisa via internet, atau belajar dari sekitar / orang yang berpengalaman. Jadi kembali lagi bagaimana kita tidak tergantung pada institusi sekolah, sebab sekolah hanyalah tools. 


"Bila tak bisa sekolah kan masih ada cara-cara lainnya," begitu kata Mas Erix.


Terlebih soal survive di masa sekarang, ada bakat dan passion yang penting sebagai penunjang hidup. Mas Erix menekankan bahwa kita harus bisa mengenal diri sendiri. Sebab bila tidak, yang ada malah obsesi dan hal ini bisa menutup potensi yang dimiliki. Potensi diri yang sesungguhnya dimiliki jadi tertutupi karena terobsesi ingin melakukan atau mewujudkan hal lain yang sejatinya tak dikuasai benar.


Nah untuk bagaimana peran Mas Erix di masyarakat agar geliat ekonomi bisa terus meningkat ialah adanya gerakan "ngelarisi konco dewe". Ini adalah gerakan untuk dukung usaha teman. Memang harus ada kegiatan masif yang dilakukan, salah satunya dengan bersepeda bersama. Bila semakin masif, semakin ramai, maka usaha teman bisa lebih bergeliat. Tapi sejak PSBB, tidak lagi bersepeda namun tetap membeli produk teman. Ini jelas lebih membantu, bukan.


Kalau soal hal apa yang memicu Mas Erik untuk berkontribusi ke lingkungan sosial adalah dari pengalaman hidupnya. Seperti ketika pergi ke daerah lain, beliau lalu dapat inspirasi untuk memajukan pariwisata daerah sendiri. Jadi bagaimana caranya agar pariwisata di Yogyakarta tak hanya ramai di tempat-tempat yang sudah terkenal saja, tapi juga mengeksplor tempat baru dan memunculkan potensi yang dimiliki tempat tersebut.


Tentunya harus bisa cari keunikan masing-masing daerah lalu di-marketing-kan dengan cara yang tepat. Pesan Mas Erix ialah lagi-lagi jangan terobsesi dengan daerah orang lain. Hal ini bisa menyebabkan tak peka dengan potensi daerah sendiri. Boleh menjadikan daerah lain sebagai referensi, tapi bukan berarti mengadaptasi sepenuhnya karena bisa saja daerah kita tak cocok dengan apa yang daerah lain tonjolkan.


Kemudian muncul pertanyaan soal tantangan yang dihadapi bila tidak punya uang tapi ada ide. Mas Erix menjelaskan bahwa jawabnya bisa dengan berkolaborasi bersama teman yang punya modal. Yang penting bisa buat sama-sama karena semua hal tidak bisa dikerjakan oleh hanya seorang saja. Harus ada pembagian peran yang jelas sehingga bisa fokus mengembangkan usaha bersama ini.


Pun saat menjalankan DOES University, Mas Erix cerita kalau harus berkolaborasi dengan masyarakat. Harapannya agar masyarakat yang merasakan hasilnya, dimana banyak keuntungan yang bisa dirasakan bersama, maka dengan demikian mereka akan mencintai dan tanpa disuruh pun akan menjaga tempat tersebut. Termasuk tempat wisata.


Itu dia isi Fun Talk Homecredit bersama Mas Erix Soekamti di IG Live @homecreditid. Banyak hal yang menginspirasi dan membuat saya percaya bahwa mengasah bakat dan menjalankan hal sesuai passion ialah hal yang tepat di masa kini. Kuncinya kita senang menjalaninya, jadi bisa lebih menonjolkan potensi tanpa menjadi terobsesi. Semoga teman-teman yang tak bisa ikutan IG Live bisa dapat banyak pesan dari tulisan saya ini, ya. Terima kasih banyak sudah membaca sampai tuntas.

02 Oktober 2020

Tips Memilih AC yang Hemat Energi

 


Alih-alih ingin hemat, tagihan listrik malah membengkak. Jika kamu pengguna AC di rumah, saya ada tips nih soal cara menghemat listrik AC agar tidak boros. Simak sampai akhir, ya.

