16 Agustus 2017

Arti Garis Tangan Simian Line

www.kata-artha.com --- tulisan lama yang sudah beredar di kaskus ^^


Ada banyak hal yang terjadi dalam hidup saya, dan saya rasa semuanya aneh. Tidak ada yang berjalan semulus orang lain. Ibaratnya, hidup orang lain itu seperti ketika melaju di jalan tol, sedangkan saya di jalan tikus. Tujuannya sama, hanya saja waktu tempuh dan area yang dilalui sangatlah berbeda.

Alhamdulillah… setelah menikah, sekarang saya merasa hidup jauh lebih berwarna. Dulu sempat pesimis dan bahkan hampir bunuh diri, beruntung saat itu ada motivasi hidup. Tapi yah itu masa lalu. Terkadang saya bersyukur memiliki garis tangan seperti ini. Bak sosok yang jauh lebih ‘kuat’ dari orang lain, garis tangan ini memiliki ‘jalur hidup’ yang fantastis dan dramatis.

Apa yang salah dengan diri saya ya?


Apa garis tanganmu seperti ini?” teringat chat yang menjadi salah satu pemicu semangat saya untuk terus bertahan hidup, demi masa depan yang lebih baik.



Ini garis tangan kami, sama-sama lurus. Li ini adalah nama di masa lalu saya. Suami (yang selanjutnya pada blog ini saya panggil “Mas Boz”) tahu smua kisah kami, jadi bukan masalah besar. Toh yang sekarang saya bahas ialah tentang garis tangan saya.

Baca juga: Watak Shio Ular

Garis tangan kami ini namanya ‘simian line’. Katanya pemilik garis tangan unik ini hanya ada 3% di dunia, di Asia sendiri sekitar 14%. Pemiliknya kebanyakan adalah laki-laki. Kata simian sendiri mengacu pada spesies kera, karena memang pada semua kera didapati telapak tangan yang punya satu garis saja. Tapi yakinlah, saya 100% manusia, bukan jelmaan siluman kera >.<

Kalau kata orang jawa, telapak tangan kami namanya ‘Tapak Jalak’. Dulu Pakdhe pernah pesan kalau jangan sembarangan mukul orang pakai tangan kiri, rasanya akan sakit sekali. Mitosnya juga orang yang bergaris tangan lurus seperti kami, doanya seringkali dikabulkan Allah (aamiin!). Ya, tidak semuanya sih. Seringkali lah. Kebanyakan yang tidak sengaja terucap, seperti terlontar spontan. Tidak sadar bicara apa, eh kejadian. Semoga saja saya gak jadi kebiasaan ngualati orang.

‘Simian line’ artinya single transverse palmar crease atau lipatan garis tangan yang melintang tunggal. Pada orang biasa, ada dua garis mayor horizontal yang terpisah. Yang dekat dengan 4 jari namanya garis kepala, sedangkan yang mengarah pada lengan namanya garis hati. Pemilik simian line hanya punya 1 garis horizontal yang merupakan perpaduan garis hati dan garis kepala. Konon, menyatunya kedua garis tersebut menunjukkan bahwa pemiliknya akan susah memisahkan antara emosi (garis hati) dan rasio (garis kepala).



Dulu, saya kira garis tangan saya ini aneh. Di sekitar saya tidak ada yang punya garis tangan seperti ini. Hingga beberapa abad tahun lalu saya bertemu Li, saya melihat banyak kemiripan antara saya dan dia: sama-sama aneh, sama-sama sok mandiri, sama-sama punya tujuan hidup yang ... mungkin bisa membuat orang lain geleng-geleng kepala. Namun ternyata karena tujuan hidup kami berbeda, maka … byebye! Ok, skip.

