Thursday, August 17, 2017

Amalan Agar Doa Dikabulkan

www.kata-artha.com ---


Bagaimana sih agar doa lekas dikabulkan?

Secara garis besar, agar doa dikabulkan ialah harus yakin dulu kalau akan dipenuhi. Allah berfirman"Aku akan mengikuti persangkaan hamba-Ku kepadaKu. Dan Aku selalu menyertainya apabila ia berdo'a kepadaKu." (Hr. Bukhari dan Muslim).

Dan jika kamu memohon kepada Allah 'Azza Wa Jalla, wahai manusia, mohonlah langsung ke hadirat-Nya dengan keyakinan yang penuh bahwa do'amu akan dikabulkan, karena Allah tidak mengabulkan do'a hambaNya yang keluar dari hati yang lalai. (Hr. Ahmad)

“Barangsiapa bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan mengadakan baginya jalan keluar dan memberinya rezeki dari arah yang tiada disangka-sangkanya. Dan barangsiapa yang bertawakal kepada Allah, niscaya Allah akan menjadikan baginya kemudahan dalam urusannya.” (QS. Ath-Thalaq (65) : 2- 4)

Hadis riwayat Abu Hurairah ra., ia berkata: Rasulullah saw. Bersabda, “Allah Taala berfirman: Aku sesuai dengan persangkaan hamba-Ku terhadap-Ku dan Aku selalu bersamanya ketika dia mengingat-Ku.Apabila dia mengingat-Ku dalam dirinya, maka Aku pun akan mengingatnya dalam diri-Ku. Apabila dia mengingat-Ku dalam suatu jemaah manusia, maka Aku pun akan mengingatnya dalam suatu kumpulan makhluk yang lebih baik dari mereka. Apabila dia mendekati-Ku sejengkal, maka Aku akan mendekatinya sehasta. Apabila dia mendekati-Ku sehasta, maka Aku akan mendekatinya sedepa. Dan apabila dia datang kepada-Ku dengan berjalan, maka Aku akan datang kepadanya dengan berlari.” (Shahih Muslim No.4832) 

Tiada seorang berdo’a kepada Allah dengan suatu do’a, kecuali dikabulkanNya, dan dia memperoleh salah satu dari tiga hal, yaitu dipercepat terkabulnya baginya di dunia, disimpan (ditabung) untuknya sampai di akhirat, atau diganti dengan mencegahnya dari musibah (bencana) yang serupa. (HR. Ath-Thabrani)

Hadist riwayat Abu Hurairah ra.:Bahwa Rasulullah saw. bersabda: Akan dikabulkan doa seseorang di antara kamu sekalian selama dia tidak terburu-buru berkata: Aku sudah berdoa, tetapi aku tidak atau belum dikabulkan. (Shahih Muslim No.4916)

Allah Maha Baik :’)
Nah, cara agar doa dikabulkan ialah:

1. Beristighfar dimana dan kapan saja
"Barangsiapa yang tetap melakukan istighfar, maka Allah subhaanahu wa ta’aala akan membebaskannya dari segala kesusahan dan melapangkannya dari setiap kesempitan serta akan memberinya rezeki dari jalan yang tidak diduganya." (HR Abu Dawud 1297)

2. Menolong orang lagi yang kesusahan dan bersedekah
Barangsiapa ingin agar do’anya terkabul dan kesulitan-kesulitannya teratasi, hendaklah dia menolong orang yang dalam kesempitan. (HR. Ahmad)

3. Perbanyak berdzikir Asmaul Husna.
Sebutlah nama Allah sebanyak-banyaknya terutama nama Allah yang sesuai dengan permintaan kita.



4. Perbanyak baca Shalawat Nabi
"Allahumasholli ala Muhammad wa ala ali Muhammad”

5. Puasa Senin - Kamis
Rasulullah Shalallahu’alaihi wasallam pernah ditanya tentang puasa pada hari senin dan hari kamis, kemudian bersabda : “Sesungguhnya perbuatandiperlihatkan pada setiap hari Senin dan hari Kamis, kemudian Allahmengampuni setiap orang muslim atau orang Mukmin kecuali dua orang yang saling mendiamkan. Allah berfirman,’Tundalah pengampunan terhadap keduanya. (Riwayat Ahmad)

Dari Abdullah bin ‘Amr bin ‘Ash Radhiyallahu ‘anhu bahwa dia mendengar Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda.“Artinya : Sesungguhnya bagi orang yang berpuasa saat berbuka ada doa yang tidak ditolak”. [Sunan Ibnu Majah, bab Fis Siyam La Turaddu Da'watuhu 1/321 No. 1775. Hakim dalam kitab Mustadrak 1/422. Dishahihkan sanadnya oleh Bushairi dalam Misbahuz Zujaj 2/17].

6. Bersuci dan berdoa sebelum tidur
Membaca Al Fatihah, Al Ikhlash, An Nash, Al Falaq kemudian Shalawat Nabi. Setelah itu baca ayat Kursi dan baca doa sebelum tidur: “Bismika Allaahumma ahyaa wa amuut” yang artinya ''Dengan namaMu, Ya Allah, aku hidup dan mati'. (HR. Bukhari & Muslim)

“Rapatkan kedua telapak tangan, kemudian ditiup dan dibacakan surat Al-Ikhlash (Qul huwallaahu ahad), surat Al-Falaq (Qul a’uudzi bi rabbil-falaq), dan surat An-Naas (Qul a’uudzu bi rabbin-naas). Lalu, dengan kedua telapak tangan itu, bagian tubuh yang dapat dijangkau diusap. Mulai dari kepala, wajah, dan tubuh bagian depan.” (HR. Bukhari, Muslim, Malik, Abu Daud, At-Tirmidzi, Ibnu Majah, dan An-Nasa’i)


7. Sholat Tahajjud pada sepertiga malam terakhir
Nabi, “Rabb kita turun pada setiap malam ke langit dunia, ketika tersisa sepertiga malam yang terakhir, lalu berfirman, ‘Siapa yang berdoa kepada-Ku maka Aku kabulkan doanya. Siapa yang memohon kepada-Ku, siapa yang meminta ampunan kepada-Ku maka Aku memberikan ampunan baginya.’ Demikianlah hal itu terjadi hingga terbit fajar.” (HR. Bukhari & Muslim).

Shalat malam (Tahajud) tidak dibatasi jumlahnya, tetapi paling sedikit 2 raka’at. Yang paling utama kita kekalkan adalah 11 raka’at atau 13  raka’at, dengan 2 raka’at shalat Iftitah. Cara mengerjakannya yang baik ada setiap 2 rakaat diakhiri satu salam. Sebagaimana diterangkan oleh Rosulullah SAW :“Shalat malam itu, dua-dua.” ( HR Ahmad, Bukhari dan Muslim )

8. Sholat Dhuha minimal 4 rakaat maksimal 12 rakaat
Shalat Dhuha adalah shalat sunah yang dilakukan setelah terbit matahari sampai menjelang masuk waktu zhuhur. Afdhalnya dilakukan pada pagi hari disaat matahari sedang naik (kira-kira jam 9.00). Shalat Dhuha lebih dikenal dengan shalat sunah untuk memohon rizki dari Allah, berdasarkan hadits Nabi SAW : ” Allah berfirman : Wahai anak Adam, jangan sekali-kali engkau malas mengerjakan empat rakaat pada waktu permulaan siang (Shalat Dhuha) niscaya pasti akan Aku cukupkan kebutuhanmu pada akhir harinya.” (HR.Hakim dan Thabrani ).

