Wednesday, August 23, 2017

Infused Water untuk Menaikkan Kadar Hemoglobin


Sewaktu periksa kehamilan beberapa minggu kemarin, saya sekalian cek hemoglobin (Hb). Hasilnya… miris. Kurang dari 9 gr %. Alarm bahaya, nih. Takutnya waktu persalinan nanti kenapa-kenapa. Takut kuat kurang mngejan atau malah perdarahan pasca persalinan. Hmmm… sedih.

Sejak kuliah, kadar Hb saya memang rendah, sekitar 9 sampai 10gr%. Padahal untuk wanita, normalnya adalah 11gr%. Saya sudah berusaha memperbaikinya dengan rutin mengkonsumsi sayur-sayuran yang mengandung zat besi semacam sawi, bayam, brokoli dan masih banyak lagi. Suplemen tambah darah seperti sangobion, yang mengandung Fe atau zat besi tinggi memang tidak saya konsumsi sebab tidak menyukai efek sampingnya; buang air besar kurang lancar dan warnanya hitam. Apalagi minuman yang katanya mengandung sari buah jeruk dan vitamin C 1000 mg, selain harganya yang lumayan mahal, rasa asamnya tidak terlalu saya suka.

Monday, August 21, 2017

Kisah Bekas SC yang Melahirkan Normal


Assalamualaikum ...

Saya lagi santai-santai di rumah, nih. Iyah, sejak persiapan nikah udah gak kerja lagi.  Tapi masih sering mimpi nolong persalinan seperti semasa dinas :D Mungkin kangen kerja, wajar lah. Dulu workaholic bingitz, sering nerus dinas dan jarang ambil libur. Sekalinya libur bisa hampir seminggu, hihi. Jangan dicontoh ya.

Semasa kerja, pasiennya aneh-aneh :D Bukaaan... Bukan perangainya yang aneh, akan tetapi kasus yang muncul di luar ekspektasi. Maunya dinas dengan nyaman dan tenang, faktanya degdegser mulu >.< Yaiyalah wong kerjanya di rumah sakit, pastinya jarang yang kasus normal :D

Thursday, August 17, 2017

Amalan Agar Doa Dikabulkan

www.kata-artha.com ---


Bagaimana sih agar doa lekas dikabulkan?

Secara garis besar, agar doa dikabulkan ialah harus yakin dulu kalau akan dipenuhi. Allah berfirman"Aku akan mengikuti persangkaan hamba-Ku kepadaKu. Dan Aku selalu menyertainya apabila ia berdo'a kepadaKu." (Hr. Bukhari dan Muslim).

Dan jika kamu memohon kepada Allah 'Azza Wa Jalla, wahai manusia, mohonlah langsung ke hadirat-Nya dengan keyakinan yang penuh bahwa do'amu akan dikabulkan, karena Allah tidak mengabulkan do'a hambaNya yang keluar dari hati yang lalai. (Hr. Ahmad)

Wednesday, August 16, 2017

Arti Garis Tangan Simian Line

www.kata-artha.com --- tulisan lama yang sudah beredar di kaskus ^^


Ada banyak hal yang terjadi dalam hidup saya, dan saya rasa semuanya aneh. Tidak ada yang berjalan semulus orang lain. Ibaratnya, hidup orang lain itu seperti ketika melaju di jalan tol, sedangkan saya di jalan tikus. Tujuannya sama, hanya saja waktu tempuh dan area yang dilalui sangatlah berbeda.

Alhamdulillah… setelah menikah, sekarang saya merasa hidup jauh lebih berwarna. Dulu sempat pesimis dan bahkan hampir bunuh diri, beruntung saat itu ada motivasi hidup. Tapi yah itu masa lalu. Terkadang saya bersyukur memiliki garis tangan seperti ini. Bak sosok yang jauh lebih ‘kuat’ dari orang lain, garis tangan ini memiliki ‘jalur hidup’ yang fantastis dan dramatis.

Apa yang salah dengan diri saya ya?