Sebagai masyarakat yang tinggal di negara beriklim tropis, musim kemarau di Indonesia memang mengalami peningkatan suhu yang signifikan. Suka gerah, apalagi di bulan-bulan terakhir ini. Jadi, kondisi memasang AC di rumah-rumah Indonesia adalah sebuah hal yang wajar.

Terutama untuk gedung-gedung yang bertingkat, pastinya tidak menggunakan AC biasa pada umumnya. Biasanya gedung-gedung bertingkat menggunakan penghemat listrik untuk gedung tentu karena penggunaan listrik pada gedung juga tinggi. Seperti dalam Layanan Sewatama dimana bisa melakukan konsultasi seputar kelistrikan, seberapa besar daya yang dibutuhkan dan alat seperti apa yang cocok untuk gedung. 

Nah berikut ini ada tips dalam memilih AC. Yakni perhatikan:

Tentukan besaran PK secara tepat

Coba ukur dulu berapa luas ruangan yang akan dipasang AC di rumah. Tentu saja ini berkaitan dengan ukuran PK yang tepat. Jika ruangan luas tentu membutuhkan PK yang besar, sebaliknya dengan ruangan yang kecil cukup dengan PK kecil. Jika terbalik, tentu akan membuang energi listrik dengan sia-sia. 

Ada patokan nih dalam menentukan besaran PK, bisa mengacu pada British Termal Unit (TBU). Caranya kalikan panjang dan lebar ruangan dalam satuan meter dengan 500 (besaran baku BTU). Contohnya kamar berukuran 3x4 meter, 3 x 2 x 500 = 3.000 BTU. Jika hasil penghitungan di bawah 5.000 BTU, tandanya AC dengan ½ PK ialah yang ideal. Sip, untuk kamar anak saya sudah cocok sekali nih. Kalau ¾ PK ideal untuk 7.000 BTU, 1 PK untuk 9.000 BTU, 1 ½ PK untuk 12.000 BTU, dan 2 PK untuk 18.000 BTU. Begitu...

Pilih AC inverter yang hemat listik

AC inverter kini semakin menjadi pilihan bagi para pasangan muda, seperti kami. Ini dikarenakan AC dengan teknologi ini mampu menghemat listrik dibandingkan AC dengan kompresor biasa. AC jenis lain atau biasa disebut AC standard menggunakan kompresor yang menyala dan mati berulang kali setiap pemakaian untuk menjaga tingkat kesejukan. 

Saat suhu mencapai yang ditetapkan, kompresor akan otomatis mati. Ketika suhu ruang beranjak naik pada derajat tertentu, kompresor kembali menyala. Biasanya hal ini mudah dikenali dengan bunyi khas pada AC. Proses nyala dan mati berulang ini menyebabkan AC mengkonsumsi listrik lebih besar tiap kali menyalakan kembali kompresornya. Duh, boros! 

Beda dengan AC inverter, kompresornya terus menyala. Saat mencapai suhu yang ditetapkan, kecepatan geraknya saja yang melambat. Ketika suhu ruang beranjak naik pada derajat tertentu, kompresor kembali menyesuaikan kecepatan geraknya untuk mempertahankan suhu ruang. Sistem kerja inilah yang membuat penggunaan listrik lebih hemat. 

Tahukah kalian kalau menggunakan AC inverter di rumah, maka mampu menekan tagihan listrik rumah tangga loh. Asyik, ya? Hal ini karena secara otomatis AC ini menjalankan mode hemat energi. Keuntungan tambahannya, AC inverter cenderung lebih senyap.

Hitung daya listrik rumah

Poin yang tak kalah penting, perhatikan kapasitas daya listrik hunian. Dengan terbatasnya kapasitas daya listrik, kita harus lebih bijak dalam menggunakan alat elektronik, termasuk AC. Misalnya dengan bergantian menggunakan perangkat elektronik. Seperti saat AC menyala, mungkin kita harus menunda kegiatan menonton TV atau pun mencuci pakaian. Memang hal ini menimbulkan keribetan tersendiri. Tak jarang, soal prioritas kegiatan mana yang harus didahulukan jadi pilihan sulit untuk dibuat.