Baca juga: Kepribadian Penyuka Warna Hitam

Menurut Ilmu Membaca Garis Tangan (Palmistry), pemilik simian line ibarat pedang bermata dua. Di satu bisa berkemampuan kuat dalam memfokuskan diri pada satu hal tertentu yang disukainya, namun di sisi lain berkecenderungan melakukan sesuatu tanpa pikir panjang-hiper aktif-agresif dan cenderung tidak sabaran. Orang simian line akan sangat sukses jika berkarir di bidang disukai hatinya, namun sebaliknya... akan terpuruk bila mengerjakan sesuatu karena terpaksa.

Karena kemampuannya dalam terfokus pada satu hal, seringkali orang simian line mudah mencapai apa pun keinginannya. Namun, juga sering menghadapi lebih banyak cobaan hidup. Kalau sedang beruntung, akan beruntung sekali. Tapi kalau pas merugi, akan sangat merugi. Katanya, orang dengan karakteristik ini banyak mengubah dunia, baik untuk kebaikan maupun untuk keburukan. 

Misalnya beberapa tokoh seperti perdana menteri Inggris Tony Blair, mantan perdana menteri Rusia Nikita Kruschev, mantan presiden B.J. Habibie, petinju Moh. Ali, penulis John Steinbeck dan masih banyak lagi. ini. Juga ada banyak tokoh radikal yang dilahirkan dari kalangan pemilik garis tangan simian line. Tapi menurut kepercayaan Bangsa Yunani, pemilik garis tangan ini adalah prajurit terbaik dan terkuat dalam pasukan perang Spartan Yunani.

Kalau dari segi medis, katanya bayi yang dilahirkan dengan down syndrome (keterbelakangan mental) hampir semuanya mempunyai simian line. Beberapa kelainan kromosom lainnya seperti Aarskog syndrome, Turner syndrome, Klinefelter syndrome, juga menunjukkan ciri khas ini. Selain itu, ibu hamil yang terjangkit TORCH atau rubella (campak Jerman), atau ibu hamil pengkonsumsi alkohol, juga beresiko melahirkan bayi dengan kelainan kongenital yang ditandai dengan ‘palmar crease’, istilah lain dari simian line.

Menyedihkan, ya? Sepanjang pengetahuan saya, ketika Mama hamil saya memang sempat mengalami perdarahan berkepanjangan. Karenanya Mama diharuskan terus mengkonsumsi vitamin penguat kandungan. Namun, saya tidak mengalami hal-hal ‘berat’ seperti kelainan kongenital, kromosom dan sebagainya. Sehat wal’afiat, Alhamdulillah.
Orang dengan simian line tidak selalu mengindikasikan cacat bawaan. Dari hasil survei, ada 10% manusia mempunyai simian line pada salah satu telapak tangannya (termasuk saya), dan 5% dengan simian line pada kedua telapak tangannya. Ada satu mitos lagi bahwa bila garis kepala (yang bila garis itu dari arah jempol) bertemu dengan garis hati (yang garis itu dari arah kelingking), maka yang ‘simian line’ ini rawan terkena sakit jantung. Uuu... Takuuut!

Menurut penelitian, disebutkan bahwa orang dengan garis lurus ini cenderung bersikap absolut, sehingga terkesan egois, ambisius dan pantang menyerah. Ini sifat yang hampir sama dengan watak shio ular yang saya ceritakan pada postingan sebelumnya. Hal semacam ini tentu bisa membawa kepada hal yang positif atau yang negatif. Karenanya, simian line yang lebih sering dijumpai pada telapak tangan kiri dianggap ‘lebih aman’ dibandingkan bila ada pada kedua belah telapak tangan.

Orang simian line kebanyakan menyukai hal-hal unik dan berbeda. Kami secara intuitif pasti akan bertemu orang simian line lainnya; entah itu hubungan keluarga, teman, pacar, atau rekan bisnis. Seperti bagaimana ketika saya bertemu Li, dulu. Kalau sudah bertemu, kebanyakan hubungan akan langgeng dan positif. Kebanyakan yah… dikasus saya ternyata tidak langgeng, haha.
Menurut kepercayaan Jawa Kuno, pemiliknya kelak akan hidup berkecukupan. Bahkan banyak yang meramal kalau pemilik tipe garis simian line ialah sosok yang sangat setia terhadap pasangannya. Aamiin! Mas Boz, aylaview full… <3

Bagaimana garis tanganmu? Coba cek, deh. Siapa tahu kalian juga simian line, sama seperti saya ^^

Eh... tapi jangan terlalu percaya dengan garis tangan. Namanya juga mitos. 

