16 Agustus 2017

Arti Garis Tangan Simian Line

www.kata-artha.com --- tulisan lama yang sudah beredar di kaskus ^^


Ada banyak hal yang terjadi dalam hidup saya, dan saya rasa semuanya aneh. Tidak ada yang berjalan semulus orang lain. Ibaratnya, hidup orang lain itu seperti ketika melaju di jalan tol, sedangkan saya di jalan tikus. Tujuannya sama, hanya saja waktu tempuh dan area yang dilalui sangatlah berbeda.

Alhamdulillah… setelah menikah, sekarang saya merasa hidup jauh lebih berwarna. Dulu sempat pesimis dan bahkan hampir bunuh diri, beruntung saat itu ada motivasi hidup. Tapi yah itu masa lalu. Terkadang saya bersyukur memiliki garis tangan seperti ini. Bak sosok yang jauh lebih ‘kuat’ dari orang lain, garis tangan ini memiliki ‘jalur hidup’ yang fantastis dan dramatis.

Apa yang salah dengan diri saya ya?


Apa garis tanganmu seperti ini?” teringat chat yang menjadi salah satu pemicu semangat saya untuk terus bertahan hidup, demi masa depan yang lebih baik.



Ini garis tangan kami, sama-sama lurus. Li ini adalah nama di masa lalu saya. Suami (yang selanjutnya pada blog ini saya panggil “Mas Boz”) tahu smua kisah kami, jadi bukan masalah besar. Toh yang sekarang saya bahas ialah tentang garis tangan saya.

Garis tangan kami ini namanya ‘simian line’. Katanya pemilik garis tangan unik ini hanya ada 3% di dunia, di Asia sendiri sekitar 14%. Pemiliknya kebanyakan adalah laki-laki. Kata simian sendiri mengacu pada spesies kera, karena memang pada semua kera didapati telapak tangan yang punya satu garis saja. Tapi yakinlah, saya 100% manusia, bukan jelmaan siluman kera >.<

Kalau kata orang jawa, telapak tangan kami namanya ‘Tapak Jalak’. Dulu Pakdhe pernah pesan kalau jangan sembarangan mukul orang pakai tangan kiri, rasanya akan sakit sekali. Mitosnya juga orang yang bergaris tangan lurus seperti kami, doanya seringkali dikabulkan Allah (aamiin!). Ya, tidak semuanya sih. Seringkali lah. Kebanyakan yang tidak sengaja terucap, seperti terlontar spontan. Tidak sadar bicara apa, eh kejadian. Semoga saja saya gak jadi kebiasaan ngualati orang.

‘Simian line’ artinya single transverse palmar crease atau lipatan garis tangan yang melintang tunggal. Pada orang biasa, ada dua garis mayor horizontal yang terpisah. Yang dekat dengan 4 jari namanya garis kepala, sedangkan yang mengarah pada lengan namanya garis hati. Pemilik simian line hanya punya 1 garis horizontal yang merupakan perpaduan garis hati dan garis kepala. Konon, menyatunya kedua garis tersebut menunjukkan bahwa pemiliknya akan susah memisahkan antara emosi (garis hati) dan rasio (garis kepala).


Dulu, saya kira garis tangan saya ini aneh. Di sekitar saya tidak ada yang punya garis tangan seperti ini. Hingga beberapa abad tahun lalu saya bertemu Li, saya melihat banyak kemiripan antara saya dan dia: sama-sama aneh, sama-sama sok mandiri, sama-sama punya tujuan hidup yang ... mungkin bisa membuat orang lain geleng-geleng kepala. Namun ternyata karena tujuan hidup kami berbeda, maka … byebye! Ok, skip.

Menurut Ilmu Membaca Garis Tangan (Palmistry), pemilik simian line ibarat pedang bermata dua. Di satu bisa berkemampuan kuat dalam memfokuskan diri pada satu hal tertentu yang disukainya, namun di sisi lain berkecenderungan melakukan sesuatu tanpa pikir panjang-hiper aktif-agresif dan cenderung tidak sabaran. Orang simian line akan sangat sukses jika berkarir di bidang disukai hatinya, namun sebaliknya... akan terpuruk bila mengerjakan sesuatu karena terpaksa.

Karena kemampuannya dalam terfokus pada satu hal, seringkali orang simian line mudah mencapai apa pun keinginannya. Namun, juga sering menghadapi lebih banyak cobaan hidup. Kalau sedang beruntung, akan beruntung sekali. Tapi kalau pas merugi, akan sangat merugi. Katanya, orang dengan karakteristik ini banyak mengubah dunia, baik untuk kebaikan maupun untuk keburukan. 

Misalnya beberapa tokoh seperti perdana menteri Inggris Tony Blair, mantan perdana menteri Rusia Nikita Kruschev, mantan presiden B.J. Habibie, petinju Moh. Ali, penulis John Steinbeck dan masih banyak lagi. ini. Juga ada banyak tokoh radikal yang dilahirkan dari kalangan pemilik garis tangan simian line. Tapi menurut kepercayaan Bangsa Yunani, pemilik garis tangan ini adalah prajurit terbaik dan terkuat dalam pasukan perang Spartan Yunani.