9. Sebelum keluar rumah bacalah Surat Al Ikhlas 7 kali

10. Di jalan banyaklah beramal bersikap yang tidak merugikan orang lain, tidak mengeluh, banyak bersyukur, berpikir positip dan banyak berdzikir.

11. Sholat berjamaah di Masjid ditambah sholat sunat sebelum dan sesudah sholat wajib
Dari Aisyah RA bahwa Nabi SAW bersabda : ”Dua rakaat fajar (shalat sunnat yang dikerjakan sebelum subuh) itu lebih baik daripada dunia dan seisinya.“ (HR Muslim)

Rasulullah SAW bersabda, Barangsiapa shalat dalam sehari semalam dua belas rakaat akan dibangun untuknya rumah di Surga, yaitu; empat rakaat sebelum Zhuhur dan dua rakaat sesudahnya, dua rakaat sesudah Maghrib, dua rakaat sesudah Isya dan dua rakaat sebelum shalat Subuh. (HR. At-Tirmidzi, ia mengatakan, hadits ini hasan shahih).

12. Saat Adzan dan Iqomah berdoalah
“Dan barangsiapa yang bersyukur, maka sesungguhnya dia bersyukur untuk (kebaikan) dirinya sendiri, dan barangsiapa yang kufur (tidak bersyukur), maka sesungguhnya Tuhanku Maha kaya (tidak membutuhka sesuatu) lagi Mahamulia” (QS An-Naml [27]: 40)

Istiqomah ... Inshaa Allah doa dikabulkan ^^ 
Dekati Allah, agar Allah selalu dekat dengan kita ^^,) 
Aamiin aamiin yaa rabbal aalamiin ...

Tulisan ini juga sebagai pengingat saya, kan manusia tempatnya alpa. Biar tekun dikerjakan, biar gak banyak baca webtoon. Hihi.


salam manis,


tha_

 




Wednesday, August 16, 2017

Arti Garis Tangan Simian Line

www.kata-artha.com --- tulisan lama yang sudah beredar di kaskus ^^


Ada banyak hal yang terjadi dalam hidup saya, dan saya rasa semuanya aneh. Tidak ada yang berjalan semulus orang lain. Ibaratnya, hidup orang lain itu seperti ketika melaju di jalan tol, sedangkan saya di jalan tikus. Tujuannya sama, hanya saja waktu tempuh dan area yang dilalui sangatlah berbeda.

Alhamdulillah… setelah menikah, sekarang saya merasa hidup jauh lebih berwarna. Dulu sempat pesimis dan bahkan hampir bunuh diri, beruntung saat itu ada motivasi hidup. Tapi yah itu masa lalu. Terkadang saya bersyukur memiliki garis tangan seperti ini. Bak sosok yang jauh lebih ‘kuat’ dari orang lain, garis tangan ini memiliki ‘jalur hidup’ yang fantastis dan dramatis.

Apa yang salah dengan diri saya ya?

Apa garis tanganmu seperti ini?” teringat chat yang menjadi salah satu pemicu semangat saya untuk terus bertahan hidup, demi masa depan yang lebih baik.



Ini garis tangan kami, sama-sama lurus. Li ini adalah nama di masa lalu saya. Suami (yang selanjutnya pada blog ini saya panggil “Mas Boz”) tahu smua kisah kami, jadi bukan masalah besar. Toh yang sekarang saya bahas ialah tentang garis tangan saya.

Garis tangan kami ini namanya ‘simian line’. Katanya pemilik garis tangan unik ini hanya ada 3% di dunia, di Asia sendiri sekitar 14%. Pemiliknya kebanyakan adalah laki-laki. Kata simian sendiri mengacu pada spesies kera, karena memang pada semua kera didapati telapak tangan yang punya satu garis saja. Tapi yakinlah, saya 100% manusia, bukan jelmaan siluman kera >.<

Kalau kata orang jawa, telapak tangan kami namanya ‘Tapak Jalak’. Dulu Pakdhe pernah pesan kalau jangan sembarangan mukul orang pakai tangan kiri, rasanya akan sakit sekali. Mitosnya juga orang yang bergaris tangan lurus seperti kami, doanya seringkali dikabulkan Allah (aamiin!). Ya, tidak semuanya sih. Seringkali lah. Kebanyakan yang tidak sengaja terucap, seperti terlontar spontan. Tidak sadar bicara apa, eh kejadian. Semoga saja saya gak jadi kebiasaan ngualati orang.

‘Simian line’ artinya single transverse palmar crease atau lipatan garis tangan yang melintang tunggal. Pada orang biasa, ada dua garis mayor horizontal yang terpisah. Yang dekat dengan 4 jari namanya garis kepala, sedangkan yang mengarah pada lengan namanya garis hati. Pemilik simian line hanya punya 1 garis horizontal yang merupakan perpaduan garis hati dan garis kepala. Konon, menyatunya kedua garis tersebut menunjukkan bahwa pemiliknya akan susah memisahkan antara emosi (garis hati) dan rasio (garis kepala).


Dulu, saya kira garis tangan saya ini aneh. Di sekitar saya tidak ada yang punya garis tangan seperti ini. Hingga beberapa abad tahun lalu saya bertemu Li, saya melihat banyak kemiripan antara saya dan dia: sama-sama aneh, sama-sama sok mandiri, sama-sama punya tujuan hidup yang ... mungkin bisa membuat orang lain geleng-geleng kepala. Namun ternyata karena tujuan hidup kami berbeda, maka … byebye! Ok, skip.

Menurut Ilmu Membaca Garis Tangan (Palmistry), pemilik simian line ibarat pedang bermata dua. Di satu bisa berkemampuan kuat dalam memfokuskan diri pada satu hal tertentu yang disukainya, namun di sisi lain berkecenderungan melakukan sesuatu tanpa pikir panjang-hiper aktif-agresif dan cenderung tidak sabaran. Orang simian line akan sangat sukses jika berkarir di bidang disukai hatinya, namun sebaliknya... akan terpuruk bila mengerjakan sesuatu karena terpaksa.

Karena kemampuannya dalam terfokus pada satu hal, seringkali orang simian line mudah mencapai apa pun keinginannya. Namun, juga sering menghadapi lebih banyak cobaan hidup. Kalau sedang beruntung, akan beruntung sekali. Tapi kalau pas merugi, akan sangat merugi. Katanya, orang dengan karakteristik ini banyak mengubah dunia, baik untuk kebaikan maupun untuk keburukan. 

Misalnya beberapa tokoh seperti perdana menteri Inggris Tony Blair, mantan perdana menteri Rusia Nikita Kruschev, mantan presiden B.J. Habibie, petinju Moh. Ali, penulis John Steinbeck dan masih banyak lagi. ini. Juga ada banyak tokoh radikal yang dilahirkan dari kalangan pemilik garis tangan simian line. Tapi menurut kepercayaan Bangsa Yunani, pemilik garis tangan ini adalah prajurit terbaik dan terkuat dalam pasukan perang Spartan Yunani.