Friday, August 11, 2017

Rumpiin Ngidam Bareng Dude Harlino

www.kata-artha.com -----



Kalau ditanya, “
Selama hamil, udah ngidam apa saja?” saya hanya bisa senyum. Gimana mau ngidam, belum minta ajah langsung keturutan. Semasa hamil ini saya hanya ingin makan buah dan sayur, terutama nangka dan gado-gado. Keduanya mudah dijumpai dan sering dibeli. Untuk ngidam yang aneh-aneh, Alhamdulillah tidak pernah. Kan saya neriman, bukan sosok yang neko-neko. Sungguh beruntung jadi suami saya, gak banyak permintaan dan tuntutan. Haha.

 

Padahal bila ngidam boleh milih, saya ngidam naik pesawat ke Jepang aja. *modus* Pernah sih iseng bilang ke sepupu, “Misalnya ngidam mangga muda yang di atas pohon punya orang, Mas Husein mau ambilin gak, ya?” Eh belum 5 menit, sepupu berhenti di bawah pohon mangga berbuah lebat depan apotek, lalu dia izin ke yang punya pohon untuk minta mangga mudanya. Lha? Iseng-iseng ngucap berhadiah pencit. Ngidamnya batal.

Wednesday, August 9, 2017

Tempat USG Kandungan Murah di Sidoarjo






“Ini cewek apa cowok?”

Pertanyaan itu selalu terlontar ketika bertemu mereka yang mengetahui kalau saya hamil. Sampai  kemarin siang, saya masih tersenyum karena memang belum tahu. Nah kalau sekarang bisa jawab, “InshaAllah cowok, danteng dan mancung.” Mohon doanya si janin yang sudah aktif bergerak ini sehat selalu, sempurna dan bisa lahir dengan selamat, yah. Aamiin.

Bila ada yang mengikuti potret dan kisah akun instagram @artha.amalia, pasti tahu kalau saya baru pertama kali melakukan pemeriksaan kandungan via ultrasonografi (USG) saat usia kandungan 10 minggu. Sengaja… Jadi sebulan terlambat menstruasi, saya hanya uji testpack biasa. Begitu hasilnya bergaris dua, saya tahan-tahan agar tidak periksa ke bidan. Lha gimana wong saya sendiri juga bidan. Nantinya hanya dianjurkan minum vitamin juga banyak istirahat setelah tes kencing diulang dan yakin benar-benar positif.

Tuesday, August 8, 2017

Liwetan ala Ibu Hamil Minim Pengalaman



DRRRT…!

Kemarin siang, ponsel saya bergetar. Agak malas membuka pesan yang ada, mengingat saat itu sedang enak rebahan di depan televisi. Paling juga chat grup, kadang yang dibahas gak nyambung dengan pemikiran saya. Jadi lebih banyak sekedar baca tanpa respon. Namun rupanya kali ini berbeda, karena saya jadi topik bahasan di grup whatsapp keluarganya suami.

Nek onok gerhono, opo Artha gak dibancaki sego liwet?” sebuah teks yang artinya ‘kalau ada gerhana, apakah saya tidak dibuatkan nasi liwet untuk selamatan?’ membelalakkan mata.

Nasi liwet?

Friday, August 4, 2017

Menjadi Terbaik untuk yang Teristimewa dengan PPEJ2017SBY



 


Alhamdulillah. Telah 5 bulan saya menikah, dan selama itu pula menjadi calon ibu. Kalau para calon ibu lainnya merasakan mual muntah letih lesu di awal kehamilan, tidak begitu yang terjadi pada saya. Semuanya berjalan dengan baik, tanpa keluhan sama sekali. Di bulan pertama menikah, saya yang mestinya mendapat mens ternyata terlambat mens dan positif hamil. Syukurlah, kini usia kandungan menginjak 21 minggu. 

Yang aneh, saya justru tidak tenang. Oleh karena tanpa keluhan kehamilan, jadi cemas sendiri. Normalkah kondisi saya? Apakah janin dalam rahim ini juga baik-baik saja seperti kondisi fisik luar saya? Hasil pemeriksaan lewat ultrasonografi (USG) sih kata dr. Linda, SpOG, normal. Bahkan dokter pemeriksa saya tersebut mengatakan ketuban janin cukup dan detak jantungnya baik.