01 Oktober 2020

Mudahnya Penuhi Kebutuhan Cairan Tubuh dengan Adanya Pompa Galon Elektrik STARK

Sekarang ini kalau flu sedikit saja, ada rasa khawatir yang tak main-main. Tak sampai demam, sekedar bersin lalu keluar cairan di hidung saja, langsung minum multivitamin agar daya tahan tubuh membaik. Rasanya ada kecemasan yang berlebihan, takut ini adalah tanda kalau kena covid-19 salah satunya. Padahal hanya flu biasa karena kurang jam istirahat dan begitu letih beraktivitas.


Nah kalian tahu tidak, kalau sedang flu, ternyata tubuh kita rentan dehidrasi arau kekurangan cairan tubuh, loh. Sebab saat flu, kita jadi kehilangan cairan tubuh berupa air dan ion melalui keringat, ingus atau cairan hidung saat kita flu, dan demam. Produksi saliva atau air liur dan protein-protein penting di air liur sebagai bagian dari benteng pertahanan daya tahan tubuh juga menurun jumlahnya akibat dehidrasi. Karena itulah kita wajib untuk penuhi kebutuhan cairan tubuh agar bisa mempercepat proses penyembuhan flu.


Sebenarnya tak hanya saat flu kita rentan dehidrasi. Sebab kehilangan cairan tubuh kan bisa melalui proses berkeringat, bernapas, berkemih, dan pergerakan usus kita. Memang ada sekitar 60% dari berat badan kita yang berupa cairan, yakni cairan intraseluar, cairan ekstraselulee, cairan intertisial dan plasma darah yang dijelaskan pada pelajaran Biologi di bangku sekolah. Hal ini karena di setiap sistem tubuh memerlukan cairan untuk menjalankan fungsinya, mulai untuk melembapkan indera penciuman, perasa, pendengaran, pencernaan, mengedarkan dara dan masih banyak lagi. Karena itu jangan sampai kekurangan cairan tubuh dan bisa berdampak buruk ke diri kita sendiri.


Pengalaman Sering Dehidrasi Karena Malas Ambil Minum

Bicara soal dehidrasi, ini jadi hal yang sering saya alami ketika masih jadi anak asrama di bangku kuliah. Namanya tinggal bersama dengan beberapa orang dalam satu kamar, memaksa saya untuk berbagi pasokan air minum. Kami berinisiatif membeli galon secara patungan dan meminta tolong Pak Penjual Galon mengantarnya sampai pintu kamar. Awalnya kami pakai dispenser agar bisa sekalian bikin air hangat, tapi ternyata kerja kerasnya luar biasa. Kami harus bahu membahu mengangkat galon seberat itu agar bisa nangkring cantik di atas dispenser.

Bulan-bulan pertama, kami masih antusias bergantian mengangkat galon. Namun lama-kelamaan, akhirnya kami beli hitter untuk menjerang air panas. Dispenser terabaikan. Untuk bisa mengeluarkan air di galon, kami pakai pompa galon manual yang harganya murah meriah. Maklum, walau bisa patungan, tapi bagi kami itu bukanlah prioritas.


Dari situ masalah mulai muncul. Ternyata pompa galon manual tetap butuh kerja keras, kami harus menekannya berkali-kali agar air mau keluar dan mengisi tempat minum kami. Saat galon masih penuh, dengan menekan ringan beberapa kali saja, air lalu mengucur keluar. Tapi saat air tinggal setengah galon dan bahkan kurang dari itu, setengah mati kami menekan-nekan pompa galon manual sampai berkeringat. Sungguh, akhirnya tak cukup minum hanya 1-2 gelas saja usai menekan-nekan pompa galon manual.


Gara-gara itu, akhirnya saya lebih suka ambil air minum di ruang makan saat jam makan. Sayangnya karena cuma punya botol 1.5 liter, hanya segitulah yang bisa saya ambil setiap harinya. Padahal dalam menunjang kesehatan tubuh, dibutuhkan sekitar 2.3 liter air putih per hari untuk wanita dewasa dan masih ada banyak faktor yang memengaruhi jumlah kebutuhan cairan dalam tubuh tiap individu. Faktor-faktor tersebut adalah perbedaan aktivitas, usia, berat badan, suku lingkungan, suhu tubuh, serta penyakit yang diderita. Akhirnya saya sering dehidrasi, yang untung kemudian teratasi sehingga tak menjadi dehidrasi berat.