Kalau dari segi medis, katanya bayi yang dilahirkan dengan down syndrome (keterbelakangan mental) hampir semuanya mempunyai simian line. Beberapa kelainan kromosom lainnya seperti Aarskog syndrome, Turner syndrome, Klinefelter syndrome, juga menunjukkan ciri khas ini. Selain itu, ibu hamil yang terjangkit TORCH atau rubella (campak Jerman), atau ibu hamil pengkonsumsi alkohol, juga beresiko melahirkan bayi dengan kelainan kongenital yang ditandai dengan ‘palmar crease’, istilah lain dari simian line.

Menyedihkan, ya? Sepanjang pengetahuan saya, ketika Mama hamil saya memang sempat mengalami perdarahan berkepanjangan. Karenanya Mama diharuskan terus mengkonsumsi vitamin penguat kandungan. Namun, saya tidak mengalami hal-hal ‘berat’ seperti kelainan kongenital, kromosom dan sebagainya. Sehat wal’afiat, Alhamdulillah.

Orang dengan simian line tidak selalu mengindikasikan cacat bawaan. Dari hasil survei, ada 10% manusia mempunyai simian line pada salah satu telapak tangannya (termasuk saya), dan 5% dengan simian line pada kedua telapak tangannya. Ada satu mitos lagi bahwa bila garis kepala (yang bila garis itu dari arah jempol) bertemu dengan garis hati (yang garis itu dari arah kelingking), maka yang ‘simian line’ ini rawan terkena sakit jantung. Uuu... Takuuut!

Menurut penelitian, disebutkan bahwa orang dengan garis lurus ini cenderung bersikap absolut, sehingga terkesan egois, ambisius dan pantang menyerah. Ini sifat yang hampir sama dengan watak shio ular yang saya ceritakan pada postingan sebelumnya. Hal semacam ini tentu bisa membawa kepada hal yang positif atau yang negatif. Karenanya, simian line yang lebih sering dijumpai pada telapak tangan kiri dianggap ‘lebih aman’ dibandingkan bila ada pada kedua belah telapak tangan.

Orang simian line kebanyakan menyukai hal-hal unik dan berbeda. Kami secara intuitif pasti akan bertemu orang simian line lainnya; entah itu hubungan keluarga, teman, pacar, atau rekan bisnis. Seperti bagaimana ketika saya bertemu Li, dulu. Kalau sudah bertemu, kebanyakan hubungan akan langgeng dan positif. Kebanyakan yah… dikasus saya ternyata tidak langgeng, haha.

Menurut kepercayaan Jawa Kuno, pemiliknya kelak akan hidup berkecukupan. Bahkan banyak yang meramal kalau pemilik tipe garis simian line ialah sosok yang sangat setia terhadap pasangannya. Aamiin! Mas Boz, aylaview full… <3

Bagaimana garis tanganmu? Coba cek, deh. Siapa tahu kalian juga simian line, sama seperti saya ^^

Eh... tapi jangan terlalu percaya dengan garis tangan. Namanya juga mitos. 

Nah sekarang... Coba sekarang genggam tangan kalian...


Arti genggaman tangan itu … telapak tangan yang tertutup oleh jari-jari itu tempat di mana Allah menaruh takdir yang kamu tentukan sendiri melalui usaha. Sedangkan yang terbuka itu urusan Allah

Jadi manusia harus berusaha sebaik-baiknya bila ingin sukses. Selain takdir yang didapat dari usaha kita tersebut, ada Kuasa Allah yang Maha Esa. Semoga semua yang kita usahakan memperoleh ridhoNya sehingga tak sia-sia dan hasil akhirnya sesuai dengan apa yang diimpikan. Aamiin. Semangat!



Salam manis,


Tha_

Watak Shio Ular



“Mama shionya apa?” 
“Naga.” 

“Kalau saya apa?” 
“Kamu anaknya naga: ular.” 



***

Manusia itu unik, diciptakan berbeda-beda. Bahkan anak kembar seidentik apapun pasti memiliki sesuatu yang berbeda, entah berdasarkan sifat ataupun tingkah lakunya. Sifat dan tingkah laku --yang kemudian saya sebut dengan watak / kepribadian-- memang bisa terbentuk karena faktor dari luar, yakni lingkungan sekitar. Entah karena didikan orang tua sedari dini ataupun mengikuti orang-orang yang berada di sekitarnya, baik artis ataupun tokoh inspiratif yang dikagumi. 

Kepribadian juga bisa terbentuk karena faktor genetik, jadi memang sudah dasarnya demikian. Biasanya tercermin dari ciri fisik. Karena itulah orang jawa memiliki primbon, suatu 'panduan' di mana setiap tanda lahir dan bentuk wajah memiliki arti. Orang Cina pun memiliki kepercayaan bahwa watak seseorang bisa juga tergantung dari shionya. 

Secara kebetulan, saya lahir di tahun ular. Coba tebak saya lahir tahun berapa? :p Menurut mitos Cina, ular adalah binatang yang sulit ditebak, misterius, 'dingin', pendiam, dan cenderung mewakili unsur jahat. Biasanya, pemilik Shio Ular mewarisi watak dasar ular, biasa mengandalkan penilainnya sendiri dan kurang bisa berkomunikasi dengan baik. Jalan manapun yang dipilih, akan selalu mempercayai perasaannya sendiri daripada nasihat-nasihat dari luar. 

Seperti Naga, Ular adalah tanda yang sangat berkaitan dengan hukum karma. Entah mengapa, saya sangat percaya karma: hukum sebab akibat. Saya pernah disakiti, mungkin sebelumnya pernah tidak sengaja menyakiti orang lain. Pun pernah dibohongi, yang setelah ditelusuri itu karena mungkin saya pernah tidak sengaja membohongi orang lain. Sama sekali tidak bermaksud jahat, namun tentu ada saat dimana kita terdesak dan kemudian melakukan suatu kesalahan. Ternyata … kesalahan itu suatu saat kemudian menjadi karma.

Seperti ular, saya akan 'diam' bila suasananya tenang. Bersikap semakin baik pada orang yang berbuat baik pada saya. Ibarat dia memberi sebuah apel, akan saya balas dengan memberinya 2 apel. Perbuatan baik orang lain selalu saya kenang. Bahkan Mama juga berpesan, jangan pernah melupakan jasa orang lain. Kecuali, bila yang bersangkutan membuat gara-gara dan memancing emosi. 

Yang berada dalam lingkup shio Ular bertekad membayar hutang-piutangnya sebelum meninggalkan dunia ini. Selalu terdorong (baik secara sadar maupun tidak) untuk merampungkan masalah lama yang dirasakannya belum selesai. Bila ada masalah, saya selalu membahasnya hingga tuntas. Itulah kenapa kalau ada yang berteman di facebook,  pasti mengerti mengapa saya ‘keras’ kepada mereka yang berhutang namun hanya BERJANJI melunasi. Hati-hati… karma itu ada, loh. 