Nah sekarang... Coba sekarang genggam tangan kalian...


Arti genggaman tangan itu … telapak tangan yang tertutup oleh jari-jari itu tempat di mana Allah menaruh takdir yang kamu tentukan sendiri melalui usaha. Sedangkan yang terbuka itu urusan Allah

Jadi manusia harus berusaha sebaik-baiknya bila ingin sukses. Selain takdir yang didapat dari usaha kita tersebut, ada Kuasa Allah yang Maha Esa. Semoga semua yang kita usahakan memperoleh ridhoNya sehingga tak sia-sia dan hasil akhirnya sesuai dengan apa yang diimpikan. Aamiin. Semangat!



Salam manis,


Tha_

38 komentar:

  1. Saya simian line di kanan iya sih emang saya emosian orangnya tapi sebisa mungkin saya usahakan untuk menahan diri supaya tidak melukai orang lain

    BalasHapus
  2. Salam kenal...saya simian kanan

    BalasHapus
  3. Salan kenal ....saya simian kiri, kanan juga sih ..sebagian yang di tulis itu memang saya rasakan

    BalasHapus
  4. Ternyata simian line ini banyak yah, sempat berfikir kalau garis tangan saya aneh karna tidak ada yang sama di daerah saya tepatnya di gowa sulawesi Selatan, tapi ternyata banyak yah, saya simian line kanan

    BalasHapus
  5. Saya punya garis tangan double simian line. Entah mengapa kadang saya beda persepsi dengan kebanyakan orang. Apalagi pas waktu kumpul sama anak-anak kuliah lainya, terasa banget. Katanya sih pedang bermata dua kalo fokus bisa sukses, tapi sekarang masih belum bisa fokus. Karena belum tau apa yang ingin saya fokuskan dan anehnya, kata mereka multitalent tapi hanya setengah-setengah dan gak terlalu dalem (mungkin ini faktor susahnya, kami kadang suka pada banyak hal). Pengen sih punya temen simian line juga, dari dulu belum ada. kadang suka berkhayal jika punya temen yang simian yang katanya satu pemikiran. Tapi apalah boleh buat. Kata mereka kami langka. Nyari temen boleh kan ya? IG : @faizarteta

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kok sama permasalahannya? Hehe

      Hapus
    2. Aduhh kok sama gitu yya..kamu mewakili apa yang ingin ku ucapkan seluruhnya :(

      Hapus
  6. Saya baru sadar hari ini bahwa anak sulung saya simian line di tangan kanan dan memang saya akui dalam hal tumbuh kembangnya dia lebih kuat menghadapi kesulitan tapi sering diikuti dengan emosi yang labil. Kemampuannya juga unik dalam hal2 yang dia sukai, usianya saat ini 7 tahun, dia sangat menyukai hal2 yang menuntutnya berfikir lebih keras dari anak seusianya. Tumbuh kembang adiknya lebih dinamis, jadi terasa banget ada yang beda dari pribadi si sulung walaupun sudah saya bawa ke beberapa psikolog anak dan dianggap normal2 saja, tapi memang karakternya dianggap lebih unik, absolut. Gurunya pun bilang bahwa nggak boleh salah2 mengajarkan dia sebab anaknya pemikirannya kritis.

    BalasHapus
  7. Salam knal jg dari Simian Line Kiri Kanan

    BalasHapus
  8. Hi saya cewek simian line kanan, salam kenal

    BalasHapus
  9. Salam Simian Line, saya Simian line Dou ble.

