Sakit Gigi Berlubang dan Perlunya Mencari Solusi yang Tepat

Masalah gigi berlubang sebenarnya bukan hanya terjadi pada anak-anak. Menurut data dari Kemenkes (2013), kira-kira sebanyak 25,9 persen penduduk Indonesia memiliki masalah gigi dan mulut, termasuk gigi berlubang.


Sakit gigi berlubang dapat berkisar dari ringan hingga tak tertahankan, sehingga mungkin kamu membutuhkan Solusi Sakit Gigi Berlubang. Ketika rongga terbentuk dan semakin besar, gigi bisa jadi lebih sensitif dan muncul rasa nyeri sewaktu-waktu.

Umumnya gigi berlubang berawal dari plak yang mengikis lapisan terluar (email) gigi. Plak berasal dari sisa makanan dan kuman yang menjadi asam, salah satunya karena tidak rajin menyikat gigi. Gigi berlubang yang tidak teratasi dapat menyebabkan nyeri yang parah, infeksi dan bahkan tanggalnya gigi.


Jika rasa sakit sudah terasa, aktivitas pun bisa jadi terganggu. Untuk meredakannya, kamu bisa minum obat sakit gigi berlubang seperti pereda nyeri dan melakukan langkah perawatan lainnya.


Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi sakit gigi berlubang. Mulai dari berkumur air garam, minum obat sakit gigi berlubang, hingga periksa ke dokter gigi.


Solusi Sakit Gigi Berlubang dan Rekomendasi Obat

1. Cooling 5 Plus Orange 15 ml

Cooling 5 Plus Orange merupakan obat semprot rongga mulut yang berfungsi untuk menghilangkan rasa sakit misalnya pada saat sakit gigi, radang gusi, dan sakit saat pertumbuhan gigi.


Obat ini mengandung Benzocaine 3 mg yang bekerja sebagai anestesi lokal atau bius lokal dan Phenol 5 mg sebagai antiseptik oral yang dapat membasmi kuman penyebab sakit gigi. Cooling 5 Plus ini cara menggunakannya cukup mudah. Kamu hanya perlu menyemprotkannya pada area yang sakit sebanyak 2-3 semprot dan bila perlu ulangi tiap 3-4 jam. Dengan rasa jeruk yang menyegarkan, Cooling 5 Plus cocok digunakan sebagai alternatif anti nyeri selain tablet oral.

2. Cataflam 50 mg 10 Tablet

Obat sakit gigi berlubang lainnya yang bisa kamu coba adalah Cataflam tablet. Ini adalah obat anti nyeri dengan kandungan Kalium Diklofenak atau Potassium Diclofenac.


Kandungan tersebut merupakan golongan Obat Antiinflamasi Non Steroid (OAINS) yang memiliki aktifitas antiinflamasi atau antiradang dan antinyeri. Obat ini bisa kamu konsumsi untuk meredakan nyeri gigi dengan cepat.


Namun, obat ini tergolong obat keras atau merah, sehingga penggunaannya harus atas anjuran dokter. Untuk dewasa dan anak-anak di atas 14 tahun, bisa mengonsumsi 25 mg atau 50 mg obat ini, 2 sampai 3 kali per hari.


3. Ponstan 500 mg 10 Tablet

Rekomendasi obat untuk sakit gigi berlubang pertama yang bisa kamu coba adalah Ponstan. Obat ini mengandung asam mefenamat yang bersifat analgesik, anti-inflamasi, serta antipiretik. Ponstan bisa meredakan berbagai nyeri ringan sampai sedang, termasuk sakit gigi.


Namun, obat ini tergolong obat keras atau merah, sehingga penggunaannya harus atas anjuran dokter. Untuk dewasa dan anak-anak di atas usia 14 tahun, obat ini bisa diminum 3 kali sehari sebanyak 500 miligram sesudah makan.

 

4. Penggunaan Fluoride

Penggunaan fluoride umumnya efektif bila lubang di gigi masih sangat kecil, atau masih dalam taraf permulaan. Cara menghilangkan sakit gigi berlubang ini, yaitu dengan menggosok fluoride berjenis cair, busa, gel, atau pernis ke gigi selama beberapa menit oleh dokter gigi.


Kandungan fluoride dalam perawatan ini tentunya lebih banyak ketimbang pasta gigi biasa. Butuh produk kesehatan untuk merawat atau mengatasi masalah gigi yang kamu alami? Kunjungi saja Toko Kesehatan di Halodoc! Tanpa perlu repot keluar rumah, pesananmu akan sampai ke tempat tujuan dalam waktu satu jam.


So, jika sakit pada gigimu sudah terlalu parah, langsung kunjungi dokter gigi terdekat dan temukan Solusi Sakit Gigi Berlubang secepatnya.







Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah membaca ^^
Tolong berkomentar dengan sopan yaaa... Maaf kalau ada yang belum terjawab :*