Si shio Ular anggun dalam berbicara, berpakaian dan bertingkah laku, dan jarang menyenangi pembicaraan yang remeh serta tiada guna. Ular bisa saja dermawan, namun juga terkenal kejam kalau sedang berusaha mencapai kepentingannya sendiri. Tak ragu-ragu buat melenyapkan siapa saja yang menghalangi jalannya juga takkan pernah memaafkan siapa saja yang melanggar janji. Kesannya kejam ya?

Api dibalas api, air dibalas air. Saya berpedoman bahwa karma itu lebih kejam. Walau mungkin bukan tangan saya sendiri yang 'menghukum' siapa saja yang 'mengusik' saya, saya percaya Allah Yang Maha Adil akan memberikan 'balasan' setimpal, cepat ataupun lambat.

Jika amarah terpancing, kebenciaan Ular tak terbayangkan. Cara perlawanan adalah dengan menutup mulut dan menyimpannya dalam hati. Jadi lewat sikap bermusuhan yang dingin dan bukannya dengan rentetan kata-kata pedas. Tipe ini yang lebih mematikan bahkan sanggup menghancurkan musuhnya secara total. Tak ada yang dapat meramalkan gerakan Ular. Isi otak layaknya bagai mesin hitung, memiliki kesabaran yang luar biasa dalam menunggu saat yang baik buat membalas dendam. 

Yang mengenal saya di dunia maya mungkin mengira saya baik, suka bagi hadiah. Kalau diajak sharing juga oke-oke saja. Kalau lagi baik ya baik, kalau lagi sensi ya blak-blakan ngamuknya. Pokoknya jangan sekali-kali 'mengganggu'. Jangan terlalu campuri urusan saya, kecuali kalau memang berniat membantu. Saya tidak mau mengganggu orang lain, maka jangan ganggu saya.

Anda takut dengan saya? Silakan baca ayat kursi, setidaknya bisa mengurangi hawa 'panas'. Hihi. Bercanda, ding. Yang jelas…saya bukan wanita ular, yah ^^



Salam manis,

Tha_


Friday, August 11, 2017

Rumpiin Ngidam Bareng Dude Harlino

www.kata-artha.com -----



Kalau ditanya, “
Selama hamil, udah ngidam apa saja?” saya hanya bisa senyum. Gimana mau ngidam, belum minta ajah langsung keturutan. Semasa hamil ini saya hanya ingin makan buah dan sayur, terutama nangka dan gado-gado. Keduanya mudah dijumpai dan sering dibeli. Untuk ngidam yang aneh-aneh, Alhamdulillah tidak pernah. Kan saya neriman, bukan sosok yang neko-neko. Sungguh beruntung jadi suami saya, gak banyak permintaan dan tuntutan. Haha.

 

Padahal bila ngidam boleh milih, saya ngidam naik pesawat ke Jepang aja. *modus* Pernah sih iseng bilang ke sepupu, “Misalnya ngidam mangga muda yang di atas pohon punya orang, Mas Husein mau ambilin gak, ya?” Eh belum 5 menit, sepupu berhenti di bawah pohon mangga berbuah lebat depan apotek, lalu dia izin ke yang punya pohon untuk minta mangga mudanya. Lha? Iseng-iseng ngucap berhadiah pencit. Ngidamnya batal.

 

Karena penasaran dengan keseruan ngidam, saya hadir di Festival Ngidam SGM Bunda yang diadakan Sabtu, 5 Agustus 2017 lalu di Royal Plaza Surabaya. Adanya acara ini karena SGM Bunda mendukung masa kehamilan yang sehat dan bahagia melalui asupan nutrisi seimbang dan aktivitas edukasi menarik.

 



Jam 10 pagi, saya sudah tiba di main atrium salah satu mall di Kota Pahlawan ini. Wah … stand-nya megah dan bernuansa merah cerah. Terlihat beberapa panitia yang sigap menjawab pertanyaan para pengunjung yang penasaran, “Ada acara apa sih?” Saya kemudian ke bagian registrasi dan mendapatkan goodie bag berupa tumbler dan tas cantik SGM Bunda.



Di dalam stand, saya melihat sosok tinggi, putih nan tampan yang dikerumuni banyak orang. Eh itu kan Dude Harlino, si artis kesukaan Mama. Yang main di banyak sinetron. Yang kata Mama sosok alim dan tipe suami ideal. Yang tiap pemutaran aksinya tak pernah tertinggal oleh wanita kesayangan saya itu. Kok ada di sini ya?

 

Saya baru ngeh kalau sang artis adalah brand ambassador susu SGM Bunda. Oiya ya, kan di setiap iklannya muncul bersama sang istri, Alyssa Soebandono. Katanya harusnya Icha, sapaan akrab sang istri, juga turut hadir. Namun namanya baru melahirkan, lebih baik istirahat dulu di rumah. He-em mending di Jakarta dulu, biar suaminya bisa saya ajak foto berdua. Pinjam dulu ya, hihi… Lumayan buat dikirim via whatsapp ke nomor Mama. Biar heboh tahu anaknya lagi sama si danteng ^^



Festival Ngidam SGM Bunda baru kali ini diadakan dan merupakan festival kehamilan pertama dan terbesar di Indonesia. Bukan saja hanya untuk bunda hamil, yang sedang menyusui atau bahkan calon bunda juga boleh hadir. Selain pengunjung bisa menuntaskan hasrat Ngidam Jajan dan Ngidam Dimanja, ada banyak aktivitas GRATIS dan beragam informasi menarik seputar perencanaan hamil, masa hamil dan menyusui. Yang paling saya tunggu adalah sesi talkshow, bisa nambah ilmu langsung dari ahlinya. 

 

Setelah hampir seluruh tempat duduk yang tersedia terisi, acara pun dimulai. Dibuka oleh sambutan dari Christina Natalia selaku Marketing Manager SGM Bunda. Beliau mengatakan bahwa SGM Bunda sebagai nutrisi lezat untuk Bunda sehat begitu menyadari bahwa sosok bunda hamil butuh sesuatu yang menyenangkan dirinya, yakni dipenuhi ngidamnya dan dimanja-manja. Juga karena bunda ngidam sangat pemilih terhadap makanan, padahal butuh banyak nutrisi untuk kehamilannya sehingga dibuatlah event ini untuk menambah pengetahuan para bunda agar tetap menerapkan pola makan sehat bergizi seimbang. 

 

Kemudian di sesi selanjutnya ada dr Muhammad Ardian C.l., SpOG., M.Kes yang membagi informasi mengenai Peran Nutrisi Masa Hamil dan Menyusui untuk Dukung Bunda & si Kecil Sehat. dr Ardian, SpOG., M.Kes yang juga salah satu staf pengajar di fakultas kedokteran Universitas Airlangga ini menceritakan bahwa hanya ada 1 % keguguran yang terjadi dikarenakan toksoplasma, sesuatu yang digembar-gemborkan menjadi satu-satunya penyebab keguguran terbesar. Padahal penyebab utama keguguran adalah karena faktor kurangnya nutrisi, sehingga pertumbuhan janin tidak baik dan akhirnya ‘ditolak’ oleh tubuh ibu. 