    BalasHapus
  10. Salam kenal... Saya simpan line kanan, klo lagi emosi ucapan saya menjadi kenyataan... Dan saya pernah emosi dan memukul balok es batu hingga terbelah dengan satu pukulan saja

    BalasHapus
  11. Wahh gua simian line 22nya betul banget ni sama yg gua rasain

    BalasHapus
  12. hi...saya simian line juga di kanan....memang dari kecil saya suka emosian...

    BalasHapus
  13. Saya simian line sebelah kiri.

    BalasHapus
  14. Salam kenal saya juga simian line kanan kiri

    BalasHapus
  15. Anak laki laki saya simianline dan dia emang keras wataknya bahkan ga ada yg berani lawan dia kalo di sekolah. Jadi pentolan sekolah. Oh iya anak saya kelas 4 sd.

    BalasHapus
  16. Saya dari kaltara...ada yg dari sana juga salam kenal saya dsl
    Percaya tak percaya kadang memang ujian hidup saya berat. Semoga memang datangx dari Allah Ta'ala dan ralan artikel yg jelek tentang Sl saya abaikan. Yang baik saya jadikan referensi

    BalasHapus
  17. Hallo ....
    Aku double simian line.

    @gracewalansendouw

    BalasHapus
  18. Saya similikiti, saya tidak mempunyai garis tangan

    BalasHapus
  19. Saya juga simian line, kanan.

    BalasHapus
  20. Gw memiliki garis tangan simian line di tangan kanan dn kiri..
    Dri semua penjelasan kakak tentang sifat dn lainya emang klop banget sih kayak aku wkwk

    BalasHapus
  21. Salam kenal saya simian line kanan,dari Medan..

    BalasHapus
  22. Slam kenal saya simpan kanan

    BalasHapus
  23. Salam kenal buat semuanya...
    Saya similian line kanan.
    Waktu sd kelas 1 saya pernah menggedor punggung kakak kelas saya dengan telapak tangan kanan saya, hasilnya si kakak kelas langsung muntah darah muncrat, kaget dan paniknya setengah mati saya saat itu....

    BalasHapus
  24. Sy simian kiri dan kanan!!!dan sy seorg wanita

    BalasHapus
  25. Aku simian kanan dan aku orangnya emosian dan suka kesal gk jelas kampret ya, tp kesal marahnya cuma bentar palingan 2 menit setelah murahan pasti langsung Damai ni hati, aku ngajak maafan deh hehe

    BalasHapus
  26. Alhamdulillah... Kita berjumpa dgn garis tangan yang sama yaitu.... "Simian line"... Perlu kita ketahui bahwa ini semua adalah anugrah dari allah... G semua orang memiliki nya... Dan perlu kalian ketahui bahwa itu adalah senjata kalian yang allah berikan.... Terutama jika kalian memukul maka hati2 lah akan ber akibat fatal jika tangan simialine untuk memukul orang.... Beda dgn tangan yg bukn simianline...anda mempunyai tenaga dlm yg luar biasa sejaklahir... Beda dgn bkn simian line perlu berlatih lebih keras lagi untuk mempunyai kekuatan tangan seperti simian line.... Terutama untuk pukulan....

    BalasHapus
  27. Salam kenal saya simian kanan

    BalasHapus
  28. Saya juga simian line kanan dan kiri.shio kU naga, lahir Jumat Kliwon. Mungkin kemampuan ya dimiliki pasti berbeda beda, bs melihat makhluk gaib, bisa membaca Fikiran orang melihat dia orang baik atau tidak dan kalo udah sakit hati , ngucap dalam hati (kadang ngerasa serem sendiri).Pasti ada aj kejadian sama orang tersebut. Dan satu lg ujian ya dihadapi selama ini ga pernah ada hentinya, selesai satu muncul lg ya baru begitu terus tp selalu yakin Allah SWT selalu membimbingku dan sudah mempersiapkan sesuatu yang indah.aminnn

    BalasHapus

Terima kasih sudah membaca ^^
Tolong berkomentar dengan sopan yaaa... Maaf kalau ada yang belum terjawab :*