Oiya, pompa galon manual juga tidak awet. Hampir setiap 3 bulan sekali, kami beli yang baru. Agar masih bisa minum air dari galon kamar, kemudian terbersit ide untuk beli pompa galon elektrik yang tak perlu kerja keras dan menyita tenaga. Sayangnya kami kemudian melotot saat tahu harganya. Bisa sih beli kalau patungan, tapi lebih baik hemat karena biaya kuliah itu lumayan banyak dan kami tak mau terlalu merepotkan orang tua.


Saya kira hanya saat kuliah, saya mengalami kesulitan memenuhi kebutuhan cairan tubuh gara-gara bermasalah dengan mengambil air dari galon. Rupanya hal ini kemudian terulang setelah saya menikah. Kalau sebelumnya saat tinggal di rumah Mama, saya mengambil minum tinggal ambil di panci besar sebab Mama lebih suka menjerang air. Nah saat sudah menikah dan hanya hidup berdua dengan suami, beliau meminta kami minum lewat air galon saja karena lebih praktis. Apalagi beliau juga sudah membeli dispenser, praktis katanya.


Masalah terjadi saat air galon habis di jam beliau kerja. Saya yang sendirian di rumah akhirnya membeli di toko kelontong dekat rumah dan meminta bantuan penjualnya agar sekalian dipasang di dispenser. Awalnya oke-oke saja, namun lama-kelamaan saya jadi tak tega sebab penjualnya seusia ayah saya. Kok rasanya jadi jahat dengan orang tua.


Akhirnya saya coba angkat sendiri, dan saya yang jatuh disertai air galon yang meluber di lantai. Pekerjaan rumah jadi bertambah, bukannya bisa melepas dahaga malah membuang tenaga. Sejak itu akhirnya saya trauma, tak mau mengangkat galon dan nekat menuang isi galon ke wadah air yang besar. Suami lalu membelikan pompa galon, tapi saya tak mau pakai karena pompa galon manual. Akhirnya walau juga berat saat memiringkan posisi galon, setidaknya tak perlu susah mengangkat-angkat.


Saat kami sudah memiliki buah hati dan dia beranjak batita, dia sering memperhatikan saya yang suka memiring-miringkan galon. Dicontohlah apa yang saya lakukan, pada galon yang isinya tinggal sedikit. Ia memang tertawa saat air galon keluar dan kena kakinya, tapi kemudian menangis saat terpeleset. Saya yang saat itu di kamar mandi, tergopoh-gopoh keluar mendengar jeritan kesakitannya. Duh! Galon pembawa petaka!

Sejak itu, kami lalu membeli ember besar bertutup sebagai tempat air. Suami yang bertugas isi airnya hingga penuh, muat untuk volume air 3 galon. Untuk kebutuhan minum kami, saya menjerang air seperti apa yang Mama saya lakukan. Tidak lagi beli air mineral galonan, tidak lagi ada adegan tuang menuang. Masalahnya adalah saat gas habis padahal stok air habis. Alamak... ada saja, ya.


Berkenalan dengan Pompa Galon Elektrik STARK

Gara-gara pandemi dan parno sendiri soal turunnya daya tahan tubuh, suami menyarankan agar saya mencari pompa galon elektrik dan kami minum air mineral galon lagi. Setidaknya itu cara yang praktis untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh kami, mencegah dehidrasi sehingga daya tahan tubuh tak terganggu. Saya pun melihat-lihat marketplace, seperti biasa sort dari harga terendah. Lalu mata saya tak berkedip karena setengah tak percaya.


Ada pompa galon elektrik yang murah, sekitar 50-ribuan. Mereknya STARK tipe STWP03. STARK berupa official store dan ini pasti terpercaya dong. Apalagi respon pembeli juga positif, bintang 5 loh. Waah patut dicoba beli, nih.