 

Perbaikan nutrisi adalah sangat penting bagi bunda dan janin. Sayangnya ada 6 dari 10 ibu hamil memiliki asupan protein dan zat gizi mikro yang kurang dari kebutuhan yang seharusnya. Padahal protein penting untuk pertumbuhan janin. Kata dr Ardian, SpOG., M.Kes stidaknya ibu hamil wajib makan sebutir telur sehari. Tapi harus telur yang sudah matang. Telur setengah matang tidak dianjurkan dikonsumsi ibu hamil, dikarenakan masih mengandung banyak kuman, virus dan bakteri. Seperti bakteri penyebab sakit tipus yang banyak ditemukan pada kulit telur mentah. Bila dimasak setengah matang, dikhawatirkan bakteri tersebut masih hidup dan bisa saja masuk ke dalam perut ibu sehingga menyebabkan penyakit. 


Lalu apa itu ngidam?” 

 


Menurut dokter berkacamata ini, selain mual muntah, salah satu pengganggu pemenuhan nutrisi ibu hamil adalah ngidam. Bisa saja karena ngidam, maka ibu hamil hanya mau makan jenis makanan tertentu. Padahal sumber nutrisi gizi seimbang didapat dari mengkonsumsi beragam makanan sehat. Sebagai satu-satunya sumber nutrisi janin agar dapat tumbuh sempurna, ibu hamil harus mencukupi kebutuhan nutrisinya. Ngidam terjadi karena ketidakseimbangan hormonal yang terjadi. Hal ini bisa juga karena kekurangan zat gizi. Oleh sebab itu lalu terjadi peningkatan sensitivitas rasa dan penciuman yang mengubah minat dan pola makan.

 

Ibu hamil yang mengalami ngidam harus lebih berhati-hati dalam mengontrol asupan makanan serta minuman yang dipilihnya. Jangan sampai ngidamnya malah mengganggu pemenuhan nutrisi untuk pertumbuhan si kecil dalam kandungan. Karenanya dianjurkan minum susu minimal segelas sehari agar kebutuhan nutrisi yang mungkin terlewat bisa terpenuhi

 

Di sesi selanjutnya, Dude Harlino juga ikut rumpi masalah ngidam sang istri. Ia bercerita bahwa pada kehamilan istrinya di awal pernikahan, ia sudah bersiap-siap apabila Icha ngidam yang aneh-aneh. Biasanya kan ibu hamil ingin makan di tengah malam, atau beli sesuatu yang jauh dan jarang ditemui. Nyatanya Icha malah lebih suka jajanan pasar dan martabak yang bahkan ramah di kantong. Dude sampai heran, tapi sangat bersyukur memiliki istri yang tidak rewel. Waduh … Icha mirip saya, deh. Huehehe. 



Namun hal berbeda terjadi di kehamilan kedua. Icha mual muntah hingga bulan kelima kehamilannya. Walau begitu, Dude terus menyemangatinya dengan membantu memaksanya untuk mengisi perut. Ia menjelaskan pada istrinya kalau wajib makan karena yang butuh bukan hanya tubuh Icha tapi juga janin dalam rahimnya. “Demi anak, kita harus berusaha. Makan ya, Cha? Minum susu ya?” ujar Dude. 

 

Walau hamil, Icha tetap beraktivitas seperti biasa. “Dia tetap syuting, terakhir kemarin di serial Ramadhan bersama saya. Icha juga suka berolahraga, terutama renang. Nah setelah beraktivitas, tugas saya membuatkannya susu agar diminumnya. Juga selalu mngingatkannya untuk makan dan minum susu. Kalau mual muntah, yang masuk perut paling sesendok atau dua sendok. Di sini peran susu. Buatnya gampang, gizinya langsung masuk perut dengan diminum dan rasanya kata Icha gak bikin mual. Icha paling suka SGM Bunda yang rasa cokelat. Cukup segelas sehari,” cerita ayah 2 anak ini panjang lebar. Wajahnya berseri-seri saat berkisah tentang istrinya. Wah benar-benar suami teladan.

 

Usai bincang mesra dan berfoto bersama beramai-ramai, saya pun menjelajahi stand Festival Ngidam SGM Bunda. Untuk bisa menikmati segala fasilitasnya secara gratis, harus memakai stamp yang didapat dengan cara membeli produk susu SGM Bunda. Misalnya paket 2 yang mendapat thermo bag, 3 stamp Ngidam Jajan dan 1 stamp untuk Ngidam dimanja dengan pembelian susu SGM bunda kemasan 300 gram dan 150 gram. Harganya cuma Rp 53.000,- loh. Murah kan? Nanti dapat kertas stamp ataupun kipas stamp yang tiap penukarannya ditempeli bukti stempel pada bagian yang tersedia.



Yuk mulai dari bagian depan. Di sisi kiri dari pintu masuk registrasi, ada area konsultasi. Di sini bisa bertemu dengan para bidan dan ahli gizi untuk bertanya dan mendapatkan info tentang kehamilan dan nutrisi. Di sebelahnya juga bisa duduk santai sambil mendapatkan terapi musik bagi janin. Kapan lagi bisa nyoba sensasi ini? Katanya kan terapi musik bagus untuk stimulasi otak janin, nantinya bisa tumbuh cerdas dan enerjik.



Di sebelahnya, ada banyak potret bunda yang sebelumnya sudah mendapatkan pelayanan kesehatan dari SGM Bunda. Ada USG gratis juga, loh. Kegiatan ini mulai Sabang hingga Merauke. Para Bunda juga turut mencicipi nutrisi lezat untuk bunda sehat dari SGM Bunda.


Nah demi memuaskan hasrat Ngidam Jajan para bunda, di Festival Ngidam SGM Bunda ini telah tersedia banyak gerai jajanan dan minuman lezat bergizi yang bisa dipilih gratis dengan menukarkan stamp. Yang paling banyak diserbu adalah rujaknya. Enak, sih. Saya juga ikut mencicipinya, plus terang bulan manis rasa cokelat. Hmm… so yummy!



Ada tester SGM Bunda juga. Rasa coklat, strawberry dan jeruk. Menikmatinya bersama jajanan yang saya pilih membuat saya yang gak ngidam jadi merasakan sensasi seru dan bahagianya bisa Ngidam Jajan. Pembuatan tester susunya steril loh. Jadi tidak perlu khawatir karena sudah pasti lezat dan bergizi.



Setelah kenyang, paling enak kalau bersantai sambil dimanja-manja. Yuk ikut Ngidam Dimanja.  Di sini ada 2 pilihan, mau ke area cantik dulu atau ke area relaksasi. Mau dapat tips tetap tampil cantik selama hamil, bunda bisa pilih area cantik. Tata rias wajah dan rambut jadi service utama. Tapi kalau mau manicure, pedicure dan pijak refleksi ya ke area relaksasi.



Kalau sudah oke, yuk cobain photo booth. Bisa mejeng bareng Icha, walau cuma sama gambarnya, sih. Hihi. Nih coba lihat… Saya dan Icha sama-sama cantik, kan?