Kalau dari segi medis, katanya bayi yang dilahirkan dengan down syndrome (keterbelakangan mental) hampir semuanya mempunyai simian line. Beberapa kelainan kromosom lainnya seperti Aarskog syndrome, Turner syndrome, Klinefelter syndrome, juga menunjukkan ciri khas ini. Selain itu, ibu hamil yang terjangkit TORCH atau rubella (campak Jerman), atau ibu hamil pengkonsumsi alkohol, juga beresiko melahirkan bayi dengan kelainan kongenital yang ditandai dengan ‘palmar crease’, istilah lain dari simian line.

Menyedihkan, ya? Sepanjang pengetahuan saya, ketika Mama hamil saya memang sempat mengalami perdarahan berkepanjangan. Karenanya Mama diharuskan terus mengkonsumsi vitamin penguat kandungan. Namun, saya tidak mengalami hal-hal ‘berat’ seperti kelainan kongenital, kromosom dan sebagainya. Sehat wal’afiat, Alhamdulillah.

Orang dengan simian line tidak selalu mengindikasikan cacat bawaan. Dari hasil survei, ada 10% manusia mempunyai simian line pada salah satu telapak tangannya (termasuk saya), dan 5% dengan simian line pada kedua telapak tangannya. Ada satu mitos lagi bahwa bila garis kepala (yang bila garis itu dari arah jempol) bertemu dengan garis hati (yang garis itu dari arah kelingking), maka yang ‘simian line’ ini rawan terkena sakit jantung. Uuu... Takuuut!

Menurut penelitian, disebutkan bahwa orang dengan garis lurus ini cenderung bersikap absolut, sehingga terkesan egois, ambisius dan pantang menyerah. Ini sifat yang hampir sama dengan watak shio ular yang saya ceritakan pada postingan sebelumnya. Hal semacam ini tentu bisa membawa kepada hal yang positif atau yang negatif. Karenanya, simian line yang lebih sering dijumpai pada telapak tangan kiri dianggap ‘lebih aman’ dibandingkan bila ada pada kedua belah telapak tangan.

Orang simian line kebanyakan menyukai hal-hal unik dan berbeda. Kami secara intuitif pasti akan bertemu orang simian line lainnya; entah itu hubungan keluarga, teman, pacar, atau rekan bisnis. Seperti bagaimana ketika saya bertemu Li, dulu. Kalau sudah bertemu, kebanyakan hubungan akan langgeng dan positif. Kebanyakan yah… dikasus saya ternyata tidak langgeng, haha.

Menurut kepercayaan Jawa Kuno, pemiliknya kelak akan hidup berkecukupan. Bahkan banyak yang meramal kalau pemilik tipe garis simian line ialah sosok yang sangat setia terhadap pasangannya. Aamiin! Mas Boz, aylaview full… <3

Bagaimana garis tanganmu? Coba cek, deh. Siapa tahu kalian juga simian line, sama seperti saya ^^

Eh... tapi jangan terlalu percaya dengan garis tangan. Namanya juga mitos. 

Nah sekarang... Coba sekarang genggam tangan kalian...


Arti genggaman tangan itu … telapak tangan yang tertutup oleh jari-jari itu tempat di mana Allah menaruh takdir yang kamu tentukan sendiri melalui usaha. Sedangkan yang terbuka itu urusan Allah

Jadi manusia harus berusaha sebaik-baiknya bila ingin sukses. Selain takdir yang didapat dari usaha kita tersebut, ada Kuasa Allah yang Maha Esa. Semoga semua yang kita usahakan memperoleh ridhoNya sehingga tak sia-sia dan hasil akhirnya sesuai dengan apa yang diimpikan. Aamiin. Semangat!



Salam manis,


Tha_

8 komentar:

  1. Saya simian line ditangan kanan... Sulit memang memisahkan hati n logika... 😌

    BalasHapus
  2. halooo mbak salam kenal, aku Agnes.

    wah kita samaaaa lho simian line, aku di kedua tangan malah.
    Bismillah, takdir di tangan Allah, semoga selalu sehat & selamat untuk diri kita sampe anak cucu nanti yaaa...

    Aamiin :)

    BalasHapus
  3. Saya punya dua garis tangan samian line,#memang saya tak gampang menyerah klw sesuatu yg saya cita citakan blom terlaksana#tapi diikuti dgn doa kpda Allah SWT@he he

    BalasHapus
  4. Yg kanan simian line tp yg kiri gak tau soalnya garis nya ketemu nya 33 nya di satu titik hampir sama dengen simian line

    BalasHapus
  5. Sy simian line sebelah kanan aja, pantang menyerah dan berkeinginan kuat (tp bukan ambisius).

    BalasHapus
  6. Saya punya garis tangan simian line sebelah kanan aja, saya orangnya emosian jika ada salah, tpi saya sangat sabar jka ada maslh yg menimpa sy. Itu menurut saya. Semua Allah Swt yg mengatur kehidupan.

    BalasHapus

terima kasih sudah membaca ^^
tolong berkomentar dengan sopan yaaa... saya suka membaca komentar kalian semua :*