Ada 2 warna pilihan: biru muda dan merah. Warna ada di bagian atas saja, untuk badannya berwarna putih. Dengan begini jadi tahu kalau kotor, jadi langsung bisa dibersihkan. Kan kalau perkara apa yang dikonsumsi jangan sampai kotor ataupun terkontaminasi, ya. Apalagi punya anak kecil, khawatir masalah pencernaan.


Dalam 1 kardus kemasannya berisi pompa galon elektrik, selang, charger dan petunjuk pemakaian.


Sungguh desain yang simpel, saya kira akan berat tapi ternyata ringan dan mudah digenggam. Ringannya juga bukan yang terlalu ringan hingga mudah jatuh dan kotor, tapi pompa galon elektrik STARK ini bisa berdiri kokoh dan ukurannya pas dengan kepala galon merek apapun. Bahan pompa galon elektrik STARK ini juga Food Grade Material, pastinya bisa menjaga seluruh anggota keluarga agar tetap sehat.


Tak perlu menunggu lama agar tempat minum terisi air. Pompa galon elektrik STARK punya output speed sebesar 1.6 liter per menit. Mudah, hanya 1 kali tekan dengan telunjuk. Keren deh, fitur pompa galon elektrik STARK ini benar-benar One Touch! Bahkan si kecil juga bisa mengambil air minumnya sendiri, tapi tetap harus diawasi orang tua ya, takut terlalu penuh dan meluber dari gelasnya. 


Ada selang panjang yang dipasang di dasar pompa galon elektrik STARK. Panjang selangnya menjangkau bagian dasar galon, jadi bisa ambil air galon sampai habis. Selangnya juga berbahan plastik yang aman, tinggal direndam dan dibilas air hangat sebelum digunakan. Simpel sekali, bukan? Elastic hose gitu!

Pompa galon elekteik STARK ini tak hanya punya desain yang minimalis, tapi juga ada fitur yang mempermudah hidup kita. Namanya juga elektrik, dayanya pakai batrei. Tapi ini batrei rechargeable yang mana dapat diisi ulang hanya dengan menggunakan kabel USB yang tersedia. Bisa disambungkan dengan kepala charger ponsel kita, kok. Dicas gak lama, hanya selama 4 jam dan sekali isi ulang bisa untuk menghabiskan 5 galon air. Ini saya udah 2 hari pakai, belum cas lagi tuh. Tapi saya ada foto saat awal ngecas kemarin. Ini dia...


Nah pada pompa galon elektrik STARK tipe STWP03 ini, pada bagian atas yang area berwarna merah atau biru muda, ada indicator light-nya tuh. Jadi lampu indikator akan berwarna merah bila pompa galon elektrik STARK dalam proses pengisian daya. Kalau sudah penuh dan siap dipakai lagi, akan berwarna hijau. Sekali cas selama 4 jam, bisa untuk menghabiskan 5 galon air loh. Gak perlu ribet isi daya kan?


Bikin tunggakan listrik naik karena pakai pompa galon elektrik STARK? Ah gak bakal! Sebab untuk tipe STWP03 ini cuma 5 watt dan jarang isi daya juga kan. Pakai batrei Lithium ION 1200 mAH dengan voltase hanya 3.8 volt. Gimana gak jadi pilihan pintar keluarga Indonesia? Minum air jadi gak lagi kesulitan, cara pakai mudah, bahannya aman dan gak boros listrik. Aman untuk dipakai si kecil, lagi


Bagi teman-teman yang ingin membeli pompa galon elektrik STARK, bisa langsung klik link berikut ini: https://www.tokopedia.com/starkindonesia/stark-pompa-galon-elektrik-stwp03-biru-muda. Harganya cuma 50-ribuan, mumpung juga ada banyak promo di marketplace. Lumayan hemat, kan jadinya. Yuk buruan beli dan rasakan sendiri manfaatnya. Jadi makin mudah penuhi kebutuhan cairan tubuh, gak lagi nunda-nunda untuk minum air putih.



Back to Top