Buat yang Ngidam Eksis, bisa ikutan fashion show bunda hamil – menyusui. Juga ada penjelasan tentang perawatan payudara agar ASI lancar dan tidak ada keluhan pada payudara saat menyusui. Tak lupa demo masak bersama Chef Deny dari Master Chef Indonesia 2015. Pada esok harinya juga bisa Ngidam Bertemu Artis, karena pada 6 Agustus 2017 ada Yovie & Nuno yang mengisi acara Festival Ngidam SGM Bunda ini. 

 

Seru sekali, ya? 

 

Bagi yang ingin turut merasakan keseruhan dan kehebohan serupa, Festival Ngidam SGM Bunda akan hadir di Summarecon Mall Bekasi pada 2 – 3 September 2017. Jangan sampai terlewat. Yuk buat kenangan indah nan berkesan selama kehamilan. Dapatkan juga edukasi dan beragam hiburan menarik agar kehamilan dapat berjalan dengan bahagia.    

 

 

 

Salam manis,  

 

 

Tha_





Wednesday, August 9, 2017

Tempat USG Kandungan Murah di Sidoarjo






“Ini cewek apa cowok?”

Pertanyaan itu selalu terlontar ketika bertemu mereka yang mengetahui kalau saya hamil. Sampai  kemarin siang, saya masih tersenyum karena memang belum tahu. Nah kalau sekarang bisa jawab, “InshaAllah cowok, danteng dan mancung.” Mohon doanya si janin yang sudah aktif bergerak ini sehat selalu, sempurna dan bisa lahir dengan selamat, yah. Aamiin.

Bila ada yang mengikuti potret dan kisah akun instagram @artha.amalia, pasti tahu kalau saya baru pertama kali melakukan pemeriksaan kandungan via ultrasonografi (USG) saat usia kandungan 10 minggu. Sengaja… Jadi sebulan terlambat menstruasi, saya hanya uji testpack biasa. Begitu hasilnya bergaris dua, saya tahan-tahan agar tidak periksa ke bidan. Lha gimana wong saya sendiri juga bidan. Nantinya hanya dianjurkan minum vitamin juga banyak istirahat setelah tes kencing diulang dan yakin benar-benar positif.

Salah satu tanda pasti hamil adalah dari hasil USG. Kalau usia kandungan masih kisaran 4 minggu, hanya terlihat kantong janin saja. Jadi ibarat telur ayam, masih berupa cangkang dan belum ada isi telurnya. Nanti setelah usia kehamilan lebih dari 6 minggu maka ketuban, janin, dan detak jantungnya akan terlihat lewat USG. Di sinilah awal janin bisa dikatakan sehat dan tumbuh berkembang. Tidak ada kegagalan perkembangan atau yang dalam bahasa medis disebut blighted ovum, kasus yang sering saya temui semasa bekerja di rumah sakit dan kemudian harus berakhir dengan pengguguran janin sebab sia-sia dilanjutkan. Janin yang tidak bisa berkembang hanya menjadi racun di tubuh sang ibu.

Karena masih jadi warga baru Sidoarjo, saya mencari info di mana rumah sakit yang menyediakan layanan USG 2 dimensi. Selain tarifnya murah, hasilnya valid. Kalau ujug-ujug mau 4 dimensi, tidak ada sesuatu ‘menarik’ bisa dilihat. Kan wajah dan bentuk janin belum terbentuk, masih berupa gumpalan embrio yang berukuran beberapa millimeter. Terlalu imut.

Krian menjadi domisili saya dan suami untuk saat ini dan seterusnya. Salah satu rumah sakit yang dekat dengan rumah kami adalah RSU Anwar Medika. Berlokasi di By Pass Krian KM 33 Balongbendo, bisa ditempuh sekitar 10 menit menggunakan motor. Jika ingin tahu info lebih mengenai rumah sakit swasta yang menjadi pusat rujukan trauma center Sidoarjo ini, bisa follow akun instagram @rsu.anwarmedika. Kebetulan salah satu dokter kandungannya ada yang perempuan, sesuai keinginan Mas Boz. Namanya dr Linda, SpOG. Buka praktek di Minggu pagi, pas suami libur kerja dan wajib menemani periksa.


Kalau mau daftar periksa ke poli kandungan, tidak bisa lewat telepon sebab harus datang langsung dan memperoleh kartu pasien. Bentuknya bagus, seperti kartu ATM. Kartu ini berlaku selamanya. Tarif pendaftaran pasien baru hanya Rp 3.000,-. Murah ya untuk ukuran rumah sakit swasta? Kami registrasi di Sabtu sore untuk ikut jadwal periksa Minggu pagi.

Jadwal registrasi pasien poli:
Pukul 06.00 – 09.00 WIB untuk pemeriksaan di hari tersebut
Pukul 11.00 – 16.00 WIB untuk pemeriksaan keesok harinya

Keesok harinya di Minggu tanggal 14 Mei 2017, kami datang jam 9 pagi. Langsung ke bagian registrasi dan mendapat nomor antrean 10. Kami lalu menunggu di depan poli kandungan, di mana juga banyak wanita berperut buncit yang ditemani suami masing-masing serta beberapa anak kecil. Wih… begini yaa rasanya jadi pasien. Deg-deg an menunggu antrean, hihi.


Jam 10 pagi, petugas memanggil nama saya dan meminta agar segera ke bagian loket untuk mlakukan pembayaran. Suami sigap berangkat dan membayar Rp 97.000,- untuk biaya pemeriksaan. Totalnya Rp 100.000,- untuk USG 2 Dimensi di RSU Anwar Medika Krian, murah kan? Kalau pakai BPJS, gratis! Tapi harus menyertakan rujukan dari puskesmas setempat.

Setengah jam kemudian, saya dan suami baru masuk ke ruang dokter. Ini nih salah satu sensasi menjadi pasien: harus sabar antre demi bertemu sang ahli. Tapi semua terbayar saat bertatap muka dengan dr Linda, SpOG. Ditemani 2 bidan, mereka sangat ramah dan suasananya menyenangkan. Pemeriksaan USG pun berjalan lancar.

Kami bisa melihat lansung isi rahim saya melalui layar LCD di tembok. Subhanallah… takjub melihat janin sudah tumbuh sebesar itu. Usia kandungan saat itu 10 minggu. Tampak ruang hitam pekat yang kata dokter adalah ketuban. Jumlahnya banyak. Lalu ada bagian yang berkedip-kedip yang merupakan detak jantung janin saya. Sedangkan ukuran janin sekitar 3 cm dengan perkiraan kelahiran tanggal 10 Desember 2017.


 Dr Linda, SpOG lalu meresepkan asam folat tapi saya berkata kalau sudah mengkonsumsi Folamil Genio, vitamin yang saya beli atas rekomendasi dokter kandungan di rumah sakit semasa kerja dulu. Tentang vitamin, saya bahas lain kali ya. Jangan ketinggalan info, loh. Kemudian dokter meminta saya melanjutkan vitamin tersebut karena sudah lengkap kandungannya, juga kontrol ulang sebulan lagi atau sewaktu-waktu bila ada keluhan.

Nah untuk USG 4 Dimensi, baru saya lakukan kemarin malam. Sebelumnya saya mencari info tentang #USGSidoarjo via instagram. Biasalah yaaa calon ibu kekinian, hihi. Lalu dapat info tentang Klinik Almira Medika di Sedati, Sidoarjo. Harganya murah, USG 4 Dimensi cuma 250 ribu. Sangat terjangkau! Namun lumayan jauh dari Krian, dekat Bandara Juanda.


Demi menengok sosok wajah janin tersayang beserta menjawab keingintahuan Mama saya tentang jenis kelaminnya, berangkatlah  kami ke Klinik Almira Medika. Lokasinya di Jl. Raya Sedati Agung 3 no 73, Betro, Sedati, Kabupaten Sidoarjo. Kalau menurut google map waktu tempuh sekitar 40 menit. Kami berangkat dari rumah jam 5 sore, karena waktu registrasi baru boleh jam 6 sore. Magrib-an di jalan, mampir rumah budhe di Waru.

Jadwal registrasi pasien poli:
Senin sampai Sabtu pukul 18.00 – 20.00 WIB

Karena baru pertama kali periksa, saya pun mendapat kartu pasien. Langsung ditempel pada buku pink, istilah untuk Buku Kesehatan Ibu dan Anak yang wajib dimiliki oleh semua ibu hamil. Setelah menyalin data kehamilan yang tertera pada buku pink, saya dan suami dipersilakan duduk di ruang tunggu. Ruang tunggunya lumayan luas, bersih dan rapi.

Oiya klinik ini juga merupakan klinik kecantikan. Maka tak heran kalau di ruang pendaftaran juga ada album produk kecantikan. Ada dokter gigi, anak dan dokter umum juga. Lumayan lengkap untuk fasilitas kesehatan yang masih tergolong baru dibangun. Petugas juga ramah dan sopan.


Setelah ditimbang berat badan dan diukur tekanan darahnya, jam 7 malam nama saya dipanggil untuk masuk ke ruang dokter. Satu-satunya dokter kandungan yang ada adalah dr Ristio Budianto, SpOG., M.Kes. Setelah dipersilakan berbaring di atas bed, bidan menyiapkan area perut saya dengan diolesi gel. Dokter juga menanyakan mau pemeriksaan USG berapa dimensi.

Yang 4 dimensi, Dok…

Seperti di tempat sebelumnya, di sini juga ada layar LCD untuk dipandang pasien dan suami. Bidan menyilakan Mas Boz untuk merekam. Subhanallah… lagi-lagi kami takjub. Kuasa Allah begitu nyata, wajah sang janin terlihat jelas dengan USG 4 Dimensi ini. Durasi pemeriksaan lebih dari 10 menit. Dokternya juga mau menjawab segala pertanyaan saya. Bagaimana kondisi ari-arinya, ketuban, berat janin, jenis kelamin dan sebagainya.

InshaAllah ini cowok,” kata dr Ristio, SpOG., M.Kes seraya menyorot bagian kelamin janin. “Nanti plasentanya juga naik, kok. Tenang saja.”


Usia kandungan saya telah 22-23 minggu dengan perkiraan janin laki-laki, tunggal hidup berberat 560 gram. Ketubannya cukup, ari-arinya bagus. Tapi perkiraan kelahiran maju jadi 6 Desember 2017. Yah namanya juga tafsiran, bisa maju mundur sekitar 2 minggu.

Sedikit cemas dengan posisi janin yang tampak menempel pada plasenta. Sudah tahu apa itu plasenta dan gunanya bagi janin? Kalau belum tahu, info tentang plasenta atau ari-ari di link ini WAJIB dibaca. Yah semoga janin saya selalu tumbuh sehat dan bisa lahir dengan selamat. Mengingat kemarin sempat ada gerhana bulan, kata orang ternyata harus mandi tengah malam namun tak saya lakukan. Mitos sih, tapi yang namanya cemas pasti ada kan?

Pada pemeriksaan 4 Dimensi bertarif Rp 250.000,- di Klinik Almira Medika ini, kami mendapat sebuah foto USG 2 Dimensi dan sebuah foto USG 4 Dimensi. Kami lalu diantar menuju apotek untuk pengambilan obat. Kata apoteker, saya mendapat resep asupan DHA dan kalsium. Lagi-lagi, karena saya lebih memilih suplemen kehamilan folamil gold¸lanjutan vitamin folamil genio, maka saya menolak dan hanya membayar biaya pemeriksaan saja.

Kalau mau tahu hasil foto-foto USG 4 Dimensi lainnya, bisa ditengok di akun instagram @almira_medika. Mau tanya lebih lanjut, bisa hubungi nomor telepon yang tertera.

Demikian tempat pemeriksaan USG kandungan murah di Sidoarjoyang saya kunjungi. Nanti di usia kandungan 9 bulan, saya berencana USG di tempat lain. Jadi postingan ini pasti saya update. Ditunggu ya … Semoga berguna bagi calon ibu, terutama yang berdomisili di Kabupaten Sidoarjo seperti saya.

Ciaooo…



Salam manis,

Tha_



Tuesday, August 8, 2017

Liwetan ala Ibu Hamil Minim Pengalaman



DRRRT…!

Kemarin siang, ponsel saya bergetar. Agak malas membuka pesan yang ada, mengingat saat itu sedang enak rebahan di depan televisi. Paling juga chat grup, kadang yang dibahas gak nyambung dengan pemikiran saya. Jadi lebih banyak sekedar baca tanpa respon. Namun rupanya kali ini berbeda, karena saya jadi topik bahasan di grup whatsapp keluarganya suami.

Nek onok gerhono, opo Artha gak dibancaki sego liwet?” sebuah teks yang artinya ‘kalau ada gerhana, apakah saya tidak dibuatkan nasi liwet untuk selamatan?’ membelalakkan mata.

Nasi liwet?
Dengar saja baru kali ini, itu nasi yang diapakan? Secara bahasa, liwet berasal dari bahasa jawa yang artinya menanak. Maka cara membuat nasi liwet adalah dengan sekali proses masak dalam wadah tembaga menggunakan api kecil sehingga matang merata. Rasanya pulen dan gurih. Kalau untuk masak, resep bisa tanya mbah gugel, namun jujur saya kurang percaya diri (PD). Ilmu meracik makanan yang dimiliki masih amat sangat dangkal, goreng tempe saja kadang masih keasinan. Kalau nekat bikin nasi liwet, apa nantinya bisa dimakan? Lagipula…nasi liwet itu untuk apa?

Saya baru tahu kalau menurut kepercayaan jawa, gerhana bulan diyakini membawa dampak pada ibu hamil. Orang-orang ‘tua’ yakin bahwa saat itu bulan dimakan oleh batara kala, sang raksasa, yang kemudian diibaratkan sang makhluk menyeramkan tersebut bisa saja memangsa janin. Maka tak heran lalu muncul kekhawatiran terjadi kecacatan atau nasib buruk yang menimpa sang janin nantinya. Banyak juga kandungan yang raib di kala gerhana. Oleh karena itu, wajib dibuatlah cara mengusir sang raksasa dengan membuat liwetan. Katanya …


Beruntung Mama mertua yang tinggal di luar kota menawarkan solusi praktis agar tak perlu siapkan nasi liwet: diganti sholat gerhana dan banyak sedekah. Saya dan suami siap untuk itu, rasanya juga lebih rasional. Pikir kami sudah tidak ada masalah, tinggal meluncur bagi sedekah usai sholat magrib karena ba’da ashar kami sudah berencana memeriksakan kandungan saya ke bidan senior di desa sebelah.

cara sholat gerhana

Sayangnya usai magrib, para tante masih ramai membicarakan mitos tersebut. Mereka menyarankan agar saya membuat nasi liwet untuk kenduri alias berbagi nasi ke tetangga-tetangga sekitar agar tidak terjadi apa-apa pada kandungan saya. Mungkin dikira saya pandai memasak sehingga bisa membuat nasi liwet tanpa bantuan mereka, padahal selama ini selalu tanya resep masak pada Mama saya yang juga tinggal di luar kota, Mama mertua, atau pada mbah gugel.

Gampang, kok. Bikin nasi liwet, nyambel kacang panjang campur telur rebus saja,” kata adik Mama mertua yang tinggal di dekat rumah.

Adik Mama mertua yang satu lagi, tinggalnya di seberang rumah, juga menambahkan, “Orang-orang biasanya gitu. Kemarin malam sudah ada yang berbagi liwetan sambal teri.”

Saya menatap suami nanar. Mencoba telepati, “Yank… nasi liwet itu apa ajah ndak tahu… Gimana cara bikinnya?

Tanya mbah gugel,” jawab Mas Boz menangkap kegelisahan di benak ini seraya mengedipkan mata. “Yuk cari makan dulu, keburu habis nasi gorengnya.

Kami melenggang pergi dengan PR membuat nasi liwet beserta lauknya. Padahal sejak siang, stok nasi di magic com sudah habis. Rencananya memang beli makan malam berdua karena suami ingin makan nasi goreng sedangkan saya menyantap mi ayam. Nah saat memesan kedua makanan itulah saya browsing bagaimana cara membuat nasi liwet.

Kayaknya sih mirip nasi uduk, ditambah santan…” komentar saya usai baca contekan di internet. “Kalau itu bisa bikin, kalau lauknya gak yakin bisa enak …

Saya murung. Pusing. Suami saya tidak pernah minta menu makan aneh-aneh. Saya memasak apapun, walau rasanya sering terlalu asin atau manis selalu saja habis. Tapi permintaan para tante demi tradisi ibu hamil saat gerhana bulan yang terjadi tanggal 7 Agustus 2017 malam hingga dini hari tanggal 8 Agustus  2017 membuat saya berpikir keras untuk liwetan.

Berkat diskusi dengan Mas Boz, diputuskanlah beli lauk tahu tempe goreng di penjual lalapan. Lalu sayurnya beli urap-urap pada penjual nasi jagung, yakni rebusan daun singkong dan kecambah yang diberi bumbu pedas parutan kelapa muda. Minumnya saya buatkan es sirup dan kopi susu hangat bagi para Om.

Iyah, mungkin acara liwetan saya agak nyeleneh. Kalau mitosnya, cara mengusir Batara Kala menggunakan liwetan itu ibu hamil dan keluarganya menyiapkan nasi liwet dengan lauk berupa telur rebus dan sambal. Mereka lalu berkumpul di rumah sang ibu hamil. Tradisinya, ibu hamil harus menggigit pecahan kreweng atau genting sambil mengelus perut, meminta keselamatan sang janin. Bahkan juga sembunyi di kolong tempat tidur, agar sang raksasa tidak bisa menemnukan sang janin. Kemudian keluarga ibu hamil memanjatkan doa agar jabang bayi terhindar dari marabahaya, lalu memakan liwetan bersama-sama.

Kalau saya lain lagi dalam menyiapkan acara selametan atau kenduri ini. Nasi liwet yang saya masak adalah campuran beras yang sudah dicuci bersih berserta santan cair yang ditambah sedikit garam dan penyedap rasa. Lalu direbus jadi satu dalam panci menggunakan api kecil hingga santan cair meresap sempurna dalam beras. Setelah itu baru ditanak lagi selama setengah jam dalam dandang. Baunya harum. Rasanya … ah sudah jangan ditanya. Kita lihat saja buktinya.

menu liwetan ala Artha hanya seperti ini, ala kadarnya

Untuk lauknya, karena menurut saya merebus telur terlalu lama dan juga tak punya bahan sambal, maka saya hanya membuat telur dadar. Anti pedas seperti saya mana punya cabai dan tomat? Beruntung salah satu adik Mama mertua sudah membuatkan sambal telur rebus dalam cobek. Tinggal bersama lauk dan sayur yang saya beli bersama suami sesuai rencana: tahu, tempe, dadar jagung, ikan asin goreng dan urap-urap.

Kala itu sudah jam 9 malam. Terlalu larut untuk jam makan malam. Namun beruntung, para Om Tante dan beberapa sepupu mau berkumpul di rumah kami. Anggap saja ini liwetan, selamatan-nya ibu hamil menjelang gerhana bulan. Salah seorang Om memimpin doa, lainnya mengamini. Lalu kami makan bersama, tapi tak jadi bagi-bagi kenduri ke para tetangga oleh karena para Om dan Tante juga tetangga kami berdua. Hihi. Alasan sebenarnya sih karena kurang PD berbagi ke tetangga, takut rasanya kurang sedap. Maklum seadanya.

sebagian 'peserta' liwetan yang tampak di kamera

Alhamdulillah yang hadir malam kemarin lahap menyantap nasi liwet yang saya buat. Alhamdulillah tidak ada yang sakit perut juga usai memakannya. Bisa dibilang, selamatan mendadak yang kami buat lumayan sukses walau tak sesuai tradisi yang seharusnya. Saya tak sempat mencari kreweng, apalagi menggigitnya. Pun tak sembunyi ke kolong tempat tidur saat fase puncak gerhana bulan terjadi, yakni jam 01.20 WIB Selasa dini hari kemarin. Sebab saya telah terlelap di alam mimpi, seorang diri di rumah karena Mas Bos harus kerja masuk malam. Alhamdulillah subuh bangun tidur, kondisi saya dan janin juga baik-baik saja.

Alhamdulillah …
Alhamdulillah …

Suatu pengalaman baru bagi saya menjadi ibu hamil dan menjalankan tradisi liwetan. Walau kedua Mama (mama kandung dan mertua) berada jauh di luar kota, namun keduanya memberi support berupa ketenangan dan tak memaksa menjalankan tradisi liwetan. Iyah, saya berdua dengan suami tinggal di Sidoarjo. Padahal asal kami berdua adalah Kota Pasuruan. Berdua menjalankan bahtera rumah tangga, tapi tetap dikelilingi oleh para Om Tante, hiyaaa… Hihi.

Terima kasih sudah membaca. Adakah yang kemarin malam juga membuat liwetan? Bagi cerita ya … Udah ahli bikin nasi liwet, belum? Oiya tanggal 21 Agustus 2017 nanti juga akan terjadi Gerhana Matahari Total. Tapi bisa dilihat di Amerika. Semoga gak disuruh liwetan lagi, yah. Pusing nan ribet, tekanan batin karena masaknya ala-ala. Takut yang makan jadi diare, hehe.



Salam manis,